silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Eded Tarmedi

  1. Cara membuka pembelajaran guru belum memperhatikan sekitar kelas, tiba-tiba langsung masukan dan memberikan materi yang akan dipelajari. Isi materinya tidak terlalu lengkap dalam penjelasannya. Pembelajaran yang digunakan monoton seharusnya guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik. Ketika penutupan guru tidak membuat kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Strategi dalam mempembelajaran ini bisa menggunaan bermain peran agar siswa dapat mengalami kejadian-kejadian di masa lalu dan sekarang. Seharusnya media yang digunkan harus lebih jelas lagi agar siswa dpat memahami kejadian atau peristiwa yang terjadi saat itu.
  3. Kesesuain tingkat materi sudah cukup baik.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

165 Comments

  1. Assalamualaikum
    Saya Winda Distia,Nim 8589490315
    Pada pembelajaran tsb bapak/ibu guru terlalu cepat menjelaskan materi sehingga siswa bingung,tidak mendengarkan dan bosan, solusinya bapak/ibu guru harus memulai pendahuluan terlebih dahulu seperti salam,berdoa.dan kalau bisa ice bereaking supaya siswa fokus dan bisa berkonsentrasi dalam pembelajaran,jangan langsung ke inti pembelajaran ya Terima Kasih
    maaf jika kurang

  2. Nama : Aida lestari
    Nim : 857365779
    Upbjj : kota bogor

    1. -Reaksi siswa siswa mencatat serta tidak kontekstual, cara ini sangat membosankan dan siswa tidak tertarik.
    2. -Kelemahan guru menyampaikan materi yang masih tergolong monoton serta kurang adanya penguatan materi yang diberikan beserta alat bantu atau media berkaitan materi masih belum relevan.
    – kurangnya penggunaan metode maupun media pembelajaran dengan baik sehingga pembelajaran yang diberikan terlalu membosankan bagi anak.
    3. – Guru melakukan sesi tanya jawab, sehingga membuat anak lebih aktif dalam proses pembelajaran.
    4. Hal-hal unik yang ada dalam vidio adalah Kegiatan menulis setelah mendengarkan kedua cerita mengembangkan motorik halus peserta didik.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik dan metode yang baik sesuai dengan kemampuan anak agar anak semakin memahami pembelajaran yang diberikan sehingga tercipta nya kelas yang kondusif, aktif dan efektif. Serta memberikan dorongan semangat kepada anak agar pembelajaran semakin baik.

  3. Assalamualaikum wr wb
    ijin menanggapi video pembelajaran IPS seri “Perlawanan Pangeran Diponegoro V/S Makam Mbah Priok” menurut saya
    1. Kelemahannya :
    – Saat masuk kelas guru tidak mengucapkan salam dan mengadakan absen siswa dulu.
    – Guru belum memberikan materi malahan langsung memberikan pertanyaan.
    – Isi materinya kurang lengkap , kurang jelas dan alat media juga masih kurang.
    – Akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran.
    2. Kelebihan :
    – Setelah mendengarkan cerita siswa disuruh untuk menulis apa yang sudah diceritakan oleh guru .
    – Guru memberikan pertanyaan untuk membuat anak lebih aktif dalam proses pembelajaran.
    3. Solusi :
    Guru dapat menggunakan alat media atau siswa bisa dilibatkan bermain peran semacam drama sesuai dengan cerita yang diterangkan oleh guru.

    termakasih

  4. Nama : IIN INAYAH
    Nim : 857151192

    Assalamualaikum wr wb ijin menanggapi video pembelajaran IPS seri “Perlawanan Pangeran Diponegoro V/S Makam Mbah Priok” menurut saya 1. Kelemahannya : – Saat masuk kelas guru tidak mengucapkan salam dan mengadakan absen siswa dulu. – Guru belum memberikan materi malahan langsung memberikan pertanyaan. – Isi materinya kurang lengkap , kurang jelas dan alat media juga masih kurang. – Akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran. 2. Kelebihan : – Setelah mendengarkan cerita siswa disuruh untuk menulis apa yang sudah diceritakan oleh guru . – Guru memberikan pertanyaan untuk membuat anak lebih aktif dalam proses pembelajaran. 3. Solusi : Guru dapat menggunakan alat media atau siswa bisa dilibatkan bermain peran semacam drama sesuai dengan cerita yang diterangkan oleh guru. termakasih

  5. Nama: Ajeng Ginayah
    NIM : 857363324
    Jurusan : PGSD
    1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    a. Diawal pembelajaran, guru tidak membuka pembelajaran dengan membaca doa
    b. Guru tidak membuat suasana kelas menyenangkan
    c. Guru terlalu cepat menjelaskan materi sehingga siswa terlihat kebingungan

    2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    guru memberikan pertanyaan kepada siswa sehingga membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran

    3. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    Anak-anak diminta untuk mengingat hal-hal penting yang ada dalam cerita tersebut, lalu mereka diberikan beberapa pertanyaan. Menurut saya itu sangat unik karena bisa menciptakan suasana kelas yang aktif dan kondusif

    4. Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
    Akan lebih menarik jika guru tersebut memberikan media pembelajaran yang tentunya berkaitan dengan masa lampau dan masa sekarang, lalu menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh siwa, dan juga membimbing siwa untuk mengerjakan soal yang ada di buku/LKS.

Leave a Reply