silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

719 Comments

  1. Nama : Hesty Fithriani
    NIM :855714801

    Pembelajaran dalam pendidikan PAUD pada motorik kasar salah satunya dapat dilakukan melalui gerakan senam. Melakukan pembelajaran senam akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan bagi seorang anak. Senam sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat menghilangkan kebosanan dalam melakukan pembelajaran, apalagi jika pembelajaran yang dilakukan selalu monoton tentunya hal ini akan menimbulkan kebosanan pada anak. Dengan malakukan senam maka akan memberikan keriangan kepada anak, apalagi jika seorang guru dapat mengemasnya dengan pendekatan riang dan gembira. Selain melatih motorik kasar seorang anak, senam juga akan mengembalikan semangat mereka untuk melakukan pembelajaran-pembelajaran lain yang mengarah kepada aspek kognitif atau aspek lainnya. Maka saya berpendapat, pengajaran senam merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mamvariasikan metode pembelajaran agar tidak terlalu monoton dan membuat anak bosan dalam kegiatan pembelajaran.

  2. Nama : Hesty Fithriani
    NIM :855714801

    Pembelajaran dalam pendidikan PAUD pada motorik kasar salah satunya dapat dilakukan melalui gerakan senam. Melakukan pembelajaran senam akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan bagi seorang anak. Senam sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat menghilangkan kebosanan dalam melakukan pembelajaran, apalagi jika pembelajaran yang dilakukan selalu monoton tentunya hal ini akan menimbulkan kebosanan pada anak. Dengan malakukan senam maka akan memberikan keriangan kepada anak, apalagi jika seorang guru dapat mengemasnya dengan pendekatan riang dan gembira. Selain melatih motorik kasar seorang anak, senam juga akan mengembalikan semangat mereka untuk melakukan pembelajaran-pembelajaran lain yang mengarah kepada aspek kognitif atau aspek lainnya. Maka saya berpendapat, pengajaran senam merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mamvariasikan metode pembelajaran agar tidak terlalu monoton dan membuat anak bosan dalam kegiatan pembelajaran.
    Forum Diskusi

  3. nama : Neny Agustina
    NIm : 858750877

    menurut pendapat saya kegiatan diatas adalah kegiatan yang menyenangkan dan memberikan variasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada Anak Usia Dini. gerakan motorik adalah gerakan yang paling sering dilakukan anak karena sadar ataupun tidak anak akan selalu bergerak ketika berkegiatan ataupun bermain. Hanya saja pada kegiatan ini gerakan motorik anak lebih terkoordinasi sesuai dengan iringan musik dan istruksi yang ibu guru berikan. tentu saja gerakan tersebut juga dapat menstimulus kemampuan motorik anak lainnya yang mungkin jarang anak lakukan. selain itu gerakan yang terkoordinasi dan dinamis juga akan melatih fokus dan konsentrasi anak sehingga anak dapat melakukannya sesuai dengan instruksi. menggunakan musik dan lagu tradisional juga akan merangsang kepekaan anak akan mengenali jenis – jenis musik dan bahasa, selain itu juga dapat memperkaya penegtahuan anak tentang seni tradisional Indonesia. jenis gerakan yang dipilih juga sesuai dengan tari tradisional sehingga akan membiasakan anak untuk mengkoordinasikan kedua kaki dan tangannya untuk bergerak seirama dengan alunan musik tradisional. pemilihan musik dapat dipilih tari dolanan yang riang sehingga anak akan tertarik dan bergerak untuk mengikuti kegiatan tersebut, jika alunan musik yang dipilih temponya terlalu pelan maka itu akan membuat anak untuk lebih banyak memperhatikan daripada bergerak. Terima kasih

  4. banyak anak-anak yang mudah bosan jika kegiatan motorik kasar yang gerakannya hanya montonton, di sekolah saya saat melakukan senam yang berulang-ulang cenderung anak-anak akan bosan dan memilih untuk bermain sendiri. dengan apa yang ada divideo diatas dapat menggunakan perpaduan senam tari dengan gamelan atau musik daerah dengan itu anak-anak akan lebih tertarik dan dapat mengenalkan budaya di masing-masing daerah selain itu juga perkembangan motorik kasar juga semakin meningkat

  5. Nama : Indah Marlena
    NIM : 858677536
    Pembelajaran senam yang diulang-ulang dan monoton memang membuat anak merasa bosan dan tidak ada semangat lagi untuk melakukan dan menirukan kegiatan tersebut. Maka perlu adanya kreatifitas baru , baik dari segi musiknya, gerakannya yang mampu membuat anak merasa tertarik dan berminat untuk mengikutinya. Mengenalkan anak dengan musik tradisional dalam hal ini gerakan senam tradisional seperti yang dilakukan pada vidio tersebut merupakan salah satu alternatif mengatasi kebosanan anak. Perkembangan anak dapat terasah melalui kegiatan senam yaitu selain aspek fisik motorik, juga aspek seni, dan kognitifnya dalam mengingat gerakan senamnya, juga aspek bahasa dalam mengenal syair yang dinyanyikan dalam gerakan senam tersebut. kita sebagai guru dituntut untuk berkreatif dan memunculkan ide -ide baru agar perkembangan anak dapat tercapai secara optimal. Diantaranya dengan memasukkan gerak dan lagu sesuai dengan tema yang diambil pada hari itu, contohnya : gerak dan lagu kelinci dapat diajarkan pada saat tema binatang, kemudian gerak dan lagu menanam jagung bisa dikenalkan saat belajar tema tanaman, dan lain sebagainya. Dengan mengenalkan berbagai macam gerak dan lagu pada setiap tema anak-anak merasa bersemangat untuk belajar karena tidak monoton hanya senam itu itu aza setiap harinya, mengenalkan juga permainan-permainan tradisional seperti cublek-cublek suweng, pandang bulan, dls. Selain motorik anak berkembang aspek yang lainnya juga ikut mengiringinya berkembang juga sesuai dengan usia anak.

  6. NAMA : RIKA CEMPAKA WULANSARI
    NIM : 858685257
    PGPAUD SMT 7

    setelah saya mengamati vidio tersebut saya berpendapat bahwa dengan memperkenalkan penggunaan musik tradisional dan gerakan senam dengan menggabungkan antaragerakan tari tradisional dengan gerakan senam yang teratur dan dinamnis dapat menjadi alternatif pengembangan motorik anak, menambah wawasan anak tentang kebudayaan indonesia dan memperkenalkan tarian-tarian indonesia, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan indonesia.

  7. Nama : Nina Wido Setyawati
    NIM : 858732782
    Prodi : PAUD-BI
    SENAM TRADISIONAL

    Menurut saya, hal ini sangat menarik karena senam tidak hanya melakukan gerakan yang itu-itu saja namun guru dapat melakukan kolaborasi antara modern dan tradisional. Hal ini juga secara tidak langsung anak juga mengenal budaya Indonesia. Mereka dapat mengetahui bahwa Indonesia juga punya gerakan-gerakan yang indah yang dapat melatih fisik motorik kasarnya.

    Guru juga dapat memberikan variasi musiknya, jika memang tujuannya untuk senam tetapi bernuansa traditional maka dapat mencari musik yang up beat sehingga menghasilkan gerak-gerak yang membuat anak semangat.

  8. NAMA : AMILATUN
    NIM. : 858751664
    Bismillahirrohmanirrohiim
    Assalamualaikum wr wb.
    Kompetensi dasar motorik fisik 1.Melakukan gerakan fisik secara terkoordinasi antara anggota tubuh untuk melatih kelenturan tubuh untuk persiapan anak menulis kelenturan kelincahan dan keberanian
    2.berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi
    Senam adalah salah satu cara melatih motorik kasar anak namun kadang mereka bosan dan jenuh dengan gerakan senam yang monoton
    Untuk mengatasi hal tersebut maka kita harus kreatif salah satunya adalah menggabungkan gerakan senam dengan tarian tradisional untuk anak TK hal ini bisa mengurai kebosanan anak dengan gerakan yang monoton saja.
    Selain itu anak juga akan mengenal lebih banyak macam gerak dan mengenal berbagai kesenian daerah.
    Kita bisa terapkan tari tradisional di lembaga kita dengan mudah yang juga di sesuaikan dengan kesenian daerah kita masing-masing yang di kreasikan dengan berbagai lagu yang sesuai dengan anak-anak.
    Demikian terima kasih
    Wasallamualaikum wr wb

  9. Nama : Sri Purwanti
    Nim : 858685289
    Pokjar : Madiun

    Menurut saya dalam kegiatan senam yang ada di video diatas tidak ada kegiatan senam pembukanya seperti lagu ayo berbaris supaya anak mampu berbaris dengan rapi sekaligus anak tau bagaimana caranya berbaris.selain itu menurut saya guru sudah bagus menggunakan metode dan juga medianya hanya saja menurut saya untuk kegiatan senam anak usia dini gerakannya tidak banyak,tidak sulit dan harus dilakukan secara berulang – ulang supaya anak tidak kesulitan saat menirukannya.
    Saya juga mempunyai Masalah yang sama seperti dalam video,anak tidak antusias didalam mengikuti senam,tetapi saya mencoba merubah strategi saya dalam kegiatan pembelajaran senam dengan menggunakan lagu daerah gundul gundul pacul.supaya anak mengenal macam- macam lagu daerah.selain itu juga menurut saya lagi gundul pacul jika digunakan untuk kegiatan senam sangat menarik perhatian anak dengan membuat gerakan yang mudah untuk anak.alhamdulillah dengan strategi tersebut sukses membuat anak” antusias untuk mengikuti senam

  10. Pembelajatan paud meltih motorik kasar terhadap anak salah satunya melakukan aktifitas bermain serta melakukan senam atau tarian sederhana , namun kadang anak-anak merasa bosan karena melakukan gerakan- gerakan yang monoton, akan tetapi apa yang dilakukan di dalam vidio dapat membuat anak-anak tertarik melakukannya karena kegiatan yang dilakukan dengan diiringi musik serta mengenalkan seni yang ada di daerah kita masing-masing karena kegiatannya menarik dan menyenangkan bagi anak

Leave a Reply