silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama : Nurul Husna MT
NIM : 856613552
jurusan : PGPAUD BI semster 2
izin berkomentar, menurut saya video pembelajaran Paud mengenai pembelajaran Motorik kasar dengan judul Senam tradisional merupakan suatu kegiatan yang baik di terapkan di Pendidikan ANak usia Dini sebab senam merupakan kegiatan yang baik untuk perkembangan motorik kasar anak. otot besar anak akan terpakai dengan optimal melalui gerakan senam . adapun dengan senam tradisional yang di angkat disini yang dipakai agar anak menjadi tidak bosan karena senam yang diajarkan dengan musik biasa untuk senam ceria dll. menurut saya juga baik. ada beberapa kebaikan mengajarkan anak dengan senam tradisional ini. anak jadi memeliki suasana senam dengan irama yang dan suasana yang baru, anak juga mengenal musik tradisional bahkan bila senam ini dilakukan dengan menggunakan langsung alat musik tradisional , ini akan menjadikan anak mendapat pengetahuan tentang jenis alat musik tradisional salah satunya seperti gamelan. namun kekurangan pada video ini. di lihatkan bahwa guru terlalu memberikan contoh gerakan yang sedikit sulit untuk diikuti anak dan juga terlalu banyak variasi gerakan yang membuat anak anak tidak kompak.
demikian komentar dari saya. terimakasih
Nama : Irmayanti
NIM : 857364168
Prodi : S1 PG PAUD
UPBJJ : Bogor
Assalamu’alaikum Wr.Wb
izin menanggapi diskusi GPO pada video microteaching ” seri mengembangkan kemampuan motorik ”
senam tradisional.
Pengembang oleh Ibu sri Tatminingsih
Judul : Senam Tradisional
Tema : Melatih motorik kasar anak melalui kegiatan senam dengan mengikuti lagu ceria dan tradisional
pada vidio diatas guru melakukan stimulasi motorik kasar anak dengan melakukan gerakan senam. Dimana gerakan tersebut melatih otot-otot besarnya, dengan diawali lagu ceria menambah semangat anak-anak untuk melakukan gerakan senam. guru sangat kreatif selain lagu ceria guru mengenalkan lagu daerah yang ternyata lagu tersebut bukan hanya untuk menari melainkan senam juga dapat dilakukan. guru berkreasi mencontohkan gerakan -gerakan sederhana sehingga anak dapat mengikuti.
Dalam kegiatan senam gurupun sangat tepat dalam pemilihan tempat yaitu diruang terbuka sehingga anak langsung terkena sinar matahari pagi. tubuh sehat tulangpun menjadi kuat .
Sebagai guru kita harus melatih motorik kasar sesering mungkin agar anak lebih luwes untuk melakukan gerakan-gerakan sehingga tubuh dapat terkoordinasi dengan baik.
Rini Puspitasari
NIM 857490477
PGPAUD semester 2
Menanggapi video di atas dengan memilih variasi music iringan berirama gamelan untuk membuat anak lebih tertarik adalah hal yang bagus, anak di perkenalkan dengan music daerah kebudayaan tradisional anakpun mendapat experience yang baru, gerakan baru itu membuat anak lebih tertarik untuk mengikutinya.
Bisa pula menjelajah lagu-lagu dari daerah lain seperti ampar-ampar pisang, tokecang atau maumere yang lebih ceria dari lagunya menjadikan anak lebih bersemangat lagi dalam bergerak, hal ini sudah di lakukan di Lembaga saya dalam 2 atau 3 bulan sekali memberikan lagu tradisional baru dengan gerakan sederhana, yang dapat di ikuti anak sehingga anak tidak mudah bosan saat pembelajaran senam di lakukan.
Nama : Uliah Fitriyah
NIM : 857356802
Jurusan : PG PAUD
Judul Pengembangan video GPO : Senam Tradisional (Melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam tradisional)
Tanggapan saya mengenai video tersebut adalah guru sudah mampu melakukan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dimana anak usia dini sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan, terutama pertumbuhan jasmani yang sangat pesat. Oleh sebab itu anak memerlukan penyaluran aktifitas fisik, baik kegiatan fisik yang berkaitan dengan gerakan motorik kasar maupun gerakan motorik halus yang salah satunya adalah dengan senam irama tradisional. Dengan diperkenalkannya senam tradisional kepada anak akan semakin menambah kecintaan anak terhadap seni musik tradisional. Anak jadi memiliki suasana senam dengan irama yang dan suasana yang baru, anak juga mengenal musik tradisional bahkan bila senam ini dilakukan dengan menggunakan langsung alat musik tradisional , ini akan menjadikan anak mendapat pengetahuan tentang jenis alat musik tradisional salah satunya seperti gamelan
Nama : Evyn Firhandus
Nim. : 856611566
Jurusan :PGPAUD BI
Menurut saya tentang video pembelajaran Paud mengenai pembelajaran Motorik kasar dengan judul Senam tradisional merupakan suatu kegiatan yang sangat menarik bagi saya.soalnya di sekolah kami belum pernah melakukan senam dengan menggunakan irama tradisional.biasanya yang saya alami disekolah saya untuk kegiatan senam menggunakan irama senam yang biasa dilakukan anak paud.untuk mengatasi anak agar tidak bosan anak muntuk menjalankan kegiatan senam kita harus memberikan semangat kepada anak anak yaitu melakukan pemanasan yang menirukan gerakan gerakan hewan misal senam pingguin.senam kupu kupu.setalah pemanasan baru kita masuk ke intinya.terus guru gurunya jg harus semangat.untuk pengalaman baru ini saya akan mencoba memasukkan irama tradisional kedalam gerakan senam.
senam tradisional merupakan pembelajaran yang sangat baik karena selain dapat melatih motorik kasar anak juga dapat menambah pengetahuan dan kecintaan anak pada kesenian tradisioanl terutama di daerah masing-masing. di sekolah saya latihan motorik kasar dilakukan setiap hari sebelum kegiatan main lain dilakukan hal tersebut untuk meningkatkan konsentrasi dan semangat anak sebelum belajar. agar anak tidak bosan setiap hari kegiatan motorik kasarnya di ganti, bisa senam pantasi, senam tradisional, ice breaking dan kegiatan main lain yang menggunakan alat main. senam tradisional akan lebih bagus jika dalam pelaksanaannya di tambahkan dengan aksesoris seperti selendang, pompom besar, dan aksesoris kepala dan atau aksesoris lainnya agar dapat menambah semngat anak sehingga anak tidak mudah bosan.
Nama : Isabela Kurnia Putri
NIM : 856794682
Menurut pendapat saya, tentang video pembelajaran PAUD mengenai pembelajaran Motorik kasar dengan judul Senam tradisional merupakan suatu kegiatan yang sangat menarik. Di sekolah, kami belum pernah melakukan senam dengan menggunakan irama tradisional. Biasanya di sekolah untuk kegiatan senam menggunakan irama senam yang biasa dilakukan anak PAUD pada umumnya. Untuk mengatasi anak agar tidak bosan atau suntuk menjalankan kegiatan senam hanya itu saja maka kita harus memberikan semangat kepada anak-anak yaitu melakukan pemanasan yang meniru dengan cara gerakan gerakan hewan misal senam pinguin, senam kupu kupu. Setelah pemanasan barulah masuk ke inti senam. Untuk pengalaman baru ini saya akan mencoba memasukkan irama tradisional kedalam gerakan senam tersebut.
Nama : Desyanty Sambara
NIM : 858449543
Pemgembangan Motorik
Menurut pendapat saya tentang senam tradisional dalam vidio tersebut merupakan suatu kegiatan yang sangat menarik selain dapat melatih motorik kasar anak-anak juga dapat menambah pengetahuan kebudayaan dan kecintaan anak pada kesenian tradisioanl,untuk mengenalkan budaya dan tarian tradisional kepada anak -anak maka pendidik dapat mengajarkan senam tradisiona atau bermacam -macam tarian daerah untuk bisa melatih motorik kasar atau halus.
Dalam pengembangan fisik motorik anak PAUD adalah :
A.Mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi pada anak-anak
B.Melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan,melatih keberanian
C.Melatih motorik halus untuk persiapan menulis
Maka disekolah tempat saya mengajar kami sebagai guru membuat jadwal untuk belajar tarian daerah supaya anak anak bisa mengenal dan memiliki kecintaan kepada kebudayaan, seni dan alat alat musik daerah.
dalam menari juga anak-anak memiliki kekompakan,belajar konsentrasi,kerja sama.
sekian dan terimakasih,salam sehat selalu.
[12/5 15.57] ✌: Nama :jenni titania br manjorang
Nim: 855854524
Menurut pendapat saya, tentang video pembelajaran untuk melatih motorik anak diatas dengan cara senam tradisional sangat lah bisa mendukung tumbuh dan kembang anak. Banyak anak yang kurang semangat atau pun kurang aktif dalam bermain dengan teman. Dengan begitu guru harus berinisiatif dalam perkembangan motorik anak. Dengan menciptakan gerakan yang menarik dan mudah diikuti anak menggunakan musik tradisional akan menambah perhatian anak, dengan irama musik yang tidak terlalu cepat.
Menggunakan musik tradisional juga dapat menambah wawasan anak tentang budaya yang dianutnya, agar tercipta anak yang kreatif untuk masa depan mendatang.
Terimakasih.
[12/5 16.22] ✌: Nama : jenni titania br manjorang
Nim: 855854524
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, yaitu anak tidak mau antri saat berbaris.
Ketika guru melatih anak untuk teratur dalam berbaris sangat diperlukan ketika berada di lingkungan sekolah. Agar tidak terjadinya perkelahian antar anak karena teman menyelip dibarisan temannya yang lain. Dalam video tersebut solusi yang diberikan guru tersebut sangat lah tepat, karena ketika anak tidak antri saat berbaris guru itu tidak langsung memarahinya akan tetapi menanyakan sianak. Kepada anak tersebut melakukan hal itu. Dengan mendengarkan alasan sianak guru langsung memberi arahan dan kesepakatan bahwa besok dalam berbaris diadakan pergantian setiap harinya. Sehingga anak pun menerima kesepakatan tersebut dengan baik.
Dengan cara tersebut akan tercipta lingkungan anak yang mau ikut antri di sekolah.
Nama : Hesty Fithriani
NIM :855714801
Pembelajaran dalam pendidikan PAUD pada motorik kasar salah satunya dapat dilakukan melalui gerakan senam. Melakukan pembelajaran senam akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan bagi seorang anak. Senam sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat menghilangkan kebosanan dalam melakukan pembelajaran, apalagi jika pembelajaran yang dilakukan selalu monoton tentunya hal ini akan menimbulkan kebosanan pada anak.
Dengan malakukan senam maka akan memberikan keriangan kepada anak, apalagi jika seorang guru dapat mengemasnya dengan pendekatan riang dan gembira. Selain melatih motorik kasar seorang anak, senam juga akan mengembalikan semangat mereka untuk melakukan pembelajaran-pembelajaran lain yang mengarah kepada aspek kognitif atau aspek lainnya.
Maka saya berpendapat, pengajaran senam merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mamvariasikan metode pembelajaran agar tidak terlalu monoton dan membuat anak bosan dalam kegiatan pembelajaran.