silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Ika Annisa Liutamimah
NIM : 858691275
UPBJJ : UPBJJ-UT SUrabaya
Berikut merupakan hasil analisis saya terhadap video pembelajaran di atas yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pembelajaran Matematika”.
1. Menurut pendapat saya pada masalah yang dihadapi yaitu siswa tidak menyukai Pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik dan sangat monoton sehingga siswa kurang suka dalam pembelajaran matematika. Guru juga tidak menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar di kelas yaitu tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas serta media pembelajaran yang belum efektif bagi siswa. Begitu juga dengan insinyur pada saat menjelaskan sangat tidak menarik dan mngakibatkan siswa merasa bosan.
2. Sebaiknya pada awal pembelajaran guru membuka pembelajaran bisa dengan menggunakan yel-yel atau lagu yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dibahas, agar lebih menarik minat siswa . guru juga dapat memberikan media pembelajaran dengan benda konkret (benda di sekitar) agar siswa lebih memahami pembelajaran yang sedang dilakukan. Guru juga harus bisa memahami kebutuhan siswa dan keantusiasan dalam mengajar.
NAMA : IKA ANNISA LIUTAMIMAH
NIM :858691275
Berikut merupakan hasil analisis saya terhadap video pembelajaran di atas yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pembelajaran Matematika”.
1. Menurut pendapat saya pada masalah yang dihadapi yaitu siswa tidak menyukai Pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik dan sangat monoton sehingga siswa kurang suka dalam pembelajaran matematika. Guru juga tidak menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar di kelas yaitu tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas serta media pembelajaran yang belum efektif bagi siswa. Begitu juga dengan insinyur pada saat menjelaskan sangat tidak menarik dan mngakibatkan siswa merasa bosan.
2. Sebaiknya pada awal pembelajaran guru membuka pembelajaran bisa dengan menggunakan yel-yel atau lagu yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dibahas, agar lebih menarik minat siswa . guru juga dapat memberikan media pembelajaran dengan benda konkret (benda di sekitar) agar siswa lebih memahami pembelajaran yang sedang dilakukan. Guru juga harus bisa memahami kebutuhan siswa dan keantusiasan dalam mengajar.
Berikut merupakan hasil analisis saya terhadap video pembelajaran di atas yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pembelajaran Matematika”.
1. Menurut pendapat saya pada masalah yang dihadapi yaitu siswa tidak menyukai Pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik dan sangat monoton sehingga siswa kurang suka dalam pembelajaran matematika. Guru juga tidak menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar di kelas yaitu tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas serta media pembelajaran yang belum efektif bagi siswa. Begitu juga dengan insinyur pada saat menjelaskan sangat tidak menarik dan mngakibatkan siswa merasa bosan.
2. Sebaiknya pada awal pembelajaran guru membuka pembelajaran bisa dengan menggunakan yel-yel atau lagu yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dibahas, agar lebih menarik minat siswa . guru juga dapat memberikan media pembelajaran dengan benda konkret (benda di sekitar) agar siswa lebih memahami pembelajaran yang sedang dilakukan. Guru juga harus bisa memahami kebutuhan siswa dan keantusiasan dalam mengajar.
NAMA : ROSPITA OPPU SUNGGU
NIM : 814336645
POKJAR : ASAHAN
1. Ringkasan Isi Video
• Identitas Video :
Tokoh : Pak Guru, Siswa, Pak Krisna (Arsitek)
Nama Sekolah : –
• Sinopsis Video :
Program video berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam video itu guru menggunakan narasumber dari profesi lain untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika.
2. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
• Guru tidak menguasai kelas sehingga siswa cenderung berisik atau asik dengan kegiatannya masing-masing, bahkan ada siswa yang mengganggu temannya yang sedang belajar. Bahkan guru tidak mencoba untuk menenangkan suasana kelas.
• Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dalam kegiatan belajar mengajar.
3. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
• Adanya bintang tamu seorang arsitek membuat suasana belajar sedikit kondusif karena bintang tamu tersebut menarik perhatian siswa untuk mendengarkan materi yang disampaikan arsitek tersebut. Terlebih lagi arsitek tersebut membawa media pembelajaran berupa gambar/ poster.
• Adanya bintang tamu seorang arsitek membuat siswa termotivasi untuk belajar bersungguh-sungguh supaya bisa berhasil seperti arsitek tersebut.
4. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video
• Kegiatan belajar pada video menarik karena mendatangkan narasumber seorang arsitek.
• Penggunaan alat peraga berupa poster atau gambar cukup menjadi variasi metode mengajar ketika arsitek menjelaskan materi sehingga menarik perhatian siswa.
5. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
Setelah melihat video GPO rencana perbaikan yang akan saya lakukan pada RPP saya yaitu melampirkan dan melakukan kegiatan pembuka, menentukan metode mengajar yang baik dan menentukan langkah pembelajaran yang tepat
Nama : Ika Annisa Liutamimah
NIM : 858691275
UPBJJ : UPBJJ-UT Surabaya
Berikut merupakan hasil analisis saya terhadap video pembelajaran di atas yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pembelajaran Matematika”.
1. Menurut pendapat saya pada masalah yang dihadapi yaitu siswa tidak menyukai Pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik dan sangat monoton sehingga siswa kurang suka dalam pembelajaran matematika. Guru juga tidak menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar di kelas yaitu tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas serta media pembelajaran yang belum efektif bagi siswa. Begitu juga dengan insinyur pada saat menjelaskan sangat tidak menarik dan mngakibatkan siswa merasa bosan.
2. Sebaiknya pada awal pembelajaran guru membuka pembelajaran bisa dengan menggunakan yel-yel atau lagu yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dibahas, agar lebih menarik minat siswa . guru juga dapat memberikan media pembelajaran dengan benda konkret (benda di sekitar) agar siswa lebih memahami pembelajaran yang sedang dilakukan. Guru juga harus bisa memahami kebutuhan siswa dan keantusiasan dalam mengajar.
Nama : Helni Listi Vika
NIM. : 858573548
UPBJJ PURWOKERTO
Menurut analisis saya mengenai video tersebut dalam pembelajaran guru tidak menerapkan keterampilan dasar mengajar di kelas. Tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran yang diberikan guru sangat monoton. Pengelolaan kelas yang tidak baik menyebabkan kelas tidak kondusif, tidak adanya penggunaan media pembelajaran juga membuat peserta didik merasa bosan dan sulit untuk memahami pelajaran.
Solusi yang dilakukan guru adalah mendatangkan satu insinyur untuk mendorong motivasi dan minat belajar matematika,
namun Insinyur tersebut dalam memberikan penjelasan mengenai matematika kurang tepat untuk peserta didik dikarenakan hal tersebut hanya memberikan contoh dari model bangunan yang telah Ia buat. Hal tersebut tidak dapat efektif untuk membuat peserta didik menyukai pembelajaran matematika, penjelasan dari Insinyur tersebut juga tidak menarik sehingga sebagian peserta didik terlihat bosan. Pembelajaran matematika memang dikenal sulit namun guru hendaknya dapat mengemas pembelajaran agar dapat menarik dan disukai peserta didik, serta tidak monoton, dan guru dapat menggunakan metode kooperatif learning tipe team games turnament ataupun metode pembelajaran lain yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan.
Kemudian melakukan ice breaking agar peserta didik tidak tetap bersemangat dalam belajar.
Setelah saya analisis dari video pembelajaran yang berjudul “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” dapat saya sampaikan bahwa dari pembelajaran tersebut diketahui bahwa guru tersebut berusaha ingin siswanya tertarik untuk mengikuti pelajaran matematika hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu untuk ditambahkan atau dilakukan guru tersebut agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Saya mengidentifikasi bahwa dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan guru tersebut ada beberapa masalah yang perlukan diperhatikan untuk dijadikankan acuan perbaikan yang mana permasalahan tersebut adalah 1) di awal pembelajaran guru tidak memotivasi siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) guru tidak melakukan apersepsi , 3) tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga dari permasalahan tersebut timbullah permasalahan baru yang mana beberapa siswa terlihat tidak minat atau kurang semangat ketika akan mengikuti pembelajaran, siswa ribut di kelas ada yang bermain, bercerita dengan teman dengan begitu pembelajaran menjadi tidak kondusif.
Namun ada hal baru yang dilakukan guru tersebut yang menjadi kelebihan dari metode yang dilakukan guru tersebut yaitu mengundang narasumber yang berprofesi sebagai arsitek sehingga para murid menjadi termotivasi dan menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran matematika.
Nama : Muji Asih Setiyo Rahayu
Nim : 857573136
Semester : 8/ Delapan
Matkul : PKP
UPBJJ/ Pokjar : Purwokerto/ Kedungreja
Judul Video : Siswa tidak menyukai pelajaran matematika
Dalam video diatas, terlihat jelas sekali bahwa siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru.
Dalam pembelajaran tersebut ada beberapa kelemahan atau hal yang lupa tidak dilakukan guru ketika pembelajaran yg berakibat siswa menjadi kurang kondusif diantaranya yaitu: Guru tidak melakukan kegiatan pendahulua seperti berdoa dan absensi. Guru juga tidak memberikan apresiasi terhadap siswa, tidak melakukan gerakan literasi dan tidak memberikan penjelasan manfaat dan tujuan melakukan pembelajaran tersebut.
Guru seharusnya dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dengan baik dan menyenangkan, melakukan komunikasi timbal balik dengan siswa agar siswa merasa dilibatkan dalam pembelajaran tersebut, selain itu guru juga seharusnya memberikan latihan soal untuk mengetahui sampai mana pemahaman yang siswa dapatkan dalam pembelajaran tersebut.
Namu didalam video diatas juga ada beberapa kelebihan yg ditunjukan oleh Guru tersebut. Bpk Guru terilihat sangat menguasai materi yang akan dijelaskan pada siswa-siswanya selain itu belau juga mendatangkan narasumber yang berkaitan dengan materi yg dibahas pada hari itu sehingga semangat belajar siswa mulai meningkat.
NAMA : ARMALIA PUTRI PANJAITAN
NIM: 856034331
POKJAR: TANJUNGBALAI
UPBJJ: UT MEDAN
Setelah saya analisis dari video
pembelajaran yang berjudul “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” dapat saya sampaikan bahwa dari pembelajaran tersebut diketahui bahwa guru tersebut berusaha ingin siswanya tertarik untuk mengikuti pelajaran matematika hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu untuk ditambahkan atau dilakukan guru tersebut agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Saya mengidentifikasi bahwa dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan guru tersebut ada beberapa masalah yang perlukan diperhatikan untuk dijadikankan acuan perbaikan yang mana permasalahan tersebut adalah 1) di awal pembelajaran guru tidak memotivasi siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) guru tidak melakukan apersepsi , 3) tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga dari permasalahan tersebut timbullah permasalahan baru yang mana beberapa siswa terlihat tidak minat atau kurang semangat ketika akan mengikuti pembelajaran, siswa ribut di kelas ada yang bermain, bercerita dengan teman dengan begitu pembelajaran menjadi tidak kondusif.
Namun ada hal baru yang dilakukan guru tersebut yang menjadi kelebihan dari metode yang dilakukan guru tersebut yaitu mengundang narasumber yang berprofesi sebagai arsitek sehingga para murid menjadi termotivasi dan menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran matematika.
Nama : LIA PEBRIANTI BR PINEM
Nim : 856028542
Semester : 8
UPBJJ : UT MEDAN
Menurut analisis saya mengenai video tersebut dalam pembelajaran guru tidak menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar di kelas, tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas, dan media pembelajaran yang tidak ada digunakan, pembelajaran yang diberikan guru sangat monoton sehingga siswa kurang suka dalam pembelajaran matematika. Pengelolaan kelas yang tidak baik menyebabkan anak banyak yang ribut, mengobrol bahkan bermalas-malasan dalam belajar, tidak adanya penggunaan media pembelajaran juga membuat siswa bosan dan sulit untuk memahami.
Pembelajaran matematika memang dikenal sulit namun guru hendaknya dapat mengemas pembelajaran agar dapat menarik dan disukai siswa, serta tidak monoton, dan guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik seperti permainan, diskusi ataupun kelompok serta menggunakan bahan-bahan seperti origami, kardus sehingga dapat membuat anak senang dalam belajar.
Sebaiknya saat membuka pembelajaran guru bisa melakukan ice breaking atau yel-yel yang dapat membangkitkan semangat anak-anak untuk belajar matematika, guru juga perlu mengelola kelas agar kelas menjadi efektif dan kondusif.