Similar Posts
Belajar Tentang Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping
Sinopsis Pelajaran IPS mengenai ekonomi kadang masih kurang menarik bagi siswa, sehingga guru mengalami kesulitan untuk mengaktifkan siswa. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru untuk menarik perhatian, dan agar siswa menjadi senang belajar mengenai sistem perekonomian Indonesia. Salah satu alternatif pembelajaran pada tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siwa untuk…
Membangun Diskusi kelompok Kecil dengan Peragaan Metode Cetak dan Non Cetak
Sinopsis Program ini membahas tentang bagaimana seorang guru IPS di SMP memanfaatkan media cetak dan non cetak dalam pembelajaran untuk membangun diskusi dalam kelompok siswa. Yos Sudarso Pakar Dosen – Pakar Guru –
Learn a Narrative Story From a Film
Sinopsis Bercerita adalah salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk menarik minat belajar siswa. Metode ini akan jauh lebih menarik dan meningkatkan semangat siswa untuk belajar bahasa Inggris jika cerita tersebut disajikan dalam sebuah film. Program video yang pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan “Learning A Narrative Story From A Film “…
Cara Mudah Belajar Gelombang Tranversal
Sinopsis Pemahaman terhadap gelombang transversal sangat penting dikuasai oleh anak-anak SMP. Namun, dalam kenyataan sering kita menghadapi kesulitan untuk membelajarkan dengan cepat dan tepat tentang digali cara sederhana dan efektif untuk menanamkan kompetensi tersebut. Mari kita perhatikan bagaimana guru dapat memecahkan masalah ini. – Pakar Dosen – Pakar Guru –
Membuat Slogan Lebih Bermakna
https://www.youtube.com/watch?=XHOmBV4js_E Sinopsis Video ini membahas permasalahan strategi pembelajaran bahas Indonesia dengan topik membuat slogan di kelas VIII. Pada video ini akan ditampilkan proses pembelajaran membuat slogan yang kurang berhasil. Strategi apa yang seharusnya digunakan guru agar tujuan pembelajaran dapat berhasil? Dalam video ini akan ditampilkan juga alternative pembelajarannya. Anda ingin tahu bagaimana alternatif pembelajarannya? Simaklah…
Keliling Lingkaran
Sinopsis Video ini memperlihatkan bagaimana guru menggunakan strategi pembelajaran yang dalam pembuktian rumus matematika kepada siswa SMP secara menyenangkan. Salah satu rumus yang dibuktikan adalah keliling lingkaran adalah phi dikalikan diameter lingkaran atau 2 phi dikalikan jari-jari (r) lingkaran. Guru secara kreatif mempersiapkan alat bantu, yaitu gelas air mineral bekas yang sudah dibersihkan dan selembar…
Nama : Musyarofah
NIM : 049473269
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Assalamu’alaikum wr.wb
Dari video diatas dapat dilihat bahwa ibu guru memberikan materi tentang ” Penggunaan Metode Pengamatan terhadap Teman sendiri tentang Perilaku yang Mencerminkan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari.” Menurut saya proses pembelajaran diatas dimulai dengan berinteraksi dengan siswa, melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang akan di jelaskan merupakan model pembelajaran yang sangat interaktif. Menggunakan metode pengamatan terhadap perilaku ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membagi kelompok diskusi. Setiap kelompok diberikan materi untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari dengan tema yang berbeda-beda. Setiap kelompok wajib melakukan presentasi dari apa yang mereka diskusikan. Menurut saya metode pembelajaran itu bertujuan agar para siswa berani bicara didepan umum, dan mampu mengungkapkan pendapat pribadinya. Para siswa akan lebih merasa senang karena bisa mengeksplore bakat yang ada pada diri masing-masing.
Terima kasih