silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,454 Comments

  1. Nama : SELA MONIKA
    NIM : 856988855
    UPBJJ : Bandar Lampung

    pada video pembelajaran tersebut, pak guru sudah cukup baik memberikan semangat kepada siswa,suaranya lantang,dan mengajak murid berperan aktif dalam pembelajaran,serta pembelajarn tentang mengukur bangun ruang cukup jelas. hanya saja,murid-murid yang terlihat sudah cukup lelah,mungkin karena kegiatan sebelumnya.
    sehingga guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan semangat belajar siswa di siang hari,seperti mengajak murid untuk bermain game edukasi terlebih dahulu, yang sesuai dengan pembelajaran, saat murid antusias,lalu masuk ke pembelajaran,gunakan media yang menarik perhatian murid, sehingga murid dapat bersemangat kembali dalam aktivitas pembelajaran.

  2. NAMA: MIRANDA SAING
    NIM: 856051109
    UPBJJ :MEDAN
    Bagi sebagian peserta didik mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang rumit bahkan cenderung membosankan, terlebih lagi ketika mata pelajaran tersebut diajarkan dijam jam terakhir. Hal ini akan menimbulkan perasaan yang sangat membosankan bagi peserta didik. Sehingga sebagai seorang guru membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Dengan melakukan beberapa kegiata pembelajaran yang melibatkan siswa tentunya dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh. Paparan dari video tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan pembelajaran.

  3. NAMA: ELA DAHNIAR
    NIM :855856345
    1.reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut kurang semangat tetapi didalam video tersebut guru berusaha untuk menarik perhatian siswa agar mau belajar siswa yang tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” divideo ini guru membuat anak antusias terhadap materi pembelajaran yang pertama adalah membuat suasana kelas lebih riang dan bersemangat, seperti yang digunakanya dalam pembelajaran tersebut ia membawa bahan ajar seperti media pembelajaran yang ada disekitar kita seperti gambar, alat peraga seperti meja dan penggaris

    2.kelemahan guru dalam pembelajaran divideo ini salah satunya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pada kasus dalam video tersebut ditunjukkan keadaan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari.
    Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar Ketidakminatan atau Kesulitan Pribadi dengan Matematika: Jika siswa merasa kesulitan dengan matematika atau kurang tertarik pada subjek ini, hal ini juga dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi.Untuk membantu meningkatkan

    3.secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut walaupun belajar disiang hari guru tersebut dapat membuat pelajaran yang menarik kepada anak murid yaitu dengan cara berinteraksi terhadap murid , menjelaskan materi dengan baik,dan menggunakan media pembelajaran yang sangat baik sehingga membuat suasana kelas lebih riang dan bersemangat

    4.hal -hal unik yang ditemukan dalam video tersebut guru dapat mengubah semagat siswa agar lebih menarik pembelajaran yang ia sampaikan saat menjelaskan materi dan dapat mengubah suasana kelas lebih riang dan bersemangat .Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

    5..adapun upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas Kegiatan pembelajaran didalam video tersebut ialah Mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti penggunaan media visual, permainan matematika atau metode yang lainnya.
    -berikan waktu istirahat yang terjadwal di tengah sesi pembelajaran. Siswa dapat melakukan aktivitas ringan selama istirahat yang dapat membantu meningkatkan fokus mereka saat kembali ke pembelajaran.
    memberikan pujian atau dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus.

  4. Nama : Mestiani Renttauli Sitorus
    NIM : 856472981
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ/Pokjar : Pekanbaru/Dumai
    Menurut pendapat saya secara pribadi sebenarnya pak guru telah melakukan persiapan yang baik terkait media pembelajaran. Namun ada juga beberapa hal yang kurang dipersiapkan dengan baik. Misalnya seperti menyiapan konsep aktivitas siswa, rubrik kerja pengukuran, dan tindak lanjut hasil kerja siswa. Khusunya untuk situasi pembelajaran seperti pada video di atas memang cukup menyita kreativitas kita agar anak tetap fokus belajar. Adapun beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan antara lain:
    1. Menyusun konsep aktivitas siswa secara rinci.
    2. Mempersiapkan lembar kerja yang rinci.
    3. menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik
    4. memberikan sesi diskusi kepada siswa agar semuanya terlibat aktif.
    Terimakasih.

  5. Nama : Norita Tarihoran
    Nim : 856092208
    Mata Kuliah : Panduan pemantapan kemampuan mengajar
    Pokjar : ToBASA

    Tanggapan atau Komentar saya erhadap Video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” adalah :
    Metode mengajar yang dilakukan guru tersebut memang sudah benar, dimana mengajar dengan menggunakan Media
    yaitu beberapa gambar yang mana gambar tersebut dapat membantu siswa memahami soal matematika dengan lebih baik,
    contohnya : gambar yang menyertai soal tentang pengukuran dapat membantu mereka memahami konteks dan menyelesaikan soal dengan mudah dan dengan gambar tersebut siswa akan menjadi lebih aktif ketika guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar, mereka akan saling tunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan penggunaan gambar dalam pembelajaran matematika dapat membantu pembelajaran menjadi lebih menarik dan memancing rasa ingin tahu siswa. mereka akan lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar ketika disajikan gambar yang menarik dan relevan dengan materi pelajaran.

    Tetapi menurut saya metode mngajar yang dilakukan guru tersebut memiliki kekurangan, dimana seharusnya sebelum memulai pelajaran ada baiknya guru mengawali pelajaran denga “ice breaking”, karena meskipun pelajaran matematika sering kalai dianggap sebagai mata pelajaran yang serius, ice breaking masih dapat memiliki manfaat di kelas matematika pada siang hari untuk siswa sekolah dasar, Ice braking dapat emmbantu memecahkan kecanggungan awal, meningkatkan konsentrasi dan menciptakan suasana yang lebih santai sebelum memulai materi pelajaran. jadi ice breaking pada pelajaran matematika disiang hari bagi siswa sekolah dasar dapat memberikan manfaat dalam mempersiapkan siswa secara mental dan emosional untuk pembelajaran serta membangun suasana yang positif di kelas

  6. Pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat.
    matematika ini pelajaran yang tidak semua disukai oleh para siswa, jadi guru harus bisa membuat situasi kelas ketika siang hari itu tenang terlebih dahulu, yaitu :
    1. Dengan cara melakukan ice breaking yang dimana nanti nya kita bisa mengembalikan fokus anak-anak setelah kita ajak mereka untuk bermain sejenak.
    2. Guru dapat menggunakan alat media dan peraga seperti miniatur atau pun media yang menarik yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat belajar matematika
    3. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran tidak hanya ceramah, bisa dengan metode pembelajaran lain. Karena jika kita hanya menggunakan metode ceramah tentu saja akan membuat anak-anak semakin bosan belajar matematika.
    Dengan begitu langkah sederhana yg saya sarankan bisa membantu para siswa lebih fokus dalam memperhatikan guru dan semangat belajar ketika di siang hari.

  7. NAMA : AKBAR TRI WARDANA
    NIM : 858928135
    UPBJJ : UT JMBER
    POKJAR : BONDOWOSO

    Assalamualaikum Wr Wb.
    Tanggapan saya terkait video pembelajaran tersebut dimana mengatasi masalah konsentrasi siswa pada saat belajar matematika di siang hari membutuhkan pendekatan yang menyeluruh dan kreatif. Karena masalah konsentrasi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan fokus siswa selama pelajaran matematika:

    1. Pemahaman Tentang Waktu Belajar yang Efektif : Pertama, penting untuk memahami bahwa kondisi fisik siswa sangat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar. Di siang hari, terutama setelah makan siang, banyak siswa mengalami penurunan energi. Cobalah untuk mengatur jadwal mata pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika di waktu dimana siswa cenderung lebih segar dan energik.
    2. Istirahat yang Cukup : Pastikan siswa mendapatkan waktu istirahat yang cukup di antara jam pelajaran. Istirahat yang cukup akan membantu siswa menyegarkan pikiran dan tubuh, sehingga siap untuk kembali fokus pada pelajaran berikutnya.
    3. Menghidupkan Suasana Kelas : Gunakan metode pengajaran yang interaktif dan variatif. Misalnya, gunakan permainan edukatif, diskusi kelompok, atau kegiatan yang membutuhkan gerakan fisik untuk memecah kegiatan belajar yang monoton.
    4. Integrasi Teknologi : Manfaatkan teknologi untuk membuat pelajaran lebih menarik. Penggunaan aplikasi pendidikan, video interaktif, atau alat bantu visual dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam materi pelajaran.
    5. Kurangi Pengganggu : Pastikan lingkungan kelas kondusif untuk belajar. Minimalkan gangguan seperti suara bising dari luar kelas atau dari siswa lain yang tidak terlibat dalam kegiatan belajar.
    6. Pengaturan Tempat Duduk : Perhatikan pengaturan tempat duduk siswa. Tempatkan siswa yang mudah terganggu di tempat yang lebih tenang atau dekat dengan posisi pengajar untuk memudahkan pengawasan dan interaksi.
    7. Pemberian Umpan Balik : Berikan umpan balik yang konstruktif dan segera untuk pekerjaan siswa. Pengakuan dan penguatan positif dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi mereka dalam belajar.
    8. Hubungan dengan Orang Tua : Libatkan orang tua dalam proses pendidikan anak. Informasikan kepada mereka mengenai pentingnya dukungan di rumah, seperti pengaturan waktu belajar yang teratur dan tempat belajar yang bebas dari gangguan.
    9. Nutrisi dan Hidrasi : Dorong siswa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan cukup air. Gizi yang baik dan hidrasi memainkan peran penting dalam fungsi kognitif dan konsentrasi.
    10. Kesehatan Fisik dan Mental : Jangan lupakan pentingnya kesehatan fisik dan mental. Aktivitas fisik secara teratur dan dukungan emosional sangat penting untuk kesejahteraan siswa dan kemampuan mereka untuk berkonsentrasi di sekolah.

    Dengan mengimplementasikan beberapa atau semua strategi ini, Anda dapat membantu siswa meningkatkan konsentrasi mereka selama pelajaran matematika dan mengatasi tantangan yang mungkin mereka hadapi terutama di siang hari.

  8. Nama: Anis srigianti
    Nim: 856573355
    Prodi: PGSD-S1
    Semeter 8
    Menurut saya video pembelajaran di atas guru tersebut menyampaikan materi kurang jelas dan terkesan terlalu terburuburu, sehingga siswa kurang memahami apa isi dari materi itu. Kemudian juga guru tersebut menyampaikan materi dan pendahuluan hanya dengan ceramah saja sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa menjadi bosan dan kurang konsentrasi karena hari sudah siang, ada baik nya jika dalam melakukan pembelajaran matematika seorang guru harus memilih metode yang tepat yang menarik yang sesuai karakter siswa sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak membosankan dan siswa pun akan konsentrasi dan fokus mengikuti pelajaran meskipun hari sudah siang.

  9. Nama: Akbar Tri Wardana
    NIM: 858928135
    UPBJJ: UT Jember
    Pokjar: Bondowoso

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Menanggapi video pembelajaran yang dibahas, mengatasi isu kurangnya konsentrasi siswa saat pelajaran matematika di siang hari memerlukan pendekatan yang komprehensif dan kreatif. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk membantu meningkatkan fokus siswa selama pembelajaran matematika:

    1. Mengenali Waktu Belajar yang Efektif : Penting untuk memahami pengaruh kondisi fisik terhadap kemampuan konsentrasi siswa. Seringkali setelah makan siang, siswa merasa kurang energik. Sebaiknya atur waktu pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti matematika, pada saat siswa lebih segar.
    2. Memberikan Cukup Waktu Istirahat : Siswa harus mendapatkan istirahat yang memadai di antara sesi belajar untuk menyegarkan pikiran dan tubuh, mempersiapkan mereka untuk kembali fokus pada materi berikutnya.
    3. Menjadikan Kelas Lebih Menarik : Implementasikan metode pengajaran yang interaktif seperti permainan, diskusi kelompok, dan aktivitas fisik untuk mengatasi kebosanan dalam belajar.
    4. Integrasi dengan Teknologi : Gunakan teknologi seperti aplikasi pendidikan dan video interaktif untuk membuat materi lebih menarik dan meningkatkan partisipasi siswa.
    5. Mengurangi Distractions : Pastikan kelas mendukung proses belajar yang efektif dengan meminimalkan gangguan dari luar kelas maupun dari siswa yang tidak terlibat.
    6. Mengoptimalkan Pengaturan Tempat Duduk : Susun tempat duduk sedemikian rupa sehingga siswa yang mudah terganggu berada di area yang lebih tenang atau dekat dengan guru untuk memudahkan pengawasan.
    7. Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif : Berikan respons yang membangun dan segera terhadap pekerjaan siswa untuk meningkatkan motivasi dan fokus mereka.
    8. Melibatkan Orang Tua : Gandeng orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka, memberi tahu pentingnya dukungan di rumah seperti menyediakan jadwal belajar yang teratur dan lingkungan yang kondusif.

    Menerapkan salah satu atau semua strategi ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar matematika, khususnya pada masa-masa sulit di siang hari.

  10. NAMA: Dwi Meiliyanti
    NIM: 856986844
    SEMESTER: 8
    UPBBJ: Bandar Lampung

    Menurut pendapat saya, dalam video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ” ialah pembelajaran diatas guru masih menggunakan metode ceramah diawal sampai akhir pembelajaran serta penjelasan materi dari guru kurang jelas, padahal di siang hari siswa pasti sudah mulai bosan dan jenuh didalam kelas, sehingga siswa tidak dapat berkonsentrasi terhadap pembelajaran, ada baiknya guru tersebut menggunakan metode yang lebih menarik perhatian siswa. Bisa dengan guru sebelum melakukan pembelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu, agar siswa menjadi semangat untuk memulai pembelajaran, dan jangan lupa juga memberikan apresiasi terhadap siswa dalam pembelajaran agar siswa lebih termotivasi.

Leave a Reply