silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut β€œmungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty MisawatiΒ 

Similar Posts

910 Comments

  1. NAMA : WILAYURI
    NIM : 855855264
    POKJAR : SERDANG BEDAGAI
    UPBJJ UT : MEDAN
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR

    Beberapa kekurangan yang dapat saya komentarin ialah:
    – Guru tersebut tidak melakukan opening terlebih dahulu atau pembukaan terlebih dahulu , untuk membangkitkan semangat para peserta didik yang akan belajar matematika . seperti membuat nyanyian-nyanyian di awal yaang memancing semangat para siswa ataupun peserta didik . kita harus mampu menghidupkan suasana di awal terlebih dahulu agar para peserta didik semangat dalam belajar . guru tidak mengucapkan salam , tidak bertanya kabar siswa , tidak mengulang pembelajaran sebelum nya .
    – Guru tidak aktif tanya jawab atau tidak interaksi antara guru dan sisswa untuk menimbulkan rasa nyaman ke siswa mulai dari car penyampaian kita kepada peserta didik . Harus bisa humble harus bisa menghidupkan suasana harus bisa meyakinkan mereka bahwasanya belaajar matematika itu menyenangkan tidak se seram yang mereka bayangkan atau pun pikirkan .
    – guru terlalu kaku dalam mengajar . ia monoton , menggunakan metode ceramah , seharus nya iya bisa berkeliling untuk mengecek pengerjaan siswa nyaa satu per satu bukan malah hanya berdiri didepan dan tidak memperhatikan siswa di bagian bangku belakang . kelas tidak kondusif , bagaimana pembelajaran mau dikatakan nyaman dan tentram sementara kondisi suasana didalam kelas nya saja belum bisa di kondusif kan oleh guru nya .
    – tidak menggunakan media , guru tersebut hanya menggunakan metode ceramah . jika ia menggunakan metode diskusi dengan menggunakan bahan ajar media pembelajaran pasti lebih bersemangat para peserta didik nya . tidak lagi menjadi pembelajaran yang membosankan . bahkan kita sebagai guru bisa juga bermain game sambil belajar matematika loh . contohnya hompipa yang kalah hompipa akan mendapat pertanyaan dari ibu guru . jika kalah ia gugur jika menang ia lanjut ke level berikutnya . masih banyak lagi cara metode mengajar untuk membuat para peserta didik tidak MALAS UNTUK BELAJAR MATEMATIKA .
    – video diatas juga tidak menunjukkan penutup pembelajaran

    Menurut saya ini kekurangan video diatas , kurang lebih saya memohon maaf . terimakasih
    Waalaikumsalam

  2. Nama : Linda Nur Wahyuni
    NIM : 858066301
    Makul : Panduan Pemantapan
    Kemampuan Mengajar
    (PKM )
    Kelas : 6B
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Sintang
    Judul : Siswa tidak menyukai
    pelajaran matematika
    β€’ Dalam video terlihat siswa mengeluh karena pelajaran matematika mereka tidak menyukai pelajaran ini terlihat masih da ada saja yang bermain, berbicara kepada teman dan ribut di kelas. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? seorang guru menghadirkan Narasumber yaitu seorang Insinyur pekerjaan Arsitek pada saat menjelaskan dan memberi gambaran contoh kepada siswa pun memberi apresiasi berupa tepuk tangan dan sangat memperhatikan penjelasannya.

    – Menurut pendapat saya tidak juga harus menghadirikan Narasumber guru lah yang mengajarkan siswa betapa asyiknya belajar matematika ini dengan langkah sebagai berikut!

    – Langkah pertama dengan memberikan motivasi serta pemahaman bahwa matematika itu menyenangkan dan mudah. β€œDengan memberikan motivasi ini membuat anak perlahan mulai menyukai pelajaran matematika.

    – Langkah kedua, menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Langkah ketiga, dengan memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami.

    – Langkah ketigamenggunakan metode, media dan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti metode permainan matematika, teka teki matematika, dan cerita cerita matematika yang menarik, menantang dan tidak kaku.

    -Langkah empat, melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Sedangkan, langkah keenam dengan memadukan matematika dengan dunia nyata.

    – Langkah kelima, dengan memberikan sedikit candaan dan humor sehingga suasana pembelajaran lebih santai. Langkah kedelapan, sering melakukan evaluasi terhadap cara mengajar guru.

    Dengan cara ini, maka anak mulai senang dengan pelajaran matematika. Harus diterapkan untuk mengajarkan ke anak agar senang Matematika.
    sekian dan terimakasih πŸ™πŸ»

  3. NAMA: ENDANG JUNI ARTATI
    Nim: 859402558
    UPBJJ: MAKASSAR
    POKJAR: LUWU TIMUR

    Dari menganalisis video di atas, saya bisa memberikan pendapat saya melalui menjawab pertanyaan yang di sediakan:

    β€’Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dalam video diatas saat guru memulai pembelajaran, anak cenderung tidak semangat dalam belajar, mendengar bahwa matematika adalah pelajaran saat ini, ekspresi anak menggambarkan ekspresi tidak suka.

    β€’ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru yang ada di video di atas yaitu guru berusaha untuk menumbuhkan minat belajar anak dengan terus meyakinkan bahwa matematika tidak seburuk itu dan sangat penting dalam kehidupan apalagi dalam pekerjaan. Hal ini di tunjukkan guru dengan mendatangkan insinyur arsitek. Dengan kedatangan insinyur tersebut diharapkan menambah motivasi untuk anak.

    β€’Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Dalam video diatas guru tidak melakukan sesi berdoa, pelajaran matematika seharusnya berada di awal pembelajaran di jam-jam pagi agar siswa tidak lelah jika di tempatkan di jam-jam siang. Jika memang di haruskan di jam-jam siang, guru seharusnya melakukan ice breaking untuk menumbuhkan semangat siswa namun di video diatas guru langsung memulai pembelajaran tanpa melakukan ice breaking terlebih dahulu sehingga anak tidak bersemangat dalam proses pembelajaran.

    β€’Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru memperkenalkan seorang insinyur yang secara langsung memperkenalkan bangunan-bangunan yang insinyur itu buat dan se-berpengaruh itu matematika dalam pekerjaan nya ini di dasarkan pertanyaan siswa “jadi matematika itu penting?” Dan di jawab “iya”. Secara tidak langsung ini dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar matematika.

    β€’ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Seharusnya baik jam pagi atau jam siang di haruskan membaca doa terlebih dahulu ini dapat membantu konsentrasi anak yang mungkin lelah bermain di jam istirahat dan mulai jenuh di jam-jam siang apalagi saat mengetahui bahwa pelajaran selanjutnya adalah matematika. Guru juga harus mencoba cara lain seperti ice breaking, ini dapat membantu siswa untuk menumbuhkan semangat dalam belajar, mungkin guru bisa menggunakan metode belajar sambil bermain agar guru dapat menyakinkan bahwa matematika sebenarnya itu mudah. Untuk kelebihannya, guru mendatangkan seorang insinyur yang dimana ternyata secara langsung menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar matematika yang sebegitu penting dalam kehidupan, hal yang saya ingin usulkan yaitu dengan video diatas setidaknya guru menanyakan apa saja cita-cita siswa nya dan menanyakan apakah dalam cita-cita yang ingin mereka gapai matematika sangat penting untuk cita-citanya? Mungkin pertanyaan ini akan membantu mereka berpikir bahwa matematika sangat penting atau tidak untuk dipelajari.

    Terimakasih.

  4. Nama Inmas Budiarti
    Nim 856619768
    Menurut saya dari video tersebut tampak sekali banyak murid yang tidak menyukai dengan pelajaran matematika. Karena saat murid mendengar pelajaran matematika membuat anak menjadi takut dengan pelajaran menghitung itu membuat anak menjadi malas untuk berpikir. Sebaiknya guru menggunakan media agar anak menjadi menarik dengan menggunakan alat peraga atau dengan ajak bernyanyi yang berhubungan dengan pelajaran matematika yang akan diajari. Mungkin dengan cara itu anak menjadi tidak takut untuk belajar pelajaran matematika.

  5. Nama : Maya Julian Sari
    NIM : 855739873
    Matkul : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Semester : 6 (A)
    Pokjar : Sidomulyo
    Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
    Setelah melihat tayangan video tersebut menurut saya
    – Pada bagian awal pembukaan pembelajaran terlihat bahwa pembelajaran matematika di kelas tersebut terasa tidak menyenangkan dikarenakan tidak dimulai dengan pembukaan yang baik dan mencuri perhatian mereka.
    – Posisi guru yang langsung meminta siswa untuk mengeluarkan alat tulis mereka, justru membuat siswa kurang merasa tertarik. Tanpa rangsangan yang tepat siswa akan merasa bosan dan berpikir bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan.
    – Terjadi perubahan kondisi ketika guru bisa memberikan narasumber yang memiliki kemampuan praktis yang dapat menunjukkan manfaat dari matematika dimana hal ini juga dapat memberikan motivasi kepada mereka.
    – Penjelasan narasumber mengenai manfaat matematika dalam praktik perhitungan ditambah dengan contoh rancangan desain dapat membuat siswa memahami materi dan membangun sekaligus mendorong semangat mereka. Hal ini terlihat dari respon mereka yang terlihat bersemangat dan juga meyakini bahwa matematika bisa menjadi bekal yang efektif bagi kemampuan mereka di masa depan.
    Berdasarkan hal tersebut, saya menyimpulkan pembelajaran akan selalu menyenangkan selama guru bisa memahami keinginan siswa dan berani memberikan metode baru yang lebih inovatif.
    Kesimpulannya ada beberapa masalah belajar yang di alami siswa, sebagai berikut :
    1. Kesulitan pemahaman karena beberapa siswa mungkin merasa kesulitan memahami konsep-konsep matematika, yang dapat membuat mereka frustasi dan kehilangan minat.
    2. Kurangnya ketertarikan karena siswa mungkin tidak melihat relevansi pelajaran tersebut dengan kehidupan sehari-hari atau minat mereka.
    3. Kurangnya rasa percaya diri. Siswa yang merasa tidak percaya diri dalam kemampuan matematika mereka mungkin tidak menyukai pelajaran tersebut karena takut gagal atau membuat kesalahan.
    4. Metode pengajaran yang tidak cocok. Metode pengajaran yang monoton atau kurang interaktif dapat membuat pelajaran matematika terasa membosankan bagi sebagian siswa.
    Adapun cara guru untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti ;
    1. Membuat suasana belajar yang inklusif
    2. Memberikan penjelasan yang jelas dan terstruktur
    3. Menggunakan berbagai metode pengajaran seperti diskusi kelompok ataupun permainan matematika
    4. Memberikan contoh nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari
    5. Memberikan umpan balik, seperti pujian, motivasi ataupun reward
    6. Memanfaatkan teknologi, sepeeti aplikasi pembelajaran ataupun permainan edukatif untukk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran

  6. Nama : Maya Julian Sari
    NIM : 855739873
    Matkul : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Semester : 6 (A)
    Pokjar : Sidomulyo
    Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
    Setelah melihat tayangan video tersebut menurut saya
    – Pada bagian awal pembukaan pembelajaran terlihat bahwa pembelajaran matematika di kelas tersebut terasa tidak menyenangkan dikarenakan tidak dimulai dengan pembukaan yang baik dan mencuri perhatian mereka.
    – Posisi guru yang langsung meminta siswa untuk mengeluarkan alat tulis mereka, justru membuat siswa kurang merasa tertarik. Tanpa rangsangan yang tepat siswa akan merasa bosan dan berpikir bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan.
    – Terjadi perubahan kondisi ketika guru bisa memberikan narasumber yang memiliki kemampuan praktis yang dapat menunjukkan manfaat dari matematika dimana hal ini juga dapat memberikan motivasi kepada mereka.
    – Penjelasan narasumber mengenai manfaat matematika dalam praktik perhitungan ditambah dengan contoh rancangan desain dapat membuat siswa memahami materi dan membangun sekaligus mendorong semangat mereka. Hal ini terlihat dari respon mereka yang terlihat bersemangat dan juga meyakini bahwa matematika bisa menjadi bekal yang efektif bagi kemampuan mereka di masa depan.
    Berdasarkan hal tersebut, saya menyimpulkan pembelajaran akan selalu menyenangkan selama guru bisa memahami keinginan siswa dan berani memberikan metode baru yang lebih inovatif.
    Kesimpulannya ada beberapa masalah belajar yang di alami siswa, sebagai berikut :
    1. Kesulitan pemahaman karena beberapa siswa mungkin merasa kesulitan memahami konsep-konsep matematika, yang dapat membuat mereka frustasi dan kehilangan minat
    2. Kurangnya ketertarikan: Pelajaran matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik bagi sebagian siswa. Mereka mungkin tidak melihat relevansi pelajaran tersebut dengan kehidupan sehari-hari atau minat mereka.
    3. Kurangnya rasa percaya diri: Siswa yang merasa tidak percaya diri dalam kemampuan matematika mereka mungkin tidak menyukai pelajaran tersebut karena takut gagal atau membuat kesalahan.
    4. Metode pengajaran yang tidak cocok: Metode pengajaran yang monoton atau kurang interaktif dapat membuat pelajaran matematika terasa membosankan bagi sebagian siswa.
    Adapun cara guru untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti ;
    1. Membuat suasana belajar yang inklusif
    2. Memberikan penjelasan yang jelas dan terstruktur
    3. Menggunakan berbagai metode pengajaran seperti diskusi kelompok ataupun permainan matematika
    4. Memberikan contoh nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari
    5. Memberikan umpan balik, seperti pujian, motivasi ataupun reward
    6. Memanfaatkan teknologi, sepeeti aplikasi pembelajaran ataupun permainan edukatif untukk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelejaran

  7. NAMA : DELFI RETNOWATI
    NIM : 856997972
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : BANDAR SRIBHAWONO
    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tentang siswa tidak menyukai pelajaran matematika, pada vidio terlihat sebagian siswa tidak menyukai matematika. saya sebagai guru menyadari bahwa sebuah pembelajaran terkait dengan pelajaran matematika atau mata pelajaran lainnya pasti memerlukan motivasi, media atau alat peraga yang terdapat di sekolah maupun di lingkungan sekitar yang dapat digunakan oleh para guru sebagai pendidik, sebagai guru kita harus dapat lebih kreatif dalam memilih atau menggunakan metode serta media pembelajaran yang pastinya sesuai dengan materi yang diajarkan dan dapat membantu siswa untuk memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru dan tidak lupa guru harus dapat memotivasi kepada peserta didik mengenai pentingnya pembelajaran matematika seperti pada video dengan mendatangkan seorang insinyur untuk memotivasi para peserta didik lebih tertarik untuk belajar matematika.

    Ada beberapa kekurangan yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut diantaranya yaitu
    1. sebagai siswa asyik bercanda dengan teman sebangkunya
    2. guru tidak menumbuhkan rasa semangat terhadap siswa terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan belajar atau pembelajaran
    3. guru tidak menggunakan media pembelajaran
    selain kekurangan Adapun kelebihan dari video tersebut diantaranya yaitu
    1. setelah guru mengetahui bahwa banyak siswa yang kurang menyukai matematika, guru berinisiatif mendatangkan seorang insinyur yang merupakan wali murid dari siswa sekolah tersebut kegiatan belajar lebih hidup atau Siswa lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran matematika.

  8. NAMA : DELFI RETNOWATI
    NIM : 856997972
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : BANDAR SRIBHAWONO
    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tentang siswa tidak menyukai pelajaran matematika, pada vidio terlihat sebagian siswa tidak menyukai matematika. saya sebagai guru menyadari bahwa sebuah pembelajaran terkait dengan pelajaran matematika atau mata pelajaran lainnya pasti memerlukan motivasi, media atau alat peraga yang terdapat di sekolah maupun di lingkungan sekitar yang dapat digunakan oleh para guru sebagai pendidik, sebagai guru kita harus dapat lebih kreatif dalam memilih atau menggunakan metode serta media pembelajaran yang pastinya sesuai dengan materi yang diajarkan dan dapat membantu siswa untuk memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru dan tidak lupa guru harus dapat memotivasi kepada peserta didik mengenai pentingnya pembelajaran matematika seperti pada video dengan mendatangkan seorang insinyur untuk memotivasi para peserta didik lebih tertarik untuk belajar matematika.

    Ada beberapa kekurangan yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut diantaranya yaitu
    1. sebagai siswa asyik bercanda dengan teman sebangkunya
    2. guru tidak menumbuhkan rasa semangat terhadap siswa terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan belajar atau pembelajaran
    3. guru tidak menggunakan media pembelajaran
    selain kekurangan Adapun kelebihan dari video tersebut diantaranya yaitu
    1. setelah guru mengetahui bahwa banyak siswa yang kurang menyukai matematika, guru berinisiatif mendatangkan seorang insinyur yang merupakan wali murid dari siswa sekolah tersebut kegiatan belajar lebih hidup atau Siswa lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran matematika.

  9. Nama : Linda Nur Wahyuni
    NIM : 858066301
    Kelas : 6B
    Makul : Panduan pemantapan kemampuan mengajar (PKM)
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar: Sintang
    Judul : Siswa tidak menyukai
    pelajaran matematika

    β€’ Dalam video diatas terlihat siswa mengeluh pada pelajaran ini terlihat masih ada saja yang bermain,berbicara dengan teman dan ribut. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? dalam video seorang guru menghadirikan Narasumber siswa sangat memperhatiakan dan sangat antusias.
    Ada beberapa pendapat menurut saya seorang guru harus:
    1. ketahui alasan siswa tidak suka matematika
    2. Ubah perspektif siswa tentang pelajaran matematika
    3. Mengajar matematika dengan metode dan cara yang menarik
    4. Kaitkan dengan kehidupan nyata
    5. Memberikan motivasi
    sekian dan terimakasih πŸ™πŸ»

  10. Nama : Linda Nur Wahyuni
    NIM : 858066301
    Kelas : 6B
    Makul : Panduan pemantapan kemampuan mengajar (PKM)
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar: Sintang
    Judul : Siswa tidak menyukai
    pelajaran matematika

    β€’ Dalam video diatas terlihat siswa mengeluh pada pelajaran ini terlihat masih ada saja yang bermain,berbicara dengan teman dan ribut. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? dalam video seorang guru menghadirikan Narasumber siswa sangat memperhatiakan dan sangat antusias.
    Ada beberapa pendapat menurut saya seorang guru harus:
    1. ketahui alasan siswa tidak suka matematika
    2. Ubah perspektif siswa tentang pelajaran matematika
    3. Mengajar matematika dengan metode dan cara yang menarik
    4. Kaitkan dengan kehidupan nyata
    5. Memberikan motivasi
    sekian dan terimakasih πŸ™πŸ»

Leave a Reply