silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa TK dapat mengingat aturan-aturan yang harus diikuti.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan melalui cara pengulangan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
Dari tayangan vidio yang berjudul Menanamkan disiplin pada anak usia dini melalui teknik pengulangan (repetition) menurut pendapat saya sudah dapat dipahami oleh anak, dari tayangan vidio saya sampaikan kekuatannya:
1. Guru telah dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan informasi dengan jelas;
2. Guru terlihat sudah menyiapkan contoh-contoh tentang disiplin anak dengan melalui
Cerita, permainan dan demontrasi;
3. Anak dengan antusias telah melakukan dengan seksama;
4. Dari kegiatan pengulangan anak tetap semangat melakukannya;
Adapun kelemahannya:
1. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum memberikan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai,
2. Siswa langsung diajak oleh guru untuk mendemonstrasikan kegiatan sesuai tema yang harus diajarkan pada anak;
3. Perhatian guru belum terlihat merata untuk anak
4. Belum memberikan kesempatan anak untuk berani bertanya sebagai umpan balik.
Ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan jika hendak mengembangkan keterlibatan anak didik dalam kebersamaan. Piaget mengingatkan dalam proses melibatkan anak didik, orang dewasa harus menghormati anak-anak.Perlu memperhatikan dan mengedepankan, agar keterlibatan berjalan dengan baik dibutuhkan kemampuan sebagai pendengar yang baik bagi guru dan orang dewasa. Berikan kebebasan anak untuk melakukan pembelajaran disiplin diri dan anak dengan kesadaran diri bisa mengekpresikan tindakan yang diajarkan oleh guru, dan orang tua menindak lanjuti bila siswa sampai dirumah masing-masing.
Dra. Eem Kurniasi, M.Pd.
a. Cara guru membuka kegiatan agar anak antri tidak memberikan
pemahaman/konsep pada anak untuk antri, aturan-aturan yang akan anak dan
guru sepakati, mengisi pembelajaran, bahasa tubuh guru, bahasa guru
kurang mencerminkan sikap dan bahasa guru yang baik, sehingga anak-anak
kurang tenang dan relaks,
b. Strategi penanaman aturan dengan praktek langsung, bermain drama,
atau dengan memberikan symbol gambar yang bisa di pasang dan terlihat
oleh anak.
c. Pembelajaran ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini
usia 3-6 tahun dengan tingkat pencapaian perkembangan anak yang
berbeda-beda
d. Ada dalam K13 lingkup Sosial emosional, rasa tanggung jawab untuk
diri sendiri dan orang lain : mentaati aturan kelas ( kegiatan) ,
mengatur diri sendiri, bertanggung jawab atas prilakunya untuk kebaikan
diri sendiri
Evanigustiningtyas
Setelah saya melihat video ini saya sangatlah setuju dengan penanaman kedisiplinan pada anak usia dini ini walaupun tidak dengan cara yang instan akan tetapi cara menggunakan metode pendekatan yang sangat dibutuhkan kesabaran untuk anak usia dini ini di karenakan anak usia dini ini masih berada pada usia yang perkembangan serta karakter sang anak dan juga dengan konsisten mengajarkan anak hal ini hingga penuh dengan teladan, dimna dengan penguatan yang positif ini seperti memberikan reward ini akan membantu untuk membentuk perilaku anak. Dan juga menurut pengalaman saya pada saat berada di kalas tantangan terbesar saya ialah menjaga ketertiban kelas yang dimna saya berusaha untuk menjaga konsistensi pada aturan kelas ini dimana walaupun begitu anak sering kali lupa walaupun begitu saya percaya dengan melakukan pendekatan yang menyenangkan dan tidak membosankan mereka akan mulai memahami serta menghitung aturannya dimana dengan mempermudah hal itu saya membuatkan pin karakter lucu untuk di tempel di papan tulis sebagai reward untuk mereka yang paham dengan aturannya.
Nama : Vidriyanti Marsaid
Nim : 859433995
Setelah saya melihat video ini saya sangatlah setuju dengan penanaman kedisiplinan pada anak usia dini ini walaupun tidak dengan cara yang instan akan tetapi cara menggunakan metode pendekatan yang sangat dibutuhkan kesabaran untuk anak usia dini ini di karenakan anak usia dini ini masih berada pada usia yang perkembangan serta karakter sang anak dan juga dengan konsisten mengajarkan anak hal ini hingga penuh dengan teladan, dimna dengan penguatan yang positif ini seperti memberikan reward ini akan membantu untuk membentuk perilaku anak. Dan juga menurut pengalaman saya pada saat berada di kalas tantangan terbesar saya ialah menjaga ketertiban kelas yang dimna saya berusaha untuk menjaga konsistensi pada aturan kelas ini dimana walaupun begitu anak sering kali lupa walaupun begitu saya percaya dengan melakukan pendekatan yang menyenangkan dan tidak membosankan mereka akan mulai memahami serta menghitung aturannya dimana dengan mempermudah hal itu saya membuatkan pin karakter lucu untuk di tempel di papan tulis sebagai reward untuk mereka yang paham dengan aturannya.
Nama : NUR EKA AGUSTINI
Nim. : 858991794
Video edukasi ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD,dimana dalam pembelajaran sehari hari sering kita menemui permasalahan yang sama, yaitu kedisiplinan dan ketaatan pada peraturan.
Menanamkan ketaatan peraturan PAUD melalui pengulangan atau repetition dapat dilakukan dengan cara mengulang peraturan secara teratur ,yang dapat membantu anak-anak mengingat dan memahami peraturan tersebut.Pengulangan dapat meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya ketaatan pada peraturan,membantu mengembangkan kebiasaan baik pada anak-anak, seperti ketaatan peraturan,membantu meningkatkan disiplin anak-anak dan membuatnya lebih mudah untuk diatur, membantu mengurangi perilaku negatif anak-anak dan membuatnya lebih kooperatif
Dengan menggunakan pengulangan yang efektif,guru PAUD dapat membantu anak-anak mengembangkan ketaatan peraturan dan meningkatkan kedisiplinan mereka
Terima kasih untuk video di forum ini, videonya membantu untuk saya agar anak dapat tertib, mengikuti peraturan yang diberikan
Nama : Widyaningsih
NIM : 858018554
Judul Video :Menanamkan Ketaatan Peraturan PAUD melalui Pengulangan “Repetition”
terimakasih untuk videonya yang informatif dan edukatif sekali. metode pengulangan ini memang telah saya terapkan dalam mengajarkan anak disiplin peraturan, meski begitu masih ada beberapa anak yang belum melaksanakannya. dari video tersebut menambah wawasan bagi saya bahwa ternyata penerapan disiplin sebaiknya melibatkan orang tua dah bahkan memberi contoh langsung dari anak-anak yang lain. terimakasih untuk ilmunya semoga semakin banyak lagi video-video pembelajaran seperti ini.
nama : widyaningsih
nim : 858018554
Judul video : penerapan ketaatan aturan melalui pengulangan
videonya edukatif sekali, penerapan ketaatan dengan pengulangan ini telah saya terapkan disekolah namun tidak semua anak bisa menjalankannya. dari video ini saya belajar bahwa menanamkan ketaatan aturan ternyata juga di perlukan keterlibatan orang tua dan bukti nyata atau contoh dari teman-teman lain. terimakasih untuk videonya sangat bermanfaat, semoga lebih banyak lagi vidio-video yang edukatif seperti ini
“Pengulangan”
Kejadian yang ada di video sering sekali saya alami disekolah. Dimana anak tidak mau berbaris, semuanya ingin duluan, sering keluar baris dari antrian. Dengan adanya video ini mudah mudahan bisa bermanfaat dan bisa saya terapkan di sekolah saya. Terimakasih..
Nama : Samiasih
Nim : 858707882
Terima kasih vidionya sangat edukatif dan menginspirasi sekali. Penerapan pengulangan, ketaatan dan kedisiplinan setiap hari kami terapkan terutama dalam kegiatan salaman datang dan mau pulang sekolah, mencuci tangan dan dalam meminta kertas tugas kegiatan. Dalam penerapan pengulangan kegiatan mudah dilakukan anak jika sudah terbiasa tapi akan menjadi sulit jika baru di terapkan ke anak.
Marsiyah860208764
Pengulangan merupakan metode yang bisa digunakan untuk anak bisa bersikap menaati aturan dengan memperhatikan preferensi dan memberikan contoh agar anak tidak merasa bosan. Dalam hal ini kita juga harus melibatkan orang tua dalam pelaksanaannya. Dalam video kita bisa belajar hal-hal yang berkaitan dengan cara agar anak bersikap menaati aturan. banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari video tersebut, menambah pengetahuan kita sebagai guru untuk terus belajar. Terimakasih
Nama: Isyfan Rizqi Wahyunanda
NIM: 859520045
Judul Video: Penerapan ketaatan Aturan Melalui Pengulangan
Menurut saya, penerapan ketaatan aturan melalui pengulangan (repetition) sangat efektif dalam membentuk kebiasaan anak usia dini, terutama dalam konteks sederhana seperti mengantri. Pengulangan memberi anak kesempatan untuk memahami, mengingat, dan akhirnya melakukan aturan secara mandiri tanpa perlu diingatkan terus-menerus. Misalnya, dalam kegiatan mengantri sebelum masuk kelas atau saat mengambil makanan, guru secara konsisten membimbing anak untuk berdiri satu per satu, mengikuti urutan, dan menunggu giliran. Ketika rutinitas ini dilakukan setiap hari, anak mulai memahami bahwa mengantri adalah bagian dari aturan yang harus dipatuhi. Dengan cara ini, pengulangan menjadi alat yang kuat dalam menanamkan disiplin dan menghargai hak orang lain sejak dini.
Terima Kasih..