silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Linda Nur Wahyuni
NIM : 858066301
Kelas : 6B
Makul : Panduan pemantapan kemampuan mengajar (PKM)
UPBJJ : Pontianak
Pokjar: Sintang
Judul : Siswa tidak menyukai
pelajaran matematika
• Dalam video diatas terlihat siswa mengeluh pada pelajaran ini terlihat masih ada saja yang bermain,berbicara dengan teman dan ribut. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? dalam video seorang guru menghadirikan Narasumber siswa sangat memperhatiakan dan sangat antusias.
Ada beberapa pendapat menurut saya seorang guru harus:
1. ketahui alasan siswa tidak suka matematika
2. Ubah perspektif siswa tentang pelajaran matematika
3. Mengajar matematika dengan metode dan cara yang menarik
4. Kaitkan dengan kehidupan nyata
5. Memberikan motivasi
sekian dan terimakasih 🙏🏻
selaku guru sd saya setuju dengan video yang mendatangkan narasumber agar dapat menarik minat belajar peserta didik.siswa merasa tertarik untuk belajar lebih giat karena pelajaran berguna untuk masa depannya
Nama : Mayang Sari Dewi
NIM : 857317628
UPBJJ : Bogor
POKJAR : Bogor Selatan
Mata Kuliah : PKP
Menurut video yang telah saya tonton di atas, terdapat beberapa hal yang perlu dibahas mengenai pertanyaan yang telah disediakan diantaranya :
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada video diatas, terlihat jelas sekali bahwa siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika. Ketika guru masuk kelas dan berbicara bahwa sekarang waktunya belajar matematika, seketika seisi ruangan kelas tersebut menjadi gaduh, ada yang bermain-main dengan temannya, ada yang berekspresi tidak suka dan bermalas-malasan.
2. Secara keseluruhan apa saja kelebihan dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru pada video diatas yaitu guru cukup sabar ketika menghadapi murid dan kelas yang tidak kondusif, gutu menguasai materi pembelajaran dengan baik, guru mampu memperbaiki pembelajaran dengan inovasi baru, yaitu dengan mendatangkan narasumber yang berkaitan dengan materi, sehingga minat belajar pada siswa mulai meningkat.
3. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru pada video diatas yaitu pada kegiatan pendahuluan guru tidak melakukan sesi berdoa, guru tidak memberikan apresiasi terhadap siswa, guru tidak mengabsen siswa, guru tidak melakukan gerakan literasi dan guru tidak memberikan penjelasan manfaat dan tujuan melakukan pembelajaran tersebut.
Pada kegiatan inti guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode, media dan teknik dalam pembelajaran. Pada kegiatan penutup guru tidak membimbing siswa untuk menyimpulkan pembelajaran, guru tidak memberikan penguatan pembelajaran dan guru tidak melakukan refleksi dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap selingan guru tidak memberikan ice breaking terhadap siswa, kegiatan tersebut dapat membuat pembelajaran terasa lebih santai dan menyenangkan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
Guru mampu memperbaiki pembelajaran sebelumnya yang terlihat monoton dan membosankan dengan teknik dan inovasi baru, yaitu dengan mendatangkan narasumber ahli yang berkaitan dengan materi. guru berinovasi untuk mendatangkan arsitek di dalam pembelajaran, hal itu menunjukkan bahwa sepenting itu matematika untuk kehidupan dan profesi tertentu.
5. Upaya apa saja yang diususlkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Guru seharusnya dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dengan baik dan menyenangkan, melakukan komunikasi timbal balik dengan siswa agar siswa merasa dilibatkan dalam pembelajaran tersebut, guru seharusnya memberikan latihan soal untuk mengetahui sampai mana pemahaman yang siswa dapatkan dalam pembelajaran tersebut.
Terimakasih
Nama :Sima Santika
Nim :858066999
UPBJJ :47 PONTIANAK
Pokjar :Sintang
Pada awal vidio terlihat sangat jelas bahwa banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika dari raut wajahnya, dan ketidakfokusannya. Akan tetapi setelah guru tersebut mendatangkan seorang narasumber yaitu seorang arsitek yang menjelaskan bagaimana dia bisa membuat kerangka bangunan yaitu dengan bisa berhitung dang mengukur dengan tepat, para siswa langsung antusias untuk belajar matematika, itu menunjukan bahwa sebelum memulai pelajaran guru harus menyampaikan apa tujuan pembelajaran nya supaya siswa tahu apa guna mereka belajar pelajaran tersebut. Nah untuk menumbuhkan semangat belajar siswa guru bisa menggunakan berbagai media pembelajaran seperti alat peraga dan media lainnya dan juga bisa dengan mengubah gaya belajar.
Nama : Oktavia Manda
Nim : 858071518
Semester : 6
Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Analisis saya terkait video pembelajaran tersebut adalah banyak anak yang menganggap mata pelajaran Matematika menyusahkan sehingga sebagian beranggapan bahwa belajar Matematika itu tidak penting. Hal ini ditandai dengan reaksi peserta didik yang tidak memperhatikan guru, mengobrol, dan bersenda gurau bersama teman sebangku serta teman-teman lainnya. Kelemahan dari video pembelajaran ini adalah pembelajaran berlangsung dengan monoton sehingga membuat anak-anak bosan dan kurang berminat untuk belajar Matematika dan membuat pembelajaran tidak efektif. Pada saat awal pembelajaran guru tidak ada melakukan kegiatan presensi, tidak melakukan kegiatan membuka dan menutup pembelajaran, tidak ada penguatan dan kurangnya keterampilan dalam mengelola kelas. Solusinya adalah memberikan penguatan untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik, mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab agar peserta didik ikut serta aktif dalam pembelajaran, hal ini agar terjadinya komunikasi 2 arah antara peserta didik dan guru dan memancing rasa ingin tahu untuk menumbuhkan minat terkait materi yang ingin disampaikan.
Nama: Irawati Mastuti Siregar
Nim: 855860109
Matkul: PKP
Kelas : 8D
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : ASAHAN
dari saya menganalisis video diatas, dapat saya analalisis:
1. pada video tersebut tidak ada kegiatan awal pembelajaran, sehingga murid merasa bosan dengan mata pelajaran matematika, sebaiknya pada kegiatan awal hendaknya guru melakukan “ice breaking” agar murid merasa tidak bosan sebelum pelajaran matematika dimulai.
2. pada kondisi kelas sangat tidak kondusif, hal ini disebabkan murid banyak yang ribut dikelas dan tidak memperhatikan pelajaran matematika yang disampaikan oleh guru.
3. dengan mendatangkan seorang arsitek, banyak murid yang bersemangat untuk mengikuti pelajaran matematika.
4. dengan mendatangkan arsitek banyak murid yang ingin memiliki cita-cita menjadi arsitek sehingga mereka akan fokus untuk pada pelajaran matematika.
NAMA : DEWI PUSPITA SARI
NIM : 856977433
POKJAR : KOTAAGUNG
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut yang saya analisa di dalam vidio tersebut ada berapa hal yg harus di perhatikan kita sebagai guru beberapa kekurangan yang mungkin dimiliki oleh guru dalam mengajar matematika dan menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran tersebut meliputi:
1. Masalah yang dihadapi adalah banyak anak yang gaduh saat pelajaran dimulai, karena media yang digunakan guru dalam mengajar masih kurang menarik.
2. Strategi yang bisa digunakan guru dalam pemecahan masalah adalah:
a. Awal pembelajaran guru harus membuat umpan yang baik supaya anak semangat dalam belajar atau melakukan ice breaking terlebih dahulu supaya anak semangat untuk memulai pembelajaran.
Nama : Oktaviani
Nim : 858069719
Pokjar : Opu Daeng Manambon Mempawah
Upbjj : Pontianak
Semester / Kelas : 6 / A
Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (Pkm)
Di awal pembelajaran siswa ribut, sibuk bermain dan pada saat guru masuk ke kelas tetap saja bermain dan tidak menghiraukan guru yang berbicara didepan kelas. Dan dari penampilan guru tersebut kurang rapi dari segi pakaian dan tidak menggunakan sepatu.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
Tidak berpakaian rapi, tidak menggunakan sepatu. dan metode yang digunakan pada awal pembelajaran guru kurang ceria sehingga tidak menarik perhatian siswanya.
Kelebihan nya ialah guru tersebut pandai membuat suasana kelas menjadi lebih aktif, interaktif dan kondusif seriring berjalan nya waktu pembelajaran yang di laksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti makanan yakni buah jeruk sehingga anak menjadi fokus dan semangat untuk belajar dan menjawab pertanyaan dari guru yang sedang mengajar.
Hal unik yang terdapat pada vidio pembelajaran tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran seperti buah jeruk membuat anak menjadi lebih fokus dalam belajar.
Untuk kedepannya alangkah baiknya guru sebagai teladan yang bagi anak didiknya gunakan lah pakaian yang rapi, gunakan sepatu agar menjadi contoh baik bagi siswa dan guru guru yang lain.
Gunakan metode dan teknik serta media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa.
ama : Vionita
Nim. : 858414573
Pokjar. : Long Kali
Dari analisa saya mengenai video tersebut adalah didalam sebuah kelas yang akan memulai pembelajaran matematika terlihat banyak siswa yang kurang menyukai mata pelajaran matematika,ini di karenakan mereka beranggapan bahwa mata pelajaran matematika tersebut sulit,rumit,dan kurang menyenangkan.
Dan cara agar mereka memiliki minat dan ketertarikan terhadap pelajaran matematika adalah dengan menciptakan suasana belajar dalam kelas yang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti, belajar sambil bermain,bisa dengan mendatangkan berbagai narasumber,Menciptakan penyajian materi yang bervariatif dan menarik,Sampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan manfaat dari materi yang akan dipelajari agar anak didik merasa tertarik,Menyampaikan materi pelajaran matematika dengan bercerita dan memberi contoh,Menerjemahkan soal matematika dalam bentuk permainan,Mengajak anak berlomba mengerjakan soal matematika, dan Anak diminta membuat karya yang berhubungan dengan materi matematika yang kemudian dipajang di depan kelas atau diikutkan dalam berbagai lomba.
NAMA. : Wayan Erlina
NIM. : 855740101
UPJJ. :Bandar Lampung
POKJAR : Sidomulyo
Setelah saya menonton vidio tersebut serta memahaminya, dan yang lihat, pada saat akan memulai pelajaran matematika dan guru ingin mengajar matematika, terlihat siswa siswinya bermalas-malasan dan bosan untuk mulai pelajarannya. Sebagai guru kita pasti akan merasa bingung ataupun kecewa,, namun kembali lagi kita sebagai guru harus bisa bagaimana cara kita agar siswa siswi sangat senang dan bersemangat untuk belajar matematika misalnya seperti vidio itu guru tersebut mendatangkan Nara sumber seperti insinyur yang merupakan salah satu wali murid kelas itu. Nah disini terlihat anak sudah mulai penasaran dan rasa ingin tahu nya mulai timbul,, serta anak memperhatikan insinyur itu.
Tidak hanya mendatangkan narasumber, banyak langka-langkah yang harus kita pahami sebagai guru misalkan,dengan memberikan motivasi serta pemahaman bahwa matematika itu menyenangkan dan mudah,menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan, memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami, menggunakan metode, media dan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti metode permainan matematika, teka teki matematika, dan cerita cerita matematika yang menarik menantang dan tidak kaku, serta dengan menggunakan alat peraga yang ada di sekitar sekolah,dan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, memadukan matematika dengan dunia nyata, dan mungkin dengan memberikan sedikit candaan dan humor suasana pembelajaran akan lebih santai.