Similar Posts
Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran dengan metode Cooperative Learning Type Giving Question and Getting Answer dimana dalam masa pembelajaran ini akan berlangsung lebih menarik dan bermakna karena guru melatih siswa agar memiliki kemampuan dan terampil dalam bertenya dan menjawab pertanyaan. Proses pembelajaran seperti ini akan menjadikan suasana bisa menjadi menarik sehingga siswa menjadi…
Konsep Fotosintesis
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan Jakarta dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing…
Model Guided Discovey Learning pada Materi Getaran dan Gelombang
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Keaktifan dan kemandirian siswa adalah salah satu kunci dalam meningkatkan berpikir tingkat tinggi dan rasa keingintahuannya, salah satunya dengan memanfaatan alat peraga ataupun laboratorium sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Di era teknologi, guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar memudahkan siswa…
Expressing Ideas or Opinion
Sinopsis Satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, banyak siswa tidak percaya diri untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau cara agar mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas media sosial Facebook. Program video ini berisi pembelajaran…
Sistem Pernapasan serta Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing siswa…
Belajar Tentang Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping
Sinopsis Pelajaran IPS mengenai ekonomi kadang masih kurang menarik bagi siswa, sehingga guru mengalami kesulitan untuk mengaktifkan siswa. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru untuk menarik perhatian, dan agar siswa menjadi senang belajar mengenai sistem perekonomian Indonesia. Salah satu alternatif pembelajaran pada tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siwa untuk…
NAMA : GLAGAH WIJAYA
NIM : 049550124
PRODI : Pendidika Fisika
Terkadang di umur siswa SMP mereka melakukan sesuatu tanpa melihat akibat di masa depan, bahkan tidak sering tidak menyadari tindakan kecil adalah tindakan pembulian. kita sebagai guru berkewajiban untuk memberikan pengertian bahwa hal itu tidak baik, selain itu memberi pelajaran yang menimbulkan efek jera tanpa membuat peserta didik trauma sehingga peserta didik sadar bahwa hal-hal negatif pembulian tidak baik untuk masa depan.
Hal ini sering memang terjadi di kelas saat kegiatan belajar mengajar , dimana karakter anak yang suka mengejek teman saat pelajaran berlangsung terkadang mendapat dukungan dari teman teman sekelasnya yang ikut mentertawai siswa yang di ejek,sehingga sering kali menimbulkan rasa tidak percaya diri dari suswa yang sering di ejek,oleh sebab itu sebagai seorang guru harus memberikan hukuman kepada siswa yang sering mengejek tsb,agar jera,dan tentu saja hukuman tsb tidak keluar dari konteks kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsng,contohnya seperti video di atas, guru memberikan pertanyaan yang memiliki tingkat kesulitan kepada siswa yang mengejek , dengan demikian siswa tsb akan takut untuk mengulanginya kembali karena takut di beri pertanyaan yang tidak mampu di jawabnya.
nama : ika kartikasari
nim : 857499688
program studi : PGSD S-1
JUDUL VIDEO : SALING MENGEJEK
menurut saya perbuatan salaing mengejek itu memang selalu terjadi dimanapun, terutama di sekolah,terkadang siswa selalu mengejek temannya yang mereka anggap ada dibawah mereka kepintarannya.tapi itu adalah hal yang salah.maka dari itu guru harus memberikan pengarahan kepada siswa bahwa perbuatan mengejek itu adalah hal yang tidak diperbolehkan karena akan menurunkan rasa percaya diri orang lain.selain itu guru juga harus dapat menghentikan siswa untuk tidak saling mengejek dengan cara:
1. menyelidiki alasan mengapa anak senang mengejek orang lain.
2. tanamkan karakter positif pada anak.
3. berbicara berdua dengan anak.
4. hindari langsung menyudutkan anak.
5. memeberikan contoh yang baik pada anak.
6. meminta anak untuk merenungkan perbuatannya.
7. ajari anak untuk memperlakukan orang – orang disekitar dengan baik.
nama : wisnu aditiya
nim : 857918392
berkaitan dengan video di atas , bahwa memang saling ejek antar teman sering terjadi bahkan sering di lakukan dan mereka mengganggap itu hal yang lumrah ,,di takutkan dengan mereka mengganggap hal yang lumrah itu bisa menyebabkan terjadi nya bulying . mungkin mengatasi jika anak itu saling ejek lagi mungkin bisa dengan memberi tahu bahwa mengejek itu tidak baik , memberi contoh bagaimana jika dia nya sendiri itu di ejek bagaimana . dan itu perlu pendampingan terus dan juga pemantauan ,ketika anak itu akan mengejek kita cepat cepat untuk memberitahu kalau itu tidak boleh . ataupun bisa dengan jika ada anak yang mengejek temanya nanti akan di hukum . mungkin bisa membuat anak untuk tidak saling ejek
Nama : Gina Damayanti
NIM : 501223224
Assalamualaikum wr.wb
Saya mengajar di salah satu sekolah dasar negeri, hal tersebut sering sekali terjadi di kelas. Tentu saja meskipun hal seperti ini terkesan seperti hanya sebuah lelucon, tetapi tidak bisa guru tidak memberikan respon atau tindakan. Karena perilaku seperti ini, akan menjadi salah satu pemicu perselisihan dan menumbuhkan sikap tidak saling menghagai.
Adakan sesi untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menghormati orang lain dan menghindari perilaku mengejek. Ajarkan peserta didik tentang dampak negatif dari tindakan tersebut terhadap kesejahteraan emosional teman sekelas mereka. Berikan contoh-contoh positif dan berbicara tentang bagaimana membangun hubungan yang sehat dan saling mendukung.
Tetapkan peraturan yang jelas dan tegas terkait perilaku mengejek, dan pastikan bahwa peraturan tersebut diterapkan secara konsisten. Sampaikan kepada peserta didik konsekuensi yang akan mereka hadapi jika melanggar peraturan tersebut. Ini akan memberikan batasan yang jelas dan menunjukkan bahwa perilaku mengejek tidak akan ditoleransi.
Guru harus menjadi peran model yang baik dalam perilaku dan komunikasi yang saling menghormati. Tunjukkan kepada peserta didik bagaimana berinteraksi dengan baik, memberikan pujian, dan mendukung satu sama lain. Mereka cenderung meniru perilaku yang mereka lihat dari orang dewasa, jadi menjadi contoh yang positif sangat penting.
Ingatlah bahwa mengubah perilaku memerlukan waktu dan kesabaran. Penting untuk memberikan dorongan positif dan menghargai perubahan yang terjadi. Dengan pendekatan yang konsisten, edukasi yang tepat, dan kerjasama antara guru, staf sekolah, dan orang tua, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih harmonis dan saling menghormati.
Nama Mahasiswa : MAYA PAULA RITA
Nomor Induk Mahasiswa/ NIM : 043670609
Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kode/Nama UPBJJ : 50/SAMARINDA.
Program ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran siswa dan guru tentang pentingnya sikap yang baik dan sopan di sekolah. Saling ejek dan menertawakan siswa yang salah menjawab pertanyaan bukanlah prilaku yang terpuji, dan dapat menyebabkan terjadinya bulying di sekolah. Oleh karena itu, para guru perlu memiliki sikap dan pendekatan yang tepat dalam menangani hal ini.
Memberikan pemahaman tentang pentingnya sikap sopan dan tidak mengejek siswa yang salah menjawab pertanyaan merupakan hal yang sangat penting. Selain itu, mengajak dialog dan memberikan perhatian kepada siswa yang melakukan tindakan yang tidak terpuji dapat membantu meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya sikap yang baik dan sopan di sekolah.
Referensi:
Winarno, E. (2019). Dampak bullying terhadap perkembangan anak. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 5(1), 1-10.
Budiyanto, B., & Setyawan, A. D. (2017). Kejahatan cyberbullying dalam dunia pendidikan: Analisis regulasi dan perlindungan hukum. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 24(2), 255-276.
Nama mahasiswa : Wahyu Nengsih
NIM : 501574187
Prodi : Magister Pendidikan Dasar ( MPDr )
UPBJJ : Medan
Berdasarkan video diatas yaitu video tentang sering mengejek, hal itu sangat mengkhawatirkan jika dibiarkan berlarut larut. Karena akan memberikan efek negatif pada yang mengejek dan yang diejek. Sehingga guru harus dengan sigap mengatasinya. Solusi yang ditawarkan pada video diatas sangat bagus. Yaitu dengan memberikan pemahaman secara intens pada pengejek dan memberikan soal yang lebih sulit dari yang diejek.
Nama : Swarenda Septia
NIM: 501574227
Hal tersebut sering saya alami dalam pembelajaran. Ketika temannya ada sesuatu yang salah dalam bersikap, berkata, pakaian, maupun segi kemampuan menjadikan ejekan yang mereka anggap hal yang lucu. Semakin dibiarkan maka akan membawa dampak buruk kedepannya. Oleh karena itu, saya berusaha menanamkan budayapositif, menasehati bahkan para siswa membuat kesepakatan kelas untuk saling menghargai serta berkolaborasi dengan orangtua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
Nandang Saepuloh (501233121)
Prodi S2 Pendidikan Dasar
Dari Video yang saya lihat, saya mempunyai kesimpulan bahwa saling mengejek diantara teman itu merupakan perilaku yang kurang baik dan harus dihindari.guru harus memberikan pengertian dan pemahaman kepada siswa harus bersikap toleransi kepada teman yang menyampaikan pandangannya.apabila masih belum paham tentang perilaku tersebut, guru harus melakukan pendekatan secara pribadi terhadap siswa yang suka mengejek tersebut.
Nama : NUR AZIZAH
NIM : 501333173
Prodi : MPRD
Berdasarkan video tersebut diatas, Hal yang sering saya alami dalam pembelajaran yaitu ketika temannya ada sesuatu yang salah dalam bersikap, berkata, pakaian, maupun segi kemampuan menjadikan ejekan yang mereka anggap hal yang lucu. jika semakin dibiarkan maka akan membawa dampak buruk kedepannya. Oleh karena itu, saya berusaha menanamkan budayapositif, menasehati bahkan para siswa membuat kesepakatan kelas untuk saling menghargai serta berkolaborasi dengan orangtua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
Dengan mengadakan sesi untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menghormati orang lain dan menghindari perilaku mengejek. Mengajarkan peserta didik tentang dampak negatif dari tindakan tersebut terhadap kesejahteraan emosional teman sekelas mereka. Memberikan contoh-contoh positif dan berbicara tentang bagaimana membangun hubungan yang sehat dan saling mendukung.