Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,390 Comments

  1. Nama: Ika Damiati
    NIM : 857582443

    Pada video yang ditampilan pada laman GPO dengan judul “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika saat jam pelajaran siang hari” tersebut menunjukan tentang kondisi waktu pembelajaran dapat memengaruhi tingkat konsentrasi siswa. Dalam video diperlihatkan bawasannya siswa akan lebih pasif dan kesulitan fokus saat belajar matematika setelah jam istirahat atau menjelang siang hari. Siwa terlihat lelah, mengantuk, dan tidak terlalu responsif dengan apa yang sedang gurunya ajarkan.

    Untuk menangani kondisi siswa yang tidak konsentrasi belajar matematika saat jam pelajaran siang hari, beberapa strategi dapat diterapkan:
    1. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Lebih Interaktif: Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif, seperti diskusi kelompok, permainan matematika, atau proyek berbasis masalah, untuk meningkatkan keterlibatan siswa.
    2. Menggunakan Alat Peraga yang Lebih Menarik: Guru dapat menggunakan alat peraga yang lebih menarik dan interaktif, seperti aplikasi matematika atau perangkat lunak edukatif, untuk meningkatkan minat siswa.
    3. Menghubungkan Materi dengan Kehidupan Sehari-hari: Guru dapat menghubungkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa dapat melihat relevansi dan manfaat dari materi yang dipelajari.
    4. Menggunakan Reward dan Penghargaan: Guru dapat menggunakan reward dan penghargaan untuk memotivasi siswa dan meningkatkan semangat belajar.

    Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, guru dapat meningkatkan konsentrasi dan semangat belajar siswa, serta membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan efektif.

  2. Assalamualaukum Wr Wb, saya:
    Nama : Hana Afifah
    NIM : 856301229
    izin menyampaikan pendapat atau komentar terhadap video Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari.
    Pembelajaran matematika di siang hari memiliki tantangan tersendiri karena siswa mungkin sudah merasa lelah atau kurang fokus setelah beberapa jam belajar. Oleh karena itu, strategi yang efektif harus mempertimbangkan hal ini dan dirancang untuk menjaga minat dan keterlibatan siswa. Berikut adalah beberapa strategi pembelajaran matematika SD yang efektif untuk diterapkan pada siang hari:
    1. Mulai dengan Aktivitas yang Menyenangkan dan Ringan
    Permainan Matematika: Gunakan permainan matematika yang interaktif dan menyenangkan untuk memulai pelajaran. Ini bisa berupa permainan papan, kartu, atau aplikasi edukasi yang relevan dengan materi pelajaran.
    Teka-Teki atau Soal Cerita:* Mulai pelajaran dengan teka-teki matematika atau soal cerita yang menarik. Ini dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar
    2. Gunakan Metode Pembelajaran yang Bervariasi
    Pembelajaran Berbasis Proyek: Libatkan siswa dalam proyek-proyek matematika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, membuat model bangun ruang, merencanakan anggaran, atau mengukur sesuatu.
    Penggunaan Alat Peraga: Gunakan alat peraga seperti balok, manik-manik, atau gambar untuk membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak.
    3. Sesuaikan dengan Gaya Belajar Siswa
    Gunakan gambar, diagram, grafik, dan video untuk membantu siswa yang memiliki gaya belajar visual.
    Auditori: Bacakan soal dengan jelas, gunakan musik atau lagu yang berkaitan dengan matematika, dan dorong siswa untuk berdiskusi untuk siswa yang memiliki gaya belajar auditori.
    4. Berikan Istirahat yang Cukup
    Istirahat Singkat: Sisipkan istirahat singkat di tengah pelajaran untuk memberikan kesempatan siswa untuk meregangkan badan, minum air, atau melakukan aktivitas ringan lainnya.
    5. Berikan Umpan Balik yang Positif dan Konstruktif
    Pujian: Berikan pujian atas usaha dan kemajuan siswa.
    6. Gunakan Teknologi
    Aplikasi dan Software Edukasi: Manfaatkan aplikasi dan software edukasi yang interaktif dan menarik untuk membantu siswa belajar matematika.
    Video Pembelajaran: Gunakan video pembelajaran yang menjelaskan konsep matematika dengan cara yang visual dan mudah dipahami.
    Kesimpulan: Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, guru dapat menciptakan lingkungan belajar matematika yang menyenangkan, menarik, dan efektif bagi siswa SD, bahkan di siang hari.

  3. Nama : Siti Robiah
    NIM : 857858448
    UPBJJ Surakarta

    Dalam video tersebut siswa terlihat tidak tertarik dan belum siap belajar matematika pada siang hari, mereka masih banyak yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa setelah makan siang, banyak siswa merasa lelah, mengantuk, atau terganggu oleh teman sebaya, yang mengakibatkan penurunan fokus dan motivasi dalam mengikuti pelajaran matematika. Dalam video pembelajaran diatas saya menyoroti cara mengajar guru yang masih cenderung ceramah, walaupun akhirnya guru mengubah metode mengajar dan praktik tapi terlihat kurangnya interaksi aktif antara guru dan murid. Saat mengajar guru hanya memberikan materi tanpa memberikan ice breaking untuk membuat suasa belajar yang menyenangkan.
    Adapun beberapa alasan siswa tidak konsentrasi pada siang hari yaitu :
    1. Kurangnya motivasi atau minat terhadap pelajaran matematika.
    2. Rasa mengantuk setelah makan siang.
    3. Cuaca panas yang membuat tubuh mudah lelah.
    4. Lingkungan kelas bising atau tidak nyaman
    5. Topik matematika yang sulit dan kurang menarik dalam penyampaian.
    Beberapa cara untuk meningkat konsentrasi siswa pada siang hari yaitu :
    1. Lakukan ice breaking atau senam otak ringan sebelum mulai belajar.
    2. Ciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan.
    3. Lebih banyak gunakan teknik belajar aktif seperti diskusi, tanya-jawab, dan permainan matematika.
    4. Gunakan media visual atau alat peraga agar pembelajaran lebih menarik.
    5. Gunakan metode belajar sambil bermain (game based learning) agar siswa antusias dan tertarik belajar matematika.

    Terimakasih

  4. 1. Judul Video : Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
    2. Alamat Sumber Video : https://Gurupintar.Ut.Ac.Id/Siswa-Tidak-Konsentrasi-Belajar-Matematika-Pada-Siang-Hari/
    3. Identitas Isi Video
    a. Nama Tokoh : Guru Dan Siswa
    b. Nama Sekolah : SD 4
    c. Nama Penulis : Drs. Eded Tarmedi, MA
    d. Sutradara : Pudji Setyo DJ.
    e. Sinopsis/Ringkassan video :
    Dalam vidio pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada siang hari , memperlihatkan awal pembelajaran yang tidak kondusif,mulai dari peserta didik yang keluar untuk membeli pensil saat akan berlangsungnya kegiatan belajar. Kegiatan belajar di siang hari siswa sudah kehilangan konsentrasi ada yang mengantuk,bercanda dengan temannya sehingga peserta didik sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Kemudian guru mengatasi peserta didik yang sulit mengerti dengan media pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan siswa.
    4. Kelemahan guru tersebut yaitu :
    1. Tidak memulai awal pembelajaran dengan berdoa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
    3. Guru langsung mengajak siswa pada kegiatan inti,sehingga peserta didik tidak kondusif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
    4. Guru tidak melakukan evaluasi diakhir
    5. Kelebihan pembelajaran :
    1. Guru melakukan tanya jawab dan memberikan umpan balik kepada peserta didik
    2. Guru menyampaikan materi dengan jelas.
    3. Guru menggunakan media gambar yang berkaitan dengan lingkungannya.
    6. Hal unik terdapat dalam video :
    Dalam pembelajaran video ini terdapat hal unik yaitu, guru menggunakan metode tanya jawab yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar.
    7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan:
    Langkah awal pembelajaran sebaiknya memberikan motivasi kepada peserta didikuntuk menumbuhkan semangat dan antusiasme mereka. Selanjutnya, tujuan pembelajaran dijelaskan agar peserta didik memahami target dari kegiatan yang akan mereka lakukan..

    1. Judul Video : Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
    2. Alamat Sumber Video : https://Gurupintar.Ut.Ac.Id/Siswa-Tidak-Konsentrasi-Belajar-Matematika-Pada-Siang-Hari/
    3. Identitas Isi Video
    a. Nama Tokoh : Guru Dan Siswa
    b. Nama Sekolah : SD 4
    c. Nama Penulis : Drs. Eded Tarmedi, MA
    d. Sutradara : Pudji Setyo DJ.
    e. Sinopsis/Ringkassan video :
    Dalam vidio pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada siang hari , memperlihatkan awal pembelajaran yang tidak kondusif,mulai dari peserta didik yang keluar untuk membeli pensil saat akan berlangsungnya kegiatan belajar. Kegiatan belajar di siang hari siswa sudah kehilangan konsentrasi ada yang mengantuk,bercanda dengan temannya sehingga peserta didik sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Kemudian guru mengatasi peserta didik yang sulit mengerti dengan media pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan siswa.
    4. Kelemahan guru tersebut yaitu :
    1. Tidak memulai awal pembelajaran dengan berdoa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
    3. Guru langsung mengajak siswa pada kegiatan inti,sehingga peserta didik tidak kondusif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
    4. Guru tidak melakukan evaluasi diakhir
    5. Kelebihan pembelajaran :
    1. Guru melakukan tanya jawab dan memberikan umpan balik kepada peserta didik
    2. Guru menyampaikan materi dengan jelas.
    3. Guru menggunakan media gambar yang berkaitan dengan lingkungannya.
    6. Hal unik terdapat dalam video :
    Dalam pembelajaran video ini terdapat hal unik yaitu, guru menggunakan metode tanya jawab yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar.
    7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan:
    Langkah awal pembelajaran sebaiknya memberikan motivasi kepada peserta didikuntuk menumbuhkan semangat dan antusiasme mereka. Selanjutnya, tujuan pembelajaran dijelaskan agar peserta didik memahami target dari kegiatan yang akan mereka lakukan..

  5. 1. Judul Video : Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
    2. Alamat Sumber Video : https://Gurupintar.Ut.Ac.Id/Siswa-Tidak-Konsentrasi-Belajar-Matematika-Pada-Siang-Hari/
    3. Identitas Isi Video
    a. Nama Tokoh : Guru Dan Siswa
    b. Nama Sekolah : SD 4
    c. Nama Penulis : Drs. Eded Tarmedi, MA
    d. Sutradara : Pudji Setyo DJ.
    e. Sinopsis/Ringkassan video :
    Dalam vidio pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada siang hari , memperlihatkan awal pembelajaran yang tidak kondusif,mulai dari peserta didik yang keluar untuk membeli pensil saat akan berlangsungnya kegiatan belajar. Kegiatan belajar di siang hari siswa sudah kehilangan konsentrasi ada yang mengantuk,bercanda dengan temannya sehingga peserta didik sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Kemudian guru mengatasi peserta didik yang sulit mengerti dengan media pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan siswa.
    4. Kelemahan guru tersebut yaitu :
    1. Tidak memulai awal pembelajaran dengan berdoa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
    3. Guru langsung mengajak siswa pada kegiatan inti,sehingga peserta didik tidak kondusif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
    4. Guru tidak melakukan evaluasi diakhir
    5. Kelebihan pembelajaran :
    1. Guru melakukan tanya jawab dan memberikan umpan balik kepada peserta didik
    2. Guru menyampaikan materi dengan jelas.
    3. Guru menggunakan media gambar yang berkaitan dengan lingkungannya.
    6. Hal unik terdapat dalam video :
    Dalam pembelajaran video ini terdapat hal unik yaitu, guru menggunakan metode tanya jawab yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar.
    7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan:
    Langkah awal pembelajaran sebaiknya memberikan motivasi kepada peserta didikuntuk menumbuhkan semangat dan antusiasme mereka. Selanjutnya, tujuan pembelajaran dijelaskan agar peserta didik memahami target dari kegiatan yang akan mereka lakukan..

  6. Nama : SRIYATI
    Nim : 856499678
    UPBJJ : Pekanbaru
    alamat sumber video : https://gurupintar.ut.ac.id/siswa-tidak-konsentrasi-belajar-matematika-pada-siang-hari/
    dalam video yang saya saksiakan ini. pada awal pembelajaran tidak dilakukan berdo’a sebelum pelajaran dimulai, langsung masuk pada materi pembelajaran.
    sehingga suasana pembelajaran berlangsung kurang kondusif dan tertib. masih banyak siswa yang asyik dengan kesibukannya sendiri ada yang keluar masuk, bercerita dengan teman, jadi bapak gurunya tidak dapat menguasai kelas dengan baik. walaupun bapak gurunya membawa media pelajaran dengan alat bantu peraganya.
    alangkah baikya sebelum pelajaran dimulai ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang guru diantaranya :
    1. guru menyapa dan mengucapkaan salam kepada peserta didik
    2. guru dan peserta didik berdo’a
    3. guru meriksa kehadiran siswa
    4. peserta didik dapat menerima kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian dapat dilaksanakan.
    5. peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap mandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
    langkah awal ini pasti akan memberikan kesan positif kepada siswa sebelum masuk pembelajaran dimulai.

  7. Assalamualaikum,mohon izin menyimpulkan hasil dari video tentant mata pelajaran matrmatika ” Siswa tidak konsentrasi belajar matematika di siang hari”
    Nama : Endang Sulistyawati
    NIM : 858128765
    UPBJJ : Pontianak

    1. Didalam video guru sebaiknya memulai pelajaran dengan beberapa tahapan seperti, memberi salam, menyapa peserta didik, mengabsen , selanjutnya dapat menyanyikan satu lagu dan dilanjutkan dengan yel-yel semangat didalam kelas, tentu hal tersebut akan menambah semangat peserta didik untuk mengikuti pelajaran tersebut.
    Apabila diawal sudah tidak memberikan semnagat atau motivasi belajar tentu sebagian besar peserta didik merasa tidak bersemangat mengikuti pelajaran tersebut dan bisa jadi justru merasa tegang karna terlalu kaku atau serius.
    2. Selain memberikan tugas atau pekerjaan rumah , mengaja siswa untuk mengukur benda di sekitar ruangan kelas atau benda secara nyata, sehingga akan sangat membantu untuk daya ingat siswa tersebut terhadap pengukuran.

    Beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi siswa yang sulit berkonsentrasi belajar matematika di siang hari:
    A. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif: Pastikan ruangan tenang, dan minim gangguan. Pencahayaan yang baik juga penting untuk mengurangi kelelahan mata.
    B. Variasi Metode Pembelajaran: Hindari metode belajar yang monoton. Gunakan berbagai cara seperti permainan matematika, kuis interaktif, visualisasi konsep, atau menghubungkan matematika dengan contoh kehidupan sehari-hari.
    C. Memanfaatkan Media Pembelajaran yang Menarik: Gunakan video pembelajaran, aplikasi matematika, atau platform belajar online yang interaktif dan menarik perhatian siswa.
    D. Gerakan dan Aktivitas Fisik: Selingi sesi belajar dengan sedikit gerakan atau peregangan ringan. Aktivitas fisik singkat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan menyegarkan pikiran.
    F. Menciptakan Suasana Belajar yang Positif: Berikan dukungan dan motivasi kepada siswa. Hindari tekanan yang berlebihan dan fokus pada pemahaman konsep daripada hanya menghafal rumus.
    G. Mengidentifikasi Penyebab Kurang Konsentrasi: Coba cari tahu mengapa siswa sulit berkonsentrasi. Apakah karena materi yang terlalu sulit, kurang menarik, atau ada faktor lain seperti kelelahan atau masalah pribadi? Dengan mengetahui penyebabnya, solusi yang lebih tepat dapat ditemukan.
    H. Melibatkan Siswa Secara Aktif: Dorong siswa untuk bertanya, berdiskusi, dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Ketika siswa merasa terlibat, mereka cenderung lebih fokus.
    Dengan mencoba beberapa cara ini, diharapkan konsentrasi siswa dalam belajar matematika di siang hari dapat meningkat. Penting untuk bersabar dan terus mencari strategi yang paling efektif untuk setiap individu.

  8. ERIKA PRAMASELLA 858081074
    Pembelajaran matematika pada siang hari menghadapi tantangan besar karena siswa sudah merasa lelah dan jenuh setelah belajar sepanjang pagi. Meskipun guru mampu menguasai kelas dengan suara lantang saat membuka pelajaran, fokus siswa hanya bertahan sebentar. Rasa lelah membuat siswa mudah terdistraksi, seperti bergurau atau tiduran di tempat duduk. Guru berhasil memusatkan perhatian siswa setelah refleksi singkat dengan mengubah metode ceramah menjadi tanya jawab, peragaan media, dan praktik mengukur benda secara langsung. Pendekatan ini sesuai dengan karakteristik anak usia operasional konkret yang perlu belajar melalui pengalaman langsung. Namun, evaluasi terhadap cara siswa melakukan pengukuran kurang dilakukan, seperti memeriksa teknik memegang alat ukur dan titik awal penghitungan. Padahal, meskipun pengukuran panjang bukan fokus utama kurikulum kelas atas SD, kemampuan ini perlu dievaluasi ulang. Secara umum, guru kurang mempertimbangkan kondisi fisik dan psikis siswa saat pembelajaran siang hari. Untuk mengatasi rasa lelah dan bosan, guru harus menyiapkan strategi pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik, perubahan posisi duduk, kerja kelompok, atau pembelajaran di luar kelas agar siswa tetap aktif dan termotivasi. Pendapat para ahli mendukung bahwa belajar matematika lebih efektif di pagi hari ketika siswa masih segar dan konsentrasi tinggi. Pembelajaran siang hari harus diimbangi dengan metode yang menyenangkan dan variatif agar hasil belajar tetap optimal. Model pembelajaran kooperatif seperti Team Games Tournament (TGT) yang mengandung unsur permainan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar matematika pada siang hari. Kesimpulannya, pembelajaran matematika di siang hari memerlukan strategi yang adaptif dan melibatkan siswa secara aktif agar dapat mengatasi tantangan kelelahan dan kebosanan, sehingga pembelajaran tetap efektif dan bermakna.

  9. Assalamualaukum Wr Wb, saya:
    Nama : Rosa Linda Yonita
    NIM : 858942594
    izin menyampaikan pendapat terhadap video Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari.

    Menurut saya, ada beberapa hal yang membuat anak tidak konsentrasi pada saat pembelajaran pada siang hari yaitu,
    1. Kelelahan,
    2. kurangnya waktu untuk berdiskusi
    3. cuaca yang semakin terik
    4. Penyampaian materi kepada siswa kurang inovatif atau monoton

    Solusi menurut saya, jika pembelajaran pada siang hari pastikan siswa nyaman saat di dalam kelas, jika cuaca sangat terik guru bisa mengkondisikan siswa untuk mencuci muka dan mencuci tangan sebelum masuk kelas guna meminimalisir rasa gerah dan debu yang menempel pada badan saat setelah siswa bermain.
    Guru harus menggunakan pembelajaran yang menarik, misalnya belajar sambil bermain / quis dengan bantuan tehnologi seperti menyajikan vidio atau permainan edukasi di dalam kelas

  10. Dalam video terlihat siswa tidak suka dan tidak semangat mengikuti pembelajaran matematika. Sebagai guru harus bisa menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan menyapa siswa dengan ramah, bercanda seperlunya, dan tunjukkan bahwa matematika itu tidak menakutkan, melakukan ice breaking, menggunakan game, kuis atau teka teki tentang materi yang dipelajari, menggunakan benda konkret untuk praktek siswa.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777