silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
nama : mutiara endah prasanti
nim : 857844392
dalam video tersebut, bisa kita lihat seorang guru sedang menjelaskan kepada siswa tentang proses fotosintesis yang kemudian hasil fotosintesis yang kemudian disimpan sebagai cadangan makanan, namun seorang guru tampak kesulitan dalam menjelaaskan materi tersebut, sehingga siswa pun tampak kebingungan dan kurang paham dengan apa yang dijelaskan guru.
sebagai guru tentunya kita harus menguasai bagaimana caranya agar siswa paham dengan materi tersebut, salah satu solusinya yaitu dengan menggunakanmetode field trip atau karya wisata di lingkungan sekitar sekolah. metode ini dilakukan agar siswa lebih antusias dalam belajar dan kritis mengingat siswa sekolah dasar lebih menyukai pembelajaran di luar kelas. mengapa field trip? karena field trip ini menggunakan contoh tumbuhan secara nyata sehingga siswa dapat langsung melakukan pembelajaran dengan mengamati tumbuhan di sekitar sekolah.
sebelum melakukan metode ini, guru harus menentukan terlebih dahulu tempat mana yang bisa digunakan untuk melakukan field trip, mengamati terlebih dahulu tempat tersebut aman atau tidak untuk siswa (survei lapangan)
Nama : Tarissa Andi Tiana
NIM : 857132447
2. Seri Pembelajaran IPA SD
Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD Pada Kelas Tinggi
1. Setelah saya menonton Vidio dari GPO dan Saya menganalisis Vdio Pembelajaran yang ada di SD berjudul “ Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar.”
1) Kelebihan :
a. Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang tumbuhan dan konsep IPA lainnya.
b. Metode ini dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, serta memungkinkan siswa untuk belajar secara langsung dari lingkungan sekitar.
c. Pembelajaran IPA dengan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa.
2) Kekurangan :
a. Pelaksanaan metode field atau karya wisata mungkin terbatas oleh ketersediaan sumber daya, seperti biaya, waktu, dan akses ke lokasi yang sesuai.
b. Pembelajaran di luar kelas dapat lebih sulit dikelola daripada pembelajaran di dalam kelas, terutama jika jumlah siswa banyak.
Yang harus di perbaiki guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SD dengan menggunakan metode yang lebih interaktif dan berbasis lingkungan yaitu :
1. Pastikan perencanaan yang matang sebelum melaksanakan metode field atau karya wisata, termasuk pemilihan lokasi yang sesuai dan pengelolaan kelas yang efektif.
2. Pastikan pembelajaran IPA dengan metode field atau karya wisata terintegrasi dengan kurikulum yang berlaku dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Video ini menjelaskan tentang penerapan metode field trip atau karya wista. Dalam masa perkembangan usia SD, akan lebih mudah dipahami siswa jika siswa tersebut belajar secara nyata dan konkret.
Sedangkan dalam video guru sedang mengajarkan materi ipa ttg tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan kepada siswa. Untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran, solusi guru tersebut menggunakan metode karya wisata . Pembelajaran dilakukan di luar kelas, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar nyata. Sehingga siswa tidak mudah bosa dg pembelajaran dan sevara langsung belajar dengan alam
Nama Rosnani nur khafidhoh
Nim 857847262
Prodi: PGSD
Video ini menjelaskan tentang penerapan metode field trip atau karya wista. Dalam masa perkembangan usia SD, akan lebih mudah dipahami siswa jika siswa tersebut belajar secara nyata dan konkret.
Sedangkan dalam video guru sedang mengajarkan materi ipa ttg tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan kepada siswa. Untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran, solusi guru tersebut menggunakan metode karya wisata . Pembelajaran dilakukan di luar kelas, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar nyata. Sehingga siswa tidak mudah bosa dg pembelajaran dan sevara langsung belajar dengan alam
Nama: Yuni saputri
NIM: 856466648
Program Studi: PGSD
Video ini membahas penerapan metode pembelajaran field trip atau karya wisata. Pada tahap perkembangan siswa SD, pembelajaran akan lebih mudah dipahami jika dilakukan secara nyata dan konkret. Dalam video tersebut, guru mengajarkan materi IPA mengenai tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan. Untuk membantu siswa memahami materi, guru memilih menggunakan metode karya wisata. Pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang langsung dapat diamati. Metode ini membuat siswa lebih tertarik, tidak mudah bosan, dan dapat belajar langsung dari alam.
Nama: Dela Firamita
NIM: 856467363
Program Studi: PGSD
Video ini membahas penerapan metode pembelajaran field trip atau karya wisata. Pada tahap perkembangan siswa SD, pembelajaran akan lebih mudah dipahami jika dilakukan secara nyata dan konkret. Dalam video tersebut, guru mengajarkan materi IPA mengenai tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan. Untuk membantu siswa memahami materi, guru memilih menggunakan metode karya wisata. Pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang langsung dapat diamati. Metode ini membuat siswa lebih tertarik, tidak mudah bosan, dan dapat belajar langsung dari alam.
Nama : Yessy Irene Siahaan
Nim : 856467198
Program Studi : PGSD
Video ini membahas penerapan metode pembelajaran field trip atau karya wisata. Pada tahap perkembangan siswa SD, pembelajaran akan lebih mudah dipahami jika dilakukan secara nyata dan konkret. Dalam video tersebut, guru mengajarkan materi IPA mengenai tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan. Untuk membantu siswa memahami materi, guru memilih menggunakan metode karya wisata. Pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang langsung dapat diamati. Metode ini membuat siswa lebih tertarik, tidak mudah bosan, dan dapat belajar langsung dari alam.
Nama : Siska Laura
Nim : 856466655
Program Studi : PGSD
Video ini membahas penerapan metode pembelajaran field trip atau karya wisata. Pada tahap perkembangan siswa SD, pembelajaran akan lebih mudah dipahami jika dilakukan secara nyata dan konkret. Dalam video tersebut, guru mengajarkan materi IPA mengenai tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan. Untuk membantu siswa memahami materi, guru memilih menggunakan metode karya wisata. Pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang dapat diamati secara langsung. Metode ini membuat siswa lebih tertarik, tidak mudah bosan, dan dapat belajar langsung dari alam.
Nama: Edi Mei Berkat Gea
Nim : 859884352
Prodi : PGSD
Berikut contoh komentar yang bisa Anda gunakan:
—
Setelah menyimak video diatas dalam penggunaan metode field trip (karya wisata) dalam pembelajaran IPA di kelas. Secara umum, kondisi kelas tampak cukup kondusif dan siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan. Namun, penyampaian materi tentang proses fotosintesis pada tumbuhan belum dijelaskan secara mendalam. Selain itu, dalam video juga tidak ditampilkan contoh gambar atau ilustrasi yang dapat membantu siswa memahami proses tersebut secara visual.
Agar siswa lebih tertarik dan mudah mengerti, sebaiknya guru:
1. Menjelaskan proses fotosintesis secara bertahap, misalnya dengan menggunakan bahasa sederhana dan membandingkannya dengan aktivitas sehari-hari.
2. Menyisipkan gambar, diagram, atau animasi singkat yang menunjukkan proses fotosintesis secara visual.
3. Memberi tugas observasi langsung di lapangan dan meminta siswa mencatat ciri-ciri tumbuhan hijau dan hubungannya dengan fotosintesis.
Nama: Edi Mei Berkat Gea
Nim: 859884352
Prodi: PGSD
setelah menyimak video penggunaan metode field trip (karya wisata) dalam pembelajaran IPA di kelas. Secara umum, kondisi kelas tampak cukup kondusif dan siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan. Namun, penyampaian materi tentang proses fotosintesis pada tumbuhan belum dijelaskan secara mendalam. Selain itu, dalam video juga tidak ditampilkan contoh gambar atau ilustrasi yang dapat membantu siswa memahami proses tersebut secara visual.
untuk membantu siswa lebih tertarik dan mudah mengerti, sebaiknya guru:
1. Menjelaskan proses fotosintesis secara bertahap, misalnya dengan menggunakan bahasa sederhana dan membandingkannya dengan aktivitas sehari-hari.
2. Menyisipkan gambar, diagram, atau animasi singkat yang menunjukkan proses fotosintesis secara visual.
3. Memberi tugas observasi langsung di lapangan dan meminta siswa mencatat ciri-ciri tumbuhan hijau dan hubungannya dengan fotosintesis.