silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,454 Comments

  1. Nama:Nadia Aprilia (857583058)
    Prodi:S1 PGSD
    Pokjar:Slawi
    UPBJJ:Purwokerto

    Izin memberi tanggapan terhadap video tesebut .

    1. Waktu untuk menyapa: Sisihkan waktu sebentar sebelum pelajaran dimulai untuk menyapa dan berbincang ringan dengan siswa. Tanyakan kabar mereka, ceritakan hal-hal menarik, atau tanyakan hal-hal yang mereka sukai diluar pelajaran.

    2. Tidak ada pendahuluan yang menarik untuk siswa (ice breaking) sehingga siswa dan keadaan kelas tidak kondusif. Namun, sang guru tetap memberikan penjelasan yang terbaik dan memungkinkan anak untuk mengikuti mata pelajaran matematika tersebut.

    3. Kurangnya antusias siswa dalam pelajaran matematika disebabkan oleh banyaknya rumus yang harus diingat dan dilakukan pada siang hari. Pada jam tersebut, siswa sudah tidak lagi fokus belajar karena banyak faktor seperti rasa lapar dan rasa ngantuk.

    4. Jangan hanya terpaku pada materi saja ketika aktivitas pembelajaran berlangsung.meskipun memahami pentingnya fokus pada materi, membangun hubungan yang positif dengan siswa juga penting. Ketika siswa merasa nyaman dan terhubung dengan guru, mereka dapat lebih mudah memperoleh dan memahami materi pelajaran..

  2. menurut pendapat saya,alangkah baiknya guru harus membuat strategi pembelajaran dan metode pembelajaran sebaik mungkin, tidak hanya ddengan menggunakan metode ceramah. bagi pelajaran matematika ini tidak semua disukai oleh para siswa, jadi guru harus bisa membuat situasi kelas ketika siang hari itu tenang terlebih dahulu, yaitu :
    1. menggunakan metode ice breaking, guru dapat menggunakan metode ini yang di mana nantinya kita bisa mengembalikan fokus anak-anak setelah kita ajak mereka untuk bermain sejenak.
    2. menggunakan alat media, guru dapat menggunakan peraga seperti miniatur ataupun media menarik yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat. belajar matematika apa lagi pas waktu di siang hari yang membuat mereka jenuh atau bosan untuk belajar masalah hitung menghitung.
    Kalau kita hanya menggunakan metode ceramah saja tentu saja akan membuat anak-anak bosan belajar matematika.
    Semoga apa yang saya sarankan bisa membantu para siswa lebih fokus dalam memperhatikan guru dan semangat belajar ketika di siang hari.

  3. Nama : Dwi Yuwanda Agoestiani
    NIM : 857572847
    UPBJJ : UT Purwokerto

    1. Mengidentifikasi masalah
    Masalah pada video pembelajaran tersebut yaitu siswa tidak konsentrasi belajar matematika saat jam pelajaran siang hari.

    2. Menganalisis penyebab masalah
    – anak-anak sudah lelah dan akhirnya mengantuk
    – berkurangnya rasa semangat belajar
    – anak-anak lebih suka bergurau, bermain, dan bercanda bersama teman-temannya.

    3. Menentukkan alternatif pemecah masalah
    Saat pembelajaran matematika berlangsung pada siang hari guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti pada video pembelajaran di atas. Guru menggunakan media gambar yang akan menggugah rasa semangat dan perhatian anak-anak terhadap pelajaran.

    4. Tujuan perbaikan
    Tujuan perbaikan pembelajaran agar proses pembelajaran lebih baik dari pada sebelumnya yang bertujuan agar pengetahuan yang disampaikan kepada siswa tercapai, tujuan pembelajaran tercapai sehingga nilai hasil belajar baik dan memuaskan.

    5. Merumuskan judul PKP
    Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar.

  4. Nama : Ravita nur kholifah
    Nim : 855869359
    Pokjar : labuhanbatu Selatan

    Menurut pendapat saya tentang Video pembelajaran ‘SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI’ Yaitu ketika guru masuk hendakla memberikan ice breaking agar siswa kembali bersemangat untuk mengikuti pelajaran di kelas. Karena dengan adanya ice breaking ini dapat mengubah atau menetralisir suasana didalam kelas. Dalam vidio di atas guru hanya menggunakan metode ceramah dan media yg itu-itu saja sebaiknya menggunakan peraga alat seperti, miniatur atau alat-alat yang bisa menarik siswa. Serta ajakla bermain di alam terbuka seperti, mengukur pohon supaya mereka tidak bosan karena di didalam kelas saja. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan agar siswa fokus dalam belajar di siang hari. Terimakasih.

  5. NAMA : HUSNUL KHATIMAH
    NIM : 859153611
    POJKAR : LOMBOK TIMUR
    PRODI : PGSD-S1

    dari video pembelajaran di atas sudah dapat di ketahui, bahwa belajar di siang hari memang sudah menjadi tantangan semua guru di mana situasi kelas menjadi gaduh yang menyebabkan siswa sulit terkontrol, banyak siswa yang bermain- main dan kondisi seperti inilah yang akan menyebabkan kondisi kelas tidak kondusif karena keadaan yang seperti ini siswa jadi tidak bersemangat dan terlihat kurang memperdulikan kehadiran guru nya . maka dari itu kita sebagai pendidik hal seperti ini meruapakan tantangan, bagaimana kita mengelola kelas agar menjadi kelas yang menyenangkan dan mengupayakan pelajaran siang hari terlebih pelajaran matematika menjadi lebih menarik lagi dan siswa aktif mengikuti pembelajaran di kelas.

  6. Nama : Eka Suci Rahayu
    NIM : 858564756
    Pokjar Pagelaran UPBJJ UT-Malang

    Pendapat saya :
    Pembelajaran matematika seringkali tidak disukai oleh anak-anak. Terlebih jika pembelajaran matematika terletak pada jam siang hari, anak-anak akan lebih malas lagi untuk belajar. Karena pada siang hari mereka sudah mulai merasa lelah setelah belajar mulai dari pagi.
    Di dalam video tersebut, pada awalnya guru hanya langsung memberikan materi, sehingga banyak yang ramai sendiri. Sebaiknya untuk memulai pembelajaran guru tersebut harusnya memberikan semangat untuk membangkitkan semangat belajar siswa, seperti dengan memberikan ice breaking.
    Kemudian guru tersebut menggunakan media pembelajaran dengan mencoba pengukuran secara langsung dengan media gambar. Hal ini sangat baik untuk dilakukan, karena pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa mengalaminya secara langsung.

    Terima kasih

  7. Nama :Diana Eka Rahayu Putri
    Nim : 856992056
    Pokjar: Hmpti unit 2 Tulang bawang
    Menurut pendapat saya,Sebaiknya guru terlebih dahulu membangun suana kelas agar lebih menyenangkan dimana pembelajaran matematika ini di lakukan di siang hari sehingga membuat konsentrasi siswa sedikit buyar sehingga mereka agak kesulitan memahami penjelasan yang di berikan oleh guru tersebut.

  8. pada video di atas berisi tentang seorang guru yang berusaha menaikkan lagi mood siswa dengan berbagai metode dan media pembelajaran, karena pada siang hari siswa cenderung sudah lelah dan lambat dalam menerima pembelajaran.

  9. Nama : Muhammad Yusuf Ma’arif
    UT Pokjar Umbulsari
    pada video di atas berisi tentang usaha seorang guru menaikkan mood siswanya dengan berbagai metode dan media, karena pada siang hari siswa cenderung lelah dan lambat dalam menerima pelajaran terutama mata pelajaran matematika.

  10. Nama : Nolla Fitri Rizkya
    Nim : 856233323
    UPBJJ : UT PADANG
    Jurusan : S1 PGSD

    Dari video yang ditonton,terlihat bahwa pada saat jam siang hari,konsentrasi anak menurun karena pada siang hari tersebut adalah jam rawan mengantuk. Dalam video tersebut juga, dijelaskan bahwa siswa seringkali tidak dapat berkonsentrasi dengan baik saat belajar matematika, terutama pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk.
    Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru untuk menarik konsentrasi siswa walaupun pada siang hari :
    – Menggunakan media video/gambar untuk menarik minat siswa dan menanggulangi rasa ngantuk mereka
    -Mengajak siswa Untuk belajar di luar kelas
    -Mengetahui tingkat kepahaman siswa tentang pelajaran matematika
    -Mencari inovasi-inovasi yang mungkin bisa menanggulangi rasa bosan siswa pada pelajaran jam terakhir.
    Terimakasih.

Leave a Reply