silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama: Sifa Fauziah
NIM : 857155698
Program Studi: PGSD – BI
Setelah saya menyimak video pembelajaran di atas, masalah yang sering terjadi adalah suasana kelas yang sudah tidak kondusif karena sebagian siswa sudah merasa jenuh, lelah, dan lebih senang bermain atau mengobrol dengan teman-temannya. Terutama pelajaran matematika yang membutuhkan konsentrasi dan juga banyak siswa yang menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit.
Solusi dari permasalahan tersebut menurut saya adalah:
1. Guru memulai pelajaran dengan ceria dan semangat agar siswa juga merasa menyenangkan dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.
2. Guru juga memberikan motivasi seperti yang sudah dilakukan guru dalam video tersebut, bahwasannya belajar matematika itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari agar siswa termotivasi dan minat belajar matematika semakin tinggi.
3. Guru boleh melakukan kegiatan ice breaking terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran agar dapat mengembalikan semangat siswa untuk belajar kembali.
4. Guru juga dapat mengatur jam pelajaran agar jam pelajaran matematik di jam awal atau pagi hari karena biasanya siswa masih dalam keadaan semangat dan masih fresh dalam menerima pelajaran.
5. Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan karena jika masih menggunakan metode ceramah, tentu siswa merasa jenuh. Banyak model pembelajaran menyenangkan yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran agar dapat menarik siswa untuk lebih semangat dalam belajar. Contohnya belajar kelompok, atau juga guru dapat menggunakan media belajar seperti menggunakan media gambar, alat peraga, video pembelajaran, dan lain sebagainya.
Terima kasih.
Nama : Ary Jayanthi
Nim : 89028225
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Kuta Utara, Badung, Bali
Dari menyimak video maka dapat saya sampaikan beberapa penyebab yang muncul dari “siswa tidak kosentrasi belajar matematika pada siang hari”
1. Kurangnya minat atau motivasi dalam belajar matematika. Mungkin siswa kurang tertarik atau tidak termotivasi untuk belajar matematika pada siang hari, terutama jika mereka merasa bosan, mengantuk, capek karena sudah mengikuti pembelajaran sebelumnya atau tidak terlibat dalam pembelajaran.
2. Metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Jika metode pembelajaran yang digunakan hanya bersifat monotone dan kurang menarik, siswa mungkin merasa bosan atau tidak termotivasi untuk belajar matematika pada siang hari
3. Tugas atau latihan yang terlalu sulit atau terlalu mudah. Jika soal yang diberikan terlalu sulit, maka sebaiknya guru memberikan penjelasan ulang secara mendetail dan jelas agar siswa dapat dengan mudah memahami. Jika soal yang diberikan terlalu mudah maka siswa akan merasa bahwa pelajaran matematika tidak begitu menantang dan sangat mudah dipecahkan sehinggu siswa menjadi tidak termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika disiang hari.
4. Pengunaan media pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa menjadi malas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Jika menggajar matematika dising hari sebaiknya menggunakan media yang menarik perhatian siswa supaya siswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
5. Gangguan lingkungan atau kebisingan. Lingkungan yang bising atau gangguan dari luar kelas, seperti suara kendaraan atau suara orang lain, dapat mengganggu fokus dan konsentrasi siswa saat belajar matematika pada siang hari.
6. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa: Kurangnya interaksi antara guru dan siswa dapat menyebabkan siswa kehilangan fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari.
Beberapa solusi untuk mengatasi siswa yang tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari antara lain:
1. Menjadwalkan waktu pembelajaran: Menjadwalkan waktu pembelajaran matematika pada jam yang tepat, misalnya di pagi hari dijam pertama pembelajaran yaitu jam 08.00 agar siswa lebih berkonsentrasi dalam belajar.
2. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa: Kurangnya interaksi antara guru dan siswa dapat menyebabkan siswa kehilangan fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari. Sebaiknya interaksi anatara guru dan siswa tetap dijaga dalam proses pembelajaran dengan cara : guru mengajukan pertanyaan untuk membangkitkan motivasi siswa dalam belajar matematika disiang hari.
3. Menyeting ruang kelas yang nyaman: Ruangan belajar yang nyaman dan kondusif dapat membantu meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Ruang kelas harus memiliki pencahayaan yang cukup, suhu yang nyaman, tidak bising, tempat duduk yang sudah disetting disesuaikan dengan materi yang akan diberikan.
4. Meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu Guru dapat menggunakan teknik-teknik pembelajaran seperti diskusi kelompok, tanya-jawab, atau simulasi untuk meningkatkan partisipasi siswa.
5. Memberikan jeda belajar: Memberikan jeda belajar selama 5-10 menit setiap 45 menit dapat membantu mengurangi kejenuhan dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Selama jeda, siswa dapat melakukan aktivitas seperti brain gym
Nama : Nena
Nim : 858081977
Prodi : PGSD
Semester : 2
Setelah menonton vidio pembelajaran tentang, (Siswa tidak Konsentrasi dalam Pembelajaran Matematika pada Siang hari). Pelajaran matematika banyak beranggapan bahwa pelajaran tersebut adalah pelajaran yang sulit apa lagi di ajarkan pada waktu yang tidak tepat, untuk mengatasi masalah siswa yang tidak konsentrasi dalam pelajaran matematika pada siang hari, guru dapat melakukan pengelolaan kelas dengan menciptakan kondisi kelas yang kondusif, melakukan tanya jawab dengan siswa, lebih banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran jadi siswa tidak hanya mendengar tetapi mereka bisa melakukan percobaan. Yang di lakukan oleh guru dalam vidio ini sudah baik, karena setelah guru lebih banyak melibatkan siswa dengan mereka mencoba melakukan sesuatu seperti mengukur benda siswa menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam proses pembelajaran.
Nama : Nena
Nim : 858081977
Prodi : PGSD
Semester : 2
Setelah menyaksikan vidio pembelajaran, Siswa tidak konsentrasi Belajar Matematika pada siang hari.
untuk mengatasi masalah siswa yang tidak konsentrasi belajar guru bisa memilih metode atau strategi yang sesuai dengan kondisi siswa yaitu pada siang hari, apa yang dilakukan oleh guru dalam vidio tersebut sudah benar yaitu dengan lebiah banyak beritraksi dengan siswa, dan meminta siswa untuk mencoba/praktek itu bisa membuat siswa lebih semangat ketika belajar walaupun di siang hari.
Nama : Rizqy Dyah Safitri
Nim : 857805795
Prodi : PGSD S-1
UPBJJ : UT Surakarta
Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting dan diperlukan dalam berbagai hal dan kegiatan. Namun, banyak juga anak-anak yang tidak menyukai pelajaran tersebut karena cenderung sulit belajar dan mengajarkannya.
– Pada video tersebut, salah satu kesulitan guru dalam mengajarkan matematika yaitu, anak-anak kesulitan berkonsentrasi jika belajar matematika pada siang hari. Hal ini diakibatkan karena anak-anak lebih suka bermain dan bercanda dengan temannya, jika pelajaran matematika dilakukan pada siang hari kondisi tubuh anak sudah lelah dan mengantuk sehingga mereka kesulitan menerima pelajaran dari guru.
– Metode atau solusi pada video yang dapat dilakukan yaitu menggunakan alat peraga atau media gambar agar anak tidak bosan dan lebih tertarik. Dalam video tersebut Pak guru memberikan berbagai gambar untuk ditebak anak, ini dilakukan agar anak fokus pada pembelajaran dan tidak bosan. Lalu, setelah itu diberikan beberapa soal dari materi yang telah diajarkan dengan media gambar sebagai latihan.
Peran guru dalam memotivasi siswa
sangat diperlukan dengan cara membangkitkan semangat
siswa untuk lebih giat belajar, rajin
membaca dan memperbanyak latihan soal.
Nama : Rizqy Dyah Safitri
Nim : 857805795
Prodi : PGSD S-1
UPBJJ : UT Surakarta
Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting dan diperlukan dalam berbagai hal dan kegiatan. Namun, banyak juga anak-anak yang tidak menyukai pelajaran tersebut karena cenderung sulit belajar dan mengajarkannya.
– Pada video tersebut, salah satu kesulitan guru dalam mengajarkan matematika yaitu, anak-anak kesulitan berkonsentrasi jika belajar matematika pada siang hari. Hal ini diakibatkan karena anak-anak lebih suka bermain dan bercanda dengan temannya, jika pelajaran matematika dilakukan pada siang hari kondisi tubuh anak sudah lelah dan mengantuk sehingga mereka kesulitan menerima pelajaran dari guru.
– Metode atau solusi pada video yang dapat dilakukan yaitu menggunakan alat peraga atau media gambar agar anak tidak bosan dan lebih tertarik. Dalam video tersebut Pak guru memberikan berbagai gambar untuk ditebak anak, ini dilakukan agar anak fokus pada pembelajaran dan tidak bosan. Lalu, setelah itu diberikan beberapa soal dari materi yang telah diajarkan dengan media gambar sebagai latihan.
Peran guru dalam memotivasi siswa sangat diperlukan dengan cara membangkitkan semangat siswa untuk lebih giat belajar, rajin membaca dan memperbanyak latihan soal.
Nama : Dwi Septiwati Zalukhu
NIM : 825304441
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : UT Medan Pokjar Lotu
Menyimak video pembelajaran “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”, dapat ditemukan beberapa masalah yang muncul antara lain : Pada awal dimulai pembelajaran dapat kita lihat bahwa kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran yang disebabkan oleh rasa jenuh, capek, ngantuk, tidak konsentrasi dan juga banyak siswa yang menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit apalagi disajikan pada siang hari sehingga menimbulkan suasana kelas yang sudah tidak kondusif. Pada pertengahan pembelajaran terlihat bahwa sebagian siswa mulai bisa mengikuti pembelajaran saat guru menggunakan metode pembelajaran dengan media gambar dalam menyampaikan materi. Siswa mulai terlihat aktif saat diminta untuk melakukan kegiatan pengukuran benda nyata.
Tindakan yang perlu dilakukan :
1). Sebagai seorang guru, harus bisa mengelola/mengetahui keadaan kelas.
2). Jika keadaan kelas seperti yang terlihat pada tayangan video di atas, perlu melakukan ice breaking sebelum menyampaikan materi pelajaran untuk mempersiapkan konsentrasi siswa dan mencairkan suasana keadaan kelas dalam mengikuti pembelajaran.
3). Menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi sehingga memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Media yang digunakan harus sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran yang akan disampaikan.
4). Melibatkan siswa secara aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : RAHAYUNINGSIH
NIM : 857753554
Prodi : PGSD-BI
Setelah menonton video tersebut, pada saat pembelajaran matematika berlangsung siswa lebih cenderung bercanda dan bermain sendiri dengan temannya. Hal ini terjadi karena waktu sudah siang, sehingga siswa sudah mulai merasa capek bermain, mengantuk, dan bosan.
Untuk menangani kasus seperti ini, alangkah baiknya apabila pelajaran matematika dilaksanakan pada waktu pagi supaya siswa masih semangat dalam belajar. Selain itu guru harus menyediakan media pada saat pembelajaran. Pada video ini guru telah menyiapkan media gambar. Tujuan dari media ini yaitu supaya siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru tetapi siswa juga bisa ikut praktik. Selain itu dengan adanya media seperti ini siswa menjadi tidak bosan dan mau mendengarkan guru dalam menjelaskan materi pelajaran.
Nama : Welly Syafriati
Nim : 856201248
Prodi : S1-PGSD
Setelah mengamati video di atas, saya berpendapat bahwa guru tersebut sudah menyampaikan materi dengan baik dan sudah menggunakan media dalam pembelajarannya.Dalam melaksanakan pembelajaran matematika guru harus mempunyai strategi yang tepat supaya kelasnya kondusif.Terlihat pada saat guru sedang menyampaikan materi siswa mengantuk,dan tidak konsentrasi belajar dikarenakan pembelajaran diberikan pada siang hari.Untuk pelajaran matematika yang biasanya dianggap sulit oleh siswa sebaiknya dilakukan pada pagi hari di saat siswa masih fresh dan semangat untuk belajar.Jika jadwal pembelajaran tidak bisa dirubah maka guru harus kreatif dan menampilkan ice breaking dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
Nama : Nastiti Kirana
NIM : 857695137
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : Semarang
Pokjar : Boja
Dalam pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelahsetelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantangmampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran namunfokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelahmendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka,yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelahmelakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi,guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapakankeutamaan belajar matematika dan strategi ceramah dengan strategiTanya jawab dikombinasikan dengan peragaan media dan praktek kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satukarakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan langsung suatu obyek.
> Kelemahan dalam pembelajaran video
– kegiatan pendahuluan seperti salam, doa, penyampaian tujuan,tema, sub tema tidak ada.
– kegiatan inti pada saat penjelasan guru hanya berdiri di depankelas, penyampaian materi kurang jelas,guru belum menguasai materi secara keseluruhan.
– kegiatan penutup seperti doa penutup tidak dilaksanakan
> Kelebihan dalam pembelajaran video
Guru memberikan penguatan tentang pentingnya belajar Matematika.
> Hal unik dalam pembelajaran video tersebut seorang pendidik dalam memulai suatu pembelajaran harus melihat kesiapan peserta didik dalam menerima pelajaran terebut.
> Rencana Perbaikan sebaiknya kegiatan pembelajaran matematika tidak diberikan pada siang hari, karena anak –anak merasa bosan dan lelah sehingga sulit menerima pelajaran tersebut. Di kegiatan pendahuluan seperti doa, salam, penyampaian tujuan, KD, tema, sub tema harus disampaikan di kegiatan awal, harus menguasai materi sebelum melakuan sebuah proses pembelajaran ,doa penutup, penguatan, kesimpulan perlu disampaikan dikegiatan penutup.