Similar Posts
Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran Sudut
Sinopsis Video ini memperlihatkan strategi pembelajaran untuk mempermudah siswa SMP belajar mengenal berbagai bentuk segitiga. Strategi pembelajaran berbasis lembar kerja berupa kertas yang sudah berisi gambar berbagai berbentuk segitiga yang dipersiapkan oleh guru untuk masing-masing siswa. Gambar segitiga berwarna dalam bentuk kerangka maupun masif. Lembar kerja ini dijadikan objek oleh guru dan siswa untuk menjelaskan…
Ayo Cintailah Lingkungan
Sinopsis Video ini memperlihatkan tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran demokrasi dan pelestarian lingkungan di SMP. Video ini menggambarkan kegiatan ektrakuler siswa dengan tema “Aku Cinta Lingkungan’, berbagai kegiatan siswa dalam kelompok melakukan kegiatan di sekitar lingkungan sekolah yang berkaitan dengan kegiatan kebersihan lingkungan, perawatan tanaman dan penghijauan lingkungan, dengan cara mereka melakukan diskusi dan…
Belajar Memahami Konsep Sudut
Sinopsis Tujuan tayangan video ini adalah belajar memahami konsep sudut. Pada awal pembelajaran guru menyampaikan bahwa materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut adalah tentang pengertian sudut dan nama-nama sudut. Namun sampai waktu habis atau pembelajaran diakhiri materi tentang nama-nama sudut tidak dibahas. Penanaman pengertian sudut yang disampaikan guru pada siswanya sudah cukup bagus, yaitu…
Atmosfer dan Hidrosfer
Sinopsis Atmosfir dan hidrosfir merupakan dasar bagi pengkajian lingkungan udara dan siklus air di permukaan bumi yang sangat diperlukan di dunia ini. Sebagai guru IPS di SMP harus bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar yang menyenangkan. Pada video ini menggambarkan strategi guru untuk membantu siswa memahami atmosfir dan hidrosfir. Guru mengajak siswa untuk bermain dengan…
Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA dengan topik “Strategi Pembelajaran IPA”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar tentang pengertian ekosistem. Sebelum menanyakan pengertian tentang ekosistem guru menayangkan gambar video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan…
Expressing Ideas or Opinion
Sinopsis Satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, banyak siswa tidak percaya diri untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau cara agar mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas media sosial Facebook. Program video ini berisi pembelajaran…
Nama : Arinda Qurrota Akyuni
NIM : 501453228
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ:jayapura
proses pembelajaran yang terjadi dalam video tersebut merupakan pembelajaran yang terjadi secara monoton di mana guru memberikan materi dengan metode ceramah.berbicara tentang metode berarti strategi yang di berikan guru tidak maksimal.strategi tersebut yang membuat anak menjadi kurang semangat.hal inilah yang membuat Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori. dalam proses pembelajaran apalagi berbicara tentang ipa yang seharusnya langsung pada penerapan praktek yang melibatkan siswa untuk berekspresi. Jadi solusi yang di buat oleh guru tersebut sudah dsangat baik dan maksimal.di mana melibatkan siswa untuk melakukan sesuatu yang memacu peserta didik untuk berkembang dalam berinovasi dan mencoba.
Nama : Arnoldus jea
NIM : 501453228
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ:jayapura
proses pembelajaran yang terjadi dalam video tersebut merupakan pembelajaran yang terjadi secara monoton di mana guru memberikan materi dengan metode ceramah.berbicara tentang metode berarti strategi yang di berikan guru tidak maksimal.strategi tersebut yang membuat anak menjadi kurang semangat.hal inilah yang membuat Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori. dalam proses pembelajaran apalagi berbicara tentang ipa yang seharusnya langsung pada penerapan praktek yang melibatkan siswa untuk berekspresi. Jadi solusi yang di buat oleh guru tersebut sudah dsangat baik dan maksimal.di mana melibatkan siswa untuk melakukan sesuatu yang memacu peserta didik untuk berkembang dalam berinovasi dan mencoba.
Seorang pendidik harus mampu menguasai berbagai metode pengajaran dalam proses belajar mengajar, agar tercipta kondisi belajar yang efektiif, efisien dan menyenangkan, sebagaimana yang terjadi dalam video ini. pada kegiatan awal pembelajaran guru menjelaskan secara detail materi IPA yang akan disampaikan kemudian melakukan praktek dan diskusi bersama dalam beberapa kelompok untuk mencapai hasil belajar yang ingin dicapai bersama.
Nama : Pujo Satrio Utomo NIM : 501173137 Prodi : Magister Pendidikan Dasar UPBJJ : Palembang
Menurut saya dalam pembelajaran teori akan terasa sulit apabila tidak langsung mempraktekannya sama seperti video diatas dikarenakan jenuh mendengar penjelasan memakai metode ceramah tanpa memperagakan langsung. Hal ini sangat berdampak dengan perkembangan daya berpikir siswa jika hanya mendengar, melihat serta mengamati tanpa memperagakan langsung apa yang telah dijelaskan dari suatu teori maka siswa akan kebingungan bahkan bosan. Dari penjelasan video tersebut dapat disimpulkan bahwa praktek pembelajaran sangatlah penting bahkan dalam bentuk penilaian maka nilai praktek harus lebih besar dari pada nilai teori. Maka dari itu kita sebagai pendidik sangat membutuhkan daya dukung kepada sekolah akan terciptanya proses pembelajaran yang aktif yang mengutamakan praktikum, hal ini sangat beresiko akan pengeluaran dana baik dari pihak sekolah maupun individu masing-masing.
Nama : Citra Silviani
NIM : 501173209
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Setelah melihat video tersebut terlihat ketika guru sedang menjelaskan materi rangkaian listrik, metode ceramah pada materi tersebut sangat terlihat jika siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran, siswa terlihat pasif, dan pembelajaran kurang menarik karena dengan metode ceramah saja para siswa sangat kurang memaham apa yang disampaikan guru. Kemudian guru tersebut mengajar siswa turun langsung mempraktekkan pembelajaran tersebut. Pembelajaran proyek memberikan kesempatan siswa untuk bekerjasama menyelesaikan tugas dalam kelompok. Peran guru dalam pembelajaran ini sebagai fasilitator yang menyediakan alat dan bahan. Pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah dan memastikan siswa tetap bersemangat mengikuti pembelajaran.sehingga hasil belajar siswa akan langsung terlihat.guru juga menggunakan pembelajaran proyek dan membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memanfaatkan tutor sebaya sebagai nara sumber diantara siswa agar meningkatkan kerjasama seluruh siswa dan guru hanya mengarahkan saja. Menurut Bransfor dan Stein dalam Warsono & Harianto (1993), dikatakan bahwa “Pembelajaran berbasis proyek sebagai pendekatan pengajaran yang komprehensif yang melibatkan siswa dalam kegiatan penyelidikan yang kooperatif dan berkelanjutan”.
Kelemahannya disini guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan guru tidak memberikan motivasi tentang pentingnya pembelajaran yang dilakukan, dan di akhir pelajaran guru tidak memberikan evaluasi apakah pembelajaran yang dilakukan berhasil atau tidak.
Kelebihannya disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi tutor sebaya. Penggunaan pembelajaran proyek pada saat pembelajaran teori sangat baik digunakan guru untuk menerapkan langsung pembelajaran. Siswa bekerjasama dalam mengerjakan tugas bersama.
Nama : Rizkia Khairunnisa
NIM : 501574234
Prodi : Magister Pendidikan dasar
Dari video ini saya belajar bahwa metode ceramah dalam pembelajaran khususnya pelajaran IPA. Karena pada pembelajaran IPA biasanya banyak materi yang membutuhkan penalaran serta pemahaman yang tinggi sehingga ketika kita sebagai guru hanya menjelaskan materi dengan metode ceramah (teori) tanpa adanya percobaan langsung (menggunakan proyek) itu akan membuat siswa sulit untuk mengerti materi pelajaran.
Pada video, pada saat siswa merasa kurang mampu untuk menangkap materi pelajaran guru langsung berinisiatif membagi siswa kedalam beberapa kelompok lalu siswa berdiskusi dan melakukan percobaan di dalam kelompoknya. Ketika siswa belajar dalam kelompok, siswa akan aktif berdiskusi dan dapat memudahkan siswa dalam menguasai materi. Seperti yang dikatakan dalam vide ketika anak dituntun untuk berdiskusi, ternyata mereka mampu menjadi narasumber untuk teman yang lainnya sehingga hal ini membuat siswa belajar lebih menyenangkan dan dapat mudah dipahami.
Nama: Ana Maharani Keban
NIM: 501202704
Prodi: MPDr
UPBJJ: Jakarta
Dari video tersebut memperlihatkan bahwa dalam menyampaikan pelajaran di pelajaran IPA dengan model ceramah saja tanpa praktek tentu membuat siswa kurang semangat dan sulit untuk memahami pelajaran. Maka guru dituntut harus kreatif dalam meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan pengetahuan siswa. Salah satunya dengan menggunakan project based learning. Melalui praktek, siswa dapat secara aktif mengeksplor pengetahuannya, menikmati pembelajaran, meningkatkan kolaborasi dan dapat menjadi sumber belajar bagi temannnya. Maka dari itu, guru harus lebih kreatif dalam mencari model pembelajaran bukan hanya saja menyampaikan teori namun memfasilitasi siswa dalam mengeksplorasi pengetahuannya ke dalam praktek nyata.
Nama : Apria Nuri Herlinda
Nim : 501173072
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UBBJ : Palembang
Pada video ini disajikan pembelajaran yang menerapkan metode ceramah pada materi rangkaian lisrik, ketidakpahaman siswa terkait pelajaran yang disampaikan guru, pembelajaran kurang menarik, siswa terlihat pasif dan kurang semangat dalam pembelajaran. Meskipun guru sudah menggunakan visualisasi, Pelajaran yang disampaikan terlalu sulit untuk di pahami, guru merubah cara penyampaiannya dengan menggunakan proyek yang membuat siswa lebih paham tentang bagaimana cara membuatnya. Dalam memahami konsep materi rangkaian listrik dengan menerapkan model pembelajaran proyek yang membuat siswa aktif dan belajar langsung membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran dengan proyek ini terdapat peran aktif siswa, pembelajaran berpusat pada siswa, suasana belajar yang menyenangkan, siswa mudah memahami materi serta siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung. Pembelajaran proyek ini siswa bekerjasama menyelesaikan tugas, guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran, pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah secara berkelompok.
Nama : Apria Nuri Herlinda
Nim : 501173072
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UBBJ : Palembang
Pada video ini disajikan pembelajaran yang menerapkan metode ceramah pada materi rangkaian lisrik, ketidakpahaman siswa terkait pelajaran yang disampaikan guru, pembelajaran kurang menarik, siswa terlihat pasif dan kurang semangat dalam pembelajaran. Meskipun guru sudah menggunakan visualisasi, Pelajaran yang disampaikan terlalu sulit untuk di pahami, guru merubah cara penyampaiannya dengan menggunakan proyek yang membuat siswa lebih paham tentang bagaimana cara membuatnya. Dalam memahami konsep materi rangkaian listrik dengan menerapkan model pembelajaran proyek yang membuat siswa aktif dan belajar langsung membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran dengan proyek ini terdapat peran aktif siswa, pembelajaran berpusat pada siswa, suasana belajar yang menyenangkan, siswa mudah memahami materi serta siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung. Pembelajaran proyek ini siswa bekerjasama menyelesaikan tugas, guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran, pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah secara berkelompok.
Nama : Verla Mutia Martianingsih
NIM : 501233146
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bandung
Guru harus mengusai berbagai metode pembelajaran supaya siswa lebih semangat dan lebih tertarik minatnya dan menumbuhkan siswa menjadi lebih kreatif, dan alangkah baiknya kalau proses pembelajaran IPA menggunakan metode pembelajaran praktek tidak hanya menggunakan metode ceramah supaya sisa lebih tertarik dan lebih bersemangat. Pada video tersebut, ketika siswa merasa kurang mampu untuk menangkap materi pelajaran guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok lalu siswa berdiskusi dan melakukan percobaan di dalam kelompoknya. Ketika siswa belajar dalam kelompok, siswa akan aktif berdiskusi dan dapat memudahkan siswa dalam menguasai materi