silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama : Irianti
NIM : 859416286
Prodi : S1 PGPAUD
Judul : Senam Tradisional
menanggapi:
Apa yang dilakukan oleh guru sudah baik yaitu dengan melakukan aktifitas fisik dengan melakukan kegiatan senam, di sini ada beberapa anak yang tidak antusias untuk mengikutinya karena gerakan senam yang monoton, tapi ada juga yang senang karena irama yang ceria.
Dengan pendekatan mengenalkan anak dengan tari tradisional dan senam dengan musik yang teratur dan dinamis juga tidak semua anak menyukai karena irama musik yang luwes atau lembut, dimana biasanya anak-anak pembawaannya ceria dan senang. Senam ini boleh di jadikan kegiatan ekstrakurikuler
Nama : Irianti
NIM : 859416286
Prodi : S1 PGPAUD
Judul : Senam Tradisional
menanggapi:
di sini ada beberapa anak yang tidak antusias untuk mengikutinya karena gerakan senam yang monoton, tapi ada juga yang senang karena irama yang lembut biasanya lebih di sukai anak perempuan. Senam ini boleh di jadikan kegiatan ekstrakurikuler
Nama : Mar’ah Sholikah Amin
NIM : 858745044
Prodi : PG PAUD
Dalam video ini, kegiatan senam yang dilakukan untuk melatih motorik anak. yang dilakukan di lembaga tersebut seminggu sekali kadang anak kurang semangat. Ada yang diam saja, ada yang kurang semangat dan kurang antusias dalam senam. karena senam yang dilakukan hanya monoton. anak kadang merasa bosan. Sehingga tidak mau mengikuti gerakan yang dicontohkan guru. Adapun cara guru agar anak dapat mengikuti senam antara lain: 1. Menggunakan musik dalam gerakan senam, 2. Guru harus semangat dalam memberi contoh gerakannya, 3. Guru dalam senam harus memberi hitungan dengan jelas agar anak mampu mengikuti, 4. Dalam senam bukan hanya hitungan namun perlu musik diikuti dengan tarian tradisional.
Dengan menggunakan musik tradisional anak lebih antusias untuk mengikutinya. disini menggabungkan gerakan senam dengan gerakan tari sesuai dengan daerahnya.
Nama : Jumriati Bachri
Nim : 859402833
Pokjar : Barru
PGPAUD
kegiatan senam pagi di sekolah tempat saya bekerja di laksanakan setiap hari jumat sebelum kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan senam ini seharusnya menjai kegiatan yang menyenagkan bagi anak usia dini, namun pada kenyataan nya anak anak sering merasa bosan karena kegiatan senam di di sekolah kami di lakukan dengan iringan musik yang itu itu saja, anak anak merasa bosan dan tidak mau mengikuti gerakan senam di karenakan merasa capek, maka dari itu kami selaku pendidik mengganti musik dan gerakan senam dengan iringan musik tari dampeng yang merupakan tarian khas daerah kami yaitu suku singkil, selain untuk kegiatan senam, tujuan kami adalah memperkenalkan dan melestarikan tari khas suku singkil ini yang sudah mulai hilang dan kurang di minati oleh kaula muda.
Senam merupakan salah satu aktivitas yang melatih kemamouan fisik dan motorik anak disamping juga sebagai untuk menjaga aktivitas jasmani. Namun senam ataupun gerakan yang dilakukan oleh anak secara terus-menerus atau rutin akan membuat anak cepat bosan dan tidak bersemangat. Seperti yang disampaikan pada tayangan tersebut penggunaan musik tradisional dan gerakan senam yang teratur dapat memberikan nuansa baru sehingga anak menjadi lebih bersemangat dan antusias. Namun terakdang juga ada anak merasa bosan jika diberikan musik dan gerakan senam yang baru, sebab mereka belum hapal dan menguasai gerakannya.
Nama :Yuspina Rapi’
Nim :859407287
UPBJJ : Makassar
Dari video yang saya lihat dengan judul Senam Tradisional Dengan tujuan Melatih Motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam tradisional. Ternyata memiliki dampak yang bagus dan sangat menarik. Ketika guru mengajak anak-anak melakukan senam dengan bervariatif anak-anak sangat suka. Namun ketika kegiatan senam merupakan kegiatan rutinitas yang setiap pagi diikuti anak, terkadang anak merasa bosan bahkan tidak mau mengikuti si anak asyik dengan kegiatan yang disukai. Karena bosan mengikuti senam yang itu-itu saja. Yang dirasa sudah tidak menarik lagi. padahal Senam memiliki kompetensi dasar diatara melatih kekuatan otot tangan dan kaki, melatih kelenturan menjaga keseimbangan, bebas berekspresi, . Begitu banyak manfaat senam bagi anak. Namun minim sekali minat anak untuk mengikuti senam. Naaaaah, Dari video diatas Maka apa yang dilakukan seorang pendidik ketika menghadapi anak- anak yang sulit ikut senam. Video diatas menayangkan bagaimana cara menciptakan suasa senam yang sangat diminati dan bersemangat untuk ikut dengan melakukan senam tradisional melalui tari tradisional. Yang sangat bagus. Dan bisa dilakukan dan diterapkan di sekolah masing-masing. Misal kita orang ponorogo dapat melatih senam melalui tari tradisional dengan tari jatil, tari bujang ganong yang modern dan sangat disukai semua anak. Dengan mengajarkan anak dari tahap yang sangat mudah supaya bisa diikuti anak.
Nama : Shinta Novitaria
NIM : 856607803
JURUSAN : PG PAUD BI
Semester 2
Seri perkembangan motorik
Judul senam tradisional
Dalam video menceritakan anak terlihat tidak bersemangat saat mengikuti pembelajaran senam yang tengah dilakukan di lapangan lalu guru berinisiatif untuk mengajarkan senam dengan musik tradisional dan gerakannya dikombinasikan dengan gerakan tari tradisional agar anak bersemangat dalam melakukan kegiatan senam
a. Proses pembelajaran
Pada awalnya, proses pembelajaran senam atau kegiatan senam dilakukan pada halaman dengan penutup atau atap di atasnya sehingga halaman cukup Teduh dan tidak panas anak-anak cukup terkenal dan terik matahari saat melakukan kegiatan senam namun halaman ini terlalu sempit untuk jumlah anak yang melakukan aktivitas senam anak-anak berbaris terlalu berdekatan satu sama lain yang mengakibatkan anak-anak kesulitan untuk bergerak dengan bebas karena saling bersentuhan satu sama lain. Pada saat kegiatan senam ini anak-anak melihat kurang antusias mengikuti gerakan senam yang dicontohkan oleh guru anak-anak terlihat malas-malasan bergerak ada yang tidak mengikuti gerakan sama sekali. Untuk itu guru berinisiatif melakukan pembelajaran gerakan senam yang dipadukan dengan musik tradisional dan gerakan yang dipadukan dengan gerakan tari tari tradisional
b. Setting kelas
Saat pembelajaran gerakan senam dengan musik tradisional dan gerakan yang digunakan merupakan perpaduan gerakan tari tradisional, dilakukan pada sebuah ruangan yang sepertinya merupakan area bermain di dalam ruangan, karena di dalam ruangan ruangan ini cukup sejuk tidak panas ruangannya cukup luas dan anak-anak yang dilatih senam dengan musik tradisional ini tidak terlalu banyak karena belum hanya beberapa anak, anak dapat mengikuti gerakan senam yang dicontohkan oleh guru dengan cukup baik. Mengajarkan senam dengan musik tradisional akan menambah wawasan dan kecintaan anak terhadap budaya daerahnya, namun alangkah baiknya jika gerakan yang diajarkan dibuat jadi lebih sederhana tidak terlalu rumit dan tidak terlalu banyak pola dan kombinasi sehingga lebih sesuai dengan anak usia dini
c. Kesesuaian proses pembelajaran dengan kompetensi aspek perkembangan anak yang akan dicapai
Proses pembelajaran sudah sesuai dengan kompetensi aspek perkembangan anak yang akan dicapai yaitu aspek motorik anak. Kelebihannya selain mengajarkan perkembangan motorik anak dengan melakukan gerakan senam ini juga memberikan solusi untuk menambah rasa cinta terhadap budaya daerah. Kekurangannya saat proses pembelajaran guru cenderung hanya mencontohkan gerakan dan tidak memberikan penjelasan mendetail tentang cara melakukan gerakan tersebut kepada anak harusnya diberitahu tangan kanan diangkat kakinya digerakkan dan lain sebagainya
terimakasih karena sudah menjelaskan dengan rinci, menurut saya gerakan kolaborasi senam dan tari ini dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak. karena dilembaga saya sendiri anak-anak begitu antusias dan lebih bersemangat dengan kolaborasi senam dan tarian.
Nama : Ade Inda Reny S
NIM : 859405506
Prodi : S1PGPAUD
Menurut saya, senam fantasi, senam sehat gembira dan senam-senam lain mungkin sudah sangat sering kita lakukan dan kadangkala membuat anak-anak merasa bosan dan tidak semangat untuk ikut dalam kegiatan senam. Untuk itu, kita dapat mencoba hal baru dengan menggunakan iringan musik tradisional sebagai musik senam dan menggabungkan gerakan senam dengan tarian tradisional dalam pelaksanaannya. Dengan ini anak-anak akan merasa lebih semangat dan tertatik untuk ikut dalam kegiatan senam.
Nama : Sri Wahyuningsih
Nim :859172098
prodi : pG PAUD
menurut saya dengan cara mengajarkan anak senam dengan mengkolaborasikan tari tradisional dapat menambah wawasan anak terhadap kesenian tradisional daerahnya. Selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaan anak terhadap warisan budaya.anak akan merasa bersemangat jika senam yang mereka lakukan tidak monoton, misalnya ya dengan cara tersebut mengkolaborasikan senam dengan tarian tradisional. Ini dapat mengasah motorik kasar dan juga sosial emosional anak.