silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Indriyani
Nim :8857333339
Pokjar : Bogor Selatan
Judul Video yang di analisis : siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari
Berdasarkan Video yang saya analisi di atas maka ada beberapa penjelasan yang akan saya sampaikan terkait vidio di atas yaitu , identifikasi masalah,analisis masalah,pemecahan masalah,tujuan perbaikan masalah.
1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan fakta dan data pembelajaran yang telah dipaparkan, terdapat beberapa permasalahan dalam proses belajar mengajar, yaitu
a. Peserta didik tidak memperhatikan penjelasan guru
b. Adanya interaksi verbal antar siswa dalam kelas selama proses belajar mengajar yang dapat mengganggu konsentrasi siswa lainnya serta mempengaruhi efektivitas pembelajaran dan membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif untuk belajar.
c. Metode yang di gunakan kurang tepat dan tidak adanya alat peraga
2. Analisis masalah
Berdasarkan hasil identifikasi masalah, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siswa belum sepenuhnya memahami materi pembelajaran, yaitu sebagai berikut:
a. Selama proses belajar mengajar, pengajaran yang dilakukan oleh guru hanya mengandalkan metode ceramah, yang tidak cocok untuk topik pengukuran dalam matematika.
b. Penjelasan tentang materi pembelajaran tidak disampaikan dengan baik.
c. Dalam kegiatan belajar, guru tidak memanfaatkan media atau alat bantu pengajaran.
d. Minimnya apersepsi yang dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar.
3. Alternatif dan Pemecahan Masalah
a. Menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif untuk siswa (seperti, diskusi kelompok, permainan, pemecahan masalah berbasis proyek).
b. Memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang menarik (contohnya, video, alat peraga, aplikasi).
c. Mengimplementasikan teknik pemecahan suasana atau energizer yang singkat untuk mengurangi kebosanan dan meningkatkan konsentrasi.
4. Tujuan perbaikan
a. Meningkatkan konsentrasi siswa saat belajar matematika di siang hari.
b. Meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran matematika di siang hari.
c. Meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi matematika yang dipelajari di siang hari.
d. Meningkatkan pencapaian hasil belajar matematika siswa secara keseluruhan.
e. Menciptakan lingkungan belajar matematika yang lebih menyenangkan dan mendukung di siang hari.
Nur Yenni Eka Safitri
NIM : 859508331
Izin menanggapi
Tidak bisa dipungkiri pembelajaran matematika terutama untuk anak SD adalah pelajaran yang paling banyak tidak diminati. terlebih karena pembelajaran matematika kadang disampaikan dengan teknik yang membosankan, apalagi jika pembelajaran matematika tersebut dilaksanakan di jam terakhir pembelajaran.
dari video tersebut terlihat siswa sudah tidak semangat untuk belajar matematika, hal ini terlihat dari ketidaksiapan siswa ketika guru meminta untuk menyiapkan alat pelajaran yang dibutuhkan. Masih ada siswa yang meminjam peralatan yang dibutuhkan.
Guru memulai pelajaran dengan mengajak berdoa bersama, lalu melontarkan pertanyaan-pertanyaan pematik yang pada akhirnya bisa menarik perhatian siswa-siswanya. Guru menggunakan alat peraga yang mudah untuk dipahami oleh siswa. Sehingga siswa tidak cepat merasa bosan terlebih pelajaran tersebut ada di akhir jam sekolah. Dengan penggunaan alat peraga yang tepat maka guru dapat menguasai kelas yang awalnya tidak kondusif menjadi sangat kondusif dan siswa dapat menerima pelajaran dengan baik.
Dari melihat video ini saya juga mengalami yang banyak guru lain rasakan,yaitu siswa banyak kehilangan fokus diwaktu siang hari,tapi dari video ini juga saya mendapat trik untuk membuat siswa menjadi fokus kembali dan dan dapat memperhatikan pelajaran dengan seksama
dengan mengajak siswa belajar diluar kelas adalah solusi yang tepat dan perlundicoba sebagai inovasi mengajar agar siswa merasakan pengalaman baru yang jelas menyenangkan
video disini sangat membantu dan mengispirasi
Terima kasih
Nama: Kharina Gita C
NIM: 857332598
Terlihat pada video tersebut banyak siswa yang tidak fokus pada saat pembelajaran matematika di siang hari, siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik karena pembelajaran dilakukan di jam jam terakhir. Menurut saya, perlu dilakukan pendekatan yang cocok dan disesuaikan pada materi yang akan disajikan
Terdapat kelebihan dan kelemahan pada video tersebut, yaitu:
Kelemahan :
• Peserta didik tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika karena kondisi sudah lelah sehingga peserta didik kesulitan menerima pelajaran dari guru.
• Kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas, sehingga situasi kelas yang tidak kondusif.
Kelebihan :
• Memberikan media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.
• Guru menyampaikan materi dengan jelas, dan melakukan tanya jawab serta umpan balik pada pembelajaran
Saya Alfitria dengan NIM : 857339465 dari Pokjar Bogor Selatan akan memberikan tanggapan saya mengenai vidio diatas yang berjudul ” Siswa tidak konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari ” . Menurut saya siswa tidak fokus saat guru menerangkan materi pembelajaran matematika terutama pada siang hari, dikarnakan seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Dalam pembelajaran tersebut memiliki kelemahan yauitu anak anak jenuh, bosan dan dalam kondisi lelah sehingga anak memiliki kesulitan menerima pembelajaran dari guru. Solusi yang ditawarkan di video ini cukup menarik, yaitu ngajak siswa belajar di luar kelas. Jadi, suasananya lebih segar dan tidak monoton. Belajar pun jadi terasa lebih menyenangkan karena mereka bisa mengeksplorasi langsung sumber belajar yang ada di sekitar. Selain itu, belajar di luar kelas juga bisa membantu siswa lebih aktif dan semangat, karena mereka tidak hanya duduk diam saja, tapi juga bergerak dan berinteraksi.
Dari video singkat yang ditampilkan diatas memperlihatkan situasi belajar dan mengajar mata pelajaran matematika pada siang hari, yang mana dalam hal ini kondisi siswa yang sudah mulai bosan, tidak fokus, mengantuk, serta lebih asik mengobrol dengan temannya. Maka dari itu seorang guru yang mengajar pada saat itu harus bisa membangkitkan semangat serta fokus para siswa dengan cara mengatur strategi pembelajaran yang lebih menyenangkan contohnya bisa dengan menambahkan sesuatu yang disukai oleh para siswa seperti permainan tapi sambil belajar. atau bisa juga menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti yang ditampilkan oleh video diatas. dengan media pembelajaran yang bervariasi membuat para siswa yang melihatnya menjadi penasaran dan ingin tahu apa yang sedang dipegang dan dijelaskan oleh gurunya. hal ini jadinya membuat siswa bisa kembali fokus melihat dan mendengarkan apa yang sedang dijelaskan oleh gurunya.
Kelebihan pembelajaran dalam vidio :
1. Memberikan media pembelajaran bervariasi dan menyenangkan
2. Guru dapat mengelola kelas demgan baik meskipun awalnya berisik karna dilawan dengan suara yang lantang dan intonasinya jelas
3. memberikan contoh yang konkrit dan mudah dipahami siswa
Kelemahan pembelajaran dalam vidio :
1. Anak anak tidak semangat belajar disiang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak anak kesulitan menerima pelajaran dari guru
2. Anak anak berisik selama pembelajaran
Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran vidio :
Menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang dapat dilihat langsung oleh siswa
Menurut saya pada video tentang pembelajaran tersebut, Siswa tidak fokus belajar. terutama pada siang hari, dalam pembelajar matematika. karena seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam² terakhir.
– Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah :
• Anak tidak semangat belajar di siang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak kesulitan menerima pelajaran dari guru.
• Anak berisik selama pembelajaran.
– Kelebihan pada video tersebut yaitu :
• Memberikan media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.
• Guru dapat mengelola kelas dengan baik meskipun awalnya berisik karena dilawan dengan suara guru yang lantang dan intonasinya jelas.
Siti Salmah
NIM : 857339741
Cara mengatasi peserta didik yang sudah tidak bisa konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran di siang hari yaitu:
1. Bangkitkan energi dan fokus awal peserta didik dengan menggunakan ice breaking yang menyegarkan. seperti melibatkan gerakan fisik ringan, atau permainan.
2. Variasikan metode pembelajaran. walaupun pada video tersebut sudah menggunakan media berupa gambar dan mengaitkannya kehidupan nyata, bisa lebih divariasikan lagi dengan menambah video pendek yang relevan agar lebih menarik dan tidak membosankan.
3. Ciptakan suasana yang positif dengan memberikan pujian dan dukungan kepada peserta didik atas usaha mereka. dan hindari suasana yang tegang atau menekan
4. Gunakan kuis interaktif, seperti mengubah soal menjadi permainan yang menarik.
Nama: Herlina
NIM. : 859822385
Video di atas sangat relevan dengan tantangan yang sering kita hadapi di kelas. Oleh karena itu penting kita mencari penyebab mengapa pada jam terakhir siswa kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran terutama matematika.
Sebagai guru, sebisa mungkin menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, cara mengajar yang tidak monoton, memberikan pertanyaan -pertanyaa yang menantang atau dengan menggunakan permainan matematika untuk membuat pelajaran lebih menarik.
Selain itu guru harus memilih metode atau strategi yang efektif dalam meningkatkan konsentrasi siswa saat belajar matematika.