silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,454 Comments

  1. Nama : Isra Nibras Nurjannah Nim : 855746238 Pokjar : Sidomulyo Program Studi: PGSD-S1 Semester: 6 Kelas : B, Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas, “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika saat jam pelajaran siang hari” adalah siswa menjadi tidak fokus karena guru masih menggunakan metode ceramah dari awal pembelajaran sampai akhir dan menyebabkan siswa menjadi tidak fokus dan tidak konsentrasi saat pembelajaran. Adapun beberapa strategi agar siswa tidak merasa bosan dan dapat konsentrasi saat pembelajaran matematika disiang hari adalah guru dapat menggunakan ice breaking di awal pembelajaran atau di sela-sela pembelajaran, mengubah metode ceramah menjadi metode tanya jawab dan memberikan media yang menarik minat siswa saat belajar.

  2. Nama : Anggraeni Purmata Sari
    Nim : 858071399
    UPBJJ : 47/Pontianak
    Prodi : PGSD
    POKJAR : Opu Daeng Menambon

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Berikut adalah tanggapan saya terhadap video yang sudah di tonton.
    Judul video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
    1. Reaksi siswa awalnya mengantuk, asyik sendiri, bahkan mengobrol bersama temannya, namun pada saat guru menjelaskan menggunakan media gambar, mereka mulai memperhatikan guru dan siap untuk belajar.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran berdasarkan video tersebut yaitu :
    • Pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari di mana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang, hal ini membuat siswa tidak fokus dan banyak yang mengantuk.
    • Guru langsung menjelaskan pelajaran dan tidak melakukan ice breaking yang dapat membuat siswa semangat.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
    • Suara guru yang lantang membuat siswa fokus pada materi yang disampaikan
    • Dengan melontarkan pertanyaan membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran.
    • Guru sudah menggunakan media gambar sederhana yang dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif.
    4. Hal-hal unik yang ditampilkan guru tersebut yaitu pembelajaran masih tetap berjalan meskipun siswa terlihat kurang fokus dalam pembelajaran.
    5. Hal yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
    • Dengan mengganti jam pelajaran pada pagi hari
    • Membuka pembelajaran dengan hal yang menyenangkan seperti ice breaking
    • Media yang digunakan sebaiknya alat peraga yang dapat menarik perhatian siswa
    • Menciptakan kondisi kelas yang nyaman .

  3. Nama : fally vebriyana ahmad
    NIM : 857700672
    upbjj : semarang

    tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut adalah siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari, karena biasanya siswa sudah mulai lelah dan bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. untuk itu sebagai guru harus sebisa mungkin menghidupkan suasana kelas agar siswa menjadi kembali bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar. penggunaan metode belajar seperti ice breaking untuk membangun antusias siswa, media belajar yang menarik agar siswa menyimak materi yang disampaikan, serta memberikan apresiasi pada siswa sebagai rasa terima kasih dan untuk memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

  4. Nama : fally vebriyana ahmad
    NIM : 857700672
    upbjj : semarang

    tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut adalah siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari, karena biasanya siswa sudah mulai lelah dan bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. selain itu suasana kelas yang tidak kondusif, gaduh, membuat kegiatan belajar yang akan dilakukan menjadi tidak maksimal. untuk itu sebagai guru harus sebisa mungkin menghidupkan suasana kelas agar siswa menjadi kembali bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar. penggunaan metode belajar seperti ice breaking untuk membangun antusias siswa, media belajar yang menarik agar siswa menyimak materi yang disampaikan, serta memberikan apresiasi pada siswa sebagai rasa terima kasih dan untuk memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

  5. NAMA : NURBAITI
    NIM : 828753139
    PRODI : S1 – PGSD
    UPBJJ : MEDAN

    1. Yaitu Pendapat saya mengenai video ini bagus sekali, karena dengan kita menggunakan metode among ini siswa menjadi lebih aktif dan berani, berinteraksi dengan guru dan suasana kelas lebih aktif (hidup) sehingga materi pembelajaran dapat yang di sampaikan tersalurkan dengan baik.
    2. Hal penting yang saya ambil dari video ini adalah cara membuka pembelajaran dan cara menyampaikan materi agar lebih menarik, menyenangkan, sehingga materi mudah untuk di cermat atau di pahami
    3. Menonton video ini sangat penting dalam kehidupan saya, karena dapat menjadi contoh, acuan, dan pandangan saya untuk dalam proses pembelajaran.
    4. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah penerapan metode asih, asah, dan asuh dalam proses pembelajarannya sehingga siswa yang di ajarkan lebih efektif dalam memepelajaran di kelas

  6. Nama : Esti
    NIM : 856081742
    UPBJJ-UT : Batam

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru : Siswa kurang antusias dalam sesi tanya jawab yang dilakukan oleh guru, hanya beberapa orang saja yang menjawab
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru tidak memberikan evaluasi pada alat ukur yang digunakan siswa saat mereka mengukur gambar di papan tulis, juga tidak mengajarkan cara menetapkan titik awal perhitungan dan teknik mengukur yang benar kepada siswa. Secara umum terlihat guru kurang memperhitungkan proses belajar atau metode belajar, penyampaian materi juga kurang terperinci.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru menggunakan gambar atau media pembelajaran saat mengajar, melibatkan siswa dalam proses pengukuran, dan memberikan pujian setelah selesai.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran: Hal unik bagi saya, ketika guru membawa media belajar sebuah kertas print yang bergambar monas, dan guru bertanya siapa saja yang pernah ke monas
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya : Dengan melihat begitu banyak murid yang kurang konsentrasi, mungkin guru bisa mencoba ice breaking untuk mengembalikan fokus siswa dan membangkitkan semangat belajar matematika. Guru dapat mencoba metode pembelajaran lain selain ceramah, sesuai dengan kebutuhan anak dan agar mereka tidak merasa jenuh. Belajar matematika akan terasa sangat membosankan jika hanya menggunakan pendekatan ceramah.

  7. Nama : Salfarina Dilla
    NIM : 856024101
    Program Studi : S1 PGSD
    SEMESTER : 8
    POKJAR: ASAHAN
    UPBJJ : 12 / Medan

    Fakta/data pembelajaran yang terjadi di kelas :
    1. Guru memulai pembelajaran tanpa menyapa siswa
    2. Guru mengkondisikan siswa
    3. Masih banyak siswa yang  bercanda  dengan lantang kepada temannya
    4. Penjelasan Pembelajaran dengan metode ceramah
    5. Penggunaan media pembelajaran
    6. Guru bertanya
    7. Sebagian besar siswa aktif menjawab pertanyaan  guru
    8. Umpan balik dari guru kepada siswa sangat baik dan  siswa merespons.

    Permasalahan pembelajaran yang ada di video :
    1. Pada awal pembelajaran, guru tidak memotivasi siswa dan tidak menjelaskan terlebih dahulu  apa tujuan dan hasil yang akan dicapai siswa dengan belajar matematika
    2. Pelajaran matematika pada umumnya merupakan pelajaran yang menakutkan bagi siswa.
    Oleh karena itu, siswa dituntut untuk mempunyai tingkat konsentrasi tertentu.

    Penyelesaian masalah : Diawal pembelajaran sebagian besar siswa tampak masih belum bisa berkonsentrasi dan terlihat ribut di kelas.

    Menurut analisis saya setelah menonton video ini adalah Pentingnya bagi guru pada saat awal sebelum memberikan pembelajaran kepada siswa adalah dengan memberikan kepada siswa yaitu Motivasi dan Apersepsi sehingga siswa merasa nyaman sebelum belajar.

    Alternatif lain penyelesaian masalah yang di tawarkan :
    Mengubah kegiatan pembukaan agar menarik perhatian siswa, seperti mengajaknya bernyanyi bersama untuk mengilangkan rasa kantuknya, dapat mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas, penayangkan video pembelajaran serta juga dapat menyelipkan ice breaking seperti permainan sederhana ditengah – tengah pembelajaran.

  8. NAMA : WAHYU RANIKA
    NIM : 855735962
    MATKUL : PDGK4209
    KODE / NAMA UPBJJ : 20/BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : KOTA AGUNG

    setelah saya melihat tayangan video diatas tentang ” siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. memang benar belajar di waktu jam-jam terakhir atau di siang hari terutama mata pelajaran matematika, seringkali siswa tidak berkonsentrasi dengan baik. hal tersebut di karenakan banyaknya siswa ribu, asik sendiri ngobrol dengan teman-temannya dan mengantuk. materi pembelajaran matematika yang notabane nya sangat menguras pikiran siswa di siang hari yang sudah merasa lelah ,bosen dan kurang bersemangat sehingga dapat mempengaruhi konsentrasi belajar yang menurun. namun kita sebagai gurujuga di tuntut harus berfikir kreatif agar dapat mengembangkan suasana belajar yang aktif dan inovatif, guna memberikan fokus belajar siswa terhadap materi yang akan di ajarkan.

    ada beberapa solusi yang dapat di lakukan yaitu guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik, siswa diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas. kita juga sebagai guru harus menguasai kelas dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, supaya pembelajaran matematikan di siang hari berjalan dengan efektif. guru juga bisa menggunakan media video yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran yang di ampu.

    kelemahan-kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut :
    1. tidak adanya pendahuluan seperti ucapan salam, berdoa bersama, presensi, apresiasi atau melakukan ice breaking yang sangat berguna untuk menumbuhkan semangat serta minat siswa dalam pembelajaran ini.
    2. guru kurang menguasai kelas, terlihat hanya berdiri saja tanpa adanya intraksi yang lebih terhadap siswa, hal tersebut dapat membuat siswa merasa bosan dan mengantuk
    3. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. guru belum bisa mengkondisikan suasana kelas
    5. metode ceramah sangat dominan dari awal hingga akhir pada saat pemaparan materi dan terlihat sangat monoton
    6. pemaparan materi kurang jelas
    7. pada saat siswa melakukan pengukuran didepan kelas, guru tidak mengajari terlebih dahulu siswanya cara melakukan pengukuran yang baik dan benar.
    8. guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
    9. tidak ada evaluasi atau kesimpulan pada kegiatan penutup pembelajaran.

    adapun kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebu :
    1. guru menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran, dengan menggunakan media gambar dapat mengajak sedikit fokus siswa dalam belajar, sehingga siswa memperhatikan guru dalam menjelaskan media gambar tersebut.
    2. guru menggunakan media tanya jawab atau umpan balik dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. hal tersebut dilakukan agar siswa lebih konsentrasi, yang di mana dapat membantu sebagian fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran. dan kita dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah mengerti apa belum tentang materi yang dijelaskan.
    3. guru menjelaskan dengan memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pembelajaran matematika.
    4. guru memotivasi siswa agar bersemangat belajar dengan menyinggung tentang cita-cita atau profesi. guru menjelaskan bahwa mau jadi apapun siswa nanti mereka harus tetap belajar matematika
    5. guru menggunakan media ajar yang relevan sesuai dengan materi dan kemampuan siswa.
    6. guru melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
    7. guru mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran matematika, dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untukmencoba melakukan pengukuran secara nyata melalui media gambar bangunan gedung untuk mengetahui panjang dan lebarnya.
    8. adanya komunikasi 2 arah yang di lakukan guru dan siswa.

    hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut :
    1. guru mengajak siswa untuk mengukur tinggi dan lebar bangunan gedung melalui media gambar yang di sediakan.
    2. guru juga mengajak siswa untuk mengukur benda-benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan penggaris.

  9. Nama : Dwi puji mutiara
    Nim : 855736402
    Upbjj / pokjar : Bandar lampung / kota agung
    Semester : 6

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    setelah saya melihat video pembelajaran tersebut , menurut saya melakukan pembelajaran matematika di siang hari itu cukup sulit dilakukan karena cenderung siswa sering kali tidak dapat berkonsentrasi dengan baik apa lagi dilakukan pada jam jam terakhir karena kondisi anak sudah lelah sehingga anak – anak kesulitan menerima pelajaran dari guru . dari video diatas kita bisa melihat kondisi / suasana kelas yang kurang hidup dan kurang bersemangat , ada siswa yang mengantuk ,dan ada juga siswa yang bermain dan bercanda dengan teman nya.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru yang terdapat pada video “ Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari “ yaitu :
    1. Tidak adanya pendahuluan seperti ucapan salam , ice breaking dan penyampaian tujuan belajar sehingga anak – anak kurang bersemangat dalam menjalan kan proses belajar.
    2. Pada saat kegiatan inti guru kurang jelas pada saat menjelaskan materi, guru terlihat hanya berdiri saja tanpa adanya interaksi lebih pada siswa dikelas , hal ini dapat menyebabkan siswa cepat bosan dan mengantuk. Guru juga mengevaluasi siswa dengan cara kegiatan mengukur namun guru tidak memperhatikan atau memberikan komentar kepada siswa nya dalam kegiatan yang dilakukan sehingga siswa tidak tau kegiatan mengukur tersebut benar atau tidak
    3. Pada saat kegiatan penutup, tidak ada kesimpulan, dan doa penutup

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru yang terdapat pada video “ Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari “ yaitu :
    1. Guru menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran, dengan menggunakan media gambar dapat mengajak sedikit fokus siswa dalam belajar, sehingga siswa memperhatikan guru dalam menjelaskan media gambar tersebut.
    2. Guru menggunakan metode tanya jawab dan Guru melibatkan siswa untuk bertanya jawab yang dimana dapat membantu sebagian fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran.
    3. Guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat belajar matematika.
    4. Guru melibatkan siswa untuk bertanya jawab.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal unik dari video diatas yaitu Guru mengajak siswa untuk mengukur tinggi dan lebar gedung Dan Guru juga mengajak siswa untuk mengukur benda-benda di sekitarnya dengan penggaris.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Guru dapat mengikuti pelatihan dan kursus pengembangan profesional yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengajaran mereka. Pelatihan tersebut dapat fokus pada pemahaman konsep matematika yang lebih dalam, strategi pengajaran yang inovatif, manajemen kelas yang efektif, dan cara meningkatkan keterlibatan siswa.
    2. Guru dapat melakukan refleksi diri terhadap pengalaman pembelajaran sebelumnya untuk mengidentifikasi area-area di mana mereka perlu meningkatkan atau mengembangkan keterampilan mereka. Dengan refleksi yang mendalam, mereka dapat mengidentifikasi kelemahan mereka sendiri dan merencanakan langkah-langkah
    3. Seharusnya guru sebelum melakukan kegiatan belajar untuk mengajak siswa untuk berdoa setidaknya ini akan membantu fokus anak di jam-jam siang, selain itu guru juga melakukan ice breaking untuk menarik semangat anak walaupun di jam-jam siang. Guru sedikit menekankan suaranya agar terkesan tidak monoton, mengajak anak untuk mengukur benda-benda disekitarnya jadi anak bisa mengerjakan tugas sambil bermain. Dan sebaiknya untuk pelajaran matematika diusahakan jangan di jam-jam siang karena anak mudah bosan dan lelah untuk itu matematika sebaiknya di jam-jam pagi seperti jam pertama. Guru menggunakan metode gambar sebagai media pembelajaran, selain itu guru menggunakan metode tanya jawab untuk menarik fokus anak.
    4. seharusnya guru lebih berinteraksi dengan siswa dengan sedikit berkeliling atau berjalan , serta melakukan evaluasi bagaimana cara mengukur yang benar dna apakah siswa sudah mengukur dengan benar .
    5. guru dapat menggunakan media pembelajaran audio visual agar siswa lebih tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pelajaran

  10. Nama : Ratna Hayani Sitorus
    Nim : 859810911
    Kelas : 6 D
    kode : 12 / UPBJJ UT- MEDAN

    >> Reaksi siswa/anak pada kegiatan pembelajaran matematika disiang hari ini cukup memprihatikan, karena tidak ada sapaan atau kalimat yang memotivasi siswa sehingga mereka kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.
    >> Terdapat beberapa kelemahan guru pada saat kegiatan pembelajaran tersebut yaitu kurangnya interksi yang memancing semangat siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Apalagi mata pelajaran matematika itu adalah mata pelajaran yang sering kali menjadi rasa takut pada anak. Dan untuk kegiatan pembelajaran, media guru kurang cukup menarik untuk memancing siswa agar tetap fokus mengikuti pelajaran tersebut.
    >> Pada video tersebut ada kelebihan yang dapat dilihat dari komunikasi yang diciptakan oleh guru tersebut dapat diterima dan direspon baik oleh siswa walaupun beberapa dari mereka masih terkesan bercanda dengan media pembelajaran.
    >> hal unik yang ditemukan pada video pembelajaran tidak ada yang cukup unik karena hal hal yang terjadi di kelas tersebut sudah cukup sering terjadi sehingga dapat dikatakan bahwa hal tersebut sudah menjadi kebiasaan siswa.
    >> untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya upaya yang dapat dilakukan guru adalah bisa dimulai dengan kata sapaan atau kalimat pembuka yang memancing anak tertarik untuk fokus dalam merespon. Dilanjutkan dengan media pembelajaran yang menarik seperti memberikan materi melalui media elektronik, karena jika disiang hari belajar matematika dengan metode ceramah itu akan sangat membosankan untuk siswa.

Leave a Reply