silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
video ini sangat membantu dan menginspirasi, setelah saya menonton video ini,,saya mendapat inspirasi dan ilmu untuk memperluas lagi pengetahuan saya, dengan memperkenalkan musik-musik tradisional atau daerah. untuk menciptakan semangat anak-anak maka kegiatan senam harus diselingi dengan musik-musik tradisisonal supaya anak-anak tidak bosan dan terkesan monoton dengan musik dan gerakan yang itu-itu saja.
Nama : Enda Sulistiani
NIM : 859426832
Dengan adanya situs guru pintar online ini yang menyajikan berbagai video pembelajaran sangat membantu mahasiswa UT belajar secara mandiri. Materi yang disampaikan jelas dan dilengkapi dengan ilustrasi dan penjelasan lisan yang memudahman kita memahami maksud dari video pembelajaran yang disajikan. Selain itu, video pembelajaran dalap diakses kapan dan dimana saja sangat cocok dengan sistem pembelajaran di UT.
Video pembelajaran dengan tema senam tradisional ini sangat bermanfaat untuk memperdalam pemahaman tentang aktivitas fisik berbasis budaya lokal. Video demonstrasi yang ditampilkan memudahkan kita memahami dan meniru teknik senam dan tari yang benar juga pelestarian budaya melalui kegiatan fisik.
Nama : Yunita
NIM : 859665921
Setelah melihat video ini ternyata hal serupa pernah terjadi di TK tempat saya bertugas, di sekolah kami cara mengatasinya dengan mencari senam kombinasi yang gerakannya belum familiar di lihat oleh anak serta menggabungkan musik yang sedang trend di kalangan anak sehingga mereka merasa tertarik untuk mengikutinya.
Video “Senam Tradisional” ini juga sangat bermanfaat bagi saya, kita bisa mengenalkan kembali budaya-budaya Indonesia yang sudah jarang dilakukan di kalangan anak zaman sekarang dengan cara mengkombinasikan tarian tradisional dengan musik dan dijadikan gerakan senam.
Nama : Balqis Fadila
Nim : 856049403
menurut analisis saya dari video yang di tayangkan di GPO sebaiknya ketika kita mengajarkan anak-anak senam hendaklah memilih tempat yang luas jika muridnya banyak. kenapa hal ini menjadi salah satu hal penting yang perlu di perhatikan oleh guru agar peserta didik luas untuk bergerak , kemudian hendaknya seorang guru ketika mengajarkan senam mengeluarkan semangat yang membuat anak didik akan mengikuti gerakan yang di ajarkan gurunya, apabila ada banyak guru yang mengajarkan senam hendaknya ikut bersama dalam melakukan gerakan sehingga anak didik ikut senam semua.
Nama : Maya sari asmi
Nim: 858437033
Dengan melihat video di GPO ini saya memberikan tanggapan tentang pengembangan motorik kasar melalui senam tradisional, senam ini adalah senam tradisional yang sering kali di lakukan di sekolah, namun lama-kelamaan anak menjadi bosan dan tidak bersemangat, dari itu solusi yang saya berikan adalah dengan cara mengganti musik senam menjadi lebih Modern namun tetap menggunakan lagu tradisional,, selain menambah semangat juga tidak merubah nilai tradisional nya.
Nama : Melani Rosita Rasid
NIM : 857985694
UPBJJ : YOGYAKARTA
Pengembangan motorik kasar pada anak melalui senam tradisional sangat bagus karena menumbuhkan dan mengenalkan rasa cinta pada budaya, mengembangkan kreativitas, mengembangkan kemampuan sosial-emosional, meningkatkan rasa percaya diri dan melatih kemampuan kognitif pada anak. Melalui senam tradisional membantu anak mengenalkan dan menghargai budaya lokal. Gerakan senam bisa dikombinasi dengan gerakan yang sederhana dan mudah diikuti anak-anak.
Nama : Elisabeth Asih Suprihantini
NIM : 857995892
kegiatan senam tradisional ini sangat menginspirasi bagi saya, karena baru pertama kali ini saya melihat dan mendengar senam tradisional.
Kedepannya akan saya coba terapkan pada lembaga ditempat saya mengajar.
Ternyata setelah melihat video tersebut banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh anak didik melalui senam tradisional.
1. Anak dapat mengenal senam tradisional daerah sendiri. ( bu guru dapat mengkombinasikan senan dengan tari daerahnya sendiri). Jadi anak semakin mengenal lebih banyak senam, tidak hanya senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi tetapi anak juga mengenal senam tradisional.
2. Pengembangkan motorik kasar pada anak melalui gerakan – gerakan senam.
3. Melalui kegiatan senam tradisional ini anak belajar untuk fokus dan konsentrasi pada setiap gerakan senam tradisional.
4. Anak akan merasa tertantang dengan senam tradisional yang musiknya enerjik, menarik dan gerakan yang sederhana.
5. Dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak melalui senam tradisional.
NAMA : NISA RAHMASARI NIM : 858828462
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
Didalam video tersebut reaksi anak saat diajak untuk kegiatan senam Nampak antusias, banyak anak yang menggerakkan badan sesuai arahan dari guru. Namun saat pemanasan sebelum senam, anak yang berada pada barisan belakang cenderung kurang memperhatikan arahan dari guru. Setelah kegaiatan pemanasan anak diajari senam tradisional secara berkelompok didalam kelas. Jumlah anak yang sedikit membuat kegiatan lebih kondusif sehingga anak leluasa dalam bergerak serta memperhatikan lalu menirukan gerakan yang dicontohkan guru.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
Kelemahan guru pada video pembelajaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;
a. Waktu pemanasan anak yang berada dibelakang tidak memperhatikan guru karena suara tidak terdengar.
b. Disaat pemanasan anak kurang leluasa dalam bergerak dikarenakan tempat yang sempit dan jumlah anak yang banyak.
c. Anak cenderung kesulitan mengikuti gerakan senam tradisional karena ada beberapa gerakan yang dicontohkan guru tidak diajarkan secara perlahan dan bertahap.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Kelebihan guru dalam pembelajaran ini yaitu;
a. Guru menggunakan media alat musik berupa tamborin saat pemanasan sehingga anak merasa tertarik dan mendengar arahan dari guru.
b. Melalui kegiatan senam dengan musik tradisional anak dapat mengenal tarian dan musik daerah.
c. Guru dapat melatih motorik kasar pada anak dengan kegiatan yang manarik minat anak.
4. Hal-hal unik dari guru saat melaksanakan pembelajaran
a. Guru menggunakan media alat musik berupa tamborin saat pemanasan sehingga anak merasa tertarik dan mendengar arahan dari guru.
b. Guru meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak melalui kegiatan senam tradisional sehingga anak juga mengetahui lagu dan tarian daerah.
5. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu;
a. Disaat pemanasan sebaiknya guru menggunakan audio sehingga anak yang dibelakang barisan dapat mendengar suara guru.
b. Melakukan pemanasan ditempat yang dirasa luas sehingga anak dapat melakukan gerakan dengan bebas.
c. Guru memberikan contoh gerakan senam menggunakan arahan berupa hitungan agar anak mudah mengikutinya.
d. Dipembalajaran berikutnya guru dapat menggunakan lagu dan musik baru sehingga anak tidak bosan.
e. Sebelum kegiatan guru dapat menjelaskan cerita singkat kepada anak tentang judul, dari mana musik dan tari tradisional itu berasal. Dengan begitu anak dapat mengenal lagu-lagu dan tarian tradisional
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Didalam video tersebut reaksi anak saat diajak untuk kegiatan senam Nampak antusias, banyak anak yang menggerakkan badan sesuai arahan dari guru. Namun saat pemanasan sebelum senam, anak yang berada pada barisan belakang cenderung kurang memperhatikan arahan dari guru. Setelah kegaiatan pemanasan anak diajari senam tradisional secara berkelompok didalam kelas. Jumlah anak yang sedikit membuat kegiatan lebih kondusif sehingga anak leluasa dalam bergerak serta memperhatikan lalu menirukan gerakan yang dicontohkan guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru pada video pembelajaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;
a. Waktu pemanasan anak yang berada dibelakang tidak memperhatikan guru karena suara tidak terdengar.
b. Disaat pemanasan anak kurang leluasa dalam bergerak dikarenakan tempat yang sempit dan jumlah anak yang banyak.
c. Anak cenderung kesulitan mengikuti gerakan senam tradisional karena ada beberapa gerakan yang dicontohkan guru tidak diajarkan secara perlahan dan bertahap.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam pembelajaran ini yaitu;
a. Guru menggunakan media alat musik berupa tamborin saat pemanasan sehingga anak merasa tertarik dan mendengar arahan dari guru.
b. Melalui kegiatan senam dengan musik tradisional anak dapat mengenal tarian dan musik daerah.
c. Guru dapat melatih motorik kasar pada anak dengan kegiatan yang manarik minat anak.
4. Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
a. Guru menggunakan media alat musik berupa tamborin saat pemanasan sehingga anak merasa tertarik dan mendengar arahan dari guru.
b. Guru meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak melalui kegiatan senam tradisional sehingga anak juga mengetahui lagu dan tarian daerah.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video,Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu;
a. Disaat pemanasan sebaiknya guru menggunakan audio sehingga anak yang dibelakang barisan dapat mendengar suara guru.
b. Melakukan pemanasan ditempat yang dirasa luas sehingga anak dapat melakukan gerakan dengan bebas.
c. Guru memberikan contoh gerakan senam menggunakan arahan berupa hitungan agar anak mudah mengikutinya.
d. Dipembalajaran berikutnya guru dapat menggunakan lagu dan musik baru sehingga anak tidak bosan.
e. Sebelum kegiatan guru dapat menjelaskan cerita singkat kepada anak tentang judul, dari mana musik dan tari tradisional itu berasal. Dengan begitu anak dapat mengenal lagu-lagu dan tarian tradisional yang ada didaerahnya ataupun
Nama : NISA RAHMASARI NIM : 858828462
Didalam video tersebut reaksi anak saat diajak untuk kegiatan senam nampak antusias, banyak anak yang menggerakkan badan sesuai arahan dari guru. Namun saat pemanasan sebelum senam, anak yang berada pada barisan belakang cenderung kurang memperhatikan arahan dari guru. Setelah kegaiatan pemanasan anak diajari senam tradisional secara berkelompok didalam kelas. Jumlah anak yang sedikit membuat kegiatan lebih kondusif sehingga anak leluasa dalam bergerak serta memperhatikan lalu menirukan gerakan yang dicontohkan guru. Kelemahan guru pada video pembelajaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;
a. Waktu pemanasan anak yang berada dibelakang tidak memperhatikan guru karena suara tidak terdengar.
b. Disaat pemanasan anak kurang leluasa dalam bergerak dikarenakan tempat yang sempit dan jumlah anak yang banyak.
c. Anak cenderung kesulitan mengikuti gerakan senam tradisional karena ada beberapa gerakan yang dicontohkan guru tidak diajarkan secara perlahan dan bertahap.
Kelebihan guru dalam pembelajaran ini yaitu;
a. Guru menggunakan media alat musik berupa tamborin saat pemanasan sehingga anak merasa tertarik dan mendengar arahan dari guru.
b. Melalui kegiatan senam dengan musik tradisional anak dapat mengenal tarian dan musik daerah.
c. Guru dapat melatih motorik kasar pada anak dengan kegiatan yang manarik minat anak.
Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
a. Guru menggunakan media alat musik berupa tamborin saat pemanasan sehingga anak merasa tertarik dan mendengar arahan dari guru.
b. Guru meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak melalui kegiatan senam tradisional sehingga anak juga mengetahui lagu dan tarian daerah.
Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu;
a. Disaat pemanasan sebaiknya guru menggunakan audio sehingga anak yang dibelakang barisan dapat mendengar suara guru.
b. Melakukan pemanasan ditempat yang dirasa luas sehingga anak dapat melakukan gerakan dengan bebas.
c. Guru memberikan contoh gerakan senam menggunakan arahan berupa hitungan agar anak mudah mengikutinya.
d. Dipembalajaran berikutnya guru dapat menggunakan lagu dan musik baru sehingga anak tidak bosan.
e. Sebelum kegiatan guru dapat menjelaskan cerita singkat kepada anak tentang judul, dari mana musik dan tari tradisional itu berasal. Dengan begitu anak dapat mengenal lagu-lagu dan tarian tradisional yang ada didaerahnya ataupun dari daerah lain.