silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Maria Theresia Linda
NIM : 859285462
siang semuanya
sebaiknya pelajaran matematika dilaksanakan pada pagi hari, kalau siang hari anak didik sudah kurang bersemangat. kalaupun dilaksanakan pada siang hari, maka guru perlu menghidupkan suasana kelas, agar peserta didik bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Misalnya dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, suara yang lantang, diselingi ice breaking, sehingga anak tidak bosan, juga harus mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran tersebut
Nama: CICI RODAME HUTASOIT
NIM:859893874
Menurut saya Dalam vidio tersebut , pelajaran matematika memang kurang efektif diberikan pada siang hari karena konsentrasi siswa di siang hari sudah mulai lelah, ngantuk dan juga lapar, namun di vidio tersebut usaha bpk guru mengunakan sebuah media yang beliau gunakan untuk menarik perhatian siswa , sangat bagus dan respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut juga sangat antusias , semua siswa mengilkuti pembelajaran dengan baik dengan melibatkan siswa untuk langsung dalam pembelajaran , siswa akan lebih besemangat dan juga lebih mudah untuk memahami materi tersebut. Dan juga anak anak pasti mudah menyerap pembelajaran tersebut
Ijin menanggapi
Nama: Mira Meylinda
NIM : 857029221
UPBJJ : Bandar Lampung
Dari video pembelajaran tersebut, bisa dilihat kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar matematika pada siang hari. Karena memang minat siswa belajar matematika itu sangat kecil, mereka menganggap matematika itu sulit sehingga tidak menyenangkan bagi mereka. Apalagi pada siang hari, tubuh mereka sudah lelah setelah belajar beberapa jam.
Ada baiknya sebelum pelajaran matematika di siang hari dimulai, kita melakukan ice breaking sejenak atau permainan untuk mengembalikan mood atau konsentrasi pada siswa.
Sebagai guru juga, harus bisa menghidupkan suasana agar siswa tidak bosan, seperti yang ada di video dengan menggunakan media-media yang ada di sekolah atau dengan belajar diluar seperti di halaman sekolah. Agar pembelajaran mereka tidak monoton yang hanya berada didalam kelas saja.
Ijin menanggapi
Nama: Mira Meylinda
NIM : 857029221
UPBJJ : Bandar Lampung
Dari video pembelajaran tersebut, bisa dilihat kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar matematika pada siang hari. Karena memang minat siswa belajar matematika itu sangat kecil, mereka menganggap matematika itu sulit sehingga tidak menyenangkan bagi mereka. Apalagi pada siang hari, tubuh mereka sudah lelah setelah belajar beberapa jam.
Ada baiknya sebelum pelajaran matematika di siang hari dimulai, kita melakukan ice breaking sejenak atau permainan untuk mengembalikan mood atau konsentrasi pada siswa.
Sebagai guru juga, harus bisa menghidupkan suasana agar siswa tidak bosan, seperti yang ada di video dengan menggunakan media-media yang ada di sekolah atau dengan belajar diluar seperti di halaman sekolah. Agar pembelajaran mereka tidak monoton yang hanya berada didalam kelas saja.
Nama Asnida Sianturi
NIM: 859891096
Belajar matematika itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena pelajaran matematika itu pasti dan tidak boleh dibuat buat.dengan demikian memang kurang efektif jika dilakukan pada jam siang hari.akan tetapi dapat juga dilakukan berbagai cara atau strategi dalam belajar matematika pada jam siang.bisa dengan cara membuat suatu permainan yang berhubungan dengan pelajaran.
Nama : Tri Nur Asih
NIM : 857031392
Prodi : S1 PGSD
Upbjj : Bandar lampung
Judul video : siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari
Dalam video tersebut pembelajaran matematika disiang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh, setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka. Seperti bergurau dengan temannya.
Kelemahan dalam pembelajaran video tersebut
di kegiatan pendahuluan, seperti salam, doa, penyampaian tujuan, tidak ada.
Kelebihan dalam pembelajaran video
Guru memberikan penguatan tentang pentingnya belajar matematika.
Nama Vepy citra novita
Nim 856603315
Dari video tersebut pelajaran matematika memang kurang efektif diberikan pada siang hari bisa dilakukan dari beberapa aspek baik dari segi lingkungan,metode pembelajaran, maupun kondisi fisik siswa. berikut beberapa solusinya :
1. Ubah Waktu Belajar Matematika
Jadwalkan pelajaran matematika di pagi hari, saat otak masih segar dan konsentrasi lebih tinggi.
Jika tidak memungkinkan, beri aktivitas ringan atau menyenangkan sebelum pelajaran dimulai siang hari untuk menyegarkan pikiran siswa.
2. Gunakan Metode Pembelajaran yang Menarik
Gunakan permainan edukatif (game matematika, kuis, atau teka-teki).
Gunakan alat bantu visual seperti gambar, alat peraga, atau video interaktif.
Ajak siswa untuk bergerak (misalnya belajar sambil berdiri, menggunakan metode moving class atau outdoor learning jika memungkinkan).
3. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman
Pastikan ruang kelas tidak terlalu panas dan cukup terang.
Gunakan kipas atau AC jika tersedia.
Kurangi kebisingan atau gangguan lain di sekitar kelas.
4. Perhatikan Kondisi Fisik Siswa
Pastikan siswa cukup makan saat istirahat agar tidak lemas di siang hari.
Ajak siswa melakukan peregangan atau senam ringan sebelum belajar.
Berikan waktu istirahat singkat di tengah pelajaran jika konsentrasi mulai menurun.
Nama Vepy citra novita
Nim 856603315
Dari video diatas tersebut pelajaran matematika memang kurang efektif diberikan pada siang hari bisa dilakukan dari beberapa aspek baik dari segi lingkungan,metode pembelajaran, maupun kondisi fisik siswa. berikut beberapa solusinya :
– Ubah Waktu Belajar Matematika
– Gunakan Metode Pembelajaran yang Menarik
Gunakan permainan edukatif (game matematika, kuis, atau teka-teki).
Gunakan alat bantu visual seperti gambar, alat peraga, atau video interaktif.
– Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman
Pastikan ruang kelas tidak terlalu panas dan cukup terang.
Gunakan kipas yang tersedia.
– Perhatikan Kondisi Fisik Siswa
Pastikan siswa cukup makan saat istirahat agar tidak lemas di siang hari.
Nama : Jessica Destiana
Nim : 857131635
Dari video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa
– Jadwal pembelajaran matematika pada siang hari kurang efektif karena semangat belajar dan konsentrasi siswa sudah munurun. Sebaiknya, jadwal pembelajaran matematika bisa dialihkan ke pagi hari agar konsentrasi siswa masih fokus. Jika tetap dilakukan disiang hari, awali pembelajaran dengan ice breaking, agar memicu semangat siswa.
– Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam video sudah cukup baik, memberikan media gambar (gedung) dan memberikan kesempatan salah satu siswa untuk mengukurnya.
Nama : Jessica Destiana
Nim : 857131635
Dari video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa
– Jadwal pembelajaran matematika pada siang hari kurang efektif karena semangat belajar dan konsentrasi siswa sudah munurun. Sebaiknya, jadwal pembelajaran matematika bisa dialihkan ke pagi hari agar konsentrasi siswa masih fokus. Jika tetap dilakukan disiang hari, awali pembelajaran dengan ice breaking, agar memicu semangat siswa.
– Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam video sudah cukup baik, memberikan media gambar (gedung) dan memberikan kesempatan salah satu siswa untuk mengukurnya.