silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
NAMA : SEPTIANA NITI SARA
NIM : 857639558
Izin memberikan komentar terhadap video pembelajaran di atas, terkait Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari merupakan hal yang sangat wajar (BIASA)terjadi di sekolah, hal ini terjadi karena pada siang hari siswa telah merasakan lelah, lapar belajar mulai dari pagi dan harus kembali belajar matematika pada siang hari yang memerlukan konsentrasi tinggi tentu kondisi siswa sudah tidak seaktif pada pelajaran yang dilakukan pagi hari, siswa cenderung merasa bosan, lelah, lapar, dan mengantuk. Adapun cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menghidupkan kembali suasana kelas yang menyenangkan, tidak mau terlalu memberikan tekanan kepada siswa, melakukan icebreaking, memastikan semua siswa melakukan interaksi dengan guru, serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, tentunya melalui cara ini konsentrasi siswa dapat meningkat lagi, pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah diperoleh. pembelajaran yang diberikan tidak mototon siswa diajak aktif dalam kelas, misal dengan bermain peran agar siswa tidak bosan. Kegiatan ice breaking juga belum terlihat untuk menfokuskan kembali siswa dalam menerima pembelajaran.
Nama
Nama : Lizza Khurnia Putri
Nim : 857222506
Izin menanggapi terkait vidio pembelajaran diatas
1. Reaksi anak” diawal pembelajaran ialah tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tetapi setelah guru itu menjelaskan bahwa pelajaran matematika itu penting, barulah anak-anak memperhatikan guru tersebut, tetapi jika dilihat dari wajah siswa tersebut, wajah mereka sudahlah lelah karna pelajaran matematika tersebut ada diwaktu siang hari.
2. Kelemahannya ialah guru tersebut tidak melakukan ice breakingsehingga pada saat awal pembelajaran para siswa terlihat malas dan sedikit protes karna pada siang hari siswa sudah mulai lelah sehingga sulit berkonsentrasi.
3. Kelebihannya ialah guru tersebut memakai alat peraga sebagai media pembelajaran, yang sangat berguna untuk menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung.
4. Hal unik yang saya temukan ialah guru tersebut merenung/diam sejenak sebelum berbicara kepada siswa, selain itu hal unik yang saya temukan ialah guru tersebut menerangkan bahwa pelajaran matematika sangatlah penting sehingga dapat menarik siswa untuk bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika
5. Upaya yang saya usulkan ialah pelajaran matematika lebih baik ada di jam pertama atau di pagi hari, dan jangan di siang hari, karna pada saat siang hari konsentrasi siswa sudah mulai berkurang dan juga para siswa sudah mulai kelelahan dalam dalam berfikir.
Nama : Lizza Khurnia Putri
Nim : 857222506
Izin menanggapi terkait vidio pembelajaran diatas
1. Reaksi anak” diawal pembelajaran ialah tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tetapi setelah guru itu menjelaskan bahwa pelajaran matematika itu penting, barulah anak-anak memperhatikan guru tersebut, tetapi jika dilihat dari wajah siswa tersebut wajah mereka sudahlah lelah karna pelajaran matematika tersebut ada diwaktu siang hari.
2. Kelemahannya ialah guru tersebut tidak melakukan ice breakingsehingga pada saat awal pembelajaran para siswa terlihat malas dan sedikit protes karna pada siang hari siswa sudah mulai lelah sehingga sulit berkonsentrasi.
3. Kelebihannya ialah guru tersebut memakai alat peraga sebagai media pembelajaran, yang sangat berguna untuk menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung.
4. Hal unik yang saya temukan ialah guru tersebut merenung/diam sejenak sebelum berbicara kepada siswa, selain itu hal unik yang saya temukan ialah guru tersebut menerangkan bahwa pelajaran matematika sangatlah penting sehingga dapat menarik siswa untuk bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika
5. Upaya yang saya usulkan ialah pelajaran matematika lebih baik ada di jam pertama atau di pagi hari, dan jangan di siang hari, karna pada saat siang hari konsentrasi siswa sudah mulai berkurang dan juga para siswa sudah mulai kelelahan dalam dalam berfikir.
Nama: surya oktamalia
Nim: 856084526
Prodi: PGSD S1
Hasil pengamatan setelah saya melihat video di atas yang berjudul “siswa tidak berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari”
menurut saya, pada saat memulai pembelajaran seorang guru sebaiknya menyapa siswa terlebih dahulu, menanyakan kesiapan nya untuk memulai pelajaran dan juga bisa mengajak siswa untuk melakukan ice breacking seperti bertepuk tangan untuk menyatukan konsentrasi awal para siswa. pada video yang saya tonton guru tidak menyapa dan langsung menagajak siswa memuai materi pelajaran sementara siswa masih ribut dan belum siap untuk belajar
Nama : JAENAL MUTTAQIN, NIM : 857256466. UPBJJ: SERANG, POKJAR : CURUG. Laporan Analisa GPO yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” sesudah meihat video yang ada di laman GPO, secara keseluruhan peserta didik kurang berkonsentarasi pada mata pelajaran Matematika karena pada siang hari peserta didik sudah lelah beraktivitas, peserta didik ada yang asyik ngobrol dengan teman sebangkunya dan ada yang sudah mulai lelah serta peserta didik pula ada yang jalan-jalan pinjam buku dan alat tulis, maka dari itu tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut tidak tersampaikan dengan baik. solusi yang harus dilakukan agar pembelajaran bisa menarik, guru membawa media gambar yang sudah di cetak, sehingga peserta didik bisa terbangun lagi kefokusannya kepada pembelajaran dikarenakan ada media yang baru. sehingga di dalam pembelajaran, guru tersebut menanyakan gambar yang dicetak guru pun memberikan alternatif solusi dengan mengabungkan mata pelajaran matematika dengan meddia cetak yang dibawa oleh guru. sehingga ruang pembelajaran pun aktif kembali dikarena guru tidak memberikan pembelajaran dengan metode ceramah saja, melainkan meyediakan media cetak yang interakti.
Nama: Esi Sulistia Ningsih
NIM: 877302013
Prodi: PGSD-S1 Semester 8
UPBJJ : UT Surabaya
Pada video tersebut, masalah yang dihadapi dalam pembelajaran adalah konsentrasi dan motivasi siswa belajar Matematika di siang hari. Siswa merasa lelah dan mengantuk di jam terakhir sekolah sehingga perlu adanya aktivitas yang menarik minat siswa. Guru memberi motivasi kepada siswa bahwa Matematika dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Guru menyajikan gambar-gambar yang menarik minat siswa dan siswa dapat mencoba melakukan pengukuran pada gambar yang ditempel di oapa tulis. Menurut saya, akan lebih baik bila murid dibagi dalam kelompok kecil dan masing-masing kelompok diberi gambar untuk diukur. Sehingga tidak hanya satu atau dua siswa yang melakukan pengukuran, tetapi semua siswa. Dengan begitu siswa akan semakin antusias belahar di siang hari.
Demikian tanggapan saya atas video di atas. Terima kasih.
Pada video tersebut, masalah yang dihadapi dalam pembelajaran adalah konsentrasi dan motivasi siswa belajar Matematika di siang hari. Siswa merasa lelah dan mengantuk di jam terakhir sekolah sehingga perlu adanya aktivitas yang menarik minat siswa. Guru memberi motivasi kepada siswa bahwa Matematika dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Guru menyajikan gambar-gambar yang menarik minat siswa dan siswa dapat mencoba melakukan pengukuran pada gambar yang ditempel di papan tulis. Menurut saya, akan lebih baik bila murid dibagi dalam kelompok kecil dan masing-masing kelompok diberi gambar untuk diukur. Sehingga tidak hanya satu atau dua siswa yang melakukan pengukuran, tetapi semua siswa. Dengan begitu siswa akan semakin antusias belajar di siang hari.
Demikian tanggapan saya atas video di atas. Terima kasih.
Nama : Vera Andani
NIM : 860119367
UPBJJ : 118/Palembang
Analisis kasus pembelajaran Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada video siswa tidak konsentrasi dengan pelajaran yang dilakukan dikarenakan jam pembelajaran sudah di waktu pelajaran siang hari.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelemahan guru pada saat melakukan kegiatan pembelajaran matematika adalah guru tidak dapat menarik konsentrasi siswa saat sudah waktu pembelajaran di siang hari, metode yang digunakanpun masih menggunakan metode ceramah dan penyampaian materi yang kurang jelas, dan keterlibatan siswa yang masih sedikit.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelebihannya adalah materinya sudah sesuai dengan tingkatan peserta didik.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab : Tidak ada hal unik yang ditemukan
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : Upaya yang saya usulkan sebaiknya mengajak anak ice breaking terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran di siang hari agar menghilangkan rasa bosan dan lelahnya dan guru harus mengevaluasi lagi cara anak memegang alat ukur apakah sudah benar atau belum dan juga cara mengukurnya
AISYAH NUR AINI
NIM 877834705
UPBJJ BANDUNG
Izin menanggapi video pembelajaran diatas bahwasanya pelajaran Matematika jika diajarkan siang hari besar kemungkinan siswa sulit untuk berkonsentrasi. Disinilah tantangan seorang guru, perlu mencari metode belajar yang menarik dan tidak membosankan. Supaya siswa tetap berkonsentrasi saat belajar meski siang hari sekalipun. Saat sebelum pelajaran dimulai, siswa bisa diajak untuk melakukan ice breaking terlebih dahulu atau belajarnya diluar ruangan pun bisa menjadi solusinya. Media pembelajaran sangat penting guna mendukung kualitas hasil belajar siswa. Agar materi yang disampaikan mudah dipahami jika ada media pembelajaran. Namun jika suatu sekolah terbatas dalam media pembelajaran, bisa dilakukan kreatifitas seorang guru dan siswa untuk belajar menggunakan media belajar disekitar sekolah atau seadanya.