silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Nama : Risna Maya sari
Nim: 856789437
Dalam video diatas menjelaskan bagaimana cara guru mengembangkan stimulasi perkembangan bahasa anak,motorik kasar anak melalui bermain pesan berbisik.dengan bermain pesan berbisik dapat melatih pendengaran anak,dan juga dapat mengembangkan stimulasi perkembangan sosial emosional anak
Permainan pesan berbisik yang ditampilkan dalam video adalah metode yang kreatif dan efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini. Dengan memperhatikan aspek keamanan, penyesuaian tingkat kesulitan, penggunaan alat peraga yang jelas, diversifikasi aktivitas, dan inklusivitas, permainan ini dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam pendidikan PAUD. Penerapan yang tepat akan membantu anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik dalam lingkungan yang mendukung dan menyenangkan.
Nama : Hasnawati
Nim : 858613422
Vedio diatas bukan hanya melatih aspek motorik kasar dan bahasa,tetapi juga melatih aspek sosial emosional,kognitif karena vedio diatas guru memberikan permainan katak meloncat,pesan berbisik yang membutuhkan konsetrasi,melatih pendengaran anak dan melati sosial emosional anak,dan mengenal gambar dan huruf untuk melatih kognitf anak.Vedio diatas sangat bermanfaat bisa diterapkan disekolah.
terimakasih
Zimamatud Diyanah
NIM 857755723
Dalam video diatas menjelaskan bagaimana cara guru mengembangkan stimulasi perkembangan bahasa anak,motorik kasar anak melalui bermain pesan berbisik.dengan bermain pesan berbisik dapat melatih pendengaran anak,dan juga dapat mengembangkan stimulasi perkembangan sosial emosional anak
Video tersebut menggambarkan sebuah pendekatan inovatif yang dilakukan oleh seorang guru anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan motorik anak melalui permainan yang menarik dan bervariasi. Dalam video tersebut guru mengajak anak untuk melakukan permainan pesan berbisik. Permainan berbisik adalah penyampaian pesan secara berantai dari satu anak ke anak yang lain. Tapi ada modifikasi yang dilakukan oleh guru dengan menambahkan kegiatan motoric. Dengan menggabungkan permainan fisik dan aktivitas menyenangkan, guru membuat proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Sehingga anak-anak tampak ikut berpartisipasi dan antusiasme dalam mengikuti kegiatan tersebut.
video pembelajaran tentang permainan berbisik sangat inovatif, saya jadi ingin mempraktekkannya dikelas, karena permainan ini mengembangkan bahasa, motorik, dan sosial emosiaonal anak dalam satu paket. keren video nya, terimakasih…
Nama : Aida Muslimah
NIM : 858304688
Dalam video yang saya tonton bagaimana seorang guru menstimulasi perkembangan anak melalui bercerita menggunakan bonek dan bercakap-cakap atau bertanya jawab. Bagaimana mengembangkan motorik kasar bahasa anak secara terpadu melalui permainan pesan berbisik, contoh permainan ini mudan dan dapat dilakuakan oleh anak-anak dalam kelompok.
Manfaat dari permainan berbisik berantai 1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi, 2. melatih konsentrasi. Dalam hal ini adalah indera pendengaran. Siswa harus menyimak dengan seksama isi pesan yang disampaikan oleh si pembawa pesan, agar dia pun juga bisa menyampaikan pesan tersebut kepada kawannya yang lain. 3. memupuk kekompakan dan kerja sama di dalam sebuah kelompok. Permainan komunikata adalah permainan kelompok.
Nama : Halimatu Syadiah
NIM : 857498228
UPBJJ : Bandung
Pokjar : Cimahi
Setelah menyimak video seri pembelajaran PAUD dengan judul “Pesan berbisik” menurut saya videonya sangat menarik dan dapat dilakukan oleh anak-anak PAUD. Dalam video ditunjukkan kegiatan motorik anak menirukan gerakan binatang yang ada pada kartu bergambar, melakukan pesan berbisik dengan beberapa teman. Dalam kegiatan permainan pesan berbisik ini dapat mengembangkan aspek motorik anak, bahasa, kognitif, dan sosial emosional. Masukan yang mungkin bisa dilakukan menurut saya setiap permainan motorik dilakukan diluar ruangan atau dilapangan (jika ada) agar anak-anak lebih bebas dan leluasa untuk bergerak, apalagi jika jumlah anaknya banyak. Karena salah satu karakteristik anak-anak itu tidak bisa diam di satu tempat, anak senang berpindah-pindah tempat, dengan melakukan kegiatan diluar ruangan anak-anak akan bebas bergerak.
Nama : Diana
Nim : 858305364
vidio pesan berbisik menjelaskan kemampuan motorik yang dimiliki anak melalui permainan pesan berbisik. Kemampuan motorik yang dikembangkan dalam permainan ini merupakan kemampuan motorik kasar, selain itu terdapat pula kemampuan bahasa yang dapat dikembangkan melalui permainan tersebut. Sehingga permainan tersebut sanggat berguna bagi pendidik PAUD sebagai salah satu contoh permainan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motorik dan kemampuan bahasa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.