silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

723 Comments

  1. Nama: Sawiri
    Nim: 855732437
    Pokjar : Sidomulyo
    Setelah saya menonton kemudian menelaah vidio di atas tentang siswa tidak menyukai pelajaran matematika yang saya lihat adalah siswa tampak tidak suka dan enggan untuk mengikuti pembelajaran matematika bahkan dari respon siswa saya melihat bahwa mayoritas siswa tidak suka dengan pelajaran matematika,dalam vidio tersebut tampak seorang guru mendatangkan seseorang arsitek pakar matematika guna untuk menarik minat belajar matematika pada anak namun tampaknya anak anak tetap tidak menyukai pembelajaran tersebut,terdapat faktor penyebab siswa yang tidak suka bahkan malas dengan pelajaran tersebut seperti
    1.guru kurang menarik dalam kegiatan pembuka kelas bahkan monoton dengan hanya mengucap salam
    2.tidak adanya ice breaking sebelum memulai pembelajaran
    3.siswa banyak menganggap bahwa pelajaran matematika itu sangat membosankan bahkan ada juga yang menggap bahwa matematika sangat susah
    4.kurangnya media pembelajaran
    Mungkin dari faktor faktor tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebaiknya kita membuat keadaan kelas menjadi lebih menyenangkan sebelum pembelajaran di mulai seperti mengadakan games atau permainan yang menarik keinginan siswa untuk tetap belajar di kelas.mungkin dengan menambah media pembelajaran yang menyenangkan dapat menarik minat belajar siswa.

  2. Nama : Anif widyastuti cahyaningrum
    NIM : 858001686
    Pokjar : Gunung Kidul
    UPBJJ-UT : Yogyakarta
    Dari video tersebut kita dapat mengetahuinpada siswa yang begitu kurang bersemangat terhadap mata pelajaran Matematika. Jadi guru didalam video tersebut ingin menginspirasi siswa supaya menjadi suka dan tertarik dengan mata pelajaran matematika, dengan mendatangkan contoh pekerjaan yang mengutamakan metode matematika yaitu seorang insyinyur arsitek yang bekerja dengan metode melakukan perhitungan saat bekerja dengan matematika. Hal ini sangat baik. Tapi bisa ditambahi metode ini bisa kita tambah lagi dengan cara memberikan video tentang tata cara penghitungan matematika yang kita sajikan dalam bentuk yang unik seperti hitung tambahan yang ada gambar hewan,buah, dan lainnya. Sehingga kreativitas yang dilakukan seorang guru sangat penting demi mencairkan suasana dikelas. Supaya anak-anak bisa merasa senang dan nyaman saat menerima pelajaran.

  3. Nama: Wiwin Hariani
    NIM: 857590085
    UPBJJ:Purwokerto

    video mengenai siswa tidak menyukai pelajaran matematika
    Guru berusha dan mencari alternatif untuk membuat siswa nya menjadi senang dengan matematika,nah dalam video ini sang ahli menggunakan media gambar sebagai penjelasan materi sehingga siswa lebih antusias mengikuti pelajaran dan mau mendengarkan.Menurut pendapat saya Guru menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran yang membuat anak tertarik dalam pelajaran matematika.

  4. Damas Danu Danarta
    857865128
    UPBJJ UT Surakarta

    Setelah melihat video tentang siswa tidak suka dengan pelajaran matematika diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa untuk menarik minat siswa agar bisa mennyukai pelajaran matematika kita sebagai guru harus mempunyai trik-trik khusus, seperti yang ada dalam video tersebut misalnya mengundang narasumber yang ahli dalam bidang tertentu, tetapi bagaimana jika keterbatasan kolega untuk bisa mengundang narasumber? Kalau menurut saya di jaman sekarang lebih mudah karena system informasi sudah semakin canggih, kita bisa memberikan motivasi tanpa harus mencari narasumber langsung, kita bisa menggunakan video pembelajaran yang menarik, sehingga siswa tidak monoton saat mempelajari matematika. Ada juga cara yang bisa di pakai yaitu dengan menggunakan media pembelajaran misalnya dengan membuat sebuah permainan yang dapat di hubungkan dengan pelajaran matematika.
    Mungkin sedikit saja yang bisa saya sampaikan ada kurangnya mohon maaf.. Terima kasih

  5. Nama: Ikawati Indra Kusuma Ningrum
    NIM: 860010849
    UPBJJ: UT Semarang
    Matkul PKM PDGK 4209 166

    1. Permasalahan Utama:
    Video ini menyoroti masalah umum yang sering dihadapi guru, yakni rendahnya minat siswa terhadap pelajaran matematika. Siswa cenderung tidak tertarik belajar matematika dan menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan.

    2. Upaya Guru dalam Mengatasi Masalah:
    Guru dalam video tersebut telah melakukan beberapa upaya yang patut diapresiasi, adalah mengundang Narasumber: Dengan mengundang narasumber dari berbagai profesi yang membutuhkan matematika dalam pekerjaan mereka, guru berusaha menunjukkan relevansi matematika dalam kehidupan nyata. Hal ini diharapkan dapat memicu minat siswa.

    Upaya yang lain yang bisa dilakukan oleh guru selain mendatangkan narasumber adalah
    a. Memahami Masalah Siswa: Guru memperhatikan kesulitan dan kendala yang dihadapi siswa dalam belajar matematika. Dengan memahami masalah ini, guru dapat menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif.
    b. Mencari Strategi Pembelajaran yang Menarik: Guru berupaya mencari cara-cara baru dan menarik dalam menyampaikan materi matematika, sehingga siswa tidak merasa bosan.

    3. Analisis
    Berdasarkan upaya guru dalam video tersebut, maka untuk meningkatkan minat siswa terhadap matematika, guru perlu:
    o Membuat Konsep Matematika yang Relevan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai profesi.
    o Membuat Pembelajaran Menarik: Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang aktif, seperti permainan, eksperimen, atau proyek kelompok.
    o Membangun Koneksi Emosional: Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung, sehingga siswa merasa nyaman dan tidak takut untuk bertanya.
    o Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif: Memberikan umpan balik yang jelas dan spesifik kepada siswa, sehingga mereka dapat memperbaiki kesalahan dan meningkatkan pemahaman.

    4. Referensi Analisis yang bisa dipakai
    Beberapa teori pembelajaran yang relevan dengan kasus ini antara lain:
    • Teori Konstruktivisme: Siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman aktif. Guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan konsep matematika sendiri.
    • Teori Multiple Intelligences: Setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Guru perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang mengakomodasi berbagai gaya belajar.
    • Teori Motivasi: Motivasi siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang memotivasi dan memberikan penghargaan atas prestasi siswa.

  6. Nama: Ikawati Indra Kusuma Ningrum
    NIM: 860010849
    UPBJJ: UT Semarang
    Ijin berkomentar
    1. Permasalahan Utama:
    Video ini menyoroti masalah umum yang sering dihadapi guru, yakni rendahnya minat siswa terhadap pelajaran matematika. Siswa cenderung tidak tertarik belajar matematika dan menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan.

    2. Upaya Guru dalam Mengatasi Masalah:
    Guru dalam video tersebut telah melakukan beberapa upaya yang patut diapresiasi, adalah mengundang Narasumber: Dengan mengundang narasumber dari berbagai profesi yang membutuhkan matematika dalam pekerjaan mereka, guru berusaha menunjukkan relevansi matematika dalam kehidupan nyata. Hal ini diharapkan dapat memicu minat siswa.

    Upaya yang lain yang bisa dilakukan oleh guru selain mendatangkan narasumber adalah
    a. Memahami Masalah Siswa: Guru memperhatikan kesulitan dan kendala yang dihadapi siswa dalam belajar matematika. Dengan memahami masalah ini, guru dapat menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif.
    b. Mencari Strategi Pembelajaran yang Menarik: Guru berupaya mencari cara-cara baru dan menarik dalam menyampaikan materi matematika, sehingga siswa tidak merasa bosan.

    3. Analisis
    Berdasarkan upaya guru dalam video tersebut, maka untuk meningkatkan minat siswa terhadap matematika, guru perlu:
    o Membuat Konsep Matematika yang Relevan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai profesi.
    o Membuat Pembelajaran Menarik: Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang aktif, seperti permainan, eksperimen, atau proyek kelompok.
    o Membangun Koneksi Emosional: Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung, sehingga siswa merasa nyaman dan tidak takut untuk bertanya.
    o Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif: Memberikan umpan balik yang jelas dan spesifik kepada siswa, sehingga mereka dapat memperbaiki kesalahan dan meningkatkan pemahaman.

    4. Referensi Analisis yang bisa dipakai
    Beberapa teori pembelajaran yang relevan dengan kasus ini antara lain:
    • Teori Konstruktivisme: Siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman aktif. Guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan konsep matematika sendiri.
    • Teori Multiple Intelligences: Setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Guru perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang mengakomodasi berbagai gaya belajar.
    • Teori Motivasi: Motivasi siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang memotivasi dan memberikan penghargaan atas prestasi siswa.

  7. Nama : Rihul Mahmuda
    NIM : 858928973
    Pokjar : Umbulsari
    UPBJJ : Jember

    Menurut pendapat saya, siswa kurang bersemangat dan kurang memperhatikan saat guru menerangkan pelajaran matematika, upaya yang dilakukan oleh guru sudah bagus dengan memanggil narasumber lain yaitu orang tua siswa yang memiliki profesi arsitek untuk dapat memberikan pengalamannya kepada anak-anak agar dapat di jadikan motivasi untuk dapat belajar matematika dengan semangat. tetapi menurut saya hal tersebut belum efisien, alangkah baiknya sebelum memulai pelajaran di lakukan ice breaking terlebih dahulu agar suasana dalam pelajaran tidak tegang, guru juga bisa menggunakan bahan ajar yang menarik atau dengan menggunakan video pembelajaran bersumber dari internet agar siswa tidak jenuh dalam pelajaran matematika.

  8. Nama : Regita Cahyani
    NIM : 859794641
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ : Muara Enim

    Saya menganalisis salah satu video pembelajaran di Portal Guru Pintar pada Seri Pembelajaran SD yang berjudul “Siswa Tidak Menyyukai Pelajaran Matematika”
    Pada link berikut :
    https://drive.google.com/file/d/1lHnR8Oy4vb0XYZ7bxYY4TxaMkd5RUo3_/view?usp=sharing
    Dalam vidio tersebut terlihat Siswa tidak menyyukai pelajaran matematika karena pasti difikiran siswa tersebut yaitu pelajaran matematika itu membosankan dan pelajaran matematika itu banyak berfikir dan menghitung hal yang melatar belakanginya. Beberapa alasan yang membuat siswa tidak suka hitung-hitungan adalah karena pelajaran Matematika dianggap terlalu sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan.
    Hal tersebut di atas dapat dipahami terlebih jika pada saat pembelajaran Matematika materi disampaikan dengan cara yang super serius. Guru Pintar perlu mengetahui alasan mengapa siswa tidak menyukai hitung-hitungan untuk kemudian menentukan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan.
    Siswa yang tidak suka Matematika, bukan berarti mereka membenci pelajaran ini. Setelah mengetahui alasan mengapa mereka tidak menyukai pelajaran Matematika, Guru Pintar dapat berusaha mencari cara mengatasi ketakutan anak pada pelajaran matematika.
    Hal pertama yang dapat Guru Pintar lakukan adalah berusaha mengubah perspektif siswa terhadap pelajaran Matematika.
    Yakinkan siswa bahwa pelajaran Matematika bukan pelajaran sulit melainkan matematika itu mudah dan menyenangkan.
    Terimakasih.

  9. Nama : Gigin Ginanjar
    NIM : 877675867
    Pokjar : Cirebon
    UPBJJ-UT : Bandung

    Berdasarkan video yang saya tonton diatas. Kemudian saya melakukan telaah terhadap video tersebut dimana dalam video tersebut tentang siswa yang tidak menyukai pelajaran Matematika. Ketidaksukaan siswa terhadap pelajaran Matematika ini dapat kita lihat dari respon para siswa yang kurang semangat Ketika hendak belajar Matematika.
    Didalam video tersebut kita dapat melihat usaha yang dilakukan seorang guru untuk meningkatkan Kembali rasa suka terhadap pelajaran Matematika. Seorang guru mendatangkan seorang insinyur dimana beliau ini salah satu dari orang tua siswa yang berada disekolah tersebut. Kemudian menjelaskan pekerjaannya sebagai seorang arsitek Gedung, bangunan maupun jembatan.
    Kemudian insinyur tersebut memberikan tips kepada siswa yang mempunyai cita-cita seperti beliau. Salah satu kunci sukses dari seorang insinyur beliau mengatakan harus pandai dalam menghitung atau pelajaran matematika. Karena matematika sangat bermanfaat terhadap pekerjaannya dalam menghitung jumlah kebutuhan bahan,maupun konstruksi bangunan yang hendak dibuatnya. Karena jika terdapat kesalahan kecil saja mampu membuat bangunan tersebut menjadi tidak stabil atau bahkan roboh.
    Hal ini baik dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan Kembali antusias siswa dalam belajar matematika. Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk menmbuat siswa menyukai pelajaran matematika selain dengan mendatangkan seorang ahli. Guru juga bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini :
    1. Menggunakan media gambar yang menarik
    2. Menonton video pembelajaran matematika
    3. Membuat kelompok belajar siswa dll
    Dengan dilakukannya beberapa cara diatas, menurut saya bisa menambah semangat siswa untuk mempelajari pelajaran matematika.

  10. Nama : Etik Nur Safitri
    NIM : 859178834
    Pokjar : Praya
    UPBJJ-UT : Mataram

    Berdasarkan video yang sudah saya tonton diatas dan setelah dilakukan analisis terhadap video tersebut dapat terlihat bahwa siswa tampak tidak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran matematika bahkan dari respon siswa ketika akan dimulai pembelajaran saya melihat bahwa kebanyakan siswa tidak suka dengan pelajaran matematika karena dirasa membosankan. Dalam video tersebut kita dapat melihat upaya yang dilakukan seorang guru untuk meningkatkan motivasi para siswa dalam belajar matematika. Untuk meningkatkan motivasi siswanya seorang guru mendatangkan seorang insinyur arsitek yang juga merupakan orang tua dari siswa disekolah itu. Kemudian insinyur tersebut menjelaskan bahwa salah satu kunci untuk menjadi seorang insinyur seperti beliau harus pandai dalam pelajaran matematika. Karena matematika sangat bermanfaat terhadap pekerjaannya selama menjadi seorang arsitek.
    Dengan mengundang seorang narasumber profesional hal ini baik untuk meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar matematika. Beberapa hal yang bisa dilakukan guru untuk membuat siswa menyukai pelajaran matematika antara lain yaitu :
    1. Sebelum memulai pelajaran di lakukan ice breaking terlebih dahulu
    2. Menggunakan media pembelajaran berupa video atau gambar
    3. Membuat permainan yang masih berhubungan dengan matematika

Leave a Reply