Similar Posts
Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA dengan topik “Strategi Pembelajaran IPA”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar tentang pengertian ekosistem. Sebelum menanyakan pengertian tentang ekosistem guru menayangkan gambar video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan…
Tidak Meratanya Pengetahuan Dasar Siswa dalam Kelas
Sinopsis Program ini menggambarkan seorang guru yang kesulitan untuk memulai pelajaran karena siswa dalam kelasnya memiliki tingkat pengetahuan yang tidak merata. Upaya yang dilakukan guru dalam program ini adalah meminta siswa untuk mempelajari materi dikrumah sebelum materi tersebut diajarkan keeseokan harinya. Selain itu guru juga memberikan tugas-tugas secara individual agar siswa dapat lebih memahami yang…
Strategi Indonesia dalam Praktik Geostrategis di Laut Cina Selatan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan yang asri dan sejuk karena berada di dalam komplek perumahan. Di mana pada halaman sekolah tersebut terlihat siswa-siswi ada yang sedang berdiri di sekitar pintu kelas, ada juga yang sedang duduk di bawah pohon, terlihat diskusi antar siswa dengan…
Kondisi Geografis dan Penduduk
Sinopsis Video ini berisi tentang penggunaan Metode Cooperative Learning tipe two stay two stray dalam pembelajaran IPS di kelas VII. Metode ini sangat efektif digunakan untuk mengaktifkan siswa. Dalam video ini diberikan langkah-langkah pembelajaran Metode Cooperative Learning tipe two stay two stray sehingga siswa yang tadinya jenuh, bosan, menjadi lebih bersemangat. Anda ingin mengetahui bagaimana…
Perkalian Bentuk Al Jabar
Sinopsis Tayangan yang disajikan dalam video ini memaparkan bagaimana seharusnya seorang guru menjelaskan secara bermakna terkait dengan konsep perkalian bentuk aljabar yang sifatnya abstrak. Konsep tersebut disampaikan untuk siswa ataupun guru yang mengajarkan pembelajaran matematika di SMP. Penjelasan konsep dilakukan menggunakan konsep luas persegi panjang, dimana bangun persegi panjangnya dibuat dari karton. Dra. Yumiati, M.Si….
Chart Berantai Sejarah
Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPS di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya yang diberikan, terutama yang berkenaan dengan peristiwa sejarah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah bagaimana mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media chart berantai, yaitu siswa terlibat dalam menjelaskan suatu peristiwa sejarah menggunakan…
Nama : Arinda Qurrota Akyuni
NIM : 501453228
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ:jayapura
proses pembelajaran yang terjadi dalam video tersebut merupakan pembelajaran yang terjadi secara monoton di mana guru memberikan materi dengan metode ceramah.berbicara tentang metode berarti strategi yang di berikan guru tidak maksimal.strategi tersebut yang membuat anak menjadi kurang semangat.hal inilah yang membuat Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori. dalam proses pembelajaran apalagi berbicara tentang ipa yang seharusnya langsung pada penerapan praktek yang melibatkan siswa untuk berekspresi. Jadi solusi yang di buat oleh guru tersebut sudah dsangat baik dan maksimal.di mana melibatkan siswa untuk melakukan sesuatu yang memacu peserta didik untuk berkembang dalam berinovasi dan mencoba.
Nama : Arnoldus jea
NIM : 501453228
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ:jayapura
proses pembelajaran yang terjadi dalam video tersebut merupakan pembelajaran yang terjadi secara monoton di mana guru memberikan materi dengan metode ceramah.berbicara tentang metode berarti strategi yang di berikan guru tidak maksimal.strategi tersebut yang membuat anak menjadi kurang semangat.hal inilah yang membuat Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori. dalam proses pembelajaran apalagi berbicara tentang ipa yang seharusnya langsung pada penerapan praktek yang melibatkan siswa untuk berekspresi. Jadi solusi yang di buat oleh guru tersebut sudah dsangat baik dan maksimal.di mana melibatkan siswa untuk melakukan sesuatu yang memacu peserta didik untuk berkembang dalam berinovasi dan mencoba.
Seorang pendidik harus mampu menguasai berbagai metode pengajaran dalam proses belajar mengajar, agar tercipta kondisi belajar yang efektiif, efisien dan menyenangkan, sebagaimana yang terjadi dalam video ini. pada kegiatan awal pembelajaran guru menjelaskan secara detail materi IPA yang akan disampaikan kemudian melakukan praktek dan diskusi bersama dalam beberapa kelompok untuk mencapai hasil belajar yang ingin dicapai bersama.
Nama : Pujo Satrio Utomo NIM : 501173137 Prodi : Magister Pendidikan Dasar UPBJJ : Palembang
Menurut saya dalam pembelajaran teori akan terasa sulit apabila tidak langsung mempraktekannya sama seperti video diatas dikarenakan jenuh mendengar penjelasan memakai metode ceramah tanpa memperagakan langsung. Hal ini sangat berdampak dengan perkembangan daya berpikir siswa jika hanya mendengar, melihat serta mengamati tanpa memperagakan langsung apa yang telah dijelaskan dari suatu teori maka siswa akan kebingungan bahkan bosan. Dari penjelasan video tersebut dapat disimpulkan bahwa praktek pembelajaran sangatlah penting bahkan dalam bentuk penilaian maka nilai praktek harus lebih besar dari pada nilai teori. Maka dari itu kita sebagai pendidik sangat membutuhkan daya dukung kepada sekolah akan terciptanya proses pembelajaran yang aktif yang mengutamakan praktikum, hal ini sangat beresiko akan pengeluaran dana baik dari pihak sekolah maupun individu masing-masing.
Nama : Citra Silviani
NIM : 501173209
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Setelah melihat video tersebut terlihat ketika guru sedang menjelaskan materi rangkaian listrik, metode ceramah pada materi tersebut sangat terlihat jika siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran, siswa terlihat pasif, dan pembelajaran kurang menarik karena dengan metode ceramah saja para siswa sangat kurang memaham apa yang disampaikan guru. Kemudian guru tersebut mengajar siswa turun langsung mempraktekkan pembelajaran tersebut. Pembelajaran proyek memberikan kesempatan siswa untuk bekerjasama menyelesaikan tugas dalam kelompok. Peran guru dalam pembelajaran ini sebagai fasilitator yang menyediakan alat dan bahan. Pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah dan memastikan siswa tetap bersemangat mengikuti pembelajaran.sehingga hasil belajar siswa akan langsung terlihat.guru juga menggunakan pembelajaran proyek dan membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memanfaatkan tutor sebaya sebagai nara sumber diantara siswa agar meningkatkan kerjasama seluruh siswa dan guru hanya mengarahkan saja. Menurut Bransfor dan Stein dalam Warsono & Harianto (1993), dikatakan bahwa “Pembelajaran berbasis proyek sebagai pendekatan pengajaran yang komprehensif yang melibatkan siswa dalam kegiatan penyelidikan yang kooperatif dan berkelanjutan”.
Kelemahannya disini guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan guru tidak memberikan motivasi tentang pentingnya pembelajaran yang dilakukan, dan di akhir pelajaran guru tidak memberikan evaluasi apakah pembelajaran yang dilakukan berhasil atau tidak.
Kelebihannya disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi tutor sebaya. Penggunaan pembelajaran proyek pada saat pembelajaran teori sangat baik digunakan guru untuk menerapkan langsung pembelajaran. Siswa bekerjasama dalam mengerjakan tugas bersama.
Nama : Rizkia Khairunnisa
NIM : 501574234
Prodi : Magister Pendidikan dasar
Dari video ini saya belajar bahwa metode ceramah dalam pembelajaran khususnya pelajaran IPA. Karena pada pembelajaran IPA biasanya banyak materi yang membutuhkan penalaran serta pemahaman yang tinggi sehingga ketika kita sebagai guru hanya menjelaskan materi dengan metode ceramah (teori) tanpa adanya percobaan langsung (menggunakan proyek) itu akan membuat siswa sulit untuk mengerti materi pelajaran.
Pada video, pada saat siswa merasa kurang mampu untuk menangkap materi pelajaran guru langsung berinisiatif membagi siswa kedalam beberapa kelompok lalu siswa berdiskusi dan melakukan percobaan di dalam kelompoknya. Ketika siswa belajar dalam kelompok, siswa akan aktif berdiskusi dan dapat memudahkan siswa dalam menguasai materi. Seperti yang dikatakan dalam vide ketika anak dituntun untuk berdiskusi, ternyata mereka mampu menjadi narasumber untuk teman yang lainnya sehingga hal ini membuat siswa belajar lebih menyenangkan dan dapat mudah dipahami.
Nama: Ana Maharani Keban
NIM: 501202704
Prodi: MPDr
UPBJJ: Jakarta
Dari video tersebut memperlihatkan bahwa dalam menyampaikan pelajaran di pelajaran IPA dengan model ceramah saja tanpa praktek tentu membuat siswa kurang semangat dan sulit untuk memahami pelajaran. Maka guru dituntut harus kreatif dalam meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan pengetahuan siswa. Salah satunya dengan menggunakan project based learning. Melalui praktek, siswa dapat secara aktif mengeksplor pengetahuannya, menikmati pembelajaran, meningkatkan kolaborasi dan dapat menjadi sumber belajar bagi temannnya. Maka dari itu, guru harus lebih kreatif dalam mencari model pembelajaran bukan hanya saja menyampaikan teori namun memfasilitasi siswa dalam mengeksplorasi pengetahuannya ke dalam praktek nyata.
Nama : Apria Nuri Herlinda
Nim : 501173072
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UBBJ : Palembang
Pada video ini disajikan pembelajaran yang menerapkan metode ceramah pada materi rangkaian lisrik, ketidakpahaman siswa terkait pelajaran yang disampaikan guru, pembelajaran kurang menarik, siswa terlihat pasif dan kurang semangat dalam pembelajaran. Meskipun guru sudah menggunakan visualisasi, Pelajaran yang disampaikan terlalu sulit untuk di pahami, guru merubah cara penyampaiannya dengan menggunakan proyek yang membuat siswa lebih paham tentang bagaimana cara membuatnya. Dalam memahami konsep materi rangkaian listrik dengan menerapkan model pembelajaran proyek yang membuat siswa aktif dan belajar langsung membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran dengan proyek ini terdapat peran aktif siswa, pembelajaran berpusat pada siswa, suasana belajar yang menyenangkan, siswa mudah memahami materi serta siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung. Pembelajaran proyek ini siswa bekerjasama menyelesaikan tugas, guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran, pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah secara berkelompok.
Nama : Apria Nuri Herlinda
Nim : 501173072
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UBBJ : Palembang
Pada video ini disajikan pembelajaran yang menerapkan metode ceramah pada materi rangkaian lisrik, ketidakpahaman siswa terkait pelajaran yang disampaikan guru, pembelajaran kurang menarik, siswa terlihat pasif dan kurang semangat dalam pembelajaran. Meskipun guru sudah menggunakan visualisasi, Pelajaran yang disampaikan terlalu sulit untuk di pahami, guru merubah cara penyampaiannya dengan menggunakan proyek yang membuat siswa lebih paham tentang bagaimana cara membuatnya. Dalam memahami konsep materi rangkaian listrik dengan menerapkan model pembelajaran proyek yang membuat siswa aktif dan belajar langsung membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran dengan proyek ini terdapat peran aktif siswa, pembelajaran berpusat pada siswa, suasana belajar yang menyenangkan, siswa mudah memahami materi serta siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung. Pembelajaran proyek ini siswa bekerjasama menyelesaikan tugas, guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran, pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah secara berkelompok.
Nama : Verla Mutia Martianingsih
NIM : 501233146
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bandung
Guru harus mengusai berbagai metode pembelajaran supaya siswa lebih semangat dan lebih tertarik minatnya dan menumbuhkan siswa menjadi lebih kreatif, dan alangkah baiknya kalau proses pembelajaran IPA menggunakan metode pembelajaran praktek tidak hanya menggunakan metode ceramah supaya sisa lebih tertarik dan lebih bersemangat. Pada video tersebut, ketika siswa merasa kurang mampu untuk menangkap materi pelajaran guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok lalu siswa berdiskusi dan melakukan percobaan di dalam kelompoknya. Ketika siswa belajar dalam kelompok, siswa akan aktif berdiskusi dan dapat memudahkan siswa dalam menguasai materi