silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,454 Comments

  1. NAMA: TEODORA SUNARTI
    NIM: 858071328
    UPBJJ: UT-PONTIANAK
    POKJAR: MEMPAWAH

    pada video diatas saya melihat bahwa kegiatan pembuka dan penutup masih kurang menarik dan bahkan untuk kegiatan pembukaan tidak dilakukan oleh guru tersebut.
    Pada awal pembelajaran, para siswa belum terlihat bersemangat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Namun setelah guru tersebut melakukan refleksi sejenak, guru itu bisa langsung menarik perhatian para siswa sehingga mereka bisa mulai fokus dan menikmati pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut.
    Media pembelajaran sudah ada, namun masih terbatas.
    Menurut saya, untuk menarik perhatian siswa supaya dapat memberikan perhatian mereka pada pembelajaran yang akan diberikan khususnya pada mata pelajaran matematika ini harusnya guru tidak hanya berceramah di depan kelas saja. Melainkan harus berjalan-jalan juga menghampiri para siswa agar mereka juga merasa diperhatikan dan bisa memperhatikan penjelasan guru tersebut.
    Memberikan ice breaking juga diperlukan ketika para siswa sudah kelihatan gundah dan tidak fokus.

    Sekian dari saya. Terima kasih🙏

  2. Nama : Ira Suhesti
    Nim : 855856535
    Pokjar : Labuhanbatu Utara
    1.Pada video awal guru tidak menggunakan intonasi yang benar dalam membacakan berita
    sehingga siswa tidak fokus dalam menyimak. Guru juga membiarkan siswa tidak fokus dalam
    menyimak sehingga mereka tidak dapat menyerap informasi yg diberikan oleh guru. Sehingga
    siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yg di berikan oleh guru.
    2. Dalam menyimak guru harus memfokuskan siswa dan memberikan perhatian, agar siswa
    tersebut memahami apa yg mereka simak, dalam hal menyimak guru menyampaikan nya
    dengan cara yg efektif dan menarik, dengan guru memberikan perhatian dan memfokuskan
    siswa dan juga penyampaian guru degan cara yang menarik siswa akan lebih fokus dan mudah
    di pahami oleh siswa tersebut.
    3. Guru sudah mempersiapkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga
    siswa dapat menyimak berita tersebut. Menyimak tidak hanya mendengarkan melainkan juga
    harus menulis apa yang sudah di dengar sehingga siswa dapat fokus dalam menyimak. Apabila
    siswa menyimak dan menulis maka mereka akan dapat memahami apa yang mereka simak.
    Sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan benar. Mempersiapkan kelas yang
    kondusif sangat penting agar siswa dapat menyimak materi pelajaran dengan baik.
    4. Guru tidak melakukan apersepsi, Guru juga tidak memberikan penguatan materi dan penguatan
    kesimpulan
    5.(digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet
    sama sekali)
    Adapun upaya yang dapat di lakukan guru diantaranya guru harus mengunakan metode
    pembelajaran yang bervariasi yang dapat menarik minat dan perhatian siswa agar siswa lebih
    fokus ketika mendengarkan soal cerita. Selain itu guru juga dapat mengunakan media
    pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran

  3. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Vidio tersebut berisi tentang strategi belajar matematika di siang hari.Jika seorang guru ingin anak didiknya fokus belajar di waktu siang hari maka guru harus membuat proses pembelajaran yang menarik dan bervariasi.Untuk itu guru bisa menggunakan media atau alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran untuk menarik perhatian siswa.

  4. Nama Mahasiswa : Nurul Hasanah Mangunsong
    Nim : 855860535
    Semester : 6
    UPBJJ : 12/Medan

    Kelebihan video
     Guru memberikan motivasi untuk siswa bahwa matematika sangat penting, bahkan dalam kehidupan sehari-hari.
     Guru tersebut menyiapkan media gambatr untuk keberlangsungan pembelajaran .
     Guru membuat suasana kelas lebih aktif dengan melakukan Tanya-jawab.
    Kekurangan video
     Menurut saya kekurangan dalam video ini hanya pada saat pembukaan pembelajaran karena guru tersebut tidak melakukan pendahuluan seperti, salam, menanyakan kabar, berdoa, dan absensi agar kondisi kelas lebih kondusif.
    Solusi
     Menurut saya guru tersebut agar lebih memperhatikan saat memulai pembelajaran agar suasana kelas lebih kondusif.

  5. Nama : Dwi Safitri
    NIM : 858706218
    UPBJJ : UT SURABAYA
    POKJAR : BANGKALAN
    Kelebihan dalam video pembelajaran;
    Pada video tersebut,guru berusaha membangkitkan konsentrasi siswa pada saat pembelajaran siang hari,dengan cara menggunakan media gambar.
    Hal tersebut akan menarik perhatian siswa dan menjadi focus pembelajaran.
    Kekurangan dalam video pembelajaran;
    Pada video tersebut kondisi siswa pada siang hari kurang konsentrasi dan kurang bersemangat.
    Hal ini akan menyebabkan pembelajaran kurang maksimal sehingga guru harus menemukan cara untuk mengatasi sikap siswa pada siang hari.
    Hal unik pada video tersebut adalah guru memancing minat siswa supaya focus dengan pembelajaran matematika dengan gambar yang menarik hingga siswa dapat memperhatikan dengan seksama.
    Saran saya pada video pembelajaran tersebut adalah;
    Menurut saya,guru perlu menambahkan media pembelajaran berupa benda yang ada disekitar sekolah maupun diluar kelas.
    Karna pada usia anak sekolah dasar,mereka mudah bosan saat pembelajaran hanya terpaku pada materi dan suasana ruang kelas.
    Guru dapat sesekali mengajak siswa untuk berinteraksi pada benda yang ada di luar kelas sebagai hiburan sambil belajar.

  6. Nama : FILKO ANDRI
    Nim : 821706643
    Pokjar : Tilkam
    UPBBJ : Padang
    1. pada reaksi pembelajaran , masih banyak siswa yang kurang fokus,ada yang asyik berbicara sendiri dengan temannya,sehingga membuat kegiatan pembelajaran kurang kondusif,guru tidak membuka salam dan tidak melakukan absensi kelas.
    2.kelemahan pada pembelajaran ini proses kegiatan mengajar dilakukan pada siang hari dimana siswa kurang fokus untuk memperhatikan apa yang dissampaikan gurunya, penyampaian materi terlalu monoton, guru tidak menerangkan materinya langsung menuju ke inti pembelajaran
    3.kelebihan dari pembelajaran ini guru berusaha membuat siswa fokus dengan memberikan media gambar agar siswa dapat lebih paham dan jelas dalam proses pembelajaran,guru suaranya sangat lantang sehingga dapat mudah didengarkan oleh siswa, adanya sesi tanya jawab membuat siswa dapat fokus kembali dalam pembelajaran.
    4.hal unik dalam video ini terdapat aktivitas siswa yang masih terlihat mengantuk, berjalan jalan, dan asyik ngobrol dengan temannya akan tetapai proses kegiatan mengajar masih dapat berjalan kondusif meskipun di siang hari.
    5.menurut saya upaya yang harus dilakukan, sebelum pembelajaran dimulai guru harus memberikan motivasi dan menyampaikan materi terlebih dahulu, guru harus lebih kreatif dan inovatif lagi dengan cara membawakan alat peraga atau media gambar yang lebih menarik perhatian dan konsentrasi siswa,perlu evaluasi pemindahan jam pelajaran agar siswa lebih segar dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa lebih aktif dan pembelajaran dapat berjalan dengan kondusif.

  7. Nama Mahasiswa : MIRAWATI
    Nim : 856975945
    Semester : 8
    UPBJJ : Kota Agung

    Mengajak siswa belajar di luar kelas merupakan solusi yang bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan minat belajar mereka. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan guru untuk mengimplementasikan solusi tersebut:

    1. Pilih Lokasi yang Tepat: Pilihlah lokasi di luar kelas yang cocok untuk belajar matematika. Misalnya, perpustakaan sekolah, ruang terbuka seperti taman, atau ruang belajar yang tenang.

    2. Rencanakan Kegiatan: Buatlah rencana pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kurikulum, namun tetap dapat dilakukan di luar kelas. Misalnya, mengadakan permainan matematika, pengamatan alam yang melibatkan konsep matematika, atau diskusi kelompok.

    3. Libatkan Siswa: Ajak siswa untuk memilih lokasi dan jenis kegiatan belajar di luar kelas. Dengan melibatkan mereka, mereka akan merasa memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran mereka sendiri.

    4. Berikan Panduan: Berikan panduan yang jelas kepada siswa tentang apa yang diharapkan dari kegiatan belajar di luar kelas. Misalnya, target pembelajaran yang harus dicapai atau tugas tertentu yang harus diselesaikan.

    5. Dampingi dan Bimbing: Berikan bimbingan dan dukungan kepada siswa selama kegiatan belajar di luar kelas. Dampingi mereka dalam menjawab pertanyaan atau membimbing mereka jika mereka mengalami kesulitan.

    6. Evaluasi Hasil: Setelah kegiatan belajar selesai, berikan umpan balik kepada siswa tentang pencapaian mereka. Evaluasi hasil pembelajaran mereka dan identifikasi area yang perlu diperbaiki.

    Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan siswa akan lebih terlibat dan bersemangat dalam pembelajaran matematika, serta dapat meningkatkan konsentrasi mereka saat belajar di luar kelas.

  8. Nama : Siti Kodariyah
    NIM : 857935564
    Semester : 8
    Pokjar : Temanggung

    Analiasa video menurut saya adalah dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya :
    Kelebihan :
    1. Guru sebelum memulai pelajaran memberikan motivasi kepada peserta didik.
    2. Guru memepersiapkan alat peraga yang menarik agar menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran.

    Kekurangannya :
    1. Guru tidak mengawali dengan salam pembuka, mengabsen, menanyakan kabar terlebih dahulu.
    2. Guru tidak memberikan kesempatan menyiapkan alat tulis menulis sebelum memulai ke pembelajaran inti .
    3. Guru tidak menyebutkan materi pembelajaran yang akan berlangsung dan tidak memberikan materi secara rinci sehingga semua anak faham.

    Masukan :
    1. Sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru memberikan salam pembuka, mengabsen dan menayakan kabar untuk membeuat konsentrasi anak.
    2. Sebaiknya guru memberikan materi dulu kepada anak sebelum memberikan tugas, dan menanyakan dahulu apakah sudah paham dengan materinya atau belum.

  9. Nama:Sylvia Pidang
    Nim:858430127
    Upbjj:Samarinda
    Pokjar:Barong Tongkok
    Selamat Siang….
    Ijin menanggapi video GPO
    Saya melihat reaksi siswa saat memulai pelajaran di siang hari, merasa jenuh dan tidak bersemangat
    Sedangkan kelemahan pada pembelajaran tersebut guru kurang aktif dan tidak melibatkan siswa dalam menggunakan media pembelajarannya, mengakibatkan anak mengantuk karena tidak ada interaksi antara guru dan murid.
    Kelebihan nya guru sudah menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi kepada siswa walaupun masih dalam keterbatasan.
    Menurut saya tidak ada hal unik yang dilakukan guru.
    Saran saya semoga kedepannya nanti guru lebih aktif lagi berpartisipasi dengan siswa seperti mengawali pelajaran dengan bertanya kabar siswa hari ini dan menyuruh mereka menceritakan sedikit pengalaman mereka di hari kemarin, saat siang hari di harapkan guru dapat memulai kegiatan dengan ice breaking membuat permainan-permainan kecil, agar siswa tidak merasa jenuh.
    Terima kasih…

  10. Nama : Jiyan Ardiyana
    Nim : 855746958
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Natar

    Berdasarkan video diatas tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari, saya melihat guru berusaha menaikkan semangat belajar siswanya dengan berbagai metode dan media pembelajaran. Videonya sangat bagus dengan menggunakan media gambar, tapi karena kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan pada pembelajaran terakhir pada siang hari jadi siswa sudah lelah maka siswa tetap tidak bisa konsentrasi.
    Terlihat dari banyak siswa yang asyik ngobrol dengan temannya, ada juga siswa yang mengantuk. Sebagai seorang guru, seharusnya harus mampu menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif untuk menarik perhatian dan minat belajar siswa Anda. Dalam video terlihat jelas bahwa, reaksi siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa ada siswa yang sibuk atau asyik mendiskusikan topiknya, atau tidak bersemangat atau antusias selama pembelajaran.

    KELEBIHAN VIDIO :
    – Guru memberikan motivasi untuk siswa guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat pembelajaran matematika bahwa matematika sangat penting bahkan dalam kehidupan sehari-hari.
    – Guru tersebut kreatif dalam menggunakan media visual yang dapat menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran, guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat pembelajaran matematika.
    – Guru membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dengan melakukan tanya-jawab, guru melibatkan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.

    KEKURANGAN VIDIO:
    – Menurut saya kekurangan dalam video tersebut hanya saat melakukan pembelajaran guru tersebut tidak melakukan pendahuluan. Seperti tidak menyapa siswa pada awal pembelajaran, tidak menanyakan kabar dan tidak melaksanakan absensi.

    SOLUSI
    – Menurut saya guru tersebut harus membiasakan, saat melakukan aktivitas pada awal pembelajaran kita terlebih dahulu mengucapkan salam dan doa, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran agar keadaan kelas lebih kondusif dan siswa lebih fokus terhadap pembelajaran.

Leave a Reply