silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Randa Nurprida Simbolon
Nim : 856056939
Jurusan : PGSD – S1
Semester : 6 (enam)
Pokjar : Dairi
UPBJJ : Medan
Menurut Hasil analisis saya terhadap video pembelajaran ini, saya sangat mengapresiasi cara, maupun metode yang dilakukan oleh guru untuk pembelajaran fotosintesis. Dimana guru mengajak anak didik nya untuk terjun langsung ke lapangan guna meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman langsung. Hal ini dapat menjadi inspirasi untuk saya sendiri atau guru lainnya untuk penanaman konsep kepada peserta didik.
Akan tetapi, di awal video ditunjukkan bahwa guru kurang melakukan apersepsi dan pembukaan kelas seperti berdoa, maupun ice breaking pembuka kelas yang dapat meningkatkan gairah dan semangat belajar peserta didik. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan rasa lelah, ngantuk, bahkan rasa bosan dari peserta didik itu sendiri. Sehingga saat akan memulai pembelajaran, pikiran peserta didik sudah lebih fresh dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.
Demikian lah analisis saya terhadap video pembelajaran ini, terima kasih.
Nama : Rani Veronika Ritonga
Nim : 859791653
UPBJJ : Medan
Pokjar : Labura
menurut pendapat saya tentang melihat video tersebut yaitu :
1.kekurangan dalam video tersebut ialah guru tidak melakukan kegiatan tahap awal yaitu pendahuluan seperti tidak berdoa sebelum memulai pelajaran dan tidak melaksanakan daftar kehadiran siswa .
2.kelebihan dari video tersebut guru mampu menarik perhatian siswa agar siswa dapat menyerap pelajaran dengan mengajak siswa melakukan pelajaran diluar kelas yang disebut dengan metode Field.
Nama : Chaidar Mochammad Nashir
NIM : 856978657
Dari Video pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa lebih mudah memahami pembelajaran dengan metode Field atau Karya Wisata, hal ini di buktikan dengan ekspresi kebingungan siswa di menit awal dalam video, karena guru hanya memberikan gambaran abstrak pada materi yang akan disampaikan, beda dengan Ketika siswa melakukan karya wisata ke tempat yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan (Tempat Penyimpanan Makanan Pada Tumbuhan), karena siswa bisa lihat langsung dimana tumbuhan dapat menyimpan Cadangan makanan.
Nama: Dimas wahyuditia Mahendra
Nim. : 856972695
Fakultas: FKIP S1 PGSD
Semester: 8 ( delapan)
Pokjar. : Ambarawa
UPBJJ. : Bandar Lampung
Menurut hasil pengamatan saya terhadap Vidio tersebut dalam kegiatan awal pembelajaran guru tidak memberikan salam atau menyampaikan salam kepada peserta didik dan pada awal pembelajaran guru tidak mengabsensi siswa ,dan guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran serta tidak melakukan kegiatan refleksi di awal pembelajaran namun dalam kegiatan inti guru sudah cukup menguasai metode pembelajaran tersebut, tetapi dalam metode ini yang menurut saya perhatikan metode ini memerlukan waktu yang panjang untuk di terapkan
Nama : Nur grahayul
Nim : 859762534
Saat seorang guru membuka pembelajaran siswa mengalami kesulitan dengan metode pembelajaran yang di berikan gurunya.Dimana guru tersebut langsung memberikan pertanyaan kepada siswanya akan tetapi siswa belum mampu memahami apa yang di ajarkan orang gurunya.
Dengan menggunakan metode Field dan Karya Wisata, siswa dapat mempelajari tumbuhan secara praktis dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Nama : Akhirul Siska Septiyani.
Nim : 859763124.
Prodi : PGSD S1.
UPBJJ : Kendari.
Dalam hasil analisis saya pada video pembelajaran tersebut, guru tidak melakukan rangkaian awal kegiatan pembelajaran seperti berdoa dan mengabsen. Dan guru juga tidak menyampaikan apa tujuan dari pembelajaran tersebut. Sehingga pada saat guru bertanya siswa tidak bisa menjawab. Karena kurangnya penyampaian materi dalam pembelajaran. Jadi, siswa belum memahami materi apa yang di ajarkan oleh guru.
Metode field atau karya wisata adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian atau studi lapangan di bidang ilmu sosial dan humaniora. Metode ini melibatkan pengumpulan data langsung dari lokasi yang menjadi objek penelitian, seperti tempat wisata, komunitas, atau institusi tertentu.
Metode field atau karya wisata melibatkan pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan penelitian. Dalam konteks wisata, metode ini dapat digunakan untuk mempelajari budaya, tradisi, kegiatan ekonomi, dan dampak wisata terhadap masyarakat setempat.
Nama : Ayu Nadila
Nim : 859764885
Fakultas : FKIP S1 PGSD
Semester : 6 (enam)
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
UPBJJ : KENDARI
Dari hasil pengamatan saya,
Kekurangan dari idio tersebut di awal pembelajaran guru tidak memberikan atau melakukan kegiatan awal pembukaan, seperti salam, berdoa, absen siswa dan ice breaking kepada siswa agar siswa bersemangat saat memulai pembelajaran.
metode field trip atau karya wisata ini sangat cocok untuk anak sekolah dasar untuk mudah dalam memahami pembelajaran karena metode ini anak mengamati langsung contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada batang,akar dan daun. metode ini juga membuat anak bersemagat untuk belajar karena di lakukan di luar ruangan
Nama : Ayu Nadila
Nim : 859764885
Fakultas : FKIP S1 PGSD
Semester : 6 (enam)
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
UPBJJ : KENDARI
Dari hasil pengamatan saya,
Kekurangan dari idio tersebut di awal pembelajaran guru tidak memberikan atau melakukan kegiatan awal pembukaan, seperti salam, berdoa, absen siswa dan ice breaking kepada siswa agar siswa bersemangat saat memulai pembelajaran. metode field trip atau karya wisata ini sangat cocok untuk anak sekolah dasar untuk mudah dalam memahami pembelajaran karena metode ini anak mengamati langsung contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada batang,akar dan daun. metode ini juga membuat anak bersemagat untuk belajar karena di lakukan di luar ruangan
Nama: yusman lasima
Nim: 859764971
Fakultas: FKIP S1 PGSD
UPBJJ: kendari
Menurut pengamatan sya kekurangan yaitu tdak adanya pendahuluan atw salam pembuka dri guru tersebut sedangkan kelebihanya adalah dengan menggunakan metode tersebut siswa dapat terjun langsung di lapangan untuk meningkatkan kemampuan atw pemahaman para siswa secara mendalam.
Nama yusman lasima
Nim : 859764971
Menurut sya kekurangannya adalah tdak adanya pendahuluan atw salam pembuka dari guru tersebut sedangkan kelebihanya adalah dengan menggunakan metode tersebut siswa dapat cepat mengerti karna penjelasanya yg menarik dan jga guru mnggunakan pendekatan dengan alam.