silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Erin Mulyani
Nim : 857199413
Semester : 8
UPBJJ : UT SERANG
POKJAR : SALUT MENES
Mohon izin, untuk menanggapi vidio pembelajaran yang berjudul :
” Penggunaan metode field atau karya wisata dalam menemukan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Pada vidio tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan yang saya dapat kan dari menyimak ringkasan vidio pembelajaran tersebut adalah:
1. Ada timbal balik di antara guru dan murid, melalui tanya jawab, sehingga siswa cenderung ada ketertarikan berpikir untuk menjawab pertanyaan dari guru, dan hal itu menjadikan suasana belajar jadi hidup.
2. Media dan model pembelajaran nya unik dan menarik, sehingga bisa membantu siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran.
Adapun kekurangan yang terdapat pada ringkasan vidio tersebut adalah:
1. Guru tidak membuka pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru juga tidak menanyakan kabar dan cek kehadiran siswa.
3. Tidak ada ice breaking sebagai pemicu fokus siswa.
4. Guru Tidak menanyakan materi sebelumnya nya, sehingga pelajaran yang sudah berlalu tidak terulang kembali.
5. Guru juga tidak memberikan stimulus pada siswa untuk menarik fokus dan perhatian juga kesiapan belajar siswa.
Saran untuk perbaikan pembelajaran:
1. Utamakan berdoa sebelum belajar.
2. Gunakan dan utamakan cek
kehadiran dan tanya kabar siswa.
3. Harus berikan ice breaking pada setiap pertemuan pembelajaran .
4. Harus ada pengulangan materi sebelumnya melanjutkan materi
5. Wajib menstimulus siswa di awal kegiatan pembelajaran.
Nama:Dina Tappi’
Nim. : 837984215
Dari pengamatan vidio yang saya barusan putar di GPO khususnya Sekolah Dasa
r dari pembelajaran IPA, pada materi Fotosintesis pada tumbuhan sepertinya para murid merasa jenuh dan kurang semngat mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung dengan menggunakan metode Karya wisata
Mungkin kurangnya memberikan umpan balik dari materi tersebut karena guru tersebut terlalu t
ergesah -gesah dalam mengutaran materi:
Dari vidio pembelajaran tersebut yang saya amati memang memiliki dua hal yaitu kelemahan dan kelebihan yang saya paamati dari vidio pembelajaran tersebut ,
1 . Kelemahan
* Tidak ada kegiatan awal yang dilakukan guru terutama salam pembuka ,Doa , dan mengecek kehadiran siswanya.
* Kurangnya minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran mungkin karena metode yang digunakan kurang tepat dan tidak sesuai dengan minat siswa atau kebutuhan siswa.
2. Kelebihan
* Memang guru menjelaskan Sangat detail dari materi tersebut namun perlu di rubah metode yang digunakan.
*
Nama : Nita Gustiana
NIM : 857263074
Semester : VI (Enam)
UPBJJ : UT Serang
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran : Saat guru menjelaskan materi tentang fotosintesis di kelas, saya melihat bahwa para siswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini ditandai dengan minimnya respon siswa saat guru bertanya. Namun, saat guru menggunakan metode Field Trip dengan mengajak siswa keluar kelas untuk mengamati langsung proses fotosintesis di kebun sekolah, para siswa nampak lebih antusias dalam pembelajaran.
2. Kelemahan guru saat pembelajaran :
– Guru tidak menanyakan kabar siswa (Checking Emotion) dan menanyakan kehadiran
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak melakukan pengulangan materi sebelumnya
3. Kelebihan guru saat pembelajaran :
– Guru bisa menjelaskan secara rinci proses terjadinya fotosintesis
– Melakukan perubahan metode ajar agar siswa lebih antusisas dalam memahami materi pembelajaran
4. Hal unik yang terjadi saat proses pembelajaran : Saat guru menggunakan metode Field Trip, para siswa terlihat sangat antusias.
5. Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya : adalah dengan cara mengurangi metode ceramah dalam pembelajaran.
Nama :Atika Suryani
Nim. : 856827386
Dalam vidio yang saya lihat guru menjelaskan tentang fotosintesis
Tetapi siswa terlihat sangat bosan dan saat guru bertanya mereka belum paham penjelasan guru
Dengan metode karya wisata membantu siswa untuk mengenali lingkungan dan memahami tumbuhan apa saja yang berfotosintesis melalui akar,daun,batang dan buah
Selain siswa sangat antusias dan senang mereka juga dapat lebih mudah paham atas apa yang di jelaskan guru
NAMA : SILVI NUR RAMADHANA
NIM : 858835142
POKJAR : SALUT KOTA KEDIRI
UPBJJ : MALANG
Dari vidio yang di paparkan di atas menurut:
Kelemahan vidio :
Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan salam, mengecek kehadiran serta berdoa, dan memberi motivasi atau kegiatan yang menumbuhkan rasa semangat sebelum pembelajaran,guru langsung memberi penjelasan tentang tujuan pembelajaran, di samping itu ketika mengajar di kelas guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga peserta didik terlihat bosan dan bahkan ada yang mengantuk, akibatnya pada saat materi pembelajaran selesai peserta didik masih banyak yang belum mengerti. Seharusnya paling tidak guru bisa memanfaatkan papan tulis untuk menarik perhatian peserta didik dan menjelaskan peserta didik agar materi mudah di fahami.
Kelebihan:
Setelah materi di sampaikan guru menggunakan metode field atau karya wisata, yaitu mengajar peserta didik untuk melihat langsung apa yang sebelumnya di jelaskan oleh guru. Sehingga ketika peserta didik mengawasi tumbuhan bila ada yang belum tau bisa bertanya langsung kepada guru, selain itu guru juga bisa menjelaskan perihal kebingungan peserta didik itu.
Kemudian untuk penggunaan metode field atau karya wisata yang mengunakan metode diskusi yaitu guru membagi kelompok dan memberikan tugas pada masing-masing kelompok sebelum keluar kelas kelas menurut saya itu bisa cukup mengkondisikan peserta didik pada saat pembelajaran di luar kelas.
Menurut saya seperti itu. Terima kasih
Nama : Nina widiyani
NIM : 857130318
Metode field trip atau karya wisata merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa langsung dengan lingkungan sekitar. Dalam konteks IPA, metode ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang tumbuhan dan ekosistemnya.
Tujuan
1. Meningkatkan pemahaman siswa mengenai berbagai jenis tumbuhan dan peranannya dalam ekosistem.
2. Mengembangkan keterampilan observasi dan analisis siswa terhadap lingkungan.
3. Menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian siswa terhadap alam.
Metode field trip efektif dalam menumbuhkan pemahaman siswa tentang tumbuhan dan lingkungannya. Dengan pengalaman langsung, siswa dapat mengaitkan konsep yang telah dipelajari dengan realitas, meningkatkan minat dan kepedulian terhadap alam.
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelemahan :
1. tidak ada salam pembuka dan persepsi
2. Kurangnya Persiapan: Jika tidak ada persiapan yang matang, siswa mungkin tidak mendapatkan informasi yang cukup tentang tujuan field trip, yang dapat mengurangi efektivitas pembelajaran.
3. siswa tidak terlalu aktif dalam melaksanakan tugas dari guru.
4. pengawasan yang minim siswa tidak fokus dengan materi yg di jelaskan namun lebih tertuju pada objek yg akan dituju .
5. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.
6. Refleksi yang Kurang: Setelah field trip, penting untuk melakukan refleksi. Jika tidak ada diskusi atau kegiatan lanjutan, pemahaman siswa terhadap materi dapat berkurang.
Kelebihan dalam Video Pembelajaran
Kelebihan pembelajaran yang saya dapatkan dalam video tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Metode pembelajaran dengan menggunakan metode ini, dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam berpikir tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
2. Metode field trip memungkinkan siswa melihat dan berinteraksi langsung dengan objek pembelajaran, meningkatkan keterlibatan dan minat.
3. dapat menambah pengalaman siswa serta guru dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar dan mencari tahu hal-hal yang belum dipahami.
Nama : Nur’asiyah
NIM : 857459147
Dalam video yang saya lihat, guru menyampaikan materi mengenai fotosintesis pada tumbuhan dalam pelajaran IPA. Namun, siswa tampaknya kurang merespon penjelasan tersebut, menunjukkan bahwa metode awal yang digunakan guru mungkin tidak efektif dalam membantu siswa memahami materi. Untuk mengatasi hal ini, guru beralih menggunakan metode karya wisata (field trip), dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Dengan membawa siswa belajar langsung dari alam, diharapkan mereka dapat lebih mudah memahami konsep fotosintesis melalui pengalaman nyata.
Kelemahan Pembelajaran:
Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran: Doa biasanya dilakukan untuk memulai pembelajaran dengan baik, mempersiapkan mental dan spiritual siswa. Ketiadaan doa dapat memengaruhi suasana awal pembelajaran yang seharusnya lebih kondusif.
Guru tidak memeriksa kehadiran siswa: Memeriksa kehadiran penting untuk memastikan bahwa semua siswa siap mengikuti pelajaran. Jika hal ini dilewatkan, ada kemungkinan beberapa siswa absen tanpa diketahui dan tidak ikut serta dalam pembelajaran.
Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran: Menyampaikan tujuan pembelajaran di awal sangat penting untuk memberi panduan kepada siswa mengenai apa yang diharapkan dari proses belajar. Tanpa hal ini, siswa bisa merasa bingung dan kurang termotivasi.
Guru tidak mengulang materi sebelumnya: Mengulang materi yang berkaitan dengan topik baru membantu siswa mengingat kembali informasi penting yang sudah dipelajari. Tanpa pengulangan ini, siswa mungkin kesulitan memahami hubungan antara materi yang sudah mereka pelajari dan konsep yang baru.
Kelebihan Pembelajaran:
Metode yang diterapkan guru sudah cukup baik, terutama dalam aspek kreativitas. Dengan menggunakan metode karya wisata atau pembelajaran di luar kelas, siswa didorong untuk berpikir lebih kreatif tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar mereka. Metode ini memberikan siswa kesempatan untuk belajar dari pengalaman langsung, bukan hanya dari penjelasan di kelas atau buku. Pengalaman tersebut memperkaya pengetahuan siswa, membuat materi lebih relevan, dan memudahkan pemahaman. Selain itu, metode ini juga menguntungkan bagi guru, karena memperluas cara mereka mengajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar.
Secara keseluruhan, meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran, metode karya wisata memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna
Nama :Nur’asiyah
NIM : 857459147
Dalam video yang ditonton, guru menyampaikan materi mengenai fotosintesis pada tumbuhan dalam pelajaran IPA. Namun, siswa tampaknya kurang merespon penjelasan tersebut, menunjukkan bahwa metode awal yang digunakan guru mungkin tidak efektif dalam membantu siswa memahami materi. Untuk mengatasi hal ini, guru beralih menggunakan metode karya wisata (field trip), dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Dengan membawa siswa belajar langsung dari alam, diharapkan mereka dapat lebih mudah memahami konsep fotosintesis melalui pengalaman nyata.
Kelemahan Pembelajaran:
Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran: Doa biasanya dilakukan untuk memulai pembelajaran dengan baik, mempersiapkan mental dan spiritual siswa. Ketiadaan doa dapat memengaruhi suasana awal pembelajaran yang seharusnya lebih kondusif.
Guru tidak memeriksa kehadiran siswa: Memeriksa kehadiran penting untuk memastikan bahwa semua siswa siap mengikuti pelajaran. Jika hal ini dilewatkan, ada kemungkinan beberapa siswa absen tanpa diketahui dan tidak ikut serta dalam pembelajaran.
Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran: Menyampaikan tujuan pembelajaran di awal sangat penting untuk memberi panduan kepada siswa mengenai apa yang diharapkan dari proses belajar. Tanpa hal ini, siswa bisa merasa bingung dan kurang termotivasi.
Guru tidak mengulang materi sebelumnya: Mengulang materi yang berkaitan dengan topik baru membantu siswa mengingat kembali informasi penting yang sudah dipelajari. Tanpa pengulangan ini, siswa mungkin kesulitan memahami hubungan antara materi yang sudah mereka pelajari dan konsep yang baru.
Kelebihan Pembelajaran:
Metode yang diterapkan guru sudah cukup baik, terutama dalam aspek kreativitas. Dengan menggunakan metode karya wisata atau pembelajaran di luar kelas, siswa didorong untuk berpikir lebih kreatif tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar mereka. Metode ini memberikan siswa kesempatan untuk belajar dari pengalaman langsung, bukan hanya dari penjelasan di kelas atau buku. Pengalaman tersebut memperkaya pengetahuan siswa, membuat materi lebih relevan, dan memudahkan pemahaman. Selain itu, metode ini juga menguntungkan bagi guru, karena memperluas cara mereka mengajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar.
Secara keseluruhan, meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran, metode karya wisata memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna
Nama : Annisa Zahra Khairani
NIM : 857142416
UPBJJ : 21/JAKARTA
Menurut analisis saya Setelah melihat video tersebut tengan berjudul ‘Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar’ yaitu
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelemahan :
a. Kelemahannya adalah tidak ada salam pembuka dan persepsi
b. Kurang aktifnya siswa menerima pelajaran yang diberikan guru
c. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelebihan :
a. Guru menggunakan metode field trip sehingga siswa dapat belajar langsung dilapangan (kekebun wisata).
b. Dengan metode field trip siswa dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
3. Hal Unik yang Terdapat dalam Pembalajaran Video
Hal uniknya adalah disaat siswa diminta guru untuk mencari jenis tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan diakar.
Nama : AULA LUSI SAPUTRI
NIM : 855724669
Semester : 8 / PGSD (Universitas Terbuka Lampung Pokjar Sidomulyo)
Hasil pengamatan dari Video di atas menurut saya Metode pembelajaran yang digunakan sudah baik, dengan menggunakan metode ini, dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam berpikir tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan juga dapat menambah pengalaman siswa serta guru dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar dan mencari tahu hal-hal yang belum dipahami. Dan menurut saya di dalam video tersebut guru kurang aktiv dalam menanyakan pemahaman dari siswa dan tidak menanyakan kabar siswa, juga tidak adanya pengulangan materi agar siswa lebih paham dalam pembalajaran.