silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : Dwi Ernaning Triwulan
    Nim : 858830111
    Dari video yang saya amati, guru masih belum bisa mengondisikan kelasnya yang berakibat siswanya tidak siap mengikuti pelajaran bahkan tidak merespon saat guru menjelaskan materi pelajaran.
    Seharusnya guru mengondisikan kelasnya dan sebelum menyampaikan materi perlihatkan media pembelajaran berupa gambar atau contoh nyata benda konkret disekeliling kelas/sekolah
    Mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya seperti di video anak” terlihat sangat antusias karena merasa tertarik dan semangat mengikutinya.

  2. NAMA : DESY FERZIANTI
    NIM : 858053835

    dari vidio yang saya tonton,
    para murid terlihat tidak suka pembelajaran matematika hal ini mungkin disebabkan karena proses pembelajaran yang monoton dan tidak bervariasi, dari vidio tersebut guru berupaya melakukan cara untuk murid lebih tertarik pada matematika, dengan mendatangkan narasumber yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dengan begitu para disiwa akan merasa termotivasi dan ingin menjadi seperti narasumber tersebut mereka akan lebih tertarik pada matematika. menurut saya banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat siswa tertarik yaitu bisa dengan belajar sambil bermain seperti bernyanyi untuk menghapal perkalian,permainan berhitung, menggunakan media yang tepat, menggunakan metode atau strategi yang tidak membuat siswa merasa bosan. dengan begitu siswa akan lebih tertarik dengan matematika

  3. Nama : Anik Wahyuni
    NIM : 857706555
    Prodi : S1-PGSD
    Matkul : PKP
    Semester : 8

    -Setelah melihat video tersebut menurut saya peserta didik masih banyak yang menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang menyusahkan sehingga sebagian sebagian beranggapan belajar matematika itu tidak penting.

    -Oleh karena itu untuk menarik perhatian siswa agar tertarik dengan pelajaran matemtika salah satu alternatifnya dengan cara mendatangkan nara sumber dari berbagai profesi ,dalam video tersebut dengan mendatang salah seorang narasumber insinyur (arsitek )dalam hal ini yang kita tanamkan pada peserta didik melainkan tidak profesinya ,tetapi hasil profesinya, alat peraga /media yang digunakannya untuk menarik perhatian peserta didik,

    -Adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya antara lain :
    1. Mengidentifikasi penyebab
    2.Memotivasi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
    3. Memberikan pujian dan reward kepeda peserta didik
    4. Bekerjasama dan peran aktif orang tua

    -Pesan dari video tersebut ,semoga kita sebagai guru setelah dengan mendatangkan salah seorang narasumber dapat menarik perhatian peserta didik dalam belajar matematika ,sehingga tidak menganggap pelajaran matematika itu tidak penting.

  4. Nama : Dwi Isnaini
    NIM : 856023622
    Matkul: PKP ( Pemantapan kemampuan mengajar)
    Pokjar: Asahan
    UPBJJ: 12/ Medan

    Dari video yang telah saya tonton, dapat saya lihat dari video tersebut ada beberapa siswa yang kurang memiliki minat untuk belajar matematika dan ada juga siswa yang tidak suka dengan pelajaran matematika. Karena itu menyebabkan siswa menjadi ribut lalu berantam dan tidak fokus untuk menangkap pelajaran tersebut karena efek dari pelajaran matematika ini akan membuat siswa tersebut merasa takut dan bosan sehingga siswa akan menjadi malas buat untuk belajar. Jadi dari video yang sudah saya tonton sampai selesai menurut saya itu sebaiknya guru tersebut harus bisa menggunakan media pembelajaran yang sangat menarik dan asyik agar dimana dapat meningkatkan minat belajar siswa tersebut dengan cara ajak siswa bernyanyi atau menggunakan alat peraga yang berhubungan dengan pelajaran matematika sehingga tidak membuat siswa tersebut menjadi malas dan takut . Dari video tersebut metode guru yang digunakan terlalu monoton dan jangan terlalu terus menerus menggunakan metode ceramah sehingga nantinya bisaa membuat siswa itu malah tidak menyukai pelajaran matematika tersebut. Tetapi carilah metode yang tepat dan asyik untuk siswa agar mereka semangat untuk belajar walaupun pelajaran matematika itu menakutkan tetapi kalau guru bisa menggunakan metode yang tepat dan asyik pasti semua siswa bakal suka dengan pelajaran matematika tersebut.

  5. Nama : Muhammad Alpiansyah
    Nim : 856 046 991
    Pokjar : Langkat

    Setelah saya melihat video diatas secara keseluruhan bisa dikatakan pada video tersebut banyak siswa yang tidak menyimak ketika guru menjelaskan. walaupun guru sudah menyediakan narasumber sebagai pemacu untuk siswa lebih fokus terhadap pembelajaran namun yang terlihat banyak siswa yang tidak fokus sehingga membuat kelas menjadi tidak kondusif.

    rencana perbaikan yang bisa saya sarankan antara lain sebagai berikut:
    – melakukan kegiatan apersepsi
    – mengkondisikan suana kelas terlebih dahulu
    – mengganti media dengan media yang lebih menarik misalnya dengan media audio visual
    – lebih banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran

  6. Nama : Ria indah pratiwi
    NIM : 856863146
    Reaksi anak-anak saat guru masuk terlihat sedikit tidak bersemangat, sebagaian siswa ada yg asyik sendiri mengobrol dengan teman.
    Guru terlalu monoton sehingga siswa kurang antusias tetapi saat guru mendatangkan Narasunber dari luar siswa nampak berubah menjadi lebih antusias.
    Hal unik dalam video guru mampu berfikir kreatif dengan mendatangkan narasumber dari luar untuk lebih memotivasi siswanya.
    Untuk meningkatkan kualitas guru dapat mencari strategi pembelajaran yg membuat siswa lebih semangat, bisa melalui penggunaan media pembelajaran lain yg mungkin belum familiar untuk siswa.

  7. Nama : Windi Puspita Sari
    NIM : 856825794
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Ketahun
    UPBJJ : 19/Bengkulu
    Matkul : PKM

    Menurut saya setelah selesai menonton tayangan di dalam video pembelajaran di atas, dapat saya simpulkan bahwa terlihat beberapa peserta didik yang kurang suka dengan pelajaran matematika terlihat dari mereka yang sibuk sendiri, mengobrol, ataupun mengganggu teman lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya momok menakutkan yang senantiasa berkembang di lingkungan kehidupan sehari-hari bahwa pelajaran matematika itu susah serta metode pembelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas terlalu monoton dan kurang menarik sehingga menurunkan minat dan motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Di dalam video pembelajaran tersebut juga terdapat kelebihan dan kekurangannya tersendiri, yaitu:
    – Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah cepat tanggap dalam menyikapi dan mengatasi ketidak sukaan peserta didik terhadap pelajaran matematika yaitu dengan merubah metode pembelajaran
    – Kelemahan guru dalam video tersebut adalah dimana memilih metode pembelajaran yang harus mendatangkan seseorang ahli di bidang matematika, karena hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh sekolah-sekolah yang berada di perkotaan dan yang memiliki pendanaan cukup, sedangkan di sekolah-sekolah yang terluar dan berada di wilayah yang sulit diakses hao tersebut tidak dapat dilakukan karena membutuhkan biaya dan waktu yang lama untuk mencari dan menghubungi tenaga ahli dari luar daerah
    – Hal unik yang dilakukan guru di dalam video pembelajaran tersebut adalah mengundang tenaga ahli untuk membantu menumbuhkan motivasi belajar terhadap peserta didik bahwa pelajaran matematika itu tidak serumit dan sesulit yang dibayangkan jika kita mau belajar
    – Hal yang harus dilakukan agar meningkatnya proses pembelajaran di dalam video tersebut menurut saya adalah merubah metode pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik misalnya menggunakan video pembelajaran, atau menggunakan media pembelajaran yang berasal dari alam seperti batu kerikil, daun-daunan, atau buah-buahan, serta media menarik lainnya yang dapat digunakan untuk pelajaran matematika terutama di bagian perhitungan, pecahan dan pengukuran

  8. Nama : Wahyu Shubardani
    Nim : 858067041
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Pontianak

    Dari video di atas bahwa pembelajaran matematika menarik perhatian siswa jika ada mentor ddari luar yang memotivasi siswa, sehingga siswa lebih menyukai pelajaran matematika, akan tetapi guru juga harus bisa kreatif dan ber inovasi dalam sebuah pembelajaran.
    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat bersemangat dan termotifasi jika dari awal pembukaan pembelajaran sikap guru dan penampilan guru rapi dan fres, dan melakukan salam dan sapa terhadap siswa sehingga suasanan pembelajaran oleh guru menjadi menyenangkan.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu terlalu monoton dan kurangnya berinteraksi kepada siswa sehingga siswa menjadi mudah bosan terhadap pembelajaran yang di berikan guru.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru akan belajar apapun di sekitarnya untuk dapat diajarkan kepada murid-muridnya dan guru selalu sabar sebab akan menemukan kesulitan dalam menghadapi siswa dan pekerjaan dan guru sebagai panutan siswa di dalam pembelajaran
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Siswa bersemangat ketika ada mentor dari luar untuk menjadi motifasi dalam pembelajaran matimatika.
    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru harus bisa kreatif dan berinovasi dalam pembelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran matematika.

  9. Dari video di atas bahwa pembelajaran matematika menarik perhatian siswa jika ada mentor ddari luar yang memotivasi siswa, sehingga siswa lebih menyukai pelajaran matematika, akan tetapi guru juga harus bisa kreatif dan ber inovasi dalam sebuah pembelajaran.
    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat bersemangat dan termotifasi jika dari awal pembukaan pembelajaran sikap guru dan penampilan guru rapi dan fres, dan melakukan salam dan sapa terhadap siswa sehingga suasanan pembelajaran oleh guru menjadi menyenangkan.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu terlalu monoton dan kurangnya berinteraksi kepada siswa sehingga siswa menjadi mudah bosan terhadap pembelajaran yang di berikan guru.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru akan belajar apapun di sekitarnya untuk dapat diajarkan kepada murid-muridnya dan guru selalu sabar sebab akan menemukan kesulitan dalam menghadapi siswa dan pekerjaan dan guru sebagai panutan siswa di dalam pembelajaran
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Siswa bersemangat ketika ada mentor dari luar untuk menjadi motifasi dalam pembelajaran matimatika.
    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru harus bisa kreatif dan berinovasi dalam pembelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran matematika.

  10. NAMA:EFTA JUARDI
    NIM :858066014
    MAKUL :PKM(PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR)
    POKJAR :SINTANG
    UPBJJ :47/PONTIANAK

    (1).Menurut yang saya analisa di dalam vidio tersebut ada berapa hal yg harus di perhatikan kita sebagai guru beberapa kekurangan yang mungkin dimiliki oleh guru dalam mengajar matematika dan menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran tersebut meliputi:
    Kurangnya Keterlibatan: Jika guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan hanya menggunakan metode pengajaran yang bersifat pasif, seperti ceramah, siswa mungkin merasa bosan dan kehilangan minat.
    Ketidakjelasan Konsep: Jika guru tidak mampu menjelaskan konsep matematika dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa, hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan frustrasi di antara siswa.
    Kurangnya Relevansi: Jika guru tidak mampu menghubungkan konsep matematika dengan situasi dunia nyata atau memberikan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, siswa mungkin merasa bahwa mata pelajaran tersebut tidak memiliki nilai atau manfaat yang nyata.
    Tidak Mengakomodasi Gaya Belajar yang Beragam: Jika guru hanya menggunakan satu gaya pengajaran atau tidak memperhatikan perbedaan dalam gaya belajar siswa, maka siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda mungkin merasa tidak terhubung dengan pembelajaran yang disajikan.
    Kurangnya Dukungan: Jika guru tidak memberikan dukungan yang cukup kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika atau tidak memberikan umpan balik yang konstruktif, hal ini dapat menyebabkan siswa merasa putus asa dan kehilangan minat.
    Dengan mengidentifikasi dan mengatasi kekurangan-kekurangan ini, guru dapat membantu meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pelajaran matematika.
    (2).Guru dapat mengambil beberapa langkah untuk menghadapi siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika:
    -Membangun Hubungan: Membuat ikatan positif dengan siswa dengan mendengarkan mereka, memahami kekhawatiran mereka, dan menunjukkan empati terhadap perasaan mereka terhadap matematika.
    -Menyesuaikan Pengajaran: Menggunakan berbagai strategi pengajaran yang berbeda untuk mencocokkan gaya belajar individu siswa. Ini bisa termasuk penggunaan alat bantu visual, kegiatan interaktif, atau proyek berbasis matematika.
    -Mengaitkan dengan Kehidupan Nyata: Menunjukkan relevansi matematika dalam kehidupan sehari-hari dengan mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata atau masalah dunia nyata.
    -Menciptakan Pengalaman Positif: Membuat suasana kelas yang mendukung di mana siswa merasa aman untuk membuat kesalahan dan bereksperimen dengan konsep matematika tanpa takut dihakimi.
    -Memberikan Dukungan Tambahan: Menyediakan waktu tambahan untuk siswa yang membutuhkannya, baik melalui bimbingan individu, kelas tambahan, atau sumber daya tambahan.
    -Menghubungkan dengan Minat Siswa: Mengintegrasikan minat dan hobi siswa ke dalam pembelajaran matematika dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan minat mereka terhadap subjek.

    Dengan menggunakan pendekatan yang beragam dan memperhatikan kebutuhan individu siswa, guru dapat membantu mengubah persepsi siswa terhadap matematika dan meningkatkan minat mereka dalam belajar subjek tersebut.

Leave a Reply