silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama: Sakina
    Nim: 859641069
    Pokjar: Kotaraya
    Upbjj: Palu
    Menurut pendapat saya mengenai vidio terserbut guru memberikan pelajaran alangkah baiknya pada awal pembelajaran membuat anak-anak lebih tenang dlu,karena pada saat melihat vidio ini,guru tidak membuat ice briking atau menyapa terlebih dahulu kepada siswa siswinya membuat anak- anak lebih semangat dalam menerima pelajaran,karena pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang menyenangkan.Sebaiknya guru memberikan alat peraga agar mudah di pahami oleh siswa,karena jika hnya dengan metode ceramah tidak akan menumbuhkan rasa semangat kepada siswa untuk mempelajari mata pelajaran tersebut.

  2. Nama : Nurhasanah
    Nim : 858071288
    Pokjar : Mempawah
    UPBJJ : Pontianak
    menurut analisis saya mengenai video tersebut dalam pembelajaran guru tidak menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar di kelas tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas dan media pembelajaran yang tidak ada digunakan, Pembelajaran yang diberikan guru sangat monoton sehingga siswa kurang suka dalam pembelajaran matematika. Pengelolaan kelas yang tidak baik menyebabkan anak banyak yang ribut,mengobrol bahkan bermalas-malasan dalam belajar ,tidak adanya penggunaan media pembelajaran juga membuat siswa bosan dan sulit untuk memahami.
    Solusi yang dilakukan guru adalah mendatangkan satu insinyur untuk mendorong kemauan anak dalam belajar dan menyukai matematika
    namun Insinyur tersebut dalam memberikan penjelasan mengenai matematika kurang tepat untuk anak-anak dikarenakan hal tersebut hanya memberikan contoh dari model bangunan yang telah Ia buat hal tersebut tidak dapat efektif untuk membuat anak menyukai pembelajaran matematika, penjelasan dari Insinyur tersebut juga tidak menarik sehingga sebagian anak terlihat bosan. Pembelajaran matematika memang dikenal sulit namun guru hendaknya dapat mengemas pembelajaran agar dapat menarik dan disukai siswa, serta tidak monoton, dan guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik seperti permainan, diskusi, ataupun kelompok serta menggunakan bahan bahan seperti origami, kardus sehingga dapat membuat anak senang dalam belajar . Sebaiknya guru saat membuka pembelajaran melakukan ice breaking atau yel-yel yang dapat membangkitkan semangat anak untuk belajar matematika, guru juga perlu mengelola kelas agar kelas menjadi efektif dan kondusif seperti penuh kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan anak dan keantusiasan dalam mengajar, dapat menggunakan kata-kata atau tindakan yang dapat membangkitkan partisipasi anak menggunakan berbagai variasi yang dapat menghilangkan kebosanan, selain dari pengelolaan kelas dan variasi membuka dan menutup pembelajaran hal yang terpenting dalam pembelajaran adalah memilih metode yang tepat agar Pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh siswa serta penggunaan media pembelajaran yang efektif dan menarik agar dapat memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran.

  3. NAMA : Khaerun Nisa Bakhrum
    NIM : 859404267
    UPBJJ : Makassar
    Pokjar : Luwu Timur
    > Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Ketika di awal pembelajaran siswa merasa tidak berminat mengikuti pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan kedatangan seorang narasumber yang telas sukses karena dengan maksimal menggunakan ilmu matematika yang pernah dipelajarinya, siswa menjadi termotivasi untuk belajar matematika secara sungguh-sungguh.

    > Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menjaga minat dan fokus belajar siswa, sehingga guru masih ketetgantungan kepada sumber belajar dari tokoh masyarakat tertentu.

    > Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk membangkitkan kembali menyukai belajar matematika.

    > Hal-hal unik apa saja yang ditejukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar matematika berubah drastis sangat antusias untuk belajar matematika ketika siswa mengetahui betala pentingnya belajar matematika untuk masa depan mereka.

    > Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk menjngkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Kedepannya guru tersebut harus lwbih kreatif dalam membuat dan menggunakan alat peraga yang menarik untuk menyampaikan materi pelajaran matematika agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari matmatika tetap terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebih bersemangat dalam belajar matematika.

    Demikianlah analisis saya dari video yang saya sudah nonton.
    Terima kasih….

  4. NAMA : ROMASI CRISTINA PUTRI SIJABAT
    NIM : 856090354
    Matematika merupakan pelajaran menyenangkan karena melatih ketelitian, berpikir kritis dan praktis, namun masih ada yang merasa Matematika itu sulit dan menegangkan, sehingga kurang diminati oleh siswa. Dalam proses pembelajaran, metode ceramah monoton masih digunakan sebagian guru tanpa keterlibatan siswa sehingga membuat pembelajaran tidak efektif dan kurang menyenangkan, kemampuan kerjasama, berpikir kritis dan sikap sosial siswa tidak tercapai. Tugas utama guru adalah membelajarkan siswa. Belajar merupakan proses perubahan perilaku. Metode pembelajaran bervariasi dapat menjadikan situasi proses pembelajaran di sekolah sebagai kegiatan menjadikan siswa lebih aktif dan mampu memecahkan masalah sendiri dibawah pengawasan dan bimbingan guru. Pemilihan metode dilakukan melalui kerjasama yang aktif dan kreatif antara guru dan siswa. Selain penggunaan metode pembelajaran bervariasi, guru juga harus memperhatikan kesiapan menerima pelajaran dan minat belajar siswa dengan nyaman sehingga dapat menerima hasil pelajaran dengan baik. Minat berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran.

  5. Nama : Tiara Yasinta
    Nim :855864303
    Bismillah menurut saya di vidio tersebut melihatkan peserta didik sangat tidak menyukai pelajaran matematika karena di vidio trsbt tidak melibatkan media pembelajaran yang menenangkan peserta didik akan menyukai pembelajaran apabila media pembelajarannya tidak membosankan,

  6. Nama : FAJRI HAFIDZ AMRULLOH
    Nim : 855742065
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Pokjar : Sidomulyo
    Kelas : 6A
    • Persepsi saya tentang vidio mengajar tentang materi bangun ruang tersebut yang mana guru mendatangkan ahli seorang arsitek yang kebetulan adalah salah satu wali murid di sekolah tersebut. Hal tersebut tepat sekali dan berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari

    • Kekurangannya menurut saya, jika tidak ada wali murid yang berprofesi sebagai arsitek, dan sulit menemukan orang terdekat dari sekolah yang berprofesi sebagai arsitek, saya rasa alternative nya dengan guru menjelaskan secara konkret menggunakan ruang kelas. Pengalaman saya mengajar materi ini, saya menggunakan media balok dari kardus dan ruang kelas, saya deskripsikan apa itu sisi, sudut, titik sudut. Dan dari situ saya melihat anak-anak semangat, dan tidak mengantuk.

    • kelebihannya menurut saya mengenai metode guru tersebut, mendongkrak semangat siswa dalam belajar supaya menjadi arsitek seperti wali murid tersebut

    • keunikannya guru tersebut mendatangkan narasumber luar yang jarang dilakukan oleh kebanyakan pendidik pada umumnya.

    • Saran untuk proses kedepannya, setiap selesai atau di sela-sela pembahasan materi diselingin ice breaking / games sederhana yang seru supaya mengembalikan mood dan konsentrasi peserta didik terutama di jam jawan (siang)

  7. Nama : FAJRI HAFIDZ AMRULLOH
    Nim : 855742065
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Pokjar : Sidomulyo
    Kelas : 6A
    • Persepsi saya tentang vidio mengajar tentang materi bangun ruang tersebut yang mana guru mendatangkan ahli seorang arsitek yang kebetulan adalah salah satu wali murid di sekolah tersebut. Hal tersebut tepat sekali dan berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari
    • Kekurangannya menurut saya, jika tidak ada wali murid yang berprofesi sebagai arsitek, dan sulit menemukan orang terdekat dari sekolah yang berprofesi sebagai arsitek, saya rasa alternative nya dengan guru menjelaskan secara konkret menggunakan ruang kelas. Pengalaman saya mengajar materi ini, saya menggunakan media balok dari kardus dan ruang kelas, saya deskripsikan apa itu sisi, sudut, titik sudut. Dan dari situ saya melihat anak-anak semangat, dan tidak mengantuk.
    • kelebihannya menurut saya mengenai metode guru tersebut, mendongkrak semangat siswa dalam belajar supaya menjadi arsitek seperti wali murid tersebut
    • keunikannya guru tersebut mendatangkan narasumber luar yang jarang dilakukan oleh kebanyakan pendidik pada umumnya.
    • Saran untuk proses kedepannya, setiap selesai atau di sela-sela pembahasan materi diselingin ice breaking / games sederhana yang seru supaya mengembalikan mood dan konsentrasi peserta didik terutama di jam jawan (siang)

  8. Nama : Weny Ayu Nengsih
    NIM : 858071446
    Makul : PKM REAKSI SISWA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN : Dari video diatas dapat dilihat siswa sibuk sendiri dan berbicara dengan teman sebangkunya dan tidak memperhatikan guru yang ada didepannya. KELEMAHAN GURU : yaitu guru tersebut tidak memiliki Media pembelajaran dan kurang berinteraksi dengan siswa nya. KELEBIHAN GURU : Guru dapat memotivasi siswa dengan mendatangkan narasumber Yaitu seorang insinyur yang berkerja sebagai arsitek. HAL UNIK : Narasumber tersebut membawa media Pembelajaran yaitu hasil kerja nyata berupa gambar bangunan sehingga anak lebih Antusias ketika melihat media tersebut. HAL YANG DAPAT DITINGKATKAN : Seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru tsb harus membuka pembelajaran terlebihdahulu serta Mengkondisikan kelas sebelum memulai pembelajaran, Lebih banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran serta menyediakan Media pembelajaran yang tepat yang tepat.

  9. Nama : Selvi Yana
    NIM : 858050395
    UPBJJ : Pontianak

    Dari video yang telah saya tonton, reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru tersebut adalah ketika guru menyebutkan “Anak-anak sekarang kita akan belajar matematika, siapkan alat tulis di atas meja”, para siswa pun mulai bersorak dan suasana dikelas pun mulai tidak kondusif.
    Masalah yang dihadapi siswa adalah mereka tidak menyukai pelajaran matematika dan itu juga menurut saya masalah juga bagi guru tersebut.
    Menurut pendapat saya strategi pembelajaran yang menarik agar para siswa menyukai pelajaran matematika adalah dengan cara menampilkan media pembelajaran. Seperti yang dilakukan oleh narasumber seorang insinyur (arsitek). Setelah beliau masuk dan menyapa siswa dengan mengucapkan salam, beliau pun memperkenalkan diri dan menjelaskan sedikit tentang pekerjaannya. Lalu narasumber tersebut menampilkan media gambar sebagai bahan untuk memudahkan para siswa dalam memahami apa yang telah dijelaskan.
    Penggunaan media dalam pembelajaran salah satunya untuk memudahkan proses belajar mengajar agar tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien.
    Sebenarnya guru tersebut harus menggunakan media pembelajaran, untuk menggunakan media dalam pembelajaran dengan efektif, guru dapat menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan, dan kebutuhan siswa. Guru juga dapat menggunakan media yang interaktif, seperti media animasi, media berbasis teknologi informasi, dan media audiovisual, yang dapat membantu siswa dalam pemahaman materi yang abstrak dan mempertinggi motivasi belajar siswa.

    Menurut saya guru juga bisa menggunakan media animasi sebagai media pembelajaran. Media animasi juga dapat membantu proses belajar mengajar, mempertinggi motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, membantu keefektifan proses pembelajaran, menarik dan mengarahkan perhatian mahasiswa, memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran, dan membawa kesegaran dan variasi baru bagi pengalaman belajar.
    Dengan menggunakan media animasi sebagai media belajar dalam pembelajaran matematika. Diharapkan siswa dapat untuk memahami materi matematika dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

  10. Nama : Nur Diana
    NIM : 858708458
    Menurut saya dari video yang telah saya simak dan tonton;
    Analisis video pembelajaran berbasis kasus yang ada di menu Laboratorium Pembelajaran pada Portal Guru Pintar .
    Judul video yang di analisis : “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
    Dalam video yang saya analisis yang bersinopsis :
    Berisi gambara tentang upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan agar siswa tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program tersebut guru mengundang narasumber dari profesi lain untuk menjelaskan manfaat dan syiknya belajar matematika.
    Video tersbeut juga menggambarkan sangat jelas bahwa masih banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Makanya banyak dari siswa merasa tidak bersemangat jika pembelajaran matematika sedang berlangsung. Keadaan ini bisa kita simak dari video tersebut tentang keadaan kelas yang sangat tidak kondusif, siswa mengobrol dengan teman sebayanya serta ramainya keadaan kelas yang membuat guru menjelaskan pembelajaran matematika menjadi terabaikan. Dari keadaan tersebut guru mendatangkan seorang narasumber dari profesi lainnya yaitu seorang walimurid yang profesinya sebagai arsitek. Seorang arsitek tersebut menjelaskan dan menunjukkan karyanya dalam membuat bangun rumah dan Gedung kepada para murid dikelas itu. Para murid dikelas tersebut merasa terheran dan takjub dengan karya seorang arsitek tersebut. Kemudian ia menjelaskan bahwa jika kita ingin membuat bengunan maka keahlian yang harus kita ketahui dan kuasai dahulu adalah mengetahui ilmu menghitung suatu Panjang dan pendek benda dan itu harus menggunakan teori matematika. Dari penjelaskan tersebut para murid akhirnya mengerti tentang penting kita belajar matematika untuk krbutuhan sehari-hari serta untuk manfaat bagi masa depan.

    Kekurangan dalam video “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”

    1) Dalam video guru tidak memulai pelajaran dengan membaca doa dan mengbsen terlebih dahulu.
    2) Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pelajaran matematika pada hari itu.
    3) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan kegiatan yang seru seperti bernyanyi, sehingga mmebuat siswa merasa bosan dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran matematika.
    4) Guru kurang menguasai kondisi kelas, baik kendala apa yang dialami oleh murid sehingga membuat mereka tidak senang mengikuti pelajaran matematika yang dianggap sulit tersebut.
    5) Guru bisa menggunakan alat pengeras suara jika memang dirasa memungkinkan para murid bisa mendengar penjelasan guru didepan kelas.
    6) Tidak nampaknya fasilitas dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat menjelaskan pembelajran matematika, sehingga membuat para murid sulit untuk memaknai apa maksud dari penjelsan guru tersebut.

    Kelebihan dalam video “ Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”

    1) Guru mengundang narasumber untuk berbagi pengalaman menjadi arsitek yang menyenangkan, hingga membuat para murid terkagum melihat dan mendengarnya dan menimbulkan rasa penasaran mau mempelajari matematika.
    2) Siswa terlihat faham tentang penjelasan yang disampaikan oleh seorang arsitek tersebut.
    3) Arsitek tersebut menggunakan media berupa gambar bangunan yang ia buat kepada murid sehingga membuat murid senang dan mengerti maksud dari penjelsan itu.
    4) Siswa sangat antusias mendengar penjelsan dari arsitek tersebut, mereka tampak mendengarkan penjelsan yang disampaikan olehnya.

    Hal yang bisa kita lakukan adalah
    Dengan terus belajar dan mengikuti transformasi pendidikan agar tidak banyak tertinggal informasi mengenai cara menyampaikan pembelajaran matematika dengan baik dan dapat difahami oleh siswa.

    Saran saya adalah
    Akan terus mengikuti perkembangan teknologi sehingga bisa mengimbangi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.

Leave a Reply