silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : John Engelberth Abarua
NIM : 850880787
Prodi : PGSD
Saya telah menyaksikan video diatas yang berjudul “
Nama : John Engelberth Abarua
NIM : 850880787
Prodi : PGSD
Saya telah menyaksikan video diatas tentang ” Siswa tidak konsentrasi belajar Matematika pada siang hari ” saya mengamati bahwa :
1.Pada kegiatan awal pembukaan pelajaran, guru tidak memberikan salam dan berdoa
2.Mengingat pelajaran Matempada siang hari merupakan tantangan yang berat untuk guru dan siswa maka,untuk membuat siswa tidak mengantuk dan tertarik guru harus memberikan ice breaking atau beberapa games untuk memicu semangat dan minat belajar siswa,namun dalam video tersebut guru tidak melakukannya.
3.Metode yang digunakan hanya 1 yaitu metode ceramah sehingga siswa menjadi mudah bosan sehingga kurang menarik perhatian siswa.
4.Dakam memberikan pelajaran, guru hanya berdiri didepan kelas saja dan tidak mengeksplor ke seluruh ruangan kelas.
5.Partisipasi/keterlibatan siswa
Nama : John Engelberth Abarua
NIM : 850880787
Prodi : PGSD
5.Partisipasi/keterlibatan siswa belum secara keseluruhan (masih sedikit)
6.Guru tidak melakukan evaluasi terhadap pengukuran yang dilakukan oleh siswa
7.Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan.
(Mohon maaf sebelumnya,ini adalah lanjutan komentar saya akibat salah pencet,terimakasih)
NAMA : FITRI NUR QOMARIYAH
NIM : 858902211
UPBJJ : JEMBER
POKJAR : PURWOHARJO
Tidak konsentrasi saat belajar matematika pada siang hari bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kelelahan, kurang tidur, atau kebosanan dengan materi pelajaran. Oleh karena itu, guru dapat menerapkan beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa yang tidak konsentrasi saat belajar matematika pada siang hari:
1. Gunakan teknologi yang tepat: Gunakan teknologi yang tepat untuk membantu siswa tetap fokus saat belajar matematika, seperti video pembelajaran interaktif atau program pembelajaran matematika yang menarik.
2. Buat suasana belajar yang nyaman: Buat suasana belajar yang nyaman dan menenangkan bagi siswa, seperti ruangan yang cukup pencahayaan dan ventilasi, kursi yang nyaman, dan suasana yang tenang.
3. Berikan materi yang menarik: Cari cara untuk membuat materi matematika menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa. Misalnya, dengan menunjukkan bagaimana matematika digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau dengan menggabungkan elemen permainan atau tantangan dalam pembelajaran.
4. Libatkan siswa dalam pembelajaran: Berikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan, memberikan tugas-tugas yang menantang, atau membuat proyek-proyek yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik.
Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, guru dapat membantu siswa yang tidak konsentrasi saat belajar matematika pada siang hari untuk menjadi lebih fokus dan produktif selama sesi pembelajaran.
Nama : Zidan Rizky Wijaya
Nim : 857699933
Dari video yang saya tonton, siswa tidak siap untuk belajar pada jam siang, yang menyebabkan kelas menjadi tidak kondusif dan mengganggu konsentrasi siswa. Namun, pada video tersebut, terlihat suasana kelas yang kondusif dan pembelajaran berjalan lancar.
Berikut adalah beberapa kemungkinan cara untuk memparafrasekan kalimat tersebut:
1. Setelah menonton video tersebut, saya menyimpulkan bahwa siswa kurang siap untuk belajar pada jam siang, yang mengakibatkan kelas tidak kondusif dan mengganggu konsentrasi siswa. Namun, dalam video tersebut, terlihat bahwa suasana kelas kondusif dan pembelajaran berjalan lancar.
2.Menurut pengamatan saya pada video tersebut, siswa belum siap untuk belajar pada jam siang, sehingga kelas menjadi tidak kondusif dan mengganggu konsentrasi siswa. Namun, pada video tersebut, terlihat bahwa suasana kelas menjadi kondusif dan pembelajaran berjalan dengan baik.
3.Dari video yang saya lihat, siswa tidak siap untuk belajar pada jam siang, yang mengakibatkan kelas menjadi tidak kondusif dan mengganggu konsentrasi siswa. Namun, pada video tersebut, terlihat bahwa suasana kelas kondusif dan pembelajaran berjalan dengan lancar.
4.Video yang saya amati menunjukkan bahwa siswa tidak siap untuk belajar pada jam siang, yang mengakibatkan kelas menjadi tidak kondusif dan mengganggu konsentrasi siswa. Namun, suasana kelas dalam video tersebut terlihat kondusif dan pembelajaran berlangsung dengan baik.
Berdasarkan video yang saya simak,
adalah ketidak siapan siswa menerima pembelajaran pada jam siang tersebut. Yang mengakibatkan terjadinya kelas yang tidak kondusif sehingga menganggu konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Pada video terlihat situasi kelas yang kondusif dan berjalan dengan lancar.
1.) Secara keseluruhan, kelemahan yang ada pada guru tersebut yaitu penguasaan dalam kelas masih kurang, kemudian cara mengajar yang kurang media pembelajaran.
2.) Secara keseluruhan berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut, kelebihan guru pada video tersebut yaitu dalam penggunaan media pembelajaran. Walaupun belajar matematika, tetapi media yang digunakan tidak hanya berupa angka namun bisa dikaitkan dengan pembelajaran yang berlangsung.
3.) Berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut hal unik yang ada pada video tersebut yaitu cara penyelesaian permasalahan yang terjadi. Guru berusaha membuat sesi pembelajaran terlihat menyenangkan dengan media pembelajaran yang digunakan.
4. ) Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran kedepannya bisa lebih baik lagi yaitu ada baiknya apabila saat guru masuk ke dalam kelas, guru dapat menggunakan sapaan yang dapat membuat siswa fokus / pendahuluan yang lebih menarik.
Nama : Zidan Rizky Wijaya
NIM : 857699933
Berdasarkan video yang saya simak,
adalah ketidak siapan siswa menerima pembelajaran pada jam siang tersebut. Yang mengakibatkan terjadinya kelas yang tidak kondusif sehingga menganggu konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Pada video terlihat situasi kelas yang kondusif dan berjalan dengan lancar.
1.) Secara keseluruhan, kelemahan yang ada pada guru tersebut yaitu penguasaan dalam kelas masih kurang, kemudian cara mengajar yang kurang media pembelajaran.
2.) Secara keseluruhan berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut, kelebihan guru pada video tersebut yaitu dalam penggunaan media pembelajaran. Walaupun belajar matematika, tetapi media yang digunakan tidak hanya berupa angka namun bisa dikaitkan dengan pembelajaran yang berlangsung.
3.) Berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut hal unik yang ada pada video tersebut yaitu cara penyelesaian permasalahan yang terjadi. Guru berusaha membuat sesi pembelajaran terlihat menyenangkan dengan media pembelajaran yang digunakan.
4. ) Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran kedepannya bisa lebih baik lagi yaitu ada baiknya apabila saat guru masuk ke dalam kelas, guru dapat menggunakan sapaan yang dapat membuat siswa fokus / pendahuluan yang lebih menarik.
Nama : Paisal Pahlevi
NIM : 856717483
jurusan : S1-PGSD
Setelah saya menonton video di atas yang berjudul “Siswa Tidak Konstrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran masih antusias dilihat pada saat guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan, siswa merespons dengan baik bahkan pada siswa yang letak bangkunya di paling belakang. Namun, kondisi pelajaran pada siang hari terlebih pada matematika. konsentrasi siswa sudah berkurang dan mengantuk.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
guru masih kurang dalam upaya membangkitkan kembali semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
guru telah menggunakan media pembelajaran yang baik.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
hal-hal unik yang saya temukan saat guru menjelaskan dan mengajak beribteraksi dengan siswa justru siswa yang duduk paling belakang yang antusias memberikan bantuan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
-pada pembelajaran matematika sebaiknya tidak dimuat pada pembelajaran terakhir.
-melakukan ice breaking sebelum masuk ke pembelajaran guna meningkatkan konstrasi siswa yang sudah berkurang.
– menghindari penggunaan metode ceramah pada pembelajaran matematika
–
Nama : Hasnu Wahyu Widodo
Nim : 858902204
Program Studi : PGSD-S1
Pokjar : purwoharjo
Dari video yang ditampilkan tersebut dapat diamati bahwa:
1. Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan tidak menyenangkan. Untuk mengatasi masalah tersebut guru hendaknya menyiapkan alat peraga matematika yang dapat dibuat atau diamati oleh peserta didik yang tentunya harus disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
2. Memberikan reward/penghargaan terhadap peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sehingga mereka merasa tertarik, senang, dan tertantang untuk menjawab soal-soal selanjutnya.
3. Pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi bisa menggunakan cara:
a. Belajar dengan bermain
b. Belajar secara berkelompok
c. Belajar diluar kelas
Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar peserta didik tidak merasa bosan dan mengantuk ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.
Nama. : Rista Afkarina
NIM. : 858056318
Prodi. : S1 PGSD
Judul video : Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari
Kelemahan: pada saat kegiatan awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam,berdoa serta tidak melakukan ice breaking agar siswa lebih semangat belajar.guru tidak menyampaikan materi terlebih dahulu tetapi langsung memperagakan dengan gambar.
Kelebihan : guru tersebut berupaya manarik perhatian dan konsentrasi siswa dengan menggunakan metode dan media yang cukup baik.
Hal Unik dalam video tersebut guru dal menyampaikan media dengan cara cepat dan ada sesi tanya jawab kepada siswa.
Rencana Perbaikan : sebaiknya pembelajaran matematika tidak dilaksanakan pada siang hari.kegiatan awal pembelajaran sebaiknya guru menyampaikan salam , berdoa bersama.guru juga harus menguasai materi sebelum pembelajaran.