Similar Posts
Mari Contoh yang Baik
Sinopsis Melalui metode bermain peran, para siswa diajak untuk memahami topik fenomena sosial dan permasalahannya, khususnya mengenai peredaran narkotika di kalangan remaja. Dengan metode bermain peran, diharapkan siswa dapat lebih menyelami dan memahami topik tersebut. Dalam tayangan video, guru menggunakan format talk show yang diperankan oleh para siswa sebagai orangtua, pelaku narkoba dan pengedar. Dengan…
Belajar Tentang Distribusi
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan siswa dalam mengingat materi ajar, agar materi ajar tertanam dalam benak siswa, maka digunakanlah metode scramble dimana siswa ditugasi mengerjakan LKS dalam bentuk pertanyaan menjodohkan yang jawabannya dalam kontur kata yang di acak-acak, harapannya kata yang di acak itu adalah sesuatu yang aneh,…
Mengajar dengan Atraktif Mengajar secara Konestekstual
Sinopsis Program membahas pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada awal program ditampilkan seorang guru yang mengajar materi Gerak pada Tumbuhan dengan menggunakan media namun belum melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang atraktif. Solusi diberikan dengan memberikan contoh pembelajaran yang memperlihatkan guru yang membawa berbagai tanaman dan…
Sering Mengejek
Sinopsis Dalam program ini digambarkan video pembelajaran tentang prilaku siswa yang kurang baik ketika ada salah satu siswa yang menjawab pertanyaan dengan jawaban salah terkadang ditertawakan dan ini adalah suatu hal yang tidak terpuji. Solusinya perlu sikap para guru untuk menangani nya. Berikan pemahaman bahwa sikap mengejek adalah sikap yang tidak baik. Ajaklah dialog dan…
Expressing Ideas or Opinion
Sinopsis Satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, banyak siswa tidak percaya diri untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau cara agar mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas media sosial Facebook. Program video ini berisi pembelajaran…
Ayo Belajar dari Tokoh Idola
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang…
Nama : Musyarofah
NIM : 049473269
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Assalamu’alaikum wr.wb
Dari video diatas dapat dilihat bahwa ibu guru memberikan materi tentang ” Penggunaan Metode Pengamatan terhadap Teman sendiri tentang Perilaku yang Mencerminkan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari.” Menurut saya proses pembelajaran diatas dimulai dengan berinteraksi dengan siswa, melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang akan di jelaskan merupakan model pembelajaran yang sangat interaktif. Menggunakan metode pengamatan terhadap perilaku ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membagi kelompok diskusi. Setiap kelompok diberikan materi untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari dengan tema yang berbeda-beda. Setiap kelompok wajib melakukan presentasi dari apa yang mereka diskusikan. Menurut saya metode pembelajaran itu bertujuan agar para siswa berani bicara didepan umum, dan mampu mengungkapkan pendapat pribadinya. Para siswa akan lebih merasa senang karena bisa mengeksplore bakat yang ada pada diri masing-masing.
Terima kasih