silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,088 Comments

  1. Nama : Wanda Amanatulhah
    Nim : 857207259

    Mohon izin unruk menanggapi

    setelah saya melihat vidio dengan berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, tidak ada pembukaan terlebih dahulu seperti mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa begitupun ketika kegiatan belajar mengajar siswa akan di mulai guru membiarkan siswa mengolok siswa yang tidak membawa pensil dan buku seharusnya guru menasehati siswa agar tidk ada pembulian di kelas. awal pembelajaran ruang kelas tidak kondusif siswa pun kelelahan namun ketika guru memberikan media gambar untuk belajar ruang kelas pun menjadi kondusif dan siswa menjadi tertarik.
    menurut saya seharusnya ketika ruang kelas sudah tidak kondusuf sebaiknya siswa di berikan ice breaking/games terlebih dahulu agar tidak bosan untuk mengikuti pelajaran di siang hari.

  2. Nama : NI KADEK EKA YULIANTI
    NIM : 859952462

    dari video yang siswa tidak konsentrasi belajar Matematika pada siang hari dapat dicermati bahwa cara mengatasi masalah tersebut yaitu kita sebagai guru harus menyiapkan berbagai media pelajaran yang dapat digunakan untuk mengembalikan konsentrasi siswa pada saat belajar matematika di siang hari salah satu contohnya seperti yang dilakukan Bapak pada video tersebut yaitu bapak tersebut menggunakan media gambar untuk mengusapkan kembali konsentrasi siswa dan mengajak siswa untuk mengukur gambar yang ditunjukkan oleh Bapak tersebut . Selain menggunakan berbagai media pembelajaran kita sebagai guru juga dapat mengajak siswa dan memanfaatkan media belajar di luar ruangan seperti mengukur tinggi tanaman di depan kelas menghitung jumlah-jumlah buku di perpustakaan dan lain sebagainya agar siswa tidak bosan berada di dalam kelas secara terus-menerus

  3. Nama: Esi Sulistia Ningsih
    NIM: 877302013
    Prodi: PGSD – S1
    UPBJJ: UT Surabaya

    Pada video tersebut, masalah yang dihadapi dalam pembelajaran adalah konsentrasi dan motivasi siswa belajar Matematika di siang hari. Siswa merasa lelah dan mengantuk di jam terakhir sekolah sehingga perlu adanya aktivitas yang menarik minat siswa. Guru memberi motivasi kepada siswa bahwa Matematika dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Guru menyajikan gambar-gambar yang menarik minat siswa dan siswa dapat mencoba melakukan pengukuran pada gambar yang ditempel di papan tulis. Menurut saya, akan lebih baik bila murid dibagi dalam kelompok kecil dan masing-masing kelompok diberi gambar untuk diukur. Sehingga tidak hanya satu atau dua siswa yang melakukan pengukuran, tetapi semua siswa. Dengan begitu siswa akan semakin antusias belajar di siang hari.
    Demikian tanggapan saya atas video di atas. Terima kasih.

  4. Nama: JULITA ARIANI
    NIM: 856299369
    Prodi: PGSD – S1
    UPBJJ: UT Padang

    Dari vidio yang saya amati Yaitu siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari dengan hasil analisis saya yaitu:
    1. Banyak siswa beralasan tidak membawa alat tulis dan minta izin keluar, kurangnya minat belajar siswa, jadi suasana kelas jadi tidak kondusif, siswa tidak
    konsentrasi karena suasana sudah siang.
    2. Identifikasi masalah, mengelola kelas dengan baik supaya siswa senang belajar matematika dengan menggunakan berbagai macam alat media pembelajaran.
    3. Analisis masalah pembelajaran tidak berjalan dengan baik, sebainya memakai bermacam – macam metode pembelajaran.

  5. Aji Nugroho kahar
    855721047

    Menurut saya agar siswa dapat konsentrasi saat pembelajaran matematika di siang hari yaitu pembelajaran harus dilakukan dengan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan kita juga dapat menggunakan alat bantu sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa dapat mengerti dan paham mengenai konsep dasar matematika.

  6. Nama: Ananda Regita Putri
    Nim: 858157386

    Menanggapi Video tersebut, menanggapi siswa yang sulit berkonsentrasi pada siang hari memerlukan pendekatan yang fleksibel dan memahami kondisi mereka. menurut saya salah satu strategi yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi siswa pada siang hari adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan interaktif. Menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik atau gerakan. seperti diskusi kelompok kecil, bermain peran, atau pembelajaran berbasis proyek. Dapat membantu meningkatkan energi dan keterlibatan siswa dikelas.

  7. Nama : IRNAWATI
    NIM : 857344442

    Setelah saya analisis video pembelajaran tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, menurut saya harusnya guru memberikan peregangan dulu/ice breaking karena siswa baru saja selesai istirahat bermain pada siang hari dan sudah tidak konsentrasi dalam pembelajaran matematika tersebut, apalagi sebagian besar siswa menganggap matematika itu sulit dan membosankan. jadi kita perlu mengajak siswa secara naluri menyukai pembelajaran ini, ice breaking salah satunya cara meningkatkan semangat siswa untuk belajar.

    terimakasih

  8. Nama : Zulfah Qurrota Aini
    NIM : 858929065
    Semester: 6 / PGSD S-1
    Pokjar: Umbulsari
    UPBJJ : Jember

    Setelah menyaksikan video di atas, dalam pembelajaran yang sedang dilakukan memiliki kekurangan dalam sapaan terhadap siswa, guru tidak mengawali pembelajaran dengan menyapa siswa- siswa terlebih dahulu. Kurangnya konsentrasi siswa yang tidak terfokus pada pak guru yang sedang menjelaskan. Tetapi guru sudah benar melakukan pembelajaran umpan balik kepada siswa namun tetap konsentrasi siswa kurang konsisten dalam memperhatikan, ketika pembelajaran dia siang hari perlunya melakukan kegiatan awal seperti ice breaking atau penyegaran terlebih dahulu agar anak-anak sedikit semangat dalam mengikuti pelajaran, perlunya media ajar yang menarik dan menyita perhatian siswa agar mereka lebih konsentrasi dan antusias dalam belajar, mungkin sedikit yang bisa saya ulas, demikian disampaikan terimakasih

  9. Nama : SUCI WAHYUNI
    Nim: 856291633
    UPBJJ : UT- Padang
    Pembelajaran Matematika yang dilakukan di siang hari, pada saat kondisi anak sudah lelah dan konsentrasi anak sudah tidak fokus untuk belajar.
    Dan maka, sebagai guru kita harus memotivasi anak untuk belajar atau menggunakan media pembelajaran variasi, agar anak-anak semangat untuk belajar.
    Terima kasih.

  10. Nama : Saliman Oxdarisa
    Nim : 855727324

    Dari video yang sudah saya lihat dan amati, pelajaran matematika sebetulnya sangat menarik dan mengasyikan, namun belum banyak guru yang memiliki pedagogik mengajar yg relevan dengan anak anak, selain faktor utama juga ada faktor eksternal lainnya seperti waktu pelaksanaan pelajaran. Ketika siang hari konsentrasi anak sudah tidak seperti saat pagi hari, sehingga pelajaran yg di berikan harus memiliki gaya belajar yang seru dan mengasyikkan serta membuat anak menjadi pemeran utamanya sehingga anak merasakan seru, seperti video di atas menggunakan gambar dan mengajak anak mencari benda lain yang dapat di ukur artinya guru sudah mengajak peran aktif anak- anak sehingga pembelajaran sudah sesuai.

Leave a Reply