silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Rafika Wulan Dari
    NIM : 877551522
    Prodi : PGSD S1

    Setelah saya amati vidio tersebut, rendahnya minat siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah guru tidak merencanakan pembelajaran dengan baik, tidak membuka pembelajaran, siswa tidak berdoa sebelum memulai pembelajaran, absensi, ice breaking, dan siswa belum fokus untuk belajar. Namun upaya yang dilakukan guru juga cukup bagus, dengan adanya narasumber yang menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan bahwa matematika sangat penting dipelajari. Disini nampak perbedaannya siswa tidak tertarik dengan matematika ketika guru menjelaskan tanpa media, sedangkan pada saat narasumber siswa lebih antusias dan tertarik karena ada media yang ditampilkan.

  2. Setelah melihat video tersebut saya melihat kurangnya pendekatan guru dengan siswa. Dalam video tersebut guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa bosan mendengarkan penjelasan dari guru tersebut. Harusnya guru tersebut sebelum memulai pembelajaran harus memberi pembukaan pembelajaran serta mengajak siswa ice breaking sehingga ketika memulai pembelajaran siswa sudah punya semangat memulai pembelajarannya dan juga metode pembelajarannya diubah ke metode yang dimana siswa ikut terlibat dalam pembelajaran tersebut misalnya dengan metode diskusi ataupun metode pembelajaran dengan permainan sehingan ketika siswa ikut terlibat maka siswa tidak merasa bosan dalam belajar.

  3. Video pembelajaran menunjukkan perubahan signifikan dalam reaksi siswa terhadap matematika. Pada awalnya siswa menunjukkan ketidaksukaan, namun setelah intervensi guru dengan menghadirkan narasumber eksternal, siswa menjadi lebih antusias dan memahami relevansi matematika dalam kehidupan nyata. Kelemahan guru terletak pada struktur pembelajaran yang kurang lengkap (tidak ada pembukaan yang jelas, apersepsi, dan ice breaking), pengelolaan waktu yang belum optimal, dan aspek pedagogis yang belum komprehensif. Kelebihan guru mencakup inovasi pembelajaran dengan menghadirkan narasumber profesional, kemampuan memotivasi siswa, kesadaran mengidentifikasi masalah dan solusi, serta keterampilan berkolaborasi dengan pihak luar. Keunikan pembelajaran terlihat pada pendekatan berbasis dunia nyata, transformasi sikap siswa dari negatif menjadi positif, dan integrasi matematika dengan bidang profesional lain. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, disarankan menyempurnakan struktur pembelajaran, mengembangkan variasi metode, memanfaatkan teknologi, mempersonalisasi pembelajaran, memperkuat aspek motivasi, mengembangkan pembelajaran kontekstual, memperbaiki evaluasi, dan melakukan pengembangan profesional berkelanjutan.

  4. Nama : Halimatus Saddiah Rambe
    Nim : 856048838

    Dari vidio yang di tayangkan di atas,kelas terlihat tidak kondusif dimana para siswa asyik dengan mainan nya dan asyik dengan kegiatannya di dalam kelas. Seharusnya guru terlebih dahulu memperhatikan keadaan kelas sebelum pembelaajran di mulai. Namun pada vidio ini terlihat guru langsung memberikan arahan kepada siswa untuk membuka buku dan mengerjakan tugas yang ada di buku. Seharusnya guru memjelaskan terlebih dahulu apa yang akan di kerjakan. Kemudian pada vidio ini guru membawa narasumber di dalam kelas untuk memberikan arahan di dalam kelas. Kemudia pada vidio ini terlaku monoton menjelaskan secara langsung dengan ceramah. Pada vidio ini narasumber tidak semangat dan tidak terlihat menggunakan vidio,hanya bercerita tanpa menggunakan media yang menarik untuk memberikan semangat kepada siswa. Seharusnya guru dan narasumber memberikan Media pembelajaran.

  5. Nama : Resti Eka Saputri
    NIM : 877656297
    UPBJJ UT : Bogor
    Pokjar : Bogor Selatan
    Prodi : PGSD S-1
    Semester : 8A
    Pada video seri pembelajaran SD “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” gambaran pada video memperlihatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika sangat kurang. Dikarenakan pada saat guru memulai pembelajaran dan menyatakan saat ini pembelajaran matematika akan dimulai terlihat siswa tidak bersemangat dan hampir seluruh siswa tidak menyukai pembelajaran matematika. Hal tersebut mungkin dikarenakan siswa merasa bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dikerjakan bahkan merasa bosan karena siswa kesulitan memahami konsep. Guru sudah berusaha mendatangkan seorang yang ahli dalam pembelajaran matematika secara nyata dan relevan. Siswapun termotivasi oleh orang tersebut karena mampu membuat gedung serta bangunan tinggi. Motivasi yang diberikan membuat minat siswa semakin tinggi. Selain mendatangkan seorang yang ahli, guru juga dapat meggunakan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik, serta menekankan penerapan matematika dalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari.

  6. Nama : Putri Rahmayani
    NIM : 859775326
    Pokjar : Rarowatu Utara

    Menurut saya kelemahan yang terdapat pada video tersebut yaitu: sebelum melakukan pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan pada awal pelajaran, apersepsi, dan absen. Adapun penyebab “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” karena mereka menganggap dari awal bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Guru juga masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa jadi kurang aktif.
    Menurut saya solusi yang tepat yaitu sebelum memulai pelajaran guru sebaiknya melakukan apersepsi, ice breaking agar dapat membangkitkan semangat belajar siswa dan menjelaskan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, bermanfaat dan relevan dalam kehidupan sehari-hari guru juga dapat memberikan motivasi dan metode pembelajaran yang interaktif serta variatif dikelas agar siswa lebih tertarik dengan pelajaran matematika, guru juga dapat mengubah gaya belajar dan dapat menggunakan media belajar atau alat peraga untuk mempraktik kan atau menjelaskan materi supaya pembelajaran menjadi menarik dan siswa tidak merasa bosan.

  7. Nama : Nur Hotimah
    Nim : 859774592
    Prodi : S1 PGSD
    Setelah saya menonton video tersebut, saya menemukan ada kelemahan yang di miliki guru tersebut di dalam pembelajaran yaitu belum ada pembukaan awal pembelajaran, seperti : 1. Guru tidak mengucap Salam dan tidak mengajak siswa berdo’a. 2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa. 3. Guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran 4. Guru tidak memberi motivasi kepada peserta didik mengenai pentingnya pembelajaran matematika ini, untuk membangkitkan semangat siswa.

    Kelebihan : Guru sudah berupaya sebaik mungkin agar siswa menyukai pelajaran matematika dengan cara memanggil Nara sumber.

  8. Nama : Valenda Justiani
    NIM : 858993014
    Program Studi : PGSD
    Semester : 6
    UPBJJ : UT Jember

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan video yang saya amati terdapat seorang guru yang sedang mengajar matematika di kelas, namun para siswanya tidak ada yang senang dengan pelajaran tersebut sehingga mereka sangat ramai dan malah asik bermain dengan teman-temannya tanpa memperhatikan guru yang ada didepan. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Menurut saya hal ini bisa terjadi dikarenakan guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembukaan terlebih dahulu diawal pembelajaran, guru tidak menumbuhkan rasa semangat dan rasa ingin tahu siswa pada pelajaran atau materi yang akan disampaikan. Bukan hanya itu guru tersebut hanya mengandalkan papan tulis dan spidol saja tanpa menggunakan media pembelajaran lain yang lebih menarik, sehingga anak-anak sangat tidak tertarik apalagi dengan pelajaran matematika. Mereka menganggap pelajaran matematika itu sulit, membosankan, tidak penting atau bahkan menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa.
    Dengan melihat respon siswa yang tidak memperhatikan guru sama sekali guru harus mencari cara bagaimana agar mereka bisa menyukai pelajaran matematika dan bisa fokus saat proses pembelajaran. Pada video tersebut cara untuk mengatasi masalah adalah dengan cara mendatangkan seseorang yang berprofesi sebagai insinyur, dengan itu siswa akan lebih tertarik serta memiliki rasa ingin tahu yang lebih. Seorang yang berprofesi sebagai insinyur tersebut menceritakan tentang pekerjaannya dan menunjukkan beberapa gambar hasil dari rancangannya, dan juga menjelaskan apabila ingin mendapatkan rancangan dan hasil yang bagus harus bisa menghitung atau mengukur dengan tepat. Dengan begitu siswa lebih antusias untuk bisa matematika dan memiliki rasa untuk semangat belajar khusunya pelajaran matematika.
    Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran sebagai guru harus pintar-pintar mencari cara atau strategi agar siswa itu selalu memiliki rasa semangat belajar dan rasa ingin tahu terhadap pelajaran yang mereka hadapi.
    Terimakasih.
    Wassalamualaikum wr.wb

  9. Nama: Astrifani
    NIM: 856511467
    Prodi: S1 PGSD
    Menurut saya video diatas sangat bagus, kenapa?? Karena didalam video tersebut seorang guru berusaha menggunakan seorang narasumber sebagai acuan gimana pentingnya menyukai matematika, Karena belajar matematika itu penting untuk kehidupan sehari-hari.

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Reza Renjani
    NIM : 860196011
    PGSD Semester 6
    UPBJ UT BANDUNG

    Analisis :
    Menurut saya Vidio tersebut memperlihatkan keadaan kelas saat mengajar Pelajaran Matematika yang kurang kondusif. Yang saya amati dari awal pembelajaran guru tersebut dalam pengkondisian kelas kurang menguasai anak-anak untuk fokus memulai pembelajaran. Tidak diawali dengan salam,pengkondisian kelas kurang baik,tidak berdoa sebelum pembelajaran,absensi,apersepsi bahkan ice breaking dan malah langsung ke inti pembelajaran. Sehingga tidak membangkitkan semangat anak-anak untuk mengikuti pembelajaran. Penyebab lainnya siswa yang masih menganggap bahwa belajar Matematika itu sulit dipahami dan sebagian menganggap matematika itu tidak penting.
    Seharusnya kita sebagai guru harus mencari tau terlebih dahulu alasan mereka tidak suka matematika. Ubahlah persefektif siswa terhadap matematika,yaitu dengan mengajar matematika yang bervariatif. Gunakan media belajar yang baik serta gunakan metode yang mudah dan menyenangkan. Selain itu kaitkan matematika dengan kehidupan nyata juga, seperti yang dilakukan guru tersebut dengan mendatangkan profesor untuk memotivasi para siswa dan mengetahui pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply