silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Juny Ancy Cristin
    Nim : 856027382
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Binjai
    Kelas : 6A.2
    Kelompok : 4

    1.) Menurut saya dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan tersebut terlihat bahwa semua siswa tampak tidak menyukai kegiatan pembelajaran tersebut, seketika mereka langsung ribut dan sangat terlihat bahwa mereka sedikit pun tidak senang dan malas mempelajari pelajaran tersebut.
    2.) Dan menurut saya kelemahan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut langsung saja memulai pembelajaran tanpa ada kegiatan pembukaan terlebih dahulu seperti berdoa, mengecek kehadiran siswa dan dalam menjelaskan materi guru tersebut hanya menggunakan media papan tulis saja tidak ada menggunakan alat peraga, misalnya dalam menjelaskan tentang kubus sebaiknya guru tersebut membuat bentuk kubus dari kertas karton sehingga siswa dapat melihatnya secara langsung.
    3.) Kemudian menurut saya kelebihan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut mendatangkan seorang narasumber yang bisa membantu menjelaskan kepada semua siswa bagaimana pentingnya mempelajari matematika agar bisa bekerja seperti narasumber tersebut narasumber tersebut juga bisa memotivasi siswa siswa tersebut agar bisa lebih giat lagi dalam belajar matematika dengan menunjukkan gambar gambar yang telah di rancang oleh narasumber tersebut sehingga semua siswa pun menjadi tertarik dan senang mempelajari matematika.
    4.) Kemudian dalam video tersebut menurut saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu pada saat guru ingin memulai pembelajaran matematika semua murid langsung gelisah,ribut, dan merasa tidak senang dengan pelajaran tersebut.
    5.) Menurut saya jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut maka upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
    1. Kita harus bisa menanamkan sikap percaya diri kepada siswa-siswi, Salah satu penyebab mengapa anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika adalah karena kurangnya rasa percaya diri mereka untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang mereka anggap susah, jadi sebagai guru kita harus bisa memberikan semangat dan memberikan rasa percaya diri kepada siswa tersebut.
    2. Memberikan motivasi dan mengungkapkan fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika kepada siswa, guru dapat memberikan motivasi dengan cara memperkenalkan tokoh-tokoh yang sukses dengan mempelajari matematika, sebagai guru matematika kita tidak melulu harus mengerjakan soal, tetapi cara ini juga bisa membuat dia menjadi lebih menyukai matematika.
    3. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan, kita bisa belajar matematika dengan beberapa permainan-permainan, membuat catatan-catatan yang berwarna, hingga kita juga bisa menjadikan alam sekitar untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran matematika.
    4. Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika, anak-anak bisa bermain games yang mempunyai hubungannya dengan matematika atau anak-anak juga bisa melihat video-video tentang belajar matematika yang menyenangkan.

  2. Nama : Juny Ancy Cristin
    Nim : 856027382
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Binjai
    Kelas : 6A.2
    Kelompok : 4

    1.) Menurut saya dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan tersebut terlihat bahwa semua siswa tampak tidak menyukai kegiatan pembelajaran tersebut, seketika mereka langsung ribut dan sangat terlihat bahwa mereka sedikit pun tidak senang dan malas mempelajari pelajaran tersebut.

    2.) Dan menurut saya kelemahan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut langsung saja memulai pembelajaran tanpa ada kegiatan pembukaan terlebih dahulu seperti berdoa, mengecek kehadiran siswa dan dalam menjelaskan materi guru tersebut hanya menggunakan media papan tulis saja tidak ada menggunakan alat peraga, misalnya dalam menjelaskan tentang kubus sebaiknya guru tersebut membuat bentuk kubus dari kertas karton sehingga siswa dapat melihatnya secara langsung.

    3.) Kemudian menurut saya kelebihan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut mendatangkan seorang narasumber yang bisa membantu menjelaskan kepada semua siswa bagaimana pentingnya mempelajari matematika agar bisa bekerja seperti narasumber tersebut narasumber tersebut juga bisa memotivasi siswa siswa tersebut agar bisa lebih giat lagi dalam belajar matematika dengan menunjukkan gambar gambar yang telah di rancang oleh narasumber tersebut sehingga semua siswa pun menjadi tertarik dan senang mempelajari matematika.

    4.) Kemudian dalam video tersebut menurut saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu pada saat guru ingin memulai pembelajaran matematika semua murid langsung gelisah,ribut, dan merasa tidak senang dengan pelajaran tersebut.

    5.) Menurut saya jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut maka upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
    1. Kita harus bisa menanamkan sikap percaya diri kepada siswa-siswi, Salah satu penyebab mengapa anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika adalah karena kurangnya rasa percaya diri mereka untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang mereka anggap susah, jadi sebagai guru kita harus bisa memberikan semangat dan memberikan rasa percaya diri kepada siswa tersebut.
    2. Memberikan motivasi dan mengungkapkan fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika kepada siswa, guru dapat memberikan motivasi dengan cara memperkenalkan tokoh-tokoh yang sukses dengan mempelajari matematika, sebagai guru matematika kita tidak melulu harus mengerjakan soal, tetapi cara ini juga bisa membuat dia menjadi lebih menyukai matematika.
    3. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan, kita bisa belajar matematika dengan beberapa permainan-permainan, membuat catatan-catatan yang berwarna, hingga kita juga bisa menjadikan alam sekitar untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran matematika.
    4. Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika, anak-anak bisa bermain games yang mempunyai hubungannya dengan matematika atau anak-anak juga bisa melihat video-video tentang belajar matematika yang menyenangkan.

  3. Nama : Juny Ancy Cristin
    Nim : 856027382
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Binjai
    Kelas : 6A.2
    Kelompok : 4

    1.) Menurut saya dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan tersebut terlihat bahwa semua siswa tampak tidak menyukai kegiatan pembelajaran tersebut, seketika mereka langsung ribut dan sangat terlihat bahwa mereka sedikit pun tidak senang dan malas mempelajari pelajaran tersebut.

    2.) Dan menurut saya kelemahan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut langsung saja memulai pembelajaran tanpa ada kegiatan pembukaan terlebih dahulu seperti berdoa, mengecek kehadiran siswa dan dalam menjelaskan materi guru tersebut hanya menggunakan media papan tulis saja tidak ada menggunakan alat peraga, misalnya dalam menjelaskan tentang kubus sebaiknya guru tersebut membuat bentuk kubus dari kertas karton sehingga siswa dapat melihatnya secara langsung.

    3.) Kemudian menurut saya kelebihan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut mendatangkan seorang narasumber yang bisa membantu menjelaskan kepada semua siswa bagaimana pentingnya mempelajari matematika agar bisa bekerja seperti narasumber tersebut narasumber tersebut juga bisa memotivasi siswa siswa tersebut agar bisa lebih giat lagi dalam belajar matematika dengan menunjukkan gambar gambar yang telah di rancang oleh narasumber tersebut sehingga semua siswa pun menjadi tertarik dan senang mempelajari matematika.

    4.) Kemudian dalam video tersebut menurut saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu pada saat guru ingin memulai pembelajaran matematika semua murid langsung gelisah,ribut, dan merasa tidak senang dengan pelajaran tersebut.

    5.) Menurut saya jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut maka upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
    1. Kita harus bisa menanamkan sikap percaya diri kepada siswa-siswi, Salah satu penyebab mengapa anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika adalah karena kurangnya rasa percaya diri mereka untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang mereka anggap susah, jadi sebagai guru kita harus bisa memberikan semangat dan memberikan rasa percaya diri kepada siswa tersebut.
    2. Memberikan motivasi dan mengungkapkan fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika kepada siswa, guru dapat memberikan motivasi dengan cara memperkenalkan tokoh-tokoh yang sukses dengan mempelajari matematika, sebagai guru matematika kita tidak melulu harus mengerjakan soal, tetapi cara ini juga bisa membuat dia menjadi lebih menyukai matematika.
    3. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan, kita bisa belajar matematika dengan beberapa permainan-permainan, membuat catatan-catatan yang berwarna, hingga kita juga bisa menjadikan alam sekitar untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran matematika.
    4. Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika, anak-anak bisa bermain games yang mempunyai hubungannya dengan matematika atau anak-anak juga bisa melihat video-video tentang belajar matematika yang menyenangkan.

  4. Nama : Korry Nur Alkindi
    NIM : 857317603
    Program Studi : S1 PGSD

    Assalamualaikum Wr Wb
    Setelah saya menyimak video ini, permasalahan yang terjadi adalah kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika, karena siswa menganggap pelajaran matematika itu sulit sehingga kurang diminati oleh siswa. Tidak ada kegiatan pendahuluan atau awal pembelajaran serta kurangnya media/alat pembelajaran.

    Kelebihannya : Guru memberikan motivasi dengan cara mengundang insinyur sebagai Contoh pekerjaan yang berhubungan dengan matematika, secara tidak langsung siswa akan memahami betapa penting nya belajar matematika di kehidupan mereka sehari-hari. cara seperti ini membantu guru untuk memotivasi pada diri siswa hinggaa mereka semangat belajar matematika.

    Sekian pendapat dari saya,
    Wassalamu’alaikum Wr Wb

  5. Nama : FITRI RAHAYU
    NIM : 859882097
    Program Studi : PGSD-S1

    Dari hasil video yang telah dipaparkan dengan judul “Siswa Tidak Menyukai Matematika” yang dapat saya analisis yaitu mengenai permasalahn utama yang dimiliki siswa diantaranya yaitu siswa memiliki pemikiran bahwa matematika itu sulit dan tidak penting dalam kehidupan.
    Berdasarkan permasalahan yang ada terdapat kelemahan dalam pembelajaran di video yaitu:
    1.Pembelajaran terjadi secara monoton sehingga membuat siswa asik dengan ceritanya masing-masing
    2.Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan belajar matematika
    3.Siswa tidak fokus dengan pembelajaran karena guru tidak melakukan umpan balik
    4.Tidak ada kegiatan mengulang pembelajaran sebelumnya dengan materi hari ini
    Dari permasalah yang ada guru terus berusaha agar siswa bisa menyukai matematika dan guru tidak boleh berputus asa dan selalu berusaha mencari solusinya, seperti mendatangkan narasumber dari berbagai profesi. Oleh karena itu kelebihan dalam pembelajaran di video yaitu:
    1.Guru sudah memotivasi siswa tentang pentingnya matematika di dunia kerja dengan mendatangkan seorang insinyur arsitek
    2.Ada beberapa siswa yang aktif bertanya kepada narasumber

    Berdasarkan permasalahan di atas adapun saran yang saya berikan yaitu:
    1.Guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai
    2.Selalu memberikan motivasi tentang pentingnya matematika dalam kehidupan setiap belajat matematika
    3.Jangan paksakan siswa untuk menghapal melainakn memahami

  6. Nama : Juny Ancy Cristin
    Nim : 856027382
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Binjai
    Kelas : 6A.2
    Kelompok : 4

    1.) Menurut saya dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan tersebut terlihat bahwa semua siswa tampak tidak menyukai kegiatan pembelajaran tersebut, seketika mereka langsung ribut dan sangat terlihat bahwa mereka sedikit pun tidak senang dan malas mempelajari pelajaran tersebut.
    2.) Dan menurut saya kelemahan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut langsung saja memulai pembelajaran tanpa ada kegiatan pembukaan terlebih dahulu seperti berdoa, mengecek kehadiran siswa dan dalam menjelaskan materi guru tersebut hanya menggunakan media papan tulis saja tidak ada menggunakan alat peraga, misalnya dalam menjelaskan tentang kubus sebaiknya guru tersebut membuat bentuk kubus dari kertas karton sehingga siswa dapat melihatnya secara langsung.
    3.) Kemudian menurut saya kelebihan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut mendatangkan seorang narasumber yang bisa membantu menjelaskan kepada semua siswa bagaimana pentingnya mempelajari matematika agar bisa bekerja seperti narasumber tersebut narasumber tersebut juga bisa memotivasi siswa siswa tersebut agar bisa lebih giat lagi dalam belajar matematika dengan menunjukkan gambar gambar yang telah di rancang oleh narasumber tersebut sehingga semua siswa pun menjadi tertarik dan senang mempelajari matematika.
    4.) Kemudian dalam video tersebut menurut saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu pada saat guru ingin memulai pembelajaran matematika semua murid langsung gelisah,ribut, dan merasa tidak senang dengan pelajaran tersebut.
    5.) Menurut saya jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut maka upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
    1. Kita harus bisa menanamkan sikap percaya diri kepada siswa-siswi, Salah satu penyebab mengapa anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika adalah karena kurangnya rasa percaya diri mereka untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang mereka anggap susah, jadi sebagai guru kita harus bisa memberikan semangat dan memberikan rasa percaya diri kepada siswa tersebut.
    2. Memberikan motivasi dan mengungkapkan fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika kepada siswa, guru dapat memberikan motivasi dengan cara memperkenalkan tokoh-tokoh yang sukses dengan mempelajari matematika, sebagai guru matematika kita tidak melulu harus mengerjakan soal, tetapi cara ini juga bisa membuat dia menjadi lebih menyukai matematika.
    3. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan, kita bisa belajar matematika dengan beberapa permainan-permainan, membuat catatan-catatan yang berwarna, hingga kita juga bisa menjadikan alam sekitar untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran matematika.
    4. Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika, anak-anak bisa bermain games yang mempunyai hubungannya dengan matematika atau anak-anak juga bisa melihat video-video tentang belajar matematika yang menyenangkan.

  7. Nama : SAROAMAN ZANDROTO
    NIM : 823158984
    Prodi : S1 PGSD

    Salam untuk kita semua, dan tetap semangat.

    Mohon izin untuk menyampaikan tanggapan/komentar.
    Pertama-tama, saya senang sekali bisa menonton dan mengamati video tentang “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” dapat menambah pengetahuan dalam perbaikan pembelajaran ke depan. Dan benar sekali apa yang ditampilkan di video, terlihat jelas ekspresi yang dilakukan oleh anak-anak di kelas bahwa tidak menyukai pelajaran matematika, nanti kita bisa bahas apa yang menjadi penyebabnya.
    Seterusnya, terlihat diawal pembelajaran guru belum melakukan kegiatan awal, apersepsi, guru belum melakukan pendekatan-pendekatan dan langsung pada kegiatan inti sehingga terkesan serius dan dikejutkan, guru belum ada media pembelajaran/alat peraga, guru belum melakukan dan memberi penguatan-penguatan serta motivasi, guru belum melakukan variasi dan strategi pembelajaran yang menarik, guru belum mengaitkan pembelajaran dalam kehidupan nyata sehari-hari, guru belum melibatkan siswa dalam pembelajaran, apalagi kalau pembelajaran dilakukan pada jam terakhir/siang yang membuat suasana semakin gerah, mengantuk, dan tidak fokus pada pembelajaran.

    Penyebab/alasan “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran matematika” :
    1. Siswa menganggap pelajaran matematika itu, sulit, menyusahkan.
    2. Sebagian siswa menganggap pelajaran matematika tidak penting.
    3. Gaya belajar dan cara berpikir anak yang kurang baik.

    Cara mengatasi masalah :
    1. Perhatikan masalah yang dihadapi oleh siswa.
    2. Segera mencari strategi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik.
    3. Mendatangkan Nara Sumber dapat memotivasi belajar siswa.
    4. Menanamkan rasa percaya diri serta memberikan kenyamanan belajar kepada siswa.
    5. Memberikan motivasi, variasi metode mengajar menyenangkan, dan latihan yang cukup dan berulang.
    6. Menerapkan pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari.
    7. Mengubah gaya belajar dan cara berpikir anak menjadi lebih baik.
    8. Mencari tahu pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
    9. Memberi tantangan yang menarik kepada siswa sehingga menambah minat dan kreatifitasnya.
    10. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

    Demikian saja tanggapan dan komentar saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.
    Salam kembali, dan terimakasih.

  8. Nama : Siti Randiani
    Nim : 856021492
    Program Studi : PGSD

    Saya disini ingin memberikan tanggapan saya mengenai video tersebut

    • Dalam video tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah awalnya siswa merasa tidak tertarik dan merasa malas ketika guru memberi himbauan untuk membuka buku paket matematika
    • Secara keseluruhan kelemahan guru atau narasumber dalam melakukan pembelajaran adalah tidak adanya interaksi lebih diantara narasumber dan siswa sehingga siswa masih belum sepenuhnya merasa bahwa pembelajaran matematika itu penting
    • Namun secara keseluruhan kelebihan guru atau narasumber dalam video tersebut adalah siswa merasa menjadi lebih termotivasi untuk belajar matematika karena mendapat inspirasi dari tokoh yang diundang oleh guru mereka
    • Terdapat hal-hal unik dalam video tersebut yaitu terdapatnya seorang narasumber yang merupakan seorang seorang arsitek dimana beliau menunjukkan gambar bangunan yang didesain oleh beliau sendiri sehingga hal itu menarik perhatian dari siswa
    • Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dengan memberikan lebih banyak motivasi baik dari guru maupun narasumber yang sengaja diundang dan lebih mengajak siswa untuk terjun langsung dalam kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran matematika.

    Itu sedikit tanggapan saya mengenai video diatas semoga hal yang saya sampaikan dapat diterima sebagai saran 🙏

    Terimakasih

  9. Nama : Juny Ancy Cristin
    Nim : 856027382
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Binjai
    Kelas : 6A.2
    Kelompok : 4

    1.) Menurut saya dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan tersebut terlihat bahwa semua siswa tampak tidak menyukai kegiatan pembelajaran tersebut, seketika mereka langsung ribut dan sangat terlihat bahwa mereka sedikit pun tidak senang dan malas mempelajari pelajaran tersebut.
    2.) Dan menurut saya kelemahan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut langsung saja memulai pembelajaran tanpa ada kegiatan pembukaan terlebih dahulu seperti berdoa, mengecek kehadiran siswa dan dalam menjelaskan materi guru tersebut hanya menggunakan media papan tulis saja tidak ada menggunakan alat peraga, misalnya dalam menjelaskan tentang kubus sebaiknya guru tersebut membuat bentuk kubus dari kertas karton sehingga siswa dapat melihatnya secara langsung.
    3.) Kemudian menurut saya kelebihan guru tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut mendatangkan seorang narasumber yang bisa membantu menjelaskan kepada semua siswa bagaimana pentingnya mempelajari matematika agar bisa bekerja seperti narasumber tersebut narasumber tersebut juga bisa memotivasi siswa siswa tersebut agar bisa lebih giat lagi dalam belajar matematika dengan menunjukkan gambar gambar yang telah di rancang oleh narasumber tersebut sehingga semua siswa pun menjadi tertarik dan senang mempelajari matematika.
    4.) Kemudian dalam video tersebut menurut saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu pada saat guru ingin memulai pembelajaran matematika semua murid langsung gelisah,ribut, dan merasa tidak senang dengan pelajaran tersebut.
    5.) Menurut saya jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut maka upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
    1. Kita harus bisa menanamkan sikap percaya diri kepada siswa-siswi, Salah satu penyebab mengapa anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika adalah karena kurangnya rasa percaya diri mereka untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang mereka anggap susah, jadi sebagai guru kita harus bisa memberikan semangat dan memberikan rasa percaya diri kepada siswa tersebut.
    2. Memberikan motivasi dan mengungkapkan fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika kepada siswa, guru dapat memberikan motivasi dengan cara memperkenalkan tokoh-tokoh yang sukses dengan mempelajari matematika, sebagai guru matematika kita tidak melulu harus mengerjakan soal, tetapi cara ini juga bisa membuat dia menjadi lebih menyukai matematika.
    3. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan, kita bisa belajar matematika dengan beberapa permainan-permainan, membuat catatan-catatan yang berwarna, hingga kita juga bisa menjadikan alam sekitar untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran matematika.
    4. Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika, anak-anak bisa bermain games yang mempunyai hubungannya dengan matematika atau anak-anak juga bisa melihat video-video tentang belajar matematika yang menyenangkan.

  10. Nama: Siti Muniroh Munir
    NIM : 858736117
    Pokjar : Lamongan
    Program : PGSD-BI
    Semester : 2

    Setelah saya melihat video tersebut, saya menyimpulkan :
    1. Dalam situasi kelas tersebut, guru tidak ada basa basi terlebih dahulu sebelum pembelajaran di mulai. Hal tersebut tidak bisa di anggap sepele karna bisa membuat bosan para peserta didik. Apalagi untuk pelajaran matematika sangat di perlukan selingan2 atau ice breaking untuk membangkitkan semangat para peserta didik.

    2. Bisa terlihat ketika ada orang baru atau narasumber lain dalam kelas tersebut, para peserta didik langsung senang dan semangat belajar.

    3. Guru matematika dalam video tersebut tidak menggunakan media yang menarik perhatian para peserta didik. Malah narasumber yang datang yang membawa gambar yang bisa membangkitkan semangat peserta didik. Walaupun itu hanya sebatas gambar tapi sangat berpengaruh. Jadi menurut saya media sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Seperti contoh pembelajaran bangun ruang kita bisa menggunakan media kertas lipat dalam pembelajaran materi tersebut.

Leave a Reply