silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : Pitriani
    Nim : 858459741
    Upjj : UT samarinda
    Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Semester : 6
    Sesi 1
    assalmualaikum wrwb
    Yang saya lihat pada Video diatas terlihat pada awal masuk guru yang ada divideo tidak melakukan pendahuluan terlebih dahulu tidak memantik semangat siswanya terlebih dahulu, sehingga terlihat dalam video siswa siswi terlihat enggan dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran, seharusnya sebelum memasuki pembelajaran adakan terlebih dahulu pendahuluan untuk menarik motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa tertarik dan berminat serta termotivasi bisa saja dengan bertanya kabar terlebih dahulu atau dengan melakukan tepukan-tepukan semangat. dengan guru mendatangkan narasumber untuk menarik minat siswa sudah cukup baik, yang mana siswa terlihat jadi ingin mengetahui hasil dari mereka belajar matematika, sehingga siswa banyak bertanya dan mulai tertarik serta termotivasi dengan narasumber tersebut, dan membuat siswa dapat mengaitkan pembelajaran matematika dengan konteks didunia nyata, terlihat dengan adanya narasumber membuat siswa tertarik, interaksi yang terjadi juga ada sehingga dapat disimpulkan siswa tersebut sangat tertarik dengan pembelajaran langsung, sehingga dilain kesempatan guru tersebut dapat memanfaatkan media pembelajaran guna menarik minat siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan efisien. sekian dari saya wassalamualaikum wr wb

  2. Nama : Sholeh Setiawan
    Nim : 858886353
    Makul : PKM
    Sesi 1 ..
    berdasarkan video tersebut sebagian murid tidak menyukai mata pelajaran matematika. mungkin bagi mereka berhitung itu memusingkan dan menjenuhkan. dan guru tersebut mencoba mencari solusi biar murid muridnya menyukai mata pelajaran matematika.
    dengan adanya pemasalahan pada kelas pada video tersebut, guru memberikan solusi salah satunya dengan mendatangkan langsung narasumber yang berhubungan langsung dengan proses matematika yaitu sorang insinyur arsitek yang sudah menjelaskan bahwa pelajaran matematika sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam hal ini pembuatan sebuah bangunan.
    pada usia pendidikan sekolah dasar, contoh konkret dalam sebuah pembelajaran dapat menarik minat siswa dalam proses belajar mengajar, dengan adanya contoh konkret ini, dharapkan siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika, dan juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

  3. Nama : Ni Kadek Adilia Meliana Putri
    NIM : 859039575
    UPBJJ : Denpasar
    PKM Tugas 1 ( Smter 6)

    Dari vidio diatas adanya beberapa siswa yang kurang fokus dapat pelajaran matematika dan narasumber yang di datangu kurang semangat untuk membangunkan rasa semangat di dalam kelas. Agar siswa semengat dalam belajar matematika guru atau narasumber dapat menggunkan strategi pembelajaran seperti quis, permainan atau menggunakan media proyektor menayangkan suatu vidio tentang pelajaran matematika di depan kelas sehingga siswa semakin semangat untuk belajar.

  4. NAMA : HILDA DWIKE PALUPI
    NIM : 858919641
    POKJAR : UMBULSARI
    PRODI : PGSD -S1
    UPJJ : 76- JEMBER
    Berdasarkan video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika dan kurangnya konsentrasi siswa terhadap mata pelajaran tersebut . hal tersebut di sebabkan karena guru dalam menjelaskan materi terlalu monoton dan kurang adanya interaksi dengan siswa sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
    Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut guru mendatangkan narasumber untuk memberikan penjelasan sehingga membuat siswa menyenangkan saat belajar, dan hal tersebut menjadi suatu keunikan guru saat mengajar,upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut yaitu dengan menambahkan media yang lebih menarik sehingga berminat dan menyukai matematika.

  5. Nama : Eni Rahayu
    NIM : 858071525
    Makul : PKM – Semester 6
    Sesi 1
    Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
    Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek sebagai yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
    Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.

  6. Nama : Eni Rahayu
    NIM : 858071525
    Makul : PKM – Semester 6
    Sesi 1
    Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
    Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek sebagai yaitu Narasumber. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
    Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.

  7. Nama : Eni Rahayu
    NIM : 858071525
    Makul : PKM – Semester 6
    Sesi 1
    Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
    Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek sebagai Narasumber. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
    Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.

  8. Nama : Eni Rahayu
    NIM : 858071525
    Makul : PKM – Semester 6
    Sesi 1
    Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
    Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
    Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.

  9. Nama : Eni Rahayu
    NIM : 858071525
    Makul : PKM – Semester 6
    Sesi 1
    Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
    Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
    Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.

  10. Nama : Eni Rahayu
    NIM : 858071525
    Makul : PKM – Semester 6
    Sesi 1
    Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
    Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
    Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.

Leave a Reply