silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

719 Comments

  1. video tersebut sangat bagus, karena selain mengembangkan fisik morotik anak, video tersebut juga memperkenalkan nilai budaya kepada. dalam kegiatan senam tersebut anak-anak bisa mengembangkan fisik motorik melalui kegiatan yang menyenangkan dengan perpaduan musik tradisional gamelan, sehingga anak-anak menjadi antusias dan semangat meskipun ada sebagian anak yang kurang fokus dan semangan yang disebabkan gerakannya monoton. terima kasih

  2. Didalam video tersebut selain mengembangkan fisik motorik kasar anak, anak juga dikenalkan dengan nilai budaya. Perpaduan gerakan dan diiringi musik gamelan menjadi salah satu cara yang mampu meningkatkan semangat anak, sehingga anak- anak terlihat sangat antusias dan semangat, meskipun ada sebagian anak yg terlihat kurang fokus dan semangat, dikarenakan gerakan yang monoton.
    Terima kasih

  3. Video di atas sangat menginspirasi saya secara pribadi, karena kegiatan tersebut sangat sejalan dengan program pendidikan di daerah saya khususnya yaitu Kurikulum Lamongan Berbasis Kearifan Lokal (Kulamba Kekal). Dimana melalui kegiatan senam menggunakan iringan tradisi daerah lamongan selain saya bisa meningkatkan pengembangan seni dan motorik kasar anak, saya juga dapat menanamkan nilai bidaya daerah setempat. Dengan iringan musik tradisi juga merupakan hal baru bagi anak2 yang tentunya akan diiringi dengan gerakan2 yang baru pula yg dapat disesuaikan dengan musik tradisinya, hal tersebut tentu dapat mengurangi kebosanan dan dapat menarik perhatian serta antusias anak-anak.

  4. fitriyah/857594946
    Dilihat dari aspek pengembangan motorik kasar, guru sudah tepat dalam menerapkan metode pembelajaran dan media yang di gunakan. Dengan gerakan senam yang di kolaborasi dengan musik tradisional membuat anak bersemangat melakukan gerakan yang di arahkan guru, sehingga capaian untuk pengembangan motorik kasar dapat di nilai. Jika di nilai tingkat keberhasilan pembelajaran melalui senam yang di padu dengan musik tradisional yang terlihat pada vidio, maka belum berhasil penuh. Guru dalam memandu senam kurang memberi suara yang memotivasi anak didiknya. Jadi hanya bersuara hitungan mengikuti alunan musiknya. Gerakan juga kurang geget sehingga masih ada anak didik belum bisa mengikuti sesuai arahan yang di contohkan guru. Guru juga tidak mengatur jarak antara peserta didik yang saling berdekatan, sehingga gerak luwes terbatas dengan singgungan dengan teman. Demikian komentar saya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi masukan guru untuk di terapkan. terimakasih

  5. NAMA : YIYIN REVI SETIA KRISMAWARDANI
    NIM : 858677654
    SEMESTER : 8

    Menurut pendapat saya, nampak dalam video tersebut guru melakukan kegiatan evaluasi untuk melatih motorik kasar anak dengan inovasi yang lebih kreatif dan tidak monoton/membosankan yaitu melalui kegiatan senam dengan iringan lagu tradisional karena asesmen sebelumnya dimana anak kurang bersemangat, tidak antusias, asyik dengan kegiatannya sendiri dan terlihat bosan dengan senam yang monoton. Yang mana kegiatan senam tersebut gerakannya dikombinasikan antara gerakan senam dengan gerakan tari tradisional.

    Dalam video tersebut menjelaskan hal yang harus dilakukan oleh guru dengan berpedoman pada kompetensi dasar dalam pengembangan motorik kasar anak TK adalah anak mampu melakukan hal berikut ini:
    1. Melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis, keseimbangan kelincahan dan melatih keberanian.
    2. Mengekspresikan diri dan berkreasi dgn berbagai gagasan dan imajinasi.

    Alternatif dalam pengembangan motorik kasar anak TK:
    1.Penggunaan musik tradisional dan gerakan senam dengan menggabungkan antara gerakan tari tradisional dengan gerakan senam yang teratur dan dinamis.
    2. Penggunaan musik dan gerakan tradisional akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya dari daerah masing-masing. Kegiatan senam ini dapat diterapkan di TK masing-masing dengan menggunakan musik tradisional khas daerah dan gerakan senam yang di kombinasi dengan gerakan tari tradisional dari daerah masing-masing.

    Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam:
    1. Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam dalam video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan PAUD tetapi ada beberapa aspek seperti aspek fisik motorik aspek seni, aspek bahasa dimana anak mendengar lagu dan menyelaraskan dengan Gerakan senam, anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia, serta sosial skill anak melatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan gurunya.
    2.Kelebihan guru dalam video tersebut bahwa adanya inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan diantaranya fisik motorik, seni, bahasa dan sosial skill.

    Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam: Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam yang dilihat dalam tanyangan video bahwa guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih bersemangat lagi dalam melakukan gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang semangat dalam mengikuti gerakan yang di modelkan gurunya sendiri. Pemilihan lagu tradisional yang mendayu-dayu kurang cocok untuk karakter anak TK yang cepat bosan.

    Hal yang perlu di perbaiki guru dalam video tersebut adalah:
    1. Guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak kurang bersemangat dalam mengikuti gerakan, seharusnya guru lebih menunjukkaan dan meningkatkan lagi semangatnya dalam mengekspresikan gerakan senam bersama anak-anak.
    2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sebaiknya memilih jenis senam tradisional yang sesuai minat anak misalnya pemilihan lagu anak dan irama musik yang lebih ceria dan membangkitkan semangat, pemilihan gerakan yang mudah diikuti, meminta guru pendamping untuk berkeliling menyapa, dan membantu anak-anak yang kesulitan untuk melakukan gerakan.
    3. Ruang gerak anak sebaiknya di lakukan di halaman yang luas agar anak lebih maksimal mengekspresikan emosional dan gerakannya.

    Terimakasih

  6. Video tersebut sudah sangat baik. Saya juga memiliki pengalaman serupa, lalu setelah berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat maka kami akhirnya memutuskan untuk menggunakan berbagai macam lagu untuk senam, seperti lagu daerah, lagu berbahasa inggris. Gerakan yang diberikan guru adalah gerakan dasar yang juga akan mengembangkan kompetensi dasar yang harus dimiliki anak dalam pengembangan fisik motorik. Anak-anak juga menjadi lebih antusias dalam mengikuti kegiatan senam ini.

  7. Nasikhah Sufiyyati

    Metode yang digunakan guru sudah tepat dengan mengganti gerakan senam agar lebih bervariasi dipadukan dengan gerakan senam tradisional..ditambahlagi dengan iringan musik tradisional..menjadikan ank anak lebih bersemangat..

  8. NAMA : RIF’ATUL JUNAIDAH
    NIM : 858733279
    SEMESTER : 3
    POKJAR : WARU
    ” SENAM TRADISIONAL ”

    Setelah melihat video tersebut menurut saya, guru telah melakukan evaluasi kegiatan motorik kasar anak agar kegiatan senam tersebut tidak membosankan bagi anak. Caranya ialah dengan menggabungkan gerakan senam dengan gerakan tari tradisional, sehingga menarik bagi anak serta mengenalkan budaya tradisional juga. Gerakan terkordinasinya juga melatih motorik kasar anak dengan sangat baik.

    Kompetensi dasar dalam pengembangan motorik kasar anak sebagai berikut :
    1. Anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkordinasi untuk mengembangkan keseimbangan, kelincahan, kelenturan, persiapan menulis serta melatih keberanian.
    2. Anak mampu mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi

    Alternatif dalam pengembangan motorik kasar anak usia dini :
    1. Menggabungkan musik tradisional dan gerakan senam serta menggabungkan gerakan tari tradisional dan gerakan senam yang teratur dan dinamis.
    2. Kegiatan senam ini dapat dilakukan dan diterapkan di TK masing-masing dengan menggunakan musik tradisional khas daerah masing-masing dan gerakan senam yang di kombinasi dengan gerakan tari tradisional dari daerah masing-masing.
    3. Penggabungan musik dan gerakan tradisional dari daerah masing-masing dapat menambah wawasan anak tentang seni budaya dari daerah masing-masing.

    Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam dalam video tersebut adalah :
    1. Guru mampu mengembangkan aspek fisik motorik, aspek seni, aspek bahasa dalam kegiatan senam tradisional.
    2. Guru mampu mengenalkan budaya dari daerah masing-masing melalui kegiatan penggabungan gerakan senam dan tari traidisional.
    3. Guru mampu memberi inovasi baru dengan mengkombinasikan gerakan senam dengan tari tradisional.

    Kelamahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam dalam video tersebut adalah :
    1. Pemilihan lagu kurang bersemangat sehingga gerakannya lambat dan kurang bersemangat
    2. Guru kurang dalam mengeskpresikan gerakan tari yang mudah di contoh anak-anak.
    3. Guru kurang memperhatikan gerakan para peserta didik nya sehingga beberapa anak tidak mengikuti gerakan guru.

    Hal yang perlu di perbaiki oleh guru dalam video tersebut adalah:
    1. Pemilihan lagu tradisional yang memiliki beat semangat, agar anak juga terstimulus semangat karena lagunya semangat.
    2. Guru harus lebih ekspresif dalam mempresentasikan gerakan senam tersebut agar anak juga dapat mencontoh nya juga lebih semangat.
    3. Guru harusnya lebih memperhatikan peserta didiknya dalam kegiatan senam, sehingga semua peserta didik dapat melakukan kegiatan tersebut secara optimal.
    4. Pemilihan ruangan juga harusnya lebih luas.

    Terimakasih

  9. Senam menggunakan musik tradisional untuk anak usia dini memiliki manfaat yang beragam. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

    1. Meningkatkan keterampilan pendengaran: Mendengarkan musik tradisional yang khas dapat membantu anak mengembangkan keterampilan pendengaran mereka. Mereka dapat belajar mengenali irama, melodi, dan ritme yang khas dalam musik tradisional, yang dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang musik secara keseluruhan.

    2. Meningkatkan keterampilan motorik: Senam dengan musik tradisional melibatkan gerakan tubuh yang disesuaikan dengan irama dan ritme musik. Ini membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar mereka, serta meningkatkan koordinasi antara gerakan tubuh dan musik.

    3. Mempertahankan budaya dan tradisi: Menggunakan musik tradisional dalam senam anak usia dini membantu memperkenalkan mereka pada warisan budaya dan tradisi mereka sendiri. Ini membantu anak menghargai dan memahami kekayaan budaya mereka sejak dini.

    4. Meningkatkan kreativitas dan ekspresi diri: Musik tradisional sering kali memiliki karakteristik yang unik dan beragam. Ini dapat merangsang imajinasi anak dan mendorong mereka untuk mengekspresikan diri melalui gerakan dan tarian yang kreatif. Hal ini juga dapat membantu anak mengembangkan rasa seni dan ekspresi diri mereka.

    5. Meningkatkan keterampilan sosial: Senam dengan musik tradisional sering kali melibatkan kolaborasi dan kerjasama dalam kelompok. Ini membantu anak mengembangkan keterampilan sosial seperti berbagi, bekerja sama, dan saling mendukung satu sama lain.

    6. Meningkatkan suasana menyenangkan dan kegembiraan: Musik tradisional sering kali memiliki ritme dan melodi yang ceria dan menggembirakan. Ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan menggugah semangat dalam senam anak usia dini, membuat mereka lebih antusias dan terlibat dalam kegiatan tersebut.
    Selain dengan menggunakan musik tradisional kita juga bisa mengatasi kebosanan anak dengan menggunakan musik kreasi.kita bisa mengikuti gerak dan lagu anak-anak sesuai tingkat perkembangan anak.

  10. SENAM TRADISIONAL

    Video tersebut sangat bagus untuk mengenalkan gerakan gerakan tradisional pada anak. Anak juga tidak merasa bosan dalam mengikuti kegiatan senam.Dan secara langsung dengan mengenalkan senam tradisional ini akan menambah wawasan juga pengalaman anak,sehingga dapat memupuk kecintaan anak terhadap kesenian tradisional kita .

Leave a Reply