silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran.
Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran.
Muchtar M Noor
Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan benda nyata serta jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut. Konsep yang ditanyakan oleh guru tersebut sangat sulit dijawab siswa, bahkan mungkin oleh siswa SMA sekalipun, jika didasarkan pada peragaan tersebut yang memang tidak memberikan ide atau gambaran tentang jarak yang ditanyakan. Dalam video ini, pertanyaan tersebut berusaha dijawab melalui penjelasan langsung dari guru dan kerja kelompok di antara para siswa.
Dalam video ini, para siswa kurang mendapat penjelasan konsep dari guru terkait dengan jarak. Penjelasan guru yang diberikan kurang memperjelas makna pencerminan dan peragaan di atas meja juga kurang mampu menunjukkan bagaimana hasil pencerminan itu diperoleh dan mengapa seperti itu hasilnya. Guru di akhir kegiatan tidak memberikan konfirmasi atau penekanan konsep yang tepat, khususnya jawaban terhadap pertanyaan di awal pembelajaran. Apakah jarak tersebut sama?
Dilihat dari aspek pembelajaran, tampak bahwa guru mengarahkan agar siswa bekerja secara kelompok, tapi sayang tidak tergambar secara jelas, bagaimana masing-masing siswa dalam kelompoknya sampai pada pemahaman konsep melalui diskusi kelompok yang intensif. Peran guru justru lebih dominan dalam meminta siswa dalam kelompok siswa untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kira-kira bayangan dari esbuah benda jika dicerminkan. Tidak digarisbawahi bagaimana jarak antara titik sudut atau sisi dan cermin serta perbandingannya dengan jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut.
Dalam video ini ada gambaran bahwa guru memberi penjelasan di saat siswa dalam posisi duduk berkelompok, suatu setting kelas yang sebaiknya dihindari, karena bisa mengakibatkan siswa sakit pinggang atau sakit leher. Sebaiknya guru menjelaskan di depan kelas saat siswa semuanya duduk biasa menghadap ke depan dan tidak dalam posisi membelakangi guru. Di saat mereka diskusi kelompok guru sebaiknya ikut terlibat diskusi di dalam kelompok.
Prof. H. Yahya Kusumah (UPI Bandung)
Langkah yang dilakukan guru diawal pembelajaran dengan memperagakan beberapa benda didepan cermin sudah benar. Namun pertanyaan yang diajukan cukup membingungkan sehingga siswa sulit menjawab pertanyaan. Mungkin guru dapat bertanya langsung mengenai jarak benda didepan cermin datar sehingga jawabannya akan sama dengan bayangannya.
Guru juga sudah benar menggunakkan alat peraga mistar sebagai cermin dan benda-benda yang ada dikelas sebagai objek untuk menunjukan jarak dan hasil pencerminan. Namun peragaan tersebut masih membingungkan siswa karena pada akhirnya siswa akan menebak-nebak jarak tersebut. Contoh lain alat peraga yang dapat dilakukan guru untuk memudahkan siswa memahami pencerminan adalah dengan menggunakan kertas yang dilipat. Dengan menggunakan lipatan kertas sebagai cermin akan memudahkan siswa untuk menentukan jarak cermin dan hasil pencerminan dengan benar.
Enih Wihenih (Guru SDN Citimun II Sumedang)
1. Dalam pembukaan guru sudah melaksanakan konsep pencerminan.
2. Media yang digunakan cukup membantu dan mudah.
3. Kesesuaian materi dan kurikulium.
Taufik Ma’ruf
assalamualaikum wr. wb sislamiana nim:877629085 menurut saya dalam menyampaikan materi sangat bagus dan siswa mudah memahami apa yang disampaikan guru. dengan menggunakan alat peraga jadi siswa paham dan cepat diterima oleh siswa. mari bapak ibu lebih semangat dalam mendidik anak bangsa.
NAMA: HENDI SUDARDI
NIM: 857008876
POKJAR: SIDOMULYO
menurut saya, Anak-anak sudah konsetrasi dalam pembelajaran yg di bawakan oleh guru.
Kekurangan:
sebaiknya guru memberi salam, menanyakan kabar dan menanyakan kesiapan siswa sebelum belajar.Sebelum masuk materi inti sebaiknya guru mengingatkan pembelajaran yang telah lalu dan menjelaskan pembelajaran yang akan dilakukan.
Kelebihan:
Guru memberikan penjelasan dengan menggunakan alat bantu peraga seperti cermin, spidol dan penggaris.Guru juga memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada siswa.
Sarannya kedepannya memperbaiki pembelajaran dengan berinteraksi murid antar murid serta guru dan murid. serta guru bisa menggunakan ice breaking suapaya bersemangat dalam pembelajaran.
Nama : Siti Fatimah
Nim : 858294967
Berdasarkan video diatas guru tidak memberikan salam, menanyakan kabar, menanyakan kesiapan siswa sebelum belajar dan tidak melakukan apresiasi terlebih dahulu pada awal pembelajaran. Selain itu didalam video tersebut guru langsung saja ke inti pembelajaran yaitu langsung ke praktek dan contoh pencerminan tanpa dijelaskan terlebih dahulu apa itu materi konsep pencerminan sehingga murid murid menjadi bingung karna tidak paham. Seharunya guru memberikan penjelasan terlebih dahulu jadi murid murid bisa paham dengan materi yang diajarkan baru ke praktek dan contoh. Selain itu penting juga untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung agar peserta didik merasa nyaman dan termotivasi dalam belajar.