silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
NAMA
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Reaksi siswa pada saat guru menjelaskan materi pelajaran rata-rata siswa tidak mengerti serta bertanya-tanya kepada teman sebangkunya mengenai apa yang sedang mereka pelajari, siswa juga kelihatan begitu kebingungan dengan materi yang sedang dijelasi oleh gurunya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab : adapun beberapa kelemahan guru tersebut ialah sebagai berikut
– Guru tersebut belum menguasai kelas sehingga dalam membuka pelajaran tidak secara baik dan benar
– Guru juga tidak memberikan ice breaking kepada siswa sehingga siswa harus berpikir lebih banyak
– Guru tidak mengabsen siswa satu persatu untuk mengetahui kehadiran mereka
– Guru tidak menggunakan metode pembelajaran sehingga siswa sulit memahami pelajaran tersebut
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihann guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : kelebihan pada guru tersebut ialah
– Menjelaskan pelajaran dengan sangat jelas
– Mengajak siswa kekebun sekolah sehingga siswa tidak begitu monoton berada didalam kelas
– Mampu menguasai materi yang sedang dipelajari
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
jawab : saat guru menanyakan kepada siswa mengenai mengerti atau tidaknya mereka dengan pelajaran tersebut mereka saling melihat satu sama lain dengan jedah kurang lebih 2 menit baru mereka mengatakan “mengerti” dan pada saat guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan pergi karya wisata kekebun sekolah semua siswa dengan bahagianya tertawa.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : guru harus lebih memerhatikan lagi pada saat awal pembelaajran dengan melakukan misalnya mengabsen,ice breaking atau sebagainya. Dan sebaiknya guru menggunakan media pembelaajran video atau audio sehingga siswa bisa melihat dengan langsung proses-proses yang akan dilakukan pada saat proses belajar mengajar.
NAMA : DARIN NISRINA, NIM : 855788582, UPBJJ : PALEMBANG, POKJAR : INDRALAYA
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Reaksi siswa pada saat guru menjelaskan materi pelajaran rata-rata siswa tidak mengerti serta bertanya-tanya kepada teman sebangkunya mengenai apa yang sedang mereka pelajari, siswa juga kelihatan begitu kebingungan dengan materi yang sedang dijelasi oleh gurunya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab : adapun beberapa kelemahan guru tersebut ialah sebagai berikut
– Guru tersebut belum menguasai kelas sehingga dalam membuka pelajaran tidak secara baik dan benar
– Guru juga tidak memberikan ice breaking kepada siswa sehingga siswa harus berpikir lebih banyak
– Guru tidak mengabsen siswa satu persatu untuk mengetahui kehadiran mereka
– Guru tidak menggunakan metode pembelajaran sehingga siswa sulit memahami pelajaran tersebut
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihann guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : kelebihan pada guru tersebut ialah
– Menjelaskan pelajaran dengan sangat jelas
– Mengajak siswa kekebun sekolah sehingga siswa tidak begitu monoton berada didalam kelas
– Mampu menguasai materi yang sedang dipelajari
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
jawab : saat guru menanyakan kepada siswa mengenai mengerti atau tidaknya mereka dengan pelajaran tersebut mereka saling melihat satu sama lain dengan jedah kurang lebih 2 menit baru mereka mengatakan “mengerti” dan pada saat guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan pergi karya wisata kekebun sekolah semua siswa dengan bahagianya tertawa.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : guru harus lebih memerhatikan lagi pada saat awal pembelaajran dengan melakukan misalnya mengabsen,ice breaking atau sebagainya. Dan sebaiknya guru menggunakan media pembelaajran video atau audio sehingga siswa bisa melihat dengan langsung proses-proses yang akan dilakukan pada saat proses belajar mengajar.
Nama : Luthfia Nurazmi Yuwanda
NIM : 856034363
UPBJJ : Medan
Pokjar : Tebing Tinggi
“Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar”
1. Dari video tersebut terlihat masalah yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman guru dalam menguasai kelas yang mengakibatkan kelas menjadi tidak aktif.
2. Penyebab guru kurang menguasai kelas terjadi karena pemahaman yang kurang matang tentang materi yang akan diberikan serta pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik sehingga suasana pembelajaran kelas menjadi monoton. Siswa juga menjadi gampang bosan.
3. Solusi yang bisa dilakukan yaitu guru bisa melakukan pembelajaran yang lebih sederhana seperti menunjukkan video pembelajaran yang bisa dilakukan di dalam kelas, pembelajaran juga bisa lebih kondusif, lebih menghemat waktu dan suasana kelas akan lebih aktif.
Nama : Phuan Nurul Fadila
Nim : 856028037
Upbjj : UT – MEDAN
Pokjar : Tebing Tinggi
Judul Vidio : Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar.
Identifikasi Masalah : Dalam penggunaan metode Field Trip atau Karya Wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa tentang tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, terdapat beberapa masalah yang perlu diperhatikan:
1. Kurangnya Perencanaan yang Matang
2. Keterbatasan Sumber Daya dan Biaya
3. Kesulitan dalam Pengawasan dan Keamanan
4. Kurangnya Keterlibatan Aktif Siswa
5. Kurangnya Evaluasi Hasil Field Trip
Analisis Penyebab Masalah :
1. Beberapa field trip mungkin tidak memiliki perencanaan yang cukup baik sebelum pelaksanaannya. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakjelasan tujuan, lokasi, dan kegiatan yang akan dilakukan.
2. Field trip memerlukan sumber daya seperti transportasi, tiket masuk, dan alat bantu pembelajaran.Terkadang, sekolah atau siswa mungkin mengalami keterbatasan dalam hal ini.
3. Selama field trip, pengawasan siswa menjadi lebih sulit karena mereka berada di luar lingkungan sekolah.
4. Beberapa siswa mungkin hanya melihat field trip sebagai kesempatan untuk bermain atau bersenang-senang, bukan sebagai kesempatan untuk belajar.
5. Setelah field trip, penting untuk mengevaluasi hasilnya. Namun, seringkali evaluasi ini diabaikan.
Alternatif Pemecahana Masalah :
1. Sebelum melaksanakan field trip, guru perlu merencanakan dengan matang, termasuk menentukan tujuan pembelajaran, objek yang akan dikunjungi, serta aktivitas yang akan dilakukan.
2. Guru perlu mencari alternatif yang lebih terjangkau, seperti mengunjungi tempat-tempat lokal yang tidak memerlukan biaya tinggi atau menggandeng sponsor.
3. Guru harus memiliki rencana pengawasan yang baik, memastikan siswa tetap aman, dan mengkomunikasikan aturan selama field trip.
4. Guru perlu merancang aktivitas yang menarik dan relevan dengan materi pelajaran agar siswa lebih aktif terlibat.
Nama : Khairunnisa, Nim : 856046913, UPBJJ : UT_Medan, Pokjar : Langkat dari video yang saya analisis ada kelebihan dan kekurangan saat pembelajaran berlangsung. Kelebihan: guru sudah sangat bagus dalam menyampaikan materi tentang penggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan lingkungan sekitar, terlihat jelas saat guru menanyakan siswa apa itu fotosintesis dan menjelaskan dengan baik cara penyimpanan makanan pada tumbuhan. Kekurangan siswa mengalami kesulitan tentang penjelasan materi yang disampaikan oleh guru.
Nama : Khairunnisa, Nim : 856046913, UPBJJ : UT_Medan, Pokjar : Langkat dari video yang saya analisis ada kelebihan dan kekurangan saat pembelajaran berlangsung. Kelebihan: guru sudah sangat bagus dalam menyampaikan materi tentang penggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan lingkungan sekitar, terlihat jelas saat guru menanyakan siswa apa itu fotosintesis dan menjelaskan dengan baik cara penyimpanan makanan pada tumbuhan. Kekurangan saat pembelajaran guru tidak ada memberikan pembuka hanya model ceramah saja, dan tidak melihat siswa yang tidak pokus dalam pembelajaran berlangsung siswa mengalami kesulitan tentang penjelasan materi yang disampaikan oleh guru karna guru tidak menggunakan media apa pun
Nama : Khairunnisa, Nim : 856046913, UPBJJ : UT_Medan, Pokjar : Langkat dari video yang saya analisis ada kelebihan dan kekurangan saat pembelajaran berlangsung. Kelebihan: guru sudah sangat bagus dalam menyampaikan materi tentang penggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan lingkungan sekitar, terlihat jelas saat guru menanyakan siswa apa itu fotosintesis dan menjelaskan dengan baik cara penyimpanan makanan pada tumbuhan. Kekurangan siswa mengalami kesulitan tentang penjelasan materi yang disampaikan oleh guru. Guru juga tidak melakukan pembukaan saat pembelajaran dimulai hanya ceramah, guru juga tidak menggunakan media apapun saat melakukan pengajaran
Nama : Nurmala Setianingsih
NIM : 856982388
Pokjar : Banjar Agung
Masalah yang ada dikelas
1. Kurang minat siswa
2. Metode yang di gunakan kurang efektif
3. Siswa kurang memahami materi yang diberikan
4. Siswa kurang antusias/bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
5. Siswa sulit mengingat materi pembelajaran
Terimakasih
Nama : Nurmala Setianingsih
NIM : 856982388
Pokjar : Banjar agung
Masalah yang ada di kelas;
1. Kurang minat siswa
2. Metode yang di gunakan kurang efektif
3. Siswa kurang memahami materi yang diberikan
4. Siswa kurang antusias/bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
5. Siswa sulit mengingat materi pembelajaran
Terimakasih
Nama : Nurmala Setianingsih
NIM : 856982388
Pokjar : Banjar Agung
Masalah yang ada di kelas:
1. Kurang minat siswa
2. Metode yang di gunakan kurang efektif
3. Siswa kurang memahami materi yang diberikan
4. Siswa kurang antusias/bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
5. Siswa sulit mengingat materi pembelajaran
Terimakasih