silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Victor Wikardi Gulo
Nim : 856058964
UPBJJ : Medan
Pokjar : Mandrehe
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran : Pada awal pembelajaran terlihat siswa kurang apresiasi terhadap pembelajaran yang akan di ajarkan oleh guru tersebut suasana menjadi riuh sehingga guru kesulitan untuk berbicara dan terdapat juga siswa yang menanggapi perkataan guru sedikit kurang sopan hal ini terjadi karena proses pembelajaran di mulai pada siang hari terkhusus untuk pelajaran matematika yang pada umumnya membutuhkan nalar dan kosentrasi yang tinggi dalam memahami materi tersebut.
kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam video ialah : dalam video terbut terlihat guru sangat tenang dalam menghadapi sikap siswa yang mulai tidak kondusif
kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam video ialah : guru dalam video tersebut kurang memahami sikap siswa yang sudah mulai bosan dan jenuh sehingga kesulitan mendapatkan perhatian siswa.
Hal-hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran : metode pembelajaran yang digunakan guru tersebut sangat menarik di mana guru tidak hanya berfokus pada pemecahan masalah dalam matematika terlihat di dalam video tersebut guru memberikan contoh ataupun alat peraga yang relefan dengan pengalaman siswa yang dapat dijumpai dalam kehidupan siswa sehari-hari.
kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ialah Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru dapat memperkuat keterampilan dalam manajemen kelas dan variasi metode pembelajaran, serta meningkatkan kemampuan memahami emosi dan kondisi siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih terlibat, perhatian akan lebih mudah didapatkan, dan suasana belajar menjadi lebih dinamis.
Nama : Linda Karyawati Sirait
NIM : 856463929
UPBJJ : UT Pekanbaru
Pokjar : Dumai
Dari video tentang Siswa kurang konsentrasi belajar Matematika di siang hari.
Saya dapat menganalisis yaitu
Guru tidak membuka pembelajaran dengan menunjukkan semangat kepada siswa.
Harus nya guru bisa memulai dengan bernyanyi atau gerak badan supaya siswa lebih semangat dan tidak memgantuk.
Kemudian guru tidak melakukan penjelasan tentang materi yang akan di ajarkan.
Kemudian guru harus nya mengajak anak berdiskusi dan berkelompok agar anak lebih semangat belajar nya.
Bisa mengukur benda2 atau mengukur tinggi badan temannya.
Sehingga siswa lebih semangat dan tidak mengantuk.
Terimakasih
NAMA : EFARNUS ZAI
NIM : 856063579
POKJAR:IDANOGAWO
UPBJJ: MEDAN
JUDUL VIDEO:Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Reaksi siswa: pada metode pembelajaran awal yang dilakukan seorang guru tersebut mengakibatkan mengakibatkan siswa bermain dan tidak aktif dalam pembelajaran.
kelemahan : guru mengawali pembelajaran tidak berdasarkan metode pembelajaran yang baik dan benar,tidak melakukan motifasi,apresiasi,dan penguatan yang membangkitkan siswa untuk aktif
kelebihan : pada pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pada siang hari tersebut mampu mengantikan metode pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang membakitkan keaktifan siswa dalam menberikan pendapat mengenai media gambar ,dan mampu memberikan motofasi yang menguatkan siswa dalam mencapai tujuan dan cita cita dalam belajar pelajaran matematika
upaya yang bisa saya sarankan untuk membangun dan meningkatkan pembelajaran matematika pada siang hari salah satunya melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah disiapkan,menggunakan metode pembelajaran yang bisa disesuakan dengan keadaan siswa dalam kelas.
Nama : Linda Karyawati Sirait
NIM : 856463929
UPBJJ : UT Pekanbaru
Pokjar : Dumai
Dari video tentang Siswa kurang konsentrasi belajar Matematika di siang hari.
Saya dapat menganalisis yaitu
Guru tidak membuka pembelajaran dengan menunjukkan semangat kepada siswa.
Harus nya guru bisa memulai dengan bernyanyi atau gerak badan supaya siswa lebih semangat memulai pembelajaran.
Kemudian guru tidak melakukan penjelasan tentang materi yang akan di ajarkan.
Sehingga banyak siswa yang tak paham dan tidak konsentrasi.
Guru juga harus nya mengajak anak berdiskusi dan berkelompok agar anak lebih semangat belajar nya.
Bisa belajar bersama dengan teman dan lebih menyenangkan.
Bisa mengukur benda2 atau mengukur tinggi badan temannya.
Sehingga siswa lebih semangat dan tidak mengantuk dalam belajar.
Kemudian guru harus memberi arahan alat dan bahan apa saja yang digunakan dalam berdiskusi untuk media pembelajaran.
Agar siswa lebih memahami materi pembelajaran yang diisampaikan guru.
Terimakasih
Nama : Siti Nazwa Silitonga
Nim : 855858349
Upbjj: labuhan batu utara
Setelah menonton video pembelajaran di mana seorang guru berusaha mengatasi masalah ketidak-konsentrasian siswa saat belajar matematika di siang hari, saya melihat bahwa pendekatannya sudah cukup efektif. Guru tersebut menggunakan berbagai metode seperti penggunaan media gambar dan eksperimen langsung, serta mengajarkan kepercayaan diri kepada siswa dengan kegiatan mengukur panjang gambar di depan kelas. Meskipun demikian, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian saat pembukaan pembelajaran. Ini mungkin disebabkan oleh persepsi umum bahwa matematika sulit dan membosankan, terutama saat diajarkan pada siang hari. Untuk meningkatkan konsentrasi siswa, guru perlu mengubah mindset mereka tentang matematika dengan mengedepankan ide bahwa matematika dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan
Nama : Siti nazwa silitonga
Nim : 855858349
Setelah menonton video pembelajaran di mana seorang guru berusaha mengatasi masalah ketidak-konsentrasian siswa saat belajar matematika di siang hari, saya melihat bahwa pendekatannya sudah cukup efektif. Guru tersebut menggunakan berbagai metode seperti penggunaan media gambar dan eksperimen langsung, serta mengajarkan kepercayaan diri kepada siswa dengan kegiatan mengukur panjang gambar di depan kelas. Meskipun demikian, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian saat pembukaan pembelajaran. Ini mungkin disebabkan oleh persepsi umum bahwa matematika sulit dan membosankan, terutama saat diajarkan pada siang hari. Untuk meningkatkan konsentrasi siswa, guru perlu mengubah mindset mereka tentang matematika dengan mengedepankan ide bahwa matematika dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan
Nama : Nopi Arianti
NIM : 857455347
Pokjar : Garut
UPBJJ UT Bandung
Setelah saya menyimak video tentang pembelajaran Matematika di siang hari, terlihat guru tersebut mendapatkan masalah saat akan belajar matematika. Sebagian besar siswa sudah tidak fokus dan mengabaikan apa yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut terjadi karena kondisi waktu di siang hari yang membuat siswa kurang konsentrasi apalagi guru tersebut tidak menggunakan media apapun. Penggunaan media yang kurang menarik sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Namun, akhirnya guru tersebut mencari solusi agar siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran yaitu dengan media gambar. Setelah itu, siswa menjadi lebih fokus dan konsentrasi pada pembelajaran. Kekurangan pada video tersebut, guru belum bisa mengondisikan kelas dengan baik, sehingga siswa lebih asyik bermain dan mengobrol dengan temannya dan mereka tidak fokus dalam belajar. sedangkan kelebihannya yaitu ketika kelas sudah tidak kondusif, guru tersebut segera mengganti metode pembelajarannya sehingga dapat menarik kembali perhatian siswa.Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa seorang guru haruslah kreatif dalam pemilihan media pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan keterlibatan siswa di kelas.
Nama : Endarti Naluriyah
NIM : 857454804
Prodi : S1 PGSD semester 8
UT BANDUNG, POKJAR GARUT
Berdasarkan hasil video tersebut, menurut saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan keefektifan belajar matematika. Pada jam siang, seringkali kita temukan konsentrasi siswa berkurang bahkan ada yang sampai mengantuk. Solusi pertama untuk menangani hal seperti ini yaitu sebelum pembelajaran dimulai alangkah baiknya guru memberikan ice breaking yang seru atau permainan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan semangat siswa.
Penggunaan media pembelajaran juga harus kreatif dan konkret, serta harus melibatkan siswa menjadi aktif. Contoh dalam videl tersebut guru menggunakan meja sebagai media pembelajaran matematika dalam materi pengukuran. Selain itu guru juga harus pandai berinteraksi dengan siswa seperti melakukan tanya jawab, hal ini berguna untuk menjaga konsentrasi siswa.
Nama : Endarti Naluriyah
NIM : 857454804
Prodi : S1 PGSD semester 8
UT BANDUNG POKJAR GARUT
Menurut saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan keefektifan belajar matematika. Pada jam siang, seringkali kita temukan konsentrasi siswa berkurang bahkan ada yang sampai mengantuk. Solusi pertama untuk menangani hal seperti ini yaitu sebelum pembelajaran dimulai alangkah baiknya guru memberikan ice breaking yang seru atau permainan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan semangat siswa.
Penggunaan media pembelajaran juga harus kreatif dan konkret, serta harus melibatkan siswa menjadi aktif. Contoh dalam videl tersebut guru menggunakan meja sebagai media pembelajaran matematika dalam materi pengukuran. Selain itu guru juga harus pandai berinteraksi dengan siswa seperti melakukan tanya jawab, hal ini berguna untuk menjaga konsentrasi siswa.
Nama Mahasiswa : Rina Lestari
Nim : 859643514
Prodi : PGSD
dari video diatas saya mampu menyimpulkan bahwa suasana kelas saat pelajaran Matematika pada siang hari membuat kondisi kegaduhan dikarenakan anak sudah lelah, bahkan mata pelajaran Matematika sendiri merupakan pelajaran yang terbilang susah sehingga membutuhkan guru yang mampu menggunakan strategi pembelajaran yang dapat membuat anak merasa tertarik dalam pelajaran matematika. sehingga metode ceramah sendiri sangat kurang jika digunakan guru dalam menyampaikan materi matematika di siang hari. suara guru juga harus lantang sehingga mampu mengusai kondisi kelas yang gaduh. dari video tersebut juga terlihat guru menyadari bahwa pembawaan materi matematika yang di jelaskan kurang efisien sehingga guru langsung mengubah gaya mengajar dengan metode tanya jawab dengan menggunakan media gambar, sehingga anak-anak terlihat tertarik dengan strategi mengajar guru tersebut dan banyak anak yang lomba-lomba dalam menjawabnya dan membuat susana kelas yang menyenangkan. dari kasus video tersebut juga saya memahami bahwa metode ceramah yang digunakan guru sangat kurang pas jika digunakan tanpa menggunakan media pembelajaran yang lain seperti alat peraga,gambar dsb.