silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Dalam tayangnan video yang saya tonton, salah satu cara yang dilakukan guru untuk mengembangkan motorik kasar anak adalah dengan melatih senam. Ternyata anak- anak bosa melakukan gerakan- gerakan senam dengan senam modren atau senam yang biasanya mereka lakukan disekolah. Salah satu cara yang dilakukan guru adalah dengan melatih anak dengan gerakan senam tradisional. Melatih anak- anak dengan senam tradisional dari daerah tertentu. Tentu anak- anak akan penasaran dengan musik yang baru mereka dengar dan ingin mencoba gerakan tersebut.
Nama : Ika Mutia Cahya Prihatini
NIM : 867236701
Prodi : S1 BI PGPAUD
JUDUL : SENAM TRADISIONAL
DESKRIPSI VIDEO :
Pada masa usia dini, stimulasi yang paling baik diberikan untuk meningkatkan motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam, karena anak-anak sangat suka bergerak apalagi diikuti dengan irama musik dan lagu yang semangat dan riang gembira akan dapat mengekspresikan dirinya. Senam merupakan pengoptimalan aktivitas fisik perkembangan anak, Perkembangan anak yang dapat terbentuk adalah daya tahan tubuh, kelincahan, intelegensi, kelentukan, dan kerjasama pengkoordinasian tubuh yang baik. Motorik adalah semua gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh. Sedangkan motorik kasar adalah aktivitas fisik yang melibatkan koordinasi otot-otot besar seperti lengan, otot tungkai, otot bahu, otot punggung, dan perut yang dipengaruhi kematangan fisik anak, seperti berlari, melompat, melempar, berjalan lambat dan cepat, berguling, berjinjit, dan berputar. Perkembangan motorik memiliki efek yang sangat besar pada perkembangan perilaku kognitif, sosial dan fisik. Perkembangan motorik khususnya keterampilan gerak dapat berguna untuk mendiagnosis masalah pada individu yang mungkin berkembang secara tidak normal dan penting untuk membantu individu meningkatkan kinerja motorik mereka dengan melakukan aktivitas yang sesuai dengan perkembangan.
Program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum. Anak mampu melakukan aktifitas fisik secara koordinatif dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis, keseimbangan, kelincahan dan melatih keberaniaan, serta mengekspresikan diri dan berimajinasi. Penggunaan musik tradisional dan gerakan senam menggabungkan antara gerakan tari tradisonal dan gerakan senam yang teratur dan dinamis dapat menjadi alternative motorik halus anak TK, selain itu akan menambah wawasan tradisional dan seni budaya Indonesia.
Nadia Febriana
NIM : 857606227
Dalam mengajarkan senam tradisional pada anak usia dini, guru memang harus kreatif dengan melakukan berbagai inovasi sehingga dapat menarik perhatian dari anak didik. Gerakan-gerakan yang ada dalam senam, dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan motorik kasar anak. Gerakan senam yang teratur dan dinamis, dapat dikreasikan dengan berbagai iringan musik termasuk musik tradisional. Manfaat lain selain kita dapat mengembangkan motorik kasar anak, kita juga dapat mengenalkan lagu daerah dan bahasa daerah pada anak. Gerakan dalam senam juga dapat dikreasikan dengan gerakan tari tradisional.
Terima kasih
Nama : Hafida Ibadiyah Nisa
NIM : 857083108
Dalam kegiatan senam tari tradisional dapat dilakukan dengan variasi agar anak tetap antusias dan tidak bosen. pada kegiatan senam tari tradisonal mampu mengembangkan kemampuan motorik pada anak, misalnya melatih kelenturan tubuh anak, dan sebagai cara untuk anak melatih mengekspresikan diri. kegiatan senam tari tradisional juga menjadi kesempatan pada anak untuk mengenalkan tradisi/ciri khas tarian dari suatu daerah.
Nama : MARISA TOMPUNU
NIM : 858751442
Prodi : S1 PGPAUD BI
Melalui video yang sudah saya saksikan yaitu berjudul tentang “melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam tradisional”. Kegiatan ini menurut saya sudah bagus karena sekolah ingin agar anak disamping melatih motorik kasar mereka, anak juga dilatih untuk mengenal seni budaya mereka lewat tari tradisional dan kegiatan ini dilakukan setiap hari. Namun kadang kala jika sekolah menerapkan satu kegiatan yang sama dan yang terus menerus dilakukan setiap harinya pasti anak usia dini akan merasa bosan dan tentunya tidak bersemangat lagi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Menurut saya, kegiatan tersebut bisa diselingi dengan permainan tradisional yang melibatkan fisik motorik kasar anak.
Nama : Surasni Samir
Nim : 859412067
Prodi : PGPAUD
Dalam tayangan video yang saya tonton, salah satu cara yang dilakukan guru untuk mengembangkan motorik kasar anak adalah dengan melatih senam. Ternyata anak- anak bosa melakukan gerakan- gerakan senam dengan senam modren atau senam yang biasa mereka lakukan disekolah. Salah satu cara yang dilakukan guru adalah dengan melatih anak dengan gerakan senam tradisional. Melatih anak- anak dengan senam tradisional dari daerah tertentu. Tentu anak-anak akan penasaran dengan musik yang baru mereka dengar dan ingin mencoba gerakan-gerakan tersebut
Dalam vidio yang sudah saya amati tadi ternyata dalam menumbuhkan keinginan anak dalam mengikuti senam itu butuh strategi yang akan mengembangkan fisik motorik anak.Karena kemampuan dasar dalam fisik motorik anak TK dapat menumbuhkan pengembangan antara lain
1. Mampu melakukan aktifitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menlis, keseimbangan, kelincahan, dan melatih keberanian.
2. Mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi.
Dengan itu guru harus kreatif dalam membuat strategi untuk menumbuhkan minat anak dalam senam,seperti di vidio sudah di kasih contoh yaitu dengan pengunaan musik tradisional dengan gerakan senam dengan menggabungkan gerakan tari tradisional dan senam yang teratur dan dinamis,dengan cara itu anak akan menambah wawasan tentang seni budaya dari daerah masing-masing.
Nama : Tilai
NIM : 825981668
UPBJJ UT – Jakarta
Video tersebut menunjukkan anak-anak yang sedang melakukan senam. Namun, kegiatan senam yang rutin dilakukan terkadang membuat anak-anak merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikutinya dengan semangat. Akibatnya, perkembangan motorik kasar mereka mungkin tidak optimal. Untuk mengatasi masalah ini, seorang guru mengembangkan kreativitasnya dengan memperkenalkan kegiatan senam tradisional.
Senam tradisional ini melibatkan penggunaan musik iringan gamelan yang berirama, serta menggabungkan gerakan-gerakan dari senam dan tari secara umum. Melalui senam ini, anak-anak dapat melakukan aktivitas fisik yang melibatkan koordinasi tubuh mereka. Hal ini membantu meningkatkan kelenturan tubuh, keseimbangan, kelincahan, dan keberanian, sambil juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikan diri dan berimajinasi.
Penggunaan musik tradisional dan gerakan senam yang teratur dan dinamis ini dapat menjadi alternatif untuk melibatkan motorik halus anak-anak usia TK. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pemahaman dan apresiasi terhadap tradisi dan seni budaya Indonesia. Dapat kita ihat juga kegiatan senam tradisonal membuat anak lebih antusias dari pada kegiatan sebelumnya
Nama : Novi Andriani
NIM : 857775875
UPBJJ – UT : Semarang
Menurut saya video tersebut dapat melatih jasmani/olahraga yang bentuk-bentuk gerakannya dipilih dan disusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuannya.
Senam tradisional membuat tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Senam juga dapat memperkuat tulang, dapat membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh.
Nama : Hijri Rahmawati Andhini
NIM : 857077784
Prodi : PGPAUD S1
Dalam video tersebut tidak ditayangkan mulai dari kegiatan pembukaan, inti, mauun kegiatan penutup, langsung pada kegiatan inti saja, yaitu senam bersama-sama. Pada kegiatan senam tersebut sepertinya menggunakan musik yang sudah sering didengar anak serta gerakan yang sudah sering dilakukan anak setiap kegiatan senam, yaitu senam sehat ceria.
Setelah guru melihat anak-anak sepertinya tidak tertarik, pada tanyangan tersebut guru lalu mencoba mengajak anak-anak untuk senam atau melakukan gerakan lain dengan diiringi musik tradisional. Upaya tersebut ternyata efektif dan anak-anak lebih antusias melakukan gerakan serta semangat untuk bergerak sesuai arahan guru. Gerakan yang lain atau berbeda dari biasanya yang anak sering lakukan, seperti gerakan senam namun dipadukan dengan gerakan tari tradisional dan juga menggunakan musik tradisonal lebih menarik minat anak untuk bergerak.
Dalam video tersebut metode pengembangan motorik anak sudah sesuai dengan tahapan anak, yaitu melakukan koordinasi antara mata, tangan, kaki, dan kepala dengan gerakan yang teratur serta terorganisir sesuai irama musik serta mengikuti arahan guru.
Saran untuk video tersebut, ada baiknya guru yang ada dibelakang anak didik juga bisa ikut senam jadi tidak hanya berdiri mengawasi anak saja, namun juga ikut senam agar anak didik lebih semangat lagi jika melihat guru-gurunya ikut kegiatan senam. Setting ruangannya jika memungkinkan ditempat yang lebih luas sehingga anak bisa bergerak dengan bebas.