silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Amelia Fatima Azzahra
NIM : 858726908
Pembelajaran Terpadu
Tanggapan saya pada video tersebut. dimana anak – anak memiliki kecepatan yang berbeda – beda saat menangkap aturan yang dibuat, mengajak anak aktif untuk membuat aturan bermainnya, lalu guru memberi contoh aturan supaya anak semakin paham dengan aturan dan selalu mendampingi anak saat kegiatan.
Nama : Wahyu Binta Sulistyorini
NIM : 858305199
Dalam video tersebut, terlihat guru mengajarkan sebuah konsep peraturan kelas dengan konsep bermain. Bermain dalam video ini, adalah siapa yang bisa menjawab dengan benar maka akan boleh diizinkan bermain. Hal ini dilakukan menyesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Ibu guru pun memberikan contoh dan penjelasan terlebih dahulu , serta menjelaskan hadiah atau rewarard yang akan didapatkan oleh anak.
nama: marsithy
NIM: 858616514
Setelah menyaksikan program video ini, saya setuju bahwa kepribadian dan latar belakang anak, serta dinamika keluarga mereka, dapat berpengaruh pada kemampuan mereka dalam menyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi mengadakan perlombaan untuk membiasakan siswa mematuhi aturan merupakan pendekatan yang menarik dan bisa efektif. Saya juga pernah menghadapi tantangan yang serupa dalam mengajar siswa terkait kedisiplinan di kelas. Salah satu solusi yang saya temukan adalah dengan mengintegrasikan permainan edukatif dan aktivitas kolaboratif dalam pembelajaran, yang tidak hanya meningkatkan minat siswa tetapi juga mengajarkan nilai-nilai tentang keteraturan dan kerja sama. Selain itu, membangun hubungan yang baik dan terbuka dengan orang tua juga membantu dalam mendukung konsistensi antara aturan di kelas dan di rumah. Dengan menggunakan pendekatan yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa, saya berhasil melihat peningkatan dalam kemampuan mereka untuk memahami dan mentaati aturan di kelas. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan guru lainnya yang menghadapi tantangan serupa.
Nama :Alfrida Tanggela
Nim :859295044
Tanggapan saya dalam video tersebut sangat bagus,dimana anak anak usia tersebut kadang kadang susah diatur .tapi dengan ada penerapan strategi kedisiplinan pada Anak usia ,pada saat kegiatan bermain ,sangat membantu dan bermanfaat .karena dengan Cara seperti itu anak -anak dapat terlatih menaati aturan yang berikan oleh ibu guru.contoh nya dalam permainan bak pasir dan juga tebak -tebakkan dan lain lain.ini sangat membantu Saya jika menemukan anak anak yang sama dalam video tersebut, sebagai pedoman bagi saya dalam pembelajaran tersebut. Termotivasi
Nama : Kawakip
NIM : 858707829
Video GPO : penerapan ketaatan aturan melalui kegiatan perlombaan “COMPOTITION”
Tayangan video tersebut menanamkan disiplin mentaati aturan main ibu guru membagikan dua kelompok pada anak didiknya. Kemudian ibu guru memberi peraturan:
1. Siapa yang memasukkan ke bak pasir kalau sudah ibu guru memerintahkannya.
2. Tidak boleh lempar pasir keluar bak.
3. Tidak boleh lempar pasir ke teman nya.
4. Siapa yang sudah selesai duluan kegiatannya maka harus acungkan tangan terlebih dahulu.
Dan ibu guru mengulang kembali langkah-langkahnya dalam permainannya. Kemudian siapa yang menjawab terlebih dahulu maka akan memainkan mainannya.
Dengan permainan ini dan peraturan yang diberikan oleh guru, maka anak-anak akan lebih mudah mentaati peraturan yang telah ibu guru buatnya, apalagi dengan pemberian hadiah atau berupa pujian bagi siapa pemenangnya maka anak-anak akan senang dan gembira dengan permainan ini.
Judul : perlombaan (competition)
Dalam video tersebut guru mengajak anak bermain bersama dengan metode perlombaan, dan guru memberikan peraturan sebelum permainan dimulai.
Dengan cara ini anak mengetahui sebab dan akibat apa saja yang dilakukan saat perlombaan berlangsung. Sehingga dengan perlahan anak mampu mentaati peraturan.
1.Pendapat saya setelah menyaksikan vidio di atas vidio di atas sangat menarik untuk kita terapkan di lembaga kita di mana dalam vidio tersebut guru menanamkan pada anak untuk dapat mentaati peraturan agar terbiasa,sebagai pendidik yang baik kita harus mampu mengajak siswa untuk terbiasa dalam mentaati peraturan agar terbiasa dari kecil sampai dewasa,sehingga anak anak memiliki disiplin.
2.ya saya pernah memiliki permasalahan yang sama solusi yang saya berikan adalah saya memberikan pujian kepada anak yang selalu dapat mentaati peraturan agar mereka menjadi jauh lebih baik lagi daripada sebelumnya.
Saya lihat dengan cara yang saya berikan mereka lebih tertarik untuk dapat lebih mentaati peraturan yang di berikan oleh guru,karena anak anak suka dengan pujian.
Demikian pendapat saya terimakasih
Nama: Risna Maya sari
Nim: 856789437
Video diatas sangat menarik untuk diterapkan disekolah, dimana seorang guru merancang peraturan pada anak untuk dapat mentaati peraturan yang sudah dibuat. Dan guru juga menjelaskan peraturan yang dibuat kepada anak serta memberikan contoh kepada anak terlebih dahulu tentang peraturan yang telah dibuat
Sumarsih
858532101
PG PAUD
Upjjb Semarang
Setelah melihat video di atas kita bisa melihat bahwa pemahaman anak terhadap sebuah peraturan berbeda”, namun dengan kita memberikan arahan dan pembelajaran yang mudah di pahami, kita harapkan anak akan lebih mudah untuk bisa disiplin dan mau mematuhi setiap peraturan yang ada.
Assalamu’alaikum wr. wb
Pendekatan kedispilinan dengan anak dengan cara perlombaan dalah cara yang menarik dan dapat dilakukan di tempat saya mengajar, dengan anak yang diberi peraturan main dan siapa. yang bisa menjawab pertanyaan itulah anak yang bisa bermain pasir duluan.