silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,454 Comments

  1. Nama : Kiki Windarti
    Nim : 856974065
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan profesional
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Tulang Bawang Udik

    Pada video di atas guru yang berusaha menaikkan mood siswanya dengan berbagai metode dan media pembelajaran. Guru juga sering kali kesulitan beradaptasi dengan situasi siswa saat belajar matematika
    Selain itu, kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan pada pembelajaran terakhir atau pembelajaran hari itu.
    Terlihat dari banyak siswa yang asyik ngobrol dengan temannya, ada juga siswa yang mengantuk.
    Sebagai seorang guru, seharusnya harus mampu menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif untuk menarik perhatian dan minat belajar siswa Anda. Dalam video terlihat jelas bahwa:
    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa ada siswa yang sibuk atau asyik mendiskusikan topiknya, atau tidak bersemangat atau antusias selama pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam penelitian ini: Pada saat perkenalan, guru tidak menyapa siswa atau menyampaikan tujuan pembelajaran.
    3. Kelebihan pembelajaran video adalah guru kreatif dalam menggunakan media visual yang dapat menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran, guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat pembelajaran matematika.
    Guru melibatkan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.
    4. Karena banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, maka sebaiknya pelajaran matematika tidak dilakukan pada siang hari, karena banyak siswa yang merasa lelah dan sulit berkonsentrasi.Saat melakukan aktivitas pada awal pembelajaran kita terlebih dahulu mengucapkan salam dan doa, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran.

  2. Nama : Tio Sus
    UT Pokjar Pangkalan
    Menurut video yang saya lihat ini tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari. Videonya sangat bagus dengan menggunakan media gambar, tapi karena pada siang hari siswa sudah lelah maka siswa tetap tidak bisa konsentrasi.

  3. Nama : Tio Susanti
    NIM. : 856236461
    Semester 6
    UT Pokjar Pangkalan
    Menurut video yang saya lihat ini tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari. Videonya sangat bagus dengan menggunakan media gambar, tapi karena pada siang hari siswa sudah lelah maka siswa tetap tidak bisa konsentrasi.

  4. Assalamu’alaikum wr wb

    Nama : Ela Sanjaya
    NIM : 858685565
    UPBJJ : UT Surabaya

    Berdasarkan video tersebut guru menjelaskan materi dengan metode ceramah. Selain itu, guru juga hanya menjelaskan dengan berdiri di depan kkelas tanpa berkeliling menghampiri siswa meskipun siswa juga terlibat dalam pembelajaran tersebut.

    pembelajaran matematika yang dilaksanakan di siang hari sangatlah membutuhkan strategi yang ekstra untuk menghilangkan rasa kantuk ataupun rasa malas siswa daalam mengikuti pembelajaran matematika. guru dapat menigkatkan konsentrasi belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika dengan menjelaskan materi dengan suara keras dan lantang, sehingga siswa dapat bersemangat mendengarkan materi yang disampaikan guru. mengajak siswa berpraktik dengan menggunakan benda konkret juga dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr wb

  5. Nama : Hafiz Oktadika M
    Nim : 856233237
    UPBJJ : UT Padang

    Dalam video yang saya lihat, seorang guru berusaha untuk menarik siswa yang diberikan. Pada siang hari, siswa merasa lelah dan mengantuk karena terlalu banyak beraktivitas dan suhu yang tinggi. Akibatnya, banyak dari mereka tidak berkonsentrasi lagi untuk belajar. Jadi, sebagai guru, kita harus berusaha untuk menghidupkan suasana kelas agar siswa kembali tertarik untuk belajar. penggunaan teknik belajar seperti ice breaking untuk meningkatkan antusiasme siswa, membuat media belajar yang menarik bagi siswa untuk menyimak materi, dan memberikan apresiasi kepada siswa sebagai cara untuk menunjukkan rasa terima kasih dan memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar.

  6. Nama : Azhani Yuramadani
    Nim : 856235904
    UPBJJ : UT Padang

    Untuk video pembelajaran tersebut, tanggapan saya adalah bahwa siswa kurang berkonsentrasi pada pelajaran matematika pada siang hari karena anak-anak biasanya sudah lelah, sehingga mereka tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Mengubah kegiatan pembukaan untuk menarik perhatian siswa. Ini dapat mencakup mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas, menayangkan video pembelajaran, dan memasukkan ice breaking, seperti permainan sederhana di tengah-tengah pelajaran.Matematika biasanya menakutkan siswa.

    Oleh karena itu, karena siswa harus memiliki tingkat konsentrasi tertentu, guru harus menggunakan metode belajar seperti ice breaking untuk meningkatkan antusiasme siswa, menggunakan media belajar yang menarik agar siswa menyimak materi, dan memberikan apresiasi sebagai rasa terima kasih.

  7. Nama: Erisa Lavenska
    Nim: 856758568
    Berdasarkan video tersebut guru menjelaskan materi dengan metode ceramah. Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik siswa yang diberikan. guru dapat menigkatkan konsentrasi belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika dengan menjelaskan materi dengan suara keras dan lantang, sehingga siswa dapat bersemangat mendengarkan materi yang disampaikan guru.

  8. Assalamualaikum wr,wb
    Nama : Atika Wulandari S
    Nim : 859665899
    Upbjj: Bandar Lampung

    Berdasarkan video yang saya lihat bahwa guru tersebut menjelaskan materi dengan cara monoton atau hanya menggunakan metode ceramah dan guru hanya menjelaskan dengan berdiri didepan kelas, sehingga membuat mood siswa berkurang dalam belajar disiang hari karena mereka sudah lelah sehingga lambat dalam menerima pembelajaran.

  9. Nama mahasiswa: Nurul Hasanah Mangunsong
    Nim : 855860535
    Semester : 6
    UPBJJ : 12/ MEDAN
    Izin mengomentari video ” siswa tidak konsentrasi belajar matematika saat siang hari ”
    KELEBIHAN
    1. Guru memberikan motivasi untuk siswa bahwa matematika sangat penting bahkan dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Guru tersebut menyiapkan media gambar untuk keberhasilan pembelajaran.
    3. Guru membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dengan melakukan tanya-jawab.
    KEKURANGAN
    1. Menurut saya kekurangan dalam video tersebut hanya saat melakukan pembelajaran guru tersebut tidak melakukan pendahuluan. Misalnya, salam, menanyakan kabar, dan absensi.
    SOLUSI
    Menurut saya guru tersebut agar membiasakan melakukan pendahuluan sebelum pembelajaran di mulai agar keadaan kelas lebih kondusif.

  10. Nama : Istiqomah
    Nim : 856997704
    Pokjar : Salut HMPTI
    UPBJJ-UT : Bandar Lampung
    Dari video tersebut memang sering terjadi pada siswa yang seringkali mengalami kesulitan berkonsentrasi saat belajar matematika, terutama pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari, ditandai dengan berbincang-bincang dengan teman sekelas dan merasa mengantuk. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat mengajak siswa belajar di luar kelas, yang dapat membuka ruang baru bagi mereka untuk menemukan minat baru dalam materi yang diajarkan dan melihat penerapan praktis dari konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, yang pada gilirannya dapat meningkatkan konsentrasi dan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran tersebut. Dan pada video tersebut sudah diterapkan cara membangun minat siswa dengan mengajak anak untuk ikut serta mengukur sebuah gambar gedung untuk dihitung, sehingga siswa merasakan rasa ingin tahu dan menumbuhkan minat anak untuk menghitung.

Leave a Reply