silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan.
Mery Novianti
Pakar Dosen
Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak sama.
Dalam mengajar konsep pecahan ini, guru menggunakan alat peraga berupa karton yang dimodifikasi.
Sebelum memanfaatkan alat peraga, guru lebih dulu menunjukkan rumus penjumlahan dua pecahan. Akan lebih elok kalau rumus penjumlahan pecahan itu tidak langsung diberikan tetapi ditemukan sendiri oleh murid (tentu saja dipandu oleh guru).
Sebelum masuk ke operasi penjumlahan pecahan, sebaiknya guru menekakan pada konsep dua pecahan yang penyebutnya tidak sama tetapi sama nilainya.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan perkembangan kognitif murid; namun demikian penyajiannya sebaiknya dibalik yaitu dimulai dengan penggunaan alat peraga kemudian baru rumus penjumlahan pecahan.
Prof. H. Yaya S. Kusumah (UPI Bandung)
Pakar Guru
Jelas cara guru membuka, mengisi, menutup pelajaran.
Alat peraga kurang besar, dan sebaiknya dilakukan secara perkelompok agar semua siswa dapat memahami dengan beberapa latihan.
Materi sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Adanya kesesuaian materi dengan kurikulum yang berlaku.
Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.
Nama :Siti Masruroh
Nim :856757036
UPBJJ : Palembang
Menurut saya pembelajaran dalam Vidio tersebut jelas terlihat di awal pembelajaran guru langsung mengajak anak untuk mebahas materi tanpa ada pembukaan kelas salam berdoa bersama dan langsung memberikan contoh tentang materi yang akan di pelajari kemudia menanyakan kepada anak tentang materi yang baru di jelaskan guru hanya fokus pada guru tanpa melibatkan siswa dalam penjelasan materi sehingga anak hanya fokus mendengarkan dan memperhatikan dari tempat duduknya sehingga tidak sedikit anak yang tidak terlalu fokus dengan materi yang di ajarkan sehingga anak tidak faham dengan materi yang di sampaikan oleh guru dan juga kurangnya media ajar sehingga anak mudah bosan dan tidak tertarik pada materi pembelajaran tersebut.
Dan dengan metode yang ke dua dengan mengunakan potongan karton untuk media ajar anak lebih tertarik dan juga memfokuskan pemaparan materi dengan melibatkan siswa secara langsung sehingga mudah untuk memahami materi pembelajaran tersebut.
Menurut saya penyampaian materi pembelajaran lebih efektif jika mengunakan media ajar yang menarik contohnya seperti dalam Vidio tersebut, pengunaan karton dalam menyelesaikan materi matematika topik pecahan berpenyebut tidak sama apalagi mengingat materi matematika yang sering di angap susah dan membosankan oleh siswa.
Nama : EKA VIA SAFIRA
NIM : 877325336
UPBJJ : MALANG
PENDAHULUAN
Guru menyampaikan bahwa akan belajar matematika penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.
KEGIATAN INTI
Guru mengajak siswa untuk mereview pembelajaran yang lalu, yaitu penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan penjumlahan berpenyebut sama kemudian ada dua siswa yang menjawabnya dengan benar. Lalu guru memberikan pertanyaan pemantik tentang penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang cara mengerjakan penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama menggunakan rumus a/b + c/d = (ad + bc)/bd. Dari rumus tersebut beberapa siswa masih belum terlalu mengerti dengan kondep penjumlahan berpenyebut tidak sama. Kemudian guru memberikan penjelasan penjumlahan berpenyebut tidak sama menggunakan media pembelajaran yaitu karton warna yang telah dibagi garis-garis mulai dari 1/1, 1/2, 1/3, 1/4, 1/5, 1/6, 1/7, 1/8, 1/9, 1/10, 1/11, 1/12. Siswa diminta untuk menempel potongan karton pada garis yang sesuai.
PENUTUP
Guru menyimpulkan bahwa pecahan berpenyebut tidak sama dapat dilakukan dengan media yang lebih menyenangkan dan menarik.
KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO
Pendahuluan : Guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti : Tidak ada diskusi antara siswa dan guru. Tidak ada siswa yang menanggapi penjelasan dari guru. Tingkat soal yang diberikan hanya yang mudah mudah saja. Sehingga jika dikemudian hari siswa menjumpai soal yang sulit siswa tidak dapat menggunakan media pembelajaran tersebut.
Penutup : Tidak terdapat refleksi pembelajaran dan kesimpulan
KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO
Dalam video terlihat ada beberapa siswa yang maju ke depan untuk menempelkan potongan karton. Sehingga, kelebihan dari konsep pembelajaran matematika topik penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan media pembelajaran kertas karton dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan belajar.
HAL UNIK YANG TERDAPAT DALAM VIDEO
Memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar yang mudah ditemukan untuk pembuatan media pembelajaran.
RENCANA PERBAIKAN YANG AKAN DILAKUKAN
Siswa tetap diajarkan untuk mengingat rumus penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, untuk mengerjakan soal tinggi atau HOTS. Namun penggunaan media pembelajaran juga tidak boleh ditinggalkan. Hal ini berguna untuk membuat siswa lebih paham akan konsep penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan konkret.
Nama : Fuji Wahyu Nengsih
NIM : 856301171
UPBJJ : Padang
Setelah saya menyimak video diatas, hasil analisis saya adalah :
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Jawab :
– Pada awal pembelajaran siswa masih keliatan kebingunan tentang materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– Beberapa siswa terlihat aktif saat guru menjelaskan menggunakan media potongan kertas
– Semua siswa memperhatikan dengan baik penjelasan guru
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
jawab :
– Guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi, memberikan imtaq, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan membangkitkan semangat belajar siswa/ menggunakan ice breaking)
– Pada saat menggunakan media guru kurang menjelaskan dan menanamkan konsep cara penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– Tidak semua siswa merespon penjelasan dan pertanyaan guru
– Guru tidak memberikan penguatan diakhir pembelajaran
– Guru juga tidak memberikan tes formatif saat pembelajaran untuk momonitor.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
jawab :
– Secara keseluruhan siswa mengenal dan menggunakan media potongan kertas dapat menyelesaikan penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– Guru melibatkan siswa secara aktif menggunakan media potongan kertas
4. Hal – hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut pada saat guru melaksanakan pembelajaran ?
Jadi didalam video tersebut guru sangat kreatif untuk memudahkan siswa menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati videonya. Upaya apa saja yang dapat diusulakn untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ?
– Upaya yang dapat dilakukan guru adalah memperhatikan kebutuhan semua siswa
– Guru perlu membuat siswa bersemangat belajar matematika dengan memanfaatkan teknologi,
– Guru memberikan pemahaman tentang materi untuk semua siswa
– Guru menanyakan hal yang kurang dimengerti dalam pembelajaran tersebut
– Guru memberikan latihan soal, dan melaksanakan refleksi.
Nama : Fuji Wahyu Nengsih
Nim : 856301171
UPBJJ : Padang
Setelah saya menyimak video diatas, hasil analisis saya adalah :
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Jawab :
– Pada awal pembelajaran siswa masih keliatan kebingunan tentang materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– Beberapa siswa terlihat aktif saat guru menjelaskan menggunakan media potongan kertas
– Semua siswa memperhatikan dengan baik penjelasan guru
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
– Guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi, memberikan imtaq, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan membangkitkan semangat belajar siswa/ menggunakan ice breaking)
– Pada saat menggunakan media guru kurang menjelaskan dan menanamkan konsep cara penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– Tidak semua siswa merespon penjelasan dan pertanyaan guru
– Guru tidak memberikan penguatan diakhir pembelajaran
– Guru juga tidak memberikan tes formatif saat pembelajaran untuk momonitor.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
– Secara keseluruhan siswa mengenal dan menggunakan media potongan kertas dapat menyelesaikan penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– Guru melibatkan siswa secara aktif menggunakan media potongan kertas
4. Hal – hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut pada saat guru melaksanakan pembelajaran ?
– Jadi didalam video tersebut guru sangat kreatif untuk memudahkan siswa menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati videonya. Upaya apa saja yang dapat diusulakn untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ?
– Upaya yang dapat dilakukan guru adalah memperhatikan kebutuhan semua siswa
– Guru perlu membuat siswa bersemangat belajar matematika dengan memanfaatkan teknologi,
– Guru memberikan pemahaman tentang materi untuk semua siswa
– Guru menanyakan hal yang kurang dimengerti dalam pembelajaran tersebut
– Guru memberikan latihan soal, dan melaksanakan refleksi.
Nama : Fuji Wahyu Nengsih
Nim : 856301171
UPBJJ : Padang
Setelah saya menyimak video diatas, hasil analisis saya adalah :
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Jawab :
– Pada awal pembelajaran siswa masih kelihatan kebingungan tentang materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– beberapa siswa terhadap aktif saat guru menjelaskan materi menggunakan media potongan kertas
– semua siswa memperhatikan guru
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
– guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi, memberikan imtaq dan menyampaikan tujuan pembelajaran serta membangkitkan semangat belajar siswa/ice breaking
– pada saat menggunakan media guru kurang menjelaskan dan menanamkan konsep cara penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
-tidak semua siswa merespon pelajaran dan pertanyaan guru
-guru tidak memberikan penguatan diakhir pembelajaran
-guru juga tidak memberikan tes formatif saat pembelajaran untuk momonitor.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
-secara keseluruhan siswa mengenal dan menggunakan media potongan kertas untuk menyelesaikan penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
– guru melibatkan siswa secara aktif
4. Hal -hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut pada saat guru melaksanakan pembelajaran?
-guru sangat kreatif untuk memudahkan siswa menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dalam video, upaya apa saja yang dapat anda usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran?
-upaya yang dilakukan guru memperhatikan kebutuhan siswa
– guru perlu membuat siswa bersemangat belajar matematika dengan memanfaatkan teknologi
-guru memberikan pemahaman tentang materi untuk siswa
-guru menanyakan hal yang kurang dimengerti siswa dalam pembelajaran
-guru memberikan latihan soal dan melakukan refleksi
Baik saya akan mencoba menanggapi video di atas yang bertopik “PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA” Pada video pertama yang ditayangkan terlihat guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak fokus dalam pembelajaran pecahan tersebut, karena itu sangat penting dalam pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran atau alat peraga. Dan terlihat pada video kedua yang ditanyakan guru mengganti cara mengajarnya dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang telah disiapkan, dalam video tersebut siswa sudah mulai fokus dan mulai memiliki minat untuk memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, melalui proses belajar yang menggunakan media atau alat peraga dapat membuat siswa aktif dalam proses belajar yang sedang berlangsung. Hanya saja guru tersebut seharusnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, jika diberikan kesempatan bertanya maka guru dapat melihat siswa yang sudah benar-benar mengerti atau belum dan siswa juga akan lebih terlihat aktif.
Terimakasih 🙏
Nama : Juita Siahaan
NIM : 878365056
Setelah saya mengamati video GPO diatas, saya menganalis dalam awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak memulai dengan doa, dan juga tidak ada absensi. Seharusnya di awal pembelajaran itu harus diawali dengan doa dan absensi untuk mencek kehadiran siswa. Dan dalam kegiatan pembelajaran siswa terlihat bosan dengan penyampaian guru. Oleh karena itu menurut saya dalam proses belajar bisa di buat ice breaking untuk membuat siswa semangat, fokus dan konsentrasi.
Nama:Ika Dewi
NIM 857868227
Dalam video ini guru memulai kegiatan pembelajaran tanpa diawali dengan doa dan kegiatan apersepsi terlebih dahulu.kemudian untuk video yang pertama siswa terlihat pasif karena guru mengajarkan konsep cara menjumlahkan pecahan dengan penyebut tidak sama tanpa menggunakan media pembelajaran dan alat peraga sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik.untuk video yang kedua guru menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang berupa kertas karton dalam menjelaskan konsep penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.dalam video kedua siswa mulai terlihat aktif,akantetapi dalam video tersebut masih ada siswa yang kebingungan.dalam video tersebut guru dalam menutup pembelajaran seharusnya melakukan umpan balik, kesimpulan dan penguatan materi agar siswa lebih memahami.
Terimakasih
Nama : Istiqomah
NIM : 856084461
UPBJJ : Batam
Analisis saya setelah melihat video pembelajaran diatas adalah:
Kelebihan:
1. Guru melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan menunjuk beberapa murid untuk menjawab pertanyaan dari guru.
2. Guru memberikan penjelasan tentang konsep penjumlahan pecahan dengan sangat baik.
3. Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik. Guru menggunakan potongan karton yang mewakili pecahan untuk membantu siswa memahami konsep penjumlahan pecahan.
Kekurangan:
1. Guru tidak melakukan apersepsi atau kegiatan pendahuluan pada saat pembelajaran.
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai saat mempelajari materi tersebut.
3. Guru tidak memberikan latihan Latihan soal lebih lagi dalam pembelajaran.
Nama: Irsanti Mawaddah Nur
NIM: 878200737
UPBJJ: Malang
Kelebihan Video:
•Guru melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yaitu potongan karton.
•Guru mengulang materi sebelumnya untuk membantu mengingat kembali materi yang berkaitan sebelumnya.
•Guru melakukan pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif. Sehingga peserta didik fokus memahami materi dan pertanyaan.
•Guru mengapresiasi peserta didik saat aktif dalam pembelajaran.
Kekurangan Video:
•Guru tidak apersepsi dengan lengkap, tidak melakukan doa dan mengecek kehadiran peserta didik.
•Guru hanya menggunakan satu media pembelajaran yaitu karton.
•Guru tidak memberikan waktu peserta didik untuk bertanya mengenai bagian yang belum dipahami.
•Guru langsung menunjuk peserta didik untuk menjawab, dan tidak memberikan latihan mengerjakan soal lebih mendalam.