silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Maria Ester
NIM : 858306216
Video tentang penerapan ketaatan aturan melalui kegiatan perlombaan “competition” menurut saya dalam video tersebut guru sudah menjelaskan aturan-aturan sebelum dilaksanakannya permainan akan tetapi guru tidak menjelaskan secara detail kegiatan permainan yang dilakukan oleh anak sehingga anak kurang berminat dalam permainan.
Nama : Nur Oktavianti
NIM : 858447708
Menurut saya, penanaman taat terhadap aturan yang dilakukan oleh guru tersebut cukup efektif. Tidak hanya menjelaskan aturan yang harus ditaati saat mengikuti permainan, guru tersebut juga mengecek kembali pemahaman anak dengan menanyakan kembali aturan yang telah disampaikan. Namun, hendaknya guru saat menjelaskan aturan disertai dengan contoh agar anak lebih mudah memahami, karena terlihat di dalam video tidak semua anak menyimak apa yang guru sampaikan. Sebelumnya saya juga mengalami hal yang demikian, ada beberapa anak yang sulit untuk menaati aturan pada saat pembelajaran. Hal yang saya lakukan adalah memisahkan anak yang enggan menaati aturan untuk diberikan penjelasan secara lebih mendalam. Selain itu, saya juga membuat kesepakatan dengan anak apabila anak masih enggan menaati aturan dengan memberikan konsekuensi yang sesuai.
Nama : Nur Oktavianti
NIM : 858447708
Menurut saya, penanaman taat terhadap aturan yang dilakukan oleh guru tersebut cukup efektif. Tidak hanya menjelaskan aturan yang harus ditaati saat mengikuti permainan, guru tersebut juga mengecek kembali pemahaman anak dengan menanyakan kembali aturan yang telah disampaikan. Namun, hendaknya guru saat menjelaskan aturan disertai dengan contoh agar anak lebih mudah memahami, karena terlihat di dalam video tidak semua anak menyimak apa yang guru sampaikan. Sebelumnya saya juga mengalami hal yang demikian, ada beberapa anak yang sulit untuk menaati aturan pada saat pembelajaran. Hal yang saya lakukan adalah memisahkan anak yang enggan menaati aturan untuk diberikan penjelasan secara lebih mendalam. Selain itu, saya juga membuat kesepakatan dengan anak apabila anak masih enggan menaati aturan dengan memberikan konsekuensi yang sesuai.
Nama : Ester Linda Nababan
NIM : 859898178
Prodi :S1 PGPAUD BI
Pada video diatas tentang menanamkan ketaatan pada perlombaan, menurut saya ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum melakukan perlombaan:
1. Guru menjelaskan perlombaan apa yang akan dimainkan
2. Guru memberikan aturan pada saat perlombaan
3. Guru bertanya kembali kepada anak tentang aturan
4. Guru akan memberi hadiah pada anak yang bisa melakukan perlombaan sesuai aturan
Menanamkan ketaatan harus dimulai sejak dini, sehingga anak mampu mengikuti kegiatan apapun dengan sesuai dan tepat.
Namun dalam video tersebut, kekurangannya adalah guru harusnya mengajak anak menyusun aturan dan membuat kesepakan apabila melanggarnya serta guru kurang mengkondusifkan kelas,.
Nama : Rani Sarah
NIM : 857443152
PRODI : S1 PGPAUD
Assalamualaikum wr.wb.,
Idzin berkomentar 🙏
Setelah menyaksikan tayangan Video Menanamkan Ketaan Peraturan Anak Usia Dini Pada Perlombaan dapat disimpulkan tips-tips agar Anak dapat mentaati peraturan perlombaan yaitu :
1. Guru menjelaskan perlombaan apa yang akan dimainkan
2. Guru memberikan aturan pada saat perlombaan
3. Guru bertanya kembali kepada anak tentang aturan
4. Guru akan memberi hadiah pada anak yang bisa melakukan perlombaan sesuai aturan
Alhamdulillah setelah menonton video tersebut dapat menambah referensi saya sebagai guru PAUD untuk menanamkan ketaatan Anak terhadap aturan, baik itu aturan perlombaan maupun aturan bermain pada proses pembelajaran anak.
Adapun tanggapan saya terhadap video tersebut sebagai upaya memberikan saran berdasarkan pengalaman saya di sekolah agar anak mentaati aturan yaitu terlebihdahulu guru membuat kesepakan dengan anak apabila ada yang melanggar aturan akan mendapatkan sanksi, sanksi yang diberlakukan tentunya disepakati bersama, terlebih anak ikut serta memberikan pendapat tentang sanksi yang akan diberlakukan namun harus sesui dengan usia anak jangan sampai sanksi yang digunakan melebihi kemampuan anak.
Sekian dan terimakasih
Wasalamualaikum wr.wb.
Menanggapi video GPO tersebut, menurut saya sudah cukup baik menjelaskan tentang kebutuhan atau permasalahan guru diawal pembelajaran yang biasanya terjadi pada murid baru. Dalam video pun sudah dijelaskan bahwa guru harus kreatif menemukan cara agar anak mau menaati aturan tanpa merasa takut/ terancam. Yaitu pada kegiatan 1 bermain di dalam bak pasir. Guru menjelaskan aturan mainnya. Apabila anak sudah paham guru memulai permainan.
Pada kegiatan 2 yaitu tebak pantai pun sudah dijelaskan reward yg didapat bila anak patuh aturan. Dan sebaliknya konsekuensi bila tidak taat aturan. Namun menurut saya ada sedikit kekurangan yaitu dalam video tidak ditampilkan tanggapan anak ketika bisa mentaati aturan dan menerima konsekuensinya bila melanggar aturan. Tentunya setiap anak akan menunjukkan sikap yang berbeda
Nama Rahmasari Nur Arifin
Nim: 859391035
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
menurut saya yang di lakukan guru dalam video diatas dalam membentuk ketaatan peraturan pada anak usia dini sangatlah bagus, guru memberi contoh secara langsung bagaimana menaati peraturan yang ada dan konsekuensi bagi yang tidak mentaati peraturan tersebut melalui kegiatan perlombaan. maka anak akan belajar dan memahami peraturan yang diterapkan.
Nama : Faiz Ainul Azizah
NIM : 857760377
Prodi : PGPAUD BI
Menurut saya cara guru untuk menerapkan ketaatan aturan melalui perlombaan seperti yang ditampilkan pada video di atas cukup menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Cara guru untuk menyampaikan aturan bermain pasir cukup mudah dimengerti oleh anak meskipun tidak dijelaskan secara detail permainan apa saja yang tersedia di bak pasir. Guru juga terlihat ekspresif saat manyampaikan aturannya. Di dalam video diberikan langkah-langkah untuk menerapkan ketaatan aturan melalui perlombaan. Di antara langkah-langkah yang menarik adalah meminta pendapat siswa dalam membuat aturan. Hal itu dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti perlombaan karena merasa turut andil dalam jalannya perlombaan. Selain itu, langkah lain yang diberikan, yang isinya akan memberi anak hadiah bagi yang menaati aturan dan akan memberikan konsekuensi bagi yang melanggar aturan dinilai dapat membangkitkan rasa kedisiplinan pada diri anak. Namun sebelum melakukan perlombaan, pada video di atas tidak terlihat guru menerangkan terlebih dahulu tema atau materi apa yang akan dipelajari anak dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Nama: Nurnaningsih
Nim : 859170127
Prodi : SI PGPAUD
Penerapan ketaatan aturan melalui kegiatan perlombaan yang dilakukan oleh guru dalam vidio tersebut sangat bagus anak menjadi tidak takut dan terancam akan keselamatannya saat bermain anak dapat menaati aturan yang berlaku pada permainan tersebut.
Dalam sebuah permainan tentu ada anak yang tidak mengikuti aturan yang dilakukan seorang guru adalah:
1.Menjelaskan terlebih dahulu aturan perlombaan.
2. Mengajak anak menyusun aturan main
3.membuat aturan Antara guru dengan anak, dan anak dengan anak
4.guru mencontohkan terlebih dahulu
5.guru menjelaskan terlebih dahulu hadiah apa yang akan di dapat oleh anak jika menaati aturan.
6. Menjelaskan konsekwensi apa saja jika melanggar aturan yang telah ditetapkan.
Nama : Catur Ayu Fitri Astuti
NIM : 857985569
Prodi : PGPAUD BI (UPBJJ: Yogyakarta, Pokjar: Kasihan Bantul)
Setelah melihat Video “Menerapkan Taat Aturan Untuk Anak Usia Dini melalui Perlombaan” , menurut saya dalam video tersebut guru sudah menerangkan permainan dan aturan permainan sebelum melakukan kegiatan bermain dan belajar, hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan agar anak mengenal apa itu aturan dan bagaimana harus metaatinya. Memang untuk menerapkan taat aturan untuk anak usia dini tidaklah mudah maka dari itu perlu kesabaran dan waktu untuk mengajarkan anak agar bisa mentaati peraturan sehingga terbiasaya menjalaninya. selain memberitahu aturannya di dalam video, guru juga sudah memberikan contoh permainannya sehingga anak mengetahui bagaimana melakukan permainan. Dan divideo juga menjelaskan apabila anak-anak belum dapat mentaati peraturan, guru dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. menjelaskan atran bermain
2. menyusun aturan
3. membuat kesepakatan aturan antara anak-anak dan guru.
4. mencontohkan terlebih dahulu
5. memberitahu hadiah yang akan diberikan
6. konsekuensi apabila tidak mengikuti aturan.
hal ini dilakukan agar anak menjadi semangat dan antusias dalam mentaati peraturan dalam perlombaan.
disekolah saya sebenarnya masih ada beberapa anak yang belum mampu mentaati peraturan permainan maupun peraturan kelas, namun seiring berjalannya waktu kami selalu menerangkan aturan kelas yang sudah disepakati bersama setiap awal pembelajaran, memberi contoh permainan atau kegiatan belajar, dan memberikan hadian berupa bintang yang akan dimasukkan ke katong bintang apabila bisa mentaati peraturan atau menyelesaikan tugas, serta ada konsekuensi apabila anak tidak mengikuti aturan, maka bintang yang ada dikantong bintang akan diambil oleh guru. hal ini diharapkan agar anak mampu mentaati peraturan yang telah disepakati bersama.
sekian pendapat dari saya…. Terima Kasih