Sinopsis

Sinopsis materi problem solving

a. Tujuan tayangan video dalam proses pembelajaran

Dalam materi ini, seorang Guru Ekonomi SMA menggunakan Cooperative Learning denga metode problem solving untuk materi Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi. Dengan menggunakan metode ini, siswa diajak untuk memahami apa saja permasalahan ketenagakerjaan dan merangsang siswa untuk mengatasi permasalahan tersebut.

b. Kekuatan dan Kelemahan
Membuka, mengisi dan menutup pelajaran:

Kekuatan: Ketika guru menyampaikan tujuan materi saat membuka, siswa akan mengetahui apa yang ia dapatkan dari mempelajari materi ini. Selain itu, siswa lebih banyak mengeksplorasi pengetahuan yang ia miliki. Hal itu akan berdampak dengan isi materi yang dikemukakan dan guru lebih mudah memberi kesimpulan di akhir pertemuan.

Kelemahan: Ketika guru menyampaikan materi pembuka pada awal pelajaran, siswa bisa jadi merasa bosan dengan pemberian materi yang tidak tepat oleh guru.

Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran:

Kekuatan: Dengan menggunakan pendekatan ini, siswa menjadi lebih aktif untuk mencari informasi mengenai materi yang diberikan oleh guru. Dengan begitu, siswa akan memahami materi sesuai dengan yang ia ketahui tanpa harus menghapal teori yang diberikan oleh guru.

Kelemahan: Ketika siswa menggunakan metode problem solving untuk belajar, terkadang siswa terlalu mengandalkan daya khayalnya sehingga pemecahan masalah yang sesuai.

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik:

Kekuatan: Ketika telah memasuki tingkat pendidikan SMA, model pembelajaran seperti ini dapat dikatakan sangat sesuai karena dalam keseharian mereka, karena siswa akan menggunakan metode ini ketika langsung terjun ke masyarakat atau bekerja.

Kelemahan: Kelemahan: Bagi sebagian siswa, kegiatan seperti ini cendrung dirasa kurang efektif karena bagi sebagian siswa, materi akan lebih dipahami ketika guru yang menjelaskan.

Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku:
Kekuatan: Kegiatan pembelajaran seperti ini sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku karena siswa banyak berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Kelemahan: Pengawasan yang kurang dari guru akan membuat materi yang disampaikan tidak sesuai dengan materi yang seharusnya diajarkan.

Auliadi Ahmad

Similar Posts

15 Comments

  1. IKA FEBRIANTI, 042731126, Pendidikan Ekonomi
    Assalamu’alaikum wr. wb…
    Ijin untuk berkomentar setelah saya melihat video pembelajaran di atas saya menjadi tertarik untuk mempraktikkannya karena metode pembelajaran problem solving ini lebih menekankan untuk siswa dapat aktif dalam pelajaran dan aktif untuk bisa menyelesaikan sebuah masalah jadi siswa akan lebih tau isi materi yang di sampaikan guru karena siswa berperan aktif dalam pelajaran dan penyelesaian masalah

  2. Assalammualaikum, izin berkomentar metode pembelajaran yang digunakan sudah bagus, dimana siswa diberikan suatu permasalahan mengenai materi yang diajarkan dan siswa harus dapat menyelesaikan pernasalahan tersebut, alangkah baiknya jika penyelesaian masalah tersebut dilakukan secara diskusi kelompok sehingga mengajarkan siswa untuk kerja sama atau berkolaborasi yaitu dengan menggunakan metode cooperative learning. Mungkin itu saja, mohon maaf jika ada kesalahan.

  3. Assalammualaikum, izin berkomentar metode pembelajaran yang digunakan sudah bagus, dimana siswa diberikan suatu permasalahan mengenai materi yang diajarkan dan siswa harus dapat menyelesaikan pernasalahan tersebut, alangkah baiknya jika penyelesaian masalah tersebut dilakukan secara diskusi kelompok sehingga mengajarkan siswa untuk kerja sama atau berkolaborasi yaitu dengan menggunakan metode cooperative learning. Mungkin itu saja, mohon maaf jika ada kesalahan.

  4. Assalamualaikum, izin berkomentar, metode pembelajaran problem solving akan cocok digunakan untuk materi materi yang berkenaan dengan masalah masalah tertentu yang mempunyai sebab akibat dan dipadukan dengan jenis belajar kelompok ini akan menjadi menarik. dan diusahakan diakhir pembelajaran guru dapat menarik kesimpulan materi yang diberikan dengan menggunakan metode ini sehingga peserta didik dapat memahami bersama isi dari materi ini. sekian terimakasih

  5. menurut saya model pembelajaran problem solving merupakan salah satu dasar teoretis dari berbagai strategi pembelajaran yang menjadikan masalah (problem) sebagai isu utamanya. Artinya akan terdapat beberapa tipe atau setting yang dapat dinaunginya.
    untuk model pembelajaran problem solving setidaknya para siswa dapat bisa memecahkan masalah sehinga siswa dapat memperkuat daya nalardengan menyusun cara, strategi, atau teknik baru untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

  6. Nama : Ahmad Jasuri Faiz
    NIM : 045105996
    Prodi : Pendidikan Ekonomi

    Ijin menanggapi,
    Metode pembelajaran Problem Solving adalah salah satu metode pembelajaran yang bagus/baik untuk diterapkan dalam pembelajaran, karena metode ini dapat melatih siswa untuk dapat berperan aktif dan mampu berpikir, metode ini diharuskan siswa untuk menganalisis materi mulai dari mencari data sampai dengan menarik kesimpulan.
    Dapat dismpulkan juga metode ini adalah model yang memusatkan pembelajaran pada pemecahan suatu masalah sehingga siswa dapat memperkuat daya nalar dengan menyusun cara, strategi atau bebrapa teknik untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Terima kasih

  7. Dari analisis saya, metode problem solving mempunyai beberapa manfaat utama apabila diterapkan oleh guru untuk melatih kemampuan siswa dalam berfikir dan mengidentifikasi suatu materi atau bab.
    Dalam hal tersebut, siswa akan lebih mandiri dan giat untuk memabaca materi yang sedang mereka pelajari. Dari yang semula belum paham, lambat laun akan mencari tahu dan memahami isi dari materi yang sedang mereka pelajari.
    Namun, untuk metode ini lebih baik tidak dilakukan disetiap pertemuan. Karena pastinya siswa juga memerlukan penjabaran materi langsung dari guru melalui penyampaian lisan dan tidak hanya menyebutkan poin-poin materi saja. Hal tersebut tidak lain agar semua siswa dapat memahami materi pemebalajaran dengan baik.

  8. Nama : Matius Tumanan
    NIM : 044235526
    Program Studi : Pendidikan Ekonomi

    Metode pembelajaran ini memang sangat bagus untuk dilakukan, untuk melatih kemampuan siswa dalam berfikir dan mengidentifikasi suatu permasalahan yang diangkat pada setiap Materi yang dipelajari. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mebentuk kelompok belajar, maupun secara individu.

  9. Nama : Elen Juliani Laimpo
    NIM : 041913839
    Prodi : Pendidikan Ekonomi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, mohon izin berkomentar.
    Menurut saya berdasarkan analisis pada video tersebut , metode problem solving adalah salah satu metode yang bagus dan tepat digunakan dalam pembelajaran yang materinya berupa masalah masalah dalam bidang ekonomi, dengan metode problem solving dapat melatih siswa untuk mengembangkan kerangka berfikirnya dan mencari solusi dalam meyelesaikan suatu masalah. Dengan Metode tersebut siswa akan terlatih untuk berfikir dan terlatih memecahkan ,asalah masalah tertentu yang nantinya kemudian dapat mereka terapkan dalam menghadapi suatu permasalahan, selain itu dengan metode tersebut . Pada video tersebut guru memberikan sedikit penjelasan untuk materi atau permasalahan sebagai perangsang agar siswa dapat memperoleh gambaran tentang masalah apa yang harus dipecahakan lalu memperoleh kesimpulan dan solusi. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa siswa aktif dalam mengerjakan tugas yang guru berikan selain itu guru juga memiliki cara yang cukup unik dalam melaksanakan pembelajarannya. selain itu pada video tersebut setelah menyelsaikan tugasnya guru memebirakan murid menjelaskan atau menyampaikan hasil pemecahan masalah didepan kelas sehingga dapat melatih kepercayaan diri siswa dan public speakingnya. Tentunya pada setiap metode pembelajaran memiliki kelemahan tertentu jika dilihat dari video tersebut, kemungkinan metode ini memerlukan waktu yang cukup lama,dan kemungkinan apabila anak anak kurang menyerap materi maka pemecahan masalah dapat sukar dicapai,

    itulah hasil analisis saya dari video tersebut maaf jika ada kesalahan,

  10. Nama : Ratih Ayu Purwandhani
    NIM : 031197674
    Prodi : Pendidikan Ekonomi

    Assalamualaikum, izin menanggapi
    metode problem solving merupakan metode yang bagus untuk diterapkan di sekolah menengah atas, di mana peserta didik sudah mampu menganalisis, menggali informasi dan berpikir kritis. Metode ini memiliki kelebihan yaitu merangsang siswa berpikir dan bertindak kreatif, mampu memecahkan masalah secara realistis. Tetapi metode ini memiliki kelemahan juga yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menggali informasi dan menganalisisnya.
    Di dalam video tersebut siswa terlihat antusias mengikuti pelajaran, namun ketika mendapat giliran presentasi mereka sedikit gugup.
    Guru juga menggunakan pembelajaran yang unik dengan menggunakan metode talking stick, yaitu dengan cara memegang stick secara bergantian sesuai dengan lagu yang dinyanyikan, dan ketika lagu berhenti maka siswa yang memegang stick mendapat giliran presentasi.
    Untuk selanjutnya sebaiknya, ada forum diskusi antar siswa agar siswa mampu lebih mendalami materi yang dipelajari

Leave a Reply