silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : FENI MAHFIROH.
    Nim : 856572418

    Dalam materi tersebut yang dijelaskan oleh guru sudah cukup baik, sehingga siswa bersemangat dalam membaca pantun.
    Namun, ada baiknya sebelum memulai pembelajaran untuk berdoa terlebih dahulu.

  2. NAMA : ALFIA KISTIANA BELA
    NIM : 857814408
    PRODI : PGSD

    1. Kegiatan pembelajaran berlangsung dengan metode ceramah. Metode ini membuat para siswa memberikan reaksi tidak fokus, mengantuk dan bermalas-malasan. Metode ini tidak dapat menarik perhatian siswa karena hanya berfokus ke guru. Siswa hanya dituntut untuk mendengarkan penjelasan guru. Terlebih lagi kondisi siang hari yang panas dan tubuh lelah makin membuat konsentrasi siswa sulit untuk dikumpulkan.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut antara lain guru masih mendominasi kelas, menjelaskan dengan metode ceramah, hanya berdiri didepan kelas sehingga minim interaksi dengan siswa (kurangnya penguasaan kelas), penjelasan materi juga kurang jelas. Meskipun sudah ada interaksi namun masih sedikit.
    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu memanfaatkan media pembelajaran untuk mendukung materi, memberikan stimulus-stimulus kepada siswa agar mudah menangkap materi walaupun hanya sedikit serta memberikan apresiasi terhadap siswa.
    4. Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut yaitu guru memanfaatkan media pembelajaran berupa gambar sehingga diharapkan siswa dapat membentuk ingatan terhadap materi yang disampaikan.
    5. Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu sebaiknya guru memanfaatkan lebih banyak lagi media pembelajaran misalnya berupa video sehingga diharapkan dapat mempermudah penyampaian materi serta menarik perhatian siswa. Selain itu diperlukan juga adanya ice breaking di sela-sela pembelajaran untuk mengatasi kejenuhan siswa serta merefresh otak terlebih saat siang hari. Sesekali juga dibutuhkan pembelajaran diluar kelas, bertemu dengan lingkungan sekitar sehingga siswa mendapatkan contoh konkrit dari materi pembelajaran. Penguasaan kelas juga perlu ditingkatkan untuk memaksimalkan interaksi dengan siswa.

  3. Identifikasi masalah :
    Masalah dalam video tersebut mahasiswa tidak bisa berkonsentrasi dalam pelajaran matematika karna dilaksanakan disiang hari
    Penyebab masalah :
    Siswa tidak bisa konsentrasi dan bosan. Karna belajar matematika sudah siang hari, karna mahasiswa sudah lelah bermain dipelajaran awalnya
    Solusi tindakan :
    Pelajaran matematika sebaiknya tidak dijadwalkan siang hari karena siswa sudah capek belajar dan bermain dipagi harinya, sebaiknya guru tidak menggunakan metode ceramah karna membuat siswanya semakin bosan, guru sebaiknya menggunakan media lain misalnya metode gambar, seperti video tersebut.

  4. Nama : Muhammad Dzaki
    Nim : 858034258
    Program studi : PGSD

    Identifikasi masalah :
    Masalah dalam video tersebut mahasiswa tidak bisa berkonsentrasi dalam pelajaran matematika karna dilaksanakan disiang hari
    Penyebab masalah :
    Siswa tidak bisa konsentrasi dan bosan. Karna belajar matematika sudah siang hari, karna mahasiswa sudah lelah bermain dipelajaran awalnya
    Solusi tindakan :
    Pelajaran matematika sebaiknya tidak dijadwalkan siang hari karena siswa sudah capek belajar dan bermain dipagi harinya, sebaiknya guru tidak menggunakan metode ceramah karna membuat siswanya semakin bosan, guru sebaiknya menggunakan media lain misalnya metode gambar, seperti video tersebut.

  5. Nama : Moh. Dafit Sholeh
    Nim : 858940085
    Program Studi : PGSD
    Pokjar : Tanggul
    Menurut saya setelah menyimak video tersebut adalah kelebihan guru diantaranya
    a. Guru telah menyiapkan media pembelajaran
    b. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran (student center learning)
    c. Guru dapat menarik perhatian siswa
    sedangkan untuk kekurangannya diantaranya
    a. Guru tidak mengingatkan siswa untuk membawa alat tulis
    b. Guru sedikit membentak siswa pada awal pembelajaran

  6. Nama : John Engelberth Abarua
    NIM : 850880787
    Program Studi : PGSD

    Saya telah menyaksikan video diatas tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”. saya mengamati bahwa :
    1. pada awal pembukaan pelajaran, guru tidak memberikan salam/sapaan dan berdoa
    2. mengingat pelajaran matematika pada siang hari merupakan tantangan yang berat untuk guru dan siswa, maka untuk mengawali pembelajaran guru dapat memberikan ice breaking atau beberapa games untuk memicu semangat dan minat belajar siswa, namun dalam video tidak dilakukan.
    3. metode yang dilakukan hanya metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa
    4. Guru dalam memberikan pelajaran hanya berdiri di depan kelas saja dan tidak mengeksplor ke seluruh ruangan.
    5. Partisipasi/keterlibatan siswa belum secara keseluruhan (masih sedikit)
    6. guru tidak melakukan evaluasi terhadap pengukuran yang dilakukan siswa
    7. Guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan dan juga tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) bagi siswa
    8. guru harus mengembangkan kepribadian dan keprofesionalan sebagai guru

  7. NAMA : SELFIANA SAKO
    NIM : 859269103
    PROGRAM STUDI : S1-PGSD
    UPBJJ : KUPANG
    POKJAR : KEFAMENANU

    1. Reaksi Siswa : Pada saat pembelajaran yang berlangsung siswa nampak tidak konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, banyak siswa yang berbicara dengan teman sebangku mereka,dan ada siswa lainnya juga terlihat mengantuk.
    2. Kelemahan : Kurang penguasaan dalam kelas,cara mengajar yang kurang menyenangkan sehingga siswa tidak terbawa suasana senang saat mengikuti pembelajaran.
    3. Kelebihan : Pada saat pembelajaran media yang digunakan tidak hanya berupa angka tetapi dikaitkan dengan pembelajaran berlangsung.
    4. Hal unik : Guru berusaha membuat sesi pembelajaran terlihat menyenangkan dengan media pembelajaran yang digunakan dan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi.
    5. Usulan perbaikan pembelajaran :
    – Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran kedepannya bisa lebih baik lagi yaitu apabila pada saat guru masuk kedalam kelas sebaiknya diawali dengan sapaan sehingga siswa fokus kepada ucapan yang diberikan guru.
    – Jadi guru itu harus kreatif, bisa melakukan ice breakings sehingga siswa tetap konsentrasi dengan pembelajaran
    – Menginformasikan materi yang akan dipelajari hari itu.

  8. Nama : Ruwaida
    NIM : 856077015
    Program Studi : PGSD S1

    Menurut pendapat saya, setelah melihat video pembelajaran tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang hari, guru sudah mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan mampu berinteraksi dengan aktif bersama siswa. Motivasi yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah bagus untuk menarik perhatian siswa yang belajar.
    Diawal pembelajaran guru tidak memberikan salam pembuka kepada siswanya serta tidak memberikan pembukaan pelajaran yang menyenangkan dan tidak ada pengecekan kehadiran siswa.
    Pada saat penyampaian materi, materi yang dipaparkan kepada siswa kurang jelas karena guru langsung mengajak siswa untuk melihat gambar, tanpa menjelaskan materi yang akan dipelajari terlebih dahulu.
    Dan di akhir pelajaran harusnya guru memberikan kesimpulan dari pelajaran yang telah di ajarkan.

  9. Nama : Norhidayati
    Nim : 858287187
    Prodi : S1 – PGSD
    Analisis video ini adalah :
    1. Reaksi siswa aktif dalam pembelajaran. Siswa ikut berpartisipasi dalam proses tanya jawab.
    2. kelemahan guru dalam mengajar adalah tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran ini adalah guru pandai menarik perhatian siswa dengan cara melakukan diskusi bersama tanya jawab.
    4. Hal unik yang terjadi adalah dalam penyampaian materi guru tidak bertele-tele langsung to the poin.

  10. Nama : Atik Mukaromah ( 858949486 )
    Progam Studi : S1 – PGSD

    Setelah melihat tayangan video tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Saat Jam Siang Hari”.
    Menurut pendapat saya, Sebelum pembelajaran berlangsung sebaiknya guru melakukan apersepsi dulu, hal ini dilakukan untuk menarik perhatian siswa agar nantinya lebih fokus ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu, seharusnya guru menggunakan berbagai metode dan strategi, bukan hanya metode ceramah saja agar siswa didalam kelas lebih fokus, terarah, tidah jenuh dan tidak mengantuk dikarenakan pembelajaran matematika dilakukan pada siang hari.

Leave a Reply