silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

719 Comments

  1. Nama : Nina Marlina
    Nim: 857509116
    Assalamu’alaikum..
    Dari vidio di atas terlihat anak-anak kurang antusias dalam mengikuti gerakan senam, kemungkinan kegiatan senam yang guru sediakan cenderung monoton dan membosankan buat anak karena setiap kegiatan senam irama dan gerakannya itu-itu saja tidak ganti-ganti sehingga anak tdak dan semangat mengikuti gerakannya, hal ini tentunya tidak baik untuk pengembangan perkembangan motorik kasar anak dan bisa mengakibatkan perkembangan motoriknya tidak optimal. Sebagai guru kita harus terus mencari ide agar anak-anak semangat dan antusias mengikuti kegiatan senam irama,salah satu cara yang di tayang di vidio tersebut adalah dengan tari tradisional,dan dilembaga saya termasuk yang sering mengadakan kegiatan senam irama dengan musik dan gerakan yang berbeda-beda tiap minggunya, untuk tari tradisional kami pili musik yang tidak terlalu lembat, karena musik yang lambat akan mempengaruhi gerak anak, gerakan anak akan terlihat lemah kurang semangat,musik yang kami pilih yaitu yang bernada cepat terutama pada tari daerah: misal tari tokecang, dan tari jaranan, dll
    selain tari tradisional kami juga mengajak anak-anak bersenam sambil menari dengan atau gerak dan lagu misa: gerakan ara jam-jam, tari tol-tol, banana cha-cha dll. Kita sebagai guru terus berinovasi untuk meningkatkan semangat anak agar tidak mudah bosan mengikuti kegiatan pengembangan fisiknya.

  2. Nama : Nina Marlina
    Nim: 857509116

    Assalamu’alaikum..
    Dari vidio di atas terlihat anak-anak kurang antusias dalam mengikuti gerakan senam, kemungkinan kegiatan senam yang guru sediakan cenderung monoton dan membosankan buat anak karena setiap kegiatan senam irama dan gerakannya itu-itu saja tidak ganti-ganti sehingga anak tdak dan semangat mengikuti gerakannya, hal ini tentunya tidak baik untuk pengembangan perkembangan motorik kasar anak dan bisa mengakibatkan perkembangan motoriknya tidak optimal. Sebagai guru kita harus terus mencari ide agar anak-anak semangat dan antusias mengikuti kegiatan senam irama,salah satu cara yang di tayang di vidio tersebut adalah dengan tari tradisional,dan dilembaga saya termasuk yang sering mengadakan kegiatan senam irama dengan musik dan gerakan yang berbeda-beda tiap minggunya, untuk tari tradisional kami pili musik yang tidak terlalu lembat, karena musik yang lambat akan mempengaruhi gerak anak, gerakan anak akan terlihat lemah kurang semangat,musik yang kami pilih yaitu yang bernada cepat terutama pada tari daerah: misal tari tokecang, dan tari jaranan, dll
    selain tari tradisional kami juga mengajak anak-anak bersenam sambil menari dengan atau gerak dan lagu misa: gerakan ara jam-jam, tari tol-tol, banana cha-cha dll. Kita sebagai guru terus berinovasi untuk meningkatkan semangat anak agar tidak mudah bosan mengikuti kegiatan pengembangan fisiknya.

  3. Nama : Nina Marlina
    Nim: 857509116

    Assalamu’alaikum..
    Menurut pendapt saya dari vidio di atas terlihat anak-anak kurang antusias dalam mengikuti gerakan senam, kemungkinan kegiatan senam yang guru sediakan cenderung monoton dan membosankan buat anak karena setiap kegiatan senam irama dan gerakannya itu-itu saja tidak ganti-ganti sehingga anak tdak dan semangat mengikuti gerakannya, hal ini tentunya tidak baik untuk pengembangan perkembangan motorik kasar anak dan bisa mengakibatkan perkembangan motoriknya tidak optimal. Sebagai guru kita harus terus mencari ide agar anak-anak semangat dan antusias mengikuti kegiatan senam irama,salah satu cara yang di tayang di vidio tersebut adalah dengan tari tradisional,dan dilembaga saya termasuk yang sering mengadakan kegiatan senam irama dengan musik dan gerakan yang berbeda-beda tiap minggunya, untuk tari tradisional kami pili musik yang tidak terlalu lembat, karena musik yang lambat akan mempengaruhi gerak anak, gerakan anak akan terlihat lemah kurang semangat,musik yang kami pilih yaitu yang bernada cepat terutama pada tari daerah: misal tari tokecang, dan tari jaranan, dll
    selain tari tradisional kami juga mengajak anak-anak bersenam sambil menari dengan atau gerak dan lagu misa: gerakan ara jam-jam, tari tol-tol, banana cha-cha dll. Kita sebagai guru terus berinovasi untuk meningkatkan semangat anak agar tidak mudah bosan mengikuti kegiatan pengembangan fisiknya.

  4. Nama : Fauziah Kurniati
    NIM : 858731426

    Dari video yang saya lihat Di GPO “Senam Tradisonal”
    guru secara kreatif memadukan tarian tradisonal dengan mengikuti zaman, jadi anak-anak tidak bosan dalam mengikuti gerakannya tersebut. sehingga anak-anak dapat mengenal tarian tradisional dengan modifikasi dengan kreatif oleh gurunya,serta menambah wawasan mereka tentang taritradisional.

  5. nama: Ida Ayu Made Sri Astiti
    Nim : 859029391
    prodi : PG-PAUD BI

    dari video yang saya amati, senam merupakan jadwal wajib kita laksanakan pada anak usia dini. seperti pada video gru berusaha memadukan kegiatan senam dengan tarian tradisional. tentunya hal ini sangat baik dikembangkan selain dapat melestarikan budaya daerah anak juga dapat lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan senam. selain tarian tradisional mungkin permainan tradisional juga dapat dimasukkan dalam kegiatan perkembangan fisik anak. Seperti kami misalnya di daerah Bali ada permaian “Meong Meong atau Goak Maling Taluh”. permainan ini menuntuk anak untuk aktif berlari, bernyanyi dan bersorak sehingga anak sangat menikmati kegiatan ini. metode lain mungkin yang bisa dilakukan guru adalah mengikuti tren masa kini, atau mengikuti beberapa lagu/musik yang sedang hit dan anak-anak sering dengarkan. itu juga dapat menarik perhatian anak sehingga mereka lebih tertarik mengikuti kegiatan senam. terima kasih

  6. nama : Risqi Holisah
    NIM : 858281907
    UPBJJ : Banjarmasin

    Perpaduan senam dan tari sangat menarik untuk diikuti.mengajarkan anak senam dengan musik tradisional akan menambah kecintaan dan wawasan anak terhadap warisan budaya serta anak dapat mengenal seni budaya diberbagai daerah yang ada diindonesia.
    seperti dilembaga kami kami mengenalkan berbagai tarian daerah agar mereka mengetahui bahwa indonesia sangat beragam memiliki berbagai macam tarian daerah, terkadang pada acara perpisahan sekolah kami menampilkan tarian daerah ketika diajarkan tarian daerah anak terlihat sangat antusias dan bersemangat memakai properti dan aksesoris tarian dan mereka sangat bangga menampilkan dihadapan orangtua dan teman-temannya.

  7. nama : Lusi dhayanti
    nim : 858163476
    upjj : Surabaya
    kegiatan senam pagi di sekolah tempat saya bekerja di laksanakan setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan senam ini seharusnya menjai kegiatan yang menyenagkan bagi anak usia dini, namun pada kenyataan nya anak anak sering merasa bosan karena kegiatan senam di di sekolah kami di lakukan dengan iringan musik yang itu itu saja, anak anak merasa bosan dan tidak mau mengikuti gerakan senam di karenakan merasa capek, maka dari itu kami selaku pendidik mengganti musik dan gerakan senam dengan iringan musik tari dampeng yang merupakan tarian khas daerah kami yaitu suku singkil, selain untuk kegiatan senam, tujuan kami adalah memperkenalkan dan melestarikan tari khas suku singkil ini yang sudah mulai hilang dan kurang di minati oleh kaula muda. terimakasih

  8. menurut saya , memperkenalkan senam tradisional pada anak usia Dini merupakan hal yang sangat bagus. Karena anak anak bisa belajar gerakan motorik juga dan sosial emosi mereka. hal ini dikarenakan rata raat gerakan traditional itu gerakannya pelan. sNamun , sedikit sekali lembagaa / institusi/ sekolah PAUD menjadikan senam/ tarian traditional menjadi kegiatan reguler mereka. biasanya mereka hanya dilatih untuk penampilan pentas atau lomba saja. enam tradisional bisa dijadikan salah satu alternatif kegiatan motorik dalam kegiatan belajar mengajar. sebagai guru hendaknya kita dapat mencari ide untuk variasai dalaam pembelajaran.

  9. Nama : Endang Susilowati
    Nim : 858162711
    Prodi : BI PAUD

    Menurut saya, sangat bagus untuk memperkenalkan tari tardisional ke dalam lembabga PAUD. Selain tari bisa melatih motorik kasar anak, kita juga bisa memperkenalkan tari tradisional kepada anak anak sebagai budaya kita. Namun biasanya kita dilembaga paud belajar tari hanya pada saat akan diadakan pentas seni saja. Padahal seharusnya lebih bagus lagi jika kita memasukkan tari kedalam kegiatan sehari hari. Jadi anak akan terbiasa dengan macam macam tari tarian.

  10. Nama : maine giwang setiyasari
    NIM : 858732388
    Prodi : PGPAUD
    Menurut saya senam untuk sebagian anak mungkin adalah hal yang membosankan terutama bagi mereka yang kurang suka bergerak. Sebagai guru akan memotivasi supaya anak didik melakukan beberapa gerakan agar motorik mereka berkembang dengan baik. Salah satu cara yang dilakukan dalam video sudah tepat yaitu memberi gerakan senam yang variatif dengan senam tradisional beriring gamelan, sehingga menumbuhkan rasa keingintahuan anak untuk melihat dan mengikutinya. Selain itu mengajarkan kebudayaan tradisional pada anak memang diperlukan supaya anak-anak dapat mengenal budaya sendir

Leave a Reply