silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Melinda Indriani
NIM : 858919587
Pokjar : Umbulsari
UBJJ : Jember
Setelah melihat video tersebut, menurut saya masih banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika. Penyebabnya mungkin bisa karena pelajaran matematika dianggap sulit karena harus menghitung serta bisa juga karena guru mengajarkan matematika dengan cara yang membosankan dan monoton sehingga mereka merasa jenuh. Di video tersebut guru mendatangkan insinyur yang berhubungan dengan mata pelajaran matematika dan membuat siswa termotivasi membuat suasana belajar menjadi menyenangkan karena para siswa menjadi berminat untuk belajar. Selain itu, untuk menjadikan suasana kelas yang tidak membosankan, guru bisa mengubah strategi mengajar dan juga bisa menggunakan alat peraga atau bantuan alat belajar lainnya.
Nama : Vali Maysaroh
Nim: 856969357
Prodi : PGSD
Pokjar: Way Tenong
Proses pembelajaran dalam video tersebut seorang guru mengupayakan solusi untuk semua siswanya yang tidak menyukai pelajaran matematika, yaitu dengan cara membawa narasumber langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh bangunan yang kongkrit sehingga siswa merasa termotivasi untuk belajar matematika, dan semua siswa sangat bersemangat saat di beri tugas oleh gurunya untuk membuat gambar tentang materi bangun ruang.
Nama : Sandra Amelia Hardianti
NIM : 857694848
Pokjar : Bangsri Jepara
Menurut saya setelah saya melihat video tentang Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika terdapat kekurangan dan kelebihan ,
Kekurangan :
– Pada awalan video guru tidak memberikan sapaan sehingga murid mulai bosan
– Guru tidak memberikan kesempatan kepada anak – anak untuk berinteraksi seperti tanya jawab.
– Seharusnya guru melakukan eksplorasi dengan menggunakan alat peraga
Kelebihan :
Guru sudah bagus mendatangkan narasumber sehingga dapat memotivasi siswa agar lebih berminat pada pelajaran matematika.
Nama: Kristina
Nim: 856969199
Pokjar: Way Tenong
UPBJJ-UT : Bandar Lampung setelah melihat video pembelajaran diatas saya mendapati bahwa, kelemahan:
1. ketika awal pembelajaran seharusnya guru melakukan apersepsi terlebih dahulu seperti berdoa, memeriksa kehadiran, menanyakan kabar, dan menjalankan ice break untuk membangkitkan semangat dan minat belajar siswa..
2. untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru sebaiknya menggunakan alat peraga/media yang pas agar anak tertarik dan belajar tidak monoton. strategi dan metode pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh untuk menambah semangat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai..
Kelebihan:
1.terlihat bahwa semangat anak belajar matematika masih rendah,, tetapi ketika datang narasumber semangat anak meningkat, karena narasumber menggunakan alat peraga yang membangkitkan keaktifan siswa dan minat siswa, minat siswa..
Nama : Annisa Nur Jannah
NIM : 857102713
Setelah menyimak video di atas, saya berpendapat bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki ketertarikan dengan pembelajaran Matematika. Maka, sebagai seorang pendidik hendaknya untuk memilih strategi dan model pembelajaran Matematika yang menarik, misal dengan belajar sambil bermain.
Terimakasih.
Nama : Annisa Nur Jannah
NIM : 857102713
Setelah menonton dan menyimak video di atas, bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki minat atau ketertarikan pada pembelajaran Matematika. Sehingga, sebagai guru mesti memilih strategi pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik dengan pembelajaran Matematika.
Terimakasih
Nama : Gunik Siswanti
NIM : 856969142
Pokjar : Way Tenong
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah melihat video tersebut, masih banyak siswa yang kurang minat dalam pelajaran matematika. Sebagai seorang pendidik, kita harus memberikan motivasi agar siswa suka pelajaran matematika. Selain itu kita harus kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti membawa alat peraga yang sesuai dengan materi, mengajak siswa belajar sambil bermain agar anak tidak bosan jika harus fokus pada pelajaran.
Nama : Gunik Siswanti
NIM : 856969142
Pokjar : Way Tenong
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah melihat video tersebut, masih banyak siswa yang kurang minat dalam pelajaran matematika. Sebagai seorang pendidik, kita harus memberikan motivasi agar siswa suka pelajaran matematika. Selain itu kita harus kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti membawa alat peraga yang sesuai dengan materi, mengajak siswa belajar sambil bermain agar anak tidak bosan jika harus fokus pada pelajaran.
Nama : Gunik Siswanti
NIM : 856969142
Pokjar : Way Tenong
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah melihat video tersebut, masih banyak siswa yang kurang minat dalam pelajaran matematika. Sebagai seorang pendidik, kita harus memberikan motivasi agar siswa suka pelajaran matematika. Selain itu kita harus kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti membawa alat peraga yang sesuai dengan materi, mengajak siswa belajar sambil bermain agar anak tidak bosan jika harus fokus pada pelajaran.
Nama : Esterlina
Nim : 859821684
UPBJJ : Kendari
Pokjar : Kendari
Setelah saya menonton video tentang “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”
Sebaiknya guru harus lebih kreatif dalam menarik perhatian siswa agar siswa memiliki ketertarikan untuk belajar matematika.Pada video tersebut guru nya sangat cerdas dan kreatif karena mempunyai ide yg cemerlang untuk mendatangkan seorang narasumber