silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Repi murzuzi
Nim. : 856456471
Program studi: pgsd s-1
Setelah melihat vidio di atas,menurut saya guru dalam membuka pelajaran kurang semangat,kurang ceria.
Guru kurang menguasai pelajaran sehingga siswa tidak paham atau tidak mengerti pembelajaran yang di sampaikan oleh guru tersebut
Siswa terlihat sangat bosen dengan metode ceramah.saya setuju guru mengubah metode pembelajaran yang mengajak siswa belajar di luar kelas,memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
Belajar di luar kelas siswa mulai memahami pembelajaran yang di sampaikan oleh guru,mereka tertarik ingin mengetahui isi pembelajaran tersebut .
Seorang guru harus kreatif bagaimana siswanya kondisi siswanya agar lebih memahami pelajaran
Setelah menjelaskan pembelajaran sebaiknya guru memberikan tugas atau pr agar siswa lebih belajar dengan giat dan mudah memahami pelajaran untuk hari ini dan besoknya.
Sekian terima kasih
Nama : Yuli Novianti
Nim : 856444517
Jurusan : S1 PGSD 8 (A)
Permulaan mengajar guru tidak memberikan apresiasi dan motivasi kepada siswa agar siswa dapat tertarik mempelajari materi IPA. Penggunaan metode sudah cukup baik tapi alangkah lebih baik jika setelah melakukan pengamatan siswa di beri tugas untuk mempresentasikan hasil temuannya kepada siswa lain agar semua siswa menjadi lebih memahami dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak lagi tentang cadangan makanan.
Tapi disini guru sudah memberikan penjelasan dengan suara yang jelas dan penjelasan yang cukup terperinci hanya saja kurang didukung dengan media pendukung jadi siswa kesulitan memahami materi tersebut.
Untuk selanjutnya pada saat memulai memberikan materi guru sebaiknya menyiapkan segala sesuatunya lebih baik lagi, baik materi, media pembelajaran yang akan diberikan. metode apa yang tepat untuk materi tersebut dan penguatan apa yang akan diberikan di akhir materi.
Tetapi metode seperti karya wisata yang dilakukan oleh guru tersebut sangat efektif karena pembelajaran diluar akan membuat anak anak lebih paham karna berhadapan langsung dengan pembelajaran yang disampaikan.
Nama : Putri Sonnia
Nim : 856 454 793
Prodi : S1 PGSD
Semester : 6
– kekurangannya adalah guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, sebab tanpa kegiatan pendahuluan suasana didalam kelas akan tidak nyaman bagi para siswa. Maka sangat dianjurkan bagi seorang guru melakukan kegiatan apersesi terlebih dahulu.
– kelebihannya adalah dengan metode Field Trip (karya wisata) siswa tidak akan jenuh dengan materi pelajaran tersebut. Dengan belajar diluar siswa dapat memahami langsung isi dari pelajaran yang dipelajari, dibangingkan dengan metode ceramah
Nama : Esmi Hermida
Nim : 856838515
Upbjj : Bengkulu
Pokjar : Kepahiang
Siswa belum memahami pembelajaran dikarenakan tidak mengunakan media pembelajaran pemampaatan lingkungan sekitar ,agar siswa dapat memahami pembelajaran tersebut dgn diadakannya pengembangan wawasan pembelajaran diluar kelas.
Dalam proses pembelajaran IPA, pemilihan metode yang tepat sangat berperan penting terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan anak agar memahami materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan dengan menggunakan metode Field Trip dengan memanfaatkan lingkungan sekitar
Nama : Ana Rohayani
NIM : 859134367
Prodi : S1-PGSD
menurut saya dalam video pembelajaran tersebut pada awalnya memang siswa kurang aktif dan tidak bersemangat mengikuti pembelajaran disebabkan guru tersebut hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan alat peraga atau contoh ril. tetapi di akhir video menjelaskan kepada kita bagaimana pemanfaatan metode field trip atau karyawisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa tentang tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Nama : Desak Made Radhe Candrika
Nim : 859029155
Program Studi : PGSD BI
Setelah saya melihat vidio pembelajaran pertama guru menjelaskan tentang materi tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan yang biasa disebut dengan fotosintesis.. Adapun kekurangan dari vidio tersebut yaitu di awal kegiatan guru tidak melakukan kegiatan awal seperti absensi, apersepsi, kurang memotivasi siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada vidio guru langsung menyampaikan materi, terlihat dalam penyampaian materi guru tersebut terlihat sangat menguasai materi namun dalam penyampaian materi guru hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa ada media yang mendukung sehingga siswa cenderung pasif saat di beri pertanyaan siswa tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Akhirnya guru mengalami kesulitan dan siswa pun mengalami kesulitan untuk memahami pembelajaran.
Kemudian dari pembelajaran kedua akhirnya guru mengubah metode pembelajaran dari awalnya menggunakan metode ceramah beralih menggunakan metode field trip (karya wisata). Pada saat siswa diajak mengamati kebun belakang sekolah siswa terlihat senang dan antusias mengikuti pembelajaran. Guru membagi kelompok dan membagi tugas apa saja yang akan dikerjakan, kemudian setelah sampai di kebun terlihat siswa asik mengamati berbagai tumbuhan yang ada. Namun ada sedikit kekurangan pada vidio tersebut yaitu guru kurang memberikan tugas atau evaluasi untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah disampaikan.
Sekian yang dapat saya sampaikan. Apabila ada salah kata dalam penyampaian saya mohon maaf sebesar-besarnya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.
Nama: Luthfi Nur Fadhilah
NIM: 857810281
PRODI: PGSD-S1
Pokjar: Kalikotes, Klaten
UPBJJ: Surakarta
Menurut saya, dalam video diatas pembelajaran terkesan kurang efektif pada beberapa bagian. Dapat dilihat dari pembukaan awal, guru tidak melakukan kegiatan apersepsi untuk menyiapkan siswa sebelum masuk ke pembelajaran inti seperti salam, mengabsen siswa, menanyakan kabar, pemberian motivasi, pemberian pertanyaan yang memantik rasa ingin tahu siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih semangat. Dalam penyampaian materi awal, lebih banyak berpusat pada guru dengan metode ceramah panjang yang menyebabkan siswa kurang aktif. Saat pemberian materinya pun guru menjelaskannya kurang merinci dan kurang memberikan gambaran bagi siswa, sehingga menimbulkan kebingungan.
Saat melakukan prosedur Field Trip atau KBM luar ruangan sudah lumayan tepat. Kegiatan tersebut bisa mengembaliikan minat belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar siswa di lingkungan sekitar.
Mungkin ada saran, untuk bisa ditambahkan penanaman kedisiplinan dan alur pengamatan luar ruangan terlebih dahulu untuk membuat siswa lebih tertib dan disiplin saat mengerjakan tugas. Saat bagian akhir pembelajaran, guru sebaiknya memberikan evaluasi bersama dan memberikan refleksi atau tugas akhir sebagai kegiatan pengulangan dan penguatan di rumah.
Terima Kasih
NAMA: DARYANTI
NIM. :858049534
JURUSAN: S1 PGSD
SEMESTER: 6
Dalam SERI PEMBELAJARAN IPA SD
Dalam penggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan mendapatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
1. Kelebihan nya guru merubah metode pembelajaran di luar kelas,agar siswa lebih semangat belajar di antara nya siswa di minta mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah agar siswa bisa langsung menyebutkan jenis tumbuhan yang melakukan fotosintesis,seperti pada pohon ubi yang ada di halaman sekolah.
2.kelemahan
Guru sangat sulit menyampaikan materinya dan siswa juga susah memahami,karena merasa materi tidak di mengerti siswa nya
SERI PEMBELAJARAN IPS SD
Dalam materi kenampakan alam
Pak guru sangat sabar menghadapi siswa yang menjawab salah, dan memberi nasehat pada anak murid yang menyoraki teman nya ketika menjawab salah,dan guru bertanya kepada murid nya apakah anak anak punya cerita liburan agar di ceritakan di depan kelas biar kegiatan belajar lebih seru dan murid tau cerita masing” dari teman teman yang bercerita dan bisa bertukar pengalaman
Nama : Reni Agustina
Nim : 856456536
Prodi : PGSD S1
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Setelah saya amati video berikut ada beberapa kelebihan dan kelemahan nya diantaranya sebagai berikut
Kelebihan :
1. Guru sudah memberikan sebuah materi yang sesuai kepada siswa
2. Memberikan pertanyaan sederhana mengenai materi tumbuhan
3. Penggunaan metode pembelajaran field trip(karya wisata) atau pengalaman siswa secara langsung
Kelemahan :
1. Guru tidak membuka kelas dengan salam, berdoa sebelum belajar, serta mengecek kehadiran siswa
2. Tidak memberikan sebuah motivasi belajar kepada siswa
3. Tidak memberikan sebuah evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan
4. Tidak ada penjelasan mengenai tujuan pembelajaran
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh