silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar. Salah satu dampak negatifnya adalah krisis moral dan akhlak baik melalui perilaku, sikap, verbal serta fisik yang lebih dikenal dengan istilah perundungan (bullying). Bila tidak segera disikapi melalui pendidikan, maka dikhawatirkan adat dan budaya luhur sesuai dengan niai-nilai Pancasila akan semakin pudar. Penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada anak adalah kunci utama untuk menyiapkan generasi yang berbudi luhur sesuai tahap tumbuh kembangnya. Pada usia dini inilah, karakter anak akan terbentuk melalui hasil belajar dan menjadi teladan pembiasaan dan perilaku orang tua, guru dan tenaga kependidikan serta lingkungan masyarakat.

Permasalahan yang biasanya muncul pada perkembangan sosial emosional anak dapat dilihat dengan adanya perilaku anak yang kurang tepat, baik di rumah maupun di sekolah, salah satunya adalah perilaku bullying. Bullying mulai muncul di TK. Anak yang di usia dininya terindikasi dan terlibat dalam perilaku bullying, berpotensi untuk menjadi pelaku kenakalan di usia remajanya, tindakan kekerasan, serta terjebak dalam tindakan kriminal. Perilaku bullying seringkali terjadi di sekolah yang kurang pengawasan dari guru, longgar dalam menerapkan aturan, serta pihak-pihak pemegang otoritas tidak memiliki sikap dan pandangan yang tegas terhadap bullying. Pengetahuan guru TK tentang bullying juga dirasakan masih terbatas. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dapat dilakukan dengan program psikoedukasi yang diberikan kepada guru mengenai perilaku bullying.

Gambaran atau contoh konkrit yang dituangkan dalam sebuah tayangan diharapkan menjadi media yang mudah diterjemahkan oleh guru dan tenaga kependidikan dalam mencegah terjadinya bullying. Selamat menyaksikan!

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
  3. Apa penyebab Joko diperlakukan demikian? 
  4. Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
  5. Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?

Similar Posts

276 Comments

  1. nama saya: Anik tris wahyuni
    NIM :857757164 , UPBJJ SEMARANG
    Program studi : PGPAUD S1

    Menurut saya .
    1.dari video diatas kita bisa melihat kagiatan anak yang sering terjadi pada anak-anak saat bermain, dimana anak-anak sudah melakuakn interaksi sesama temannya sudah melakukan perundungan atau buliying. walaupun hanya sekedar bermain.
    2.seandainya saya berada disana mungkin saya akan menegur anak-anak yang sedang membuli teman nya itu, dan bertanya apa sedang terjadi.
    3. upaya yang bisa saya lakukan untuk anak -anak tersebut yaitu memberi nasehat kepada anak-anak, dan stop perundungan karena perundungan dapat menjatuhkan mental anak yang dibully.
    membantu anak untuk membela dirinya sendiri, bahwa dia bisa mengatakn tidak suka kalau sedang di kerjai teman nya.

  2. 1. Dari video tersebut, itu yang sering terjadi di lingkungan kita saat ini. Termasuk di lembaga tempat saya mengajar saat ini. ketika ada beberapa anak sedang bermain bersama, tiba-tiba ada anak yang mengejek anak lain. tidak hanya kekerasan psikis tetapi juga kekerasan fisik, seperti mencubit, menendang dan memukul. dan hal tersebut tidak dibenarkan.
    2. yang akan saya lakukan jika saya ada ditempat tersebut menghampiri mereka. menanyakan apa yang sedang terjadi. dan menanyakan kenapa mengejek teman. lalu menasihati anak tersebut bahwa mengejek perbuatan yang tidak baik, berdosa, Allah tidak suka dengan anak yang mengejek orang lain. dan meminta anak tersebut untuk segera meminta maaf kepada teman yang di ejek
    3. Joko melakukan hal tersebut bisa karena faktor lingkungan, terutama lingkungan keluarga. mungkin di rumah dia sering di ejek kakaknya. dan kejadian itu di praktekkan joko kepada temannya. perbuatan yang tidak terpuji tersebut harus dihindari.
    4. saya akan memberikan nasehat kepada anak tersebut bahwa perbuatan tersebut tidak baik/ tidak terpuji. guru dan orang tua harus berkolaborasi supaya sifat anak tersebut dapat berubah menjadi lebih baik. mengajak anak sering untuk berkomunikasi baik di sekolah atau di rumah. menceritakan kegiatan apa yang telah dilakukan di rumah bersama ayah/ ibu. sebaliknya orang tua bertanya pada anak kegiatan apa yang telah dilakukan bersama guru di sekolah. anak dapat menceritakan keluh kesahnya. dan lebih dapat mengontrol emosinya karena ada orang dewasa yang peduli dan mau mendengarkan ceritanya.
    5. Memberikan semangat kepada anak dan mendorong anak untuk lebih percaya diri. Selain itu anak dapat melapor pada bu guru, seperti: bu guru si A mengejek, bu guru si B mencubit dll.

  3. Maroddan jamilah
    Nim : 859034322
    Jurusan : PG. PAUD Pokjar Kute Utara
    1.pendapat saya tentang vidio yang berjudul “Stop Bullying pada Anak”
    Bullying/perundungan merupakan perbuatan yang sangat tidak baik atau tercela. Apalagi pada tingkat anak-anak, tidak seharusnya melakukan perundungan terhadap temannya apapun alasannya. Bullying juga melanggar hak Asasi manusia, korban Bullying akan sangat menderita secara mental. Hal tersebut tentunya berdampak sangat tidak baik.
    2.Jika saya berada di lokasi tersebut saya akan langsung mendekati dan menasehati anak yang telah melakukan perundungan terhadap temannya bahwa yang dilakukan nya itu tidak baik,harus segera meminta maaf dan tidak boleh mengulangi nya lagi kepada siapapun.
    3.karena joko merasa tidak percaya diri,dan tidak mampu mengendalikan sosial emosionalnya
    4.Caranya
    1).meningkatkan kesadaran diantara anak-anak.dengan menjelaskan pembelajaran tentang agama, fisik dan sosial ekonomi
    2).guru memberikan contoh yang baik dengan cara guru berinteraksi kepada anak, tidak membandingkan anak, tidak meremehkan dan tidak melebel/mengecap.guru selalu menekankan prilaku yang baik, empati, dan pencapaian prestasi bersama disekolah.
    5.Memberi kepercayaan kepada anak, dan dapat mendengar ceritanya dengan tenang, memberikan dukungan agar rasa percaya diri nya tumbuh kembali, selalu memberikan perhatian dan mendampingi anak agar selalu bertindak positif. Membicarakan kepada orang terdekat pelaku agar dapat memberikan perhatian dan nasehat kepada pelaku. Berusaha mendamaikan.

  4. Nama : Nur afifah
    NIM : 857757655
    Program studi : PGPAUD
    UPJJ : Semarang

    1. Menurut saya tidak seharusnya si anak mengejek temannya karena telat menemukan temannya. Karena itu dapat membuat mental si anak lemah dan tidak mau bermain dengan temannya.
    2. Jika saya menemukan anak seperti itu, saya akan menghampiri nya dan memberi tahu bahwa apa yang di lakukan temannya itu tidak baik. Dan saya akan menyuruh anak yang mengejek temannya untuk minta maaf sama temannya. Karena kita sesama manusia tidak boleh saling membully, karena kita sesama manusia harus saling sayang dan perduli.
    3. Karena temannya telat menemukan temannya yang sedang bersembunyi.
    4.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pembiasaan dan penanaman nilai melalui cerita karakter dengan harapan karakter baik dapat ditiru anak.
    5. Kita akan memberi pengertian si anak supaya dia bisa menjadi pribadi yang kuat dan jauh lebih percaya diri.

  5. Nama : Lia Anggraeni
    NIM : 857841476
    1. Pada vidio yang berjudul “Stop Bullying pada Anak” diatas menggambarkan tentang fenomena perundungan yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yaitu kelompok anak yang sedang mengasingkan salah satu seorang temannya ketika sedang bermain.
    2. Jika saya berada di dalam lokasi tersebut saya akan menegur dan menasehati mereka agar tidak melakukan perundungan kepada teman mereka.
    3. Ia diperlakukan seperti itu karena mendapatkan sanksi sosial karena ia membully temannya
    4. Dengan cara menciptakan kegiatan belajar di kelas secara menyenangkan dan membuat Program Pencegahan Perundungan)
    5. Mengajarkan dan menunjukan empati diri dan validasi diri, mengajarkan anak untuk tidak membalas ketika dibully, mengajarkan anak untuk menghidar saat dibully, mendukung korban bully agar dapat memulihkan rasa percaya dirinya kembali, dll

  6. Nama : Norzanah
    NIM : 858185013
    Jurusan :PG PAUD

    1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Video tersebut menjelaskan, bahwa ada beberapa anak sedang bermain dan pada saat bermain ada salah satu anak yang membully temannya. Dari kejadian itu tugas pendidik adalah lebih memperhatikan anak-anak dengan cara mendekatinya, mengajak berkomunikasi dengan nada rendah, dengan memberi kasih sayang dan sebagainya. Mengajarkan anak tentang bagaimana pentingnya menghargai dan menanamkan perasaan kasih sayang kepada teman sebayanya , kepada orang tua, keluarga,guru bahkan masyarakat. mungkin anak usia dini belum tau akibat dari kelakuannya terhadap temannya namun sebisa mungkin kita harus mencegahnya karna itu bisa merusak mental anak.
    2.Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
    jika saya berada dilokasi tersebut saya akan menghampiri anak yang membuly temannya dan saya akan menegor anak tersebut agar tidak lagi membuly temanya.karena membuly adalah suatu perbuatan yang tidak baik dan akan merugikan orang lain terutama akan merugikan temannya yang di bully. Dan temannya yang di bully merasa tidak di hargai,tidak di sayang, merasa sedih dan juga akan merasa sakit hati. Saya juga akan meminta anak yang telah membully temannya itu meminta maaf kepada anak yang sudah dibully dan meminta agar tidak di ulangi lagi perbuatan seperti itu . Dan untuk anak yang sudah di bully saya akan memberi semangat dan pengertian agar tetap percaya diri,jangan sedih,dan Jangan takut.
    3.Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
    Membangun komunikasi yang baik dengan anak,agar anak selalu bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya.agar ketika si anak mengalami buly/perundungan dari temannya anak tidak takut mengatakan yang dialaminya pada guru ataupun orangtuanya.
    4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
    -Sosialisasi pemahaman perundungan di lingkungan sekolah. …
    -Sensitif terhadap situasi dan kebutuhan korban. …
    -Membuat kebijakan terkait aksi perundungan. …
    -Memastikan jalur komunikasi yang terbuka untuk pelaporan kasus. …
    -Mengadakan kegiatan anti perundungan.
    5.Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
    -Tingkatkan kesadaran di antara anak-anak.
    -Tekankan perilaku yang baik, empati, dan capaian prestasi bersama di sekolah.
    -Latihlah guru dan staf sekolah tentang bagaimana mengatasi bullying.
    tERIMA KASIH

  7. Nama : Norzanah

    NIM : 858185013

    Jurusan :PG PAUD

    1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?

    Video tersebut menjelaskan, bahwa ada beberapa anak sedang bermain dan pada saat bermain ada salah satu anak yang membully temannya. Dari kejadian itu tugas pendidik adalah lebih memperhatikan anak-anak dengan cara mendekatinya, mengajak berkomunikasi dengan nada rendah, dengan memberi kasih sayang dan sebagainya. Mengajarkan anak tentang bagaimana pentingnya menghargai dan menanamkan perasaan kasih sayang kepada teman sebayanya , kepada orang tua, keluarga,guru bahkan masyarakat. mungkin anak usia dini belum tau akibat dari kelakuannya terhadap temannya namun sebisa mungkin kita harus mencegahnya karna itu bisa merusak mental anak.

    2.Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan? jika saya berada dilokasi tersebut saya akan menghampiri anak yang membuly temannya dan saya akan menegor anak tersebut agar tidak lagi membuly temanya.karena membuly adalah suatu perbuatan yang tidak baik dan akan merugikan orang lain terutama akan merugikan temannya yang di bully. Dan temannya yang di bully merasa tidak di hargai,tidak di sayang, merasa sedih dan juga akan merasa sakit hati. Saya juga akan meminta anak yang telah membully temannya itu meminta maaf kepada anak yang sudah dibully dan meminta agar tidak di ulangi lagi perbuatan seperti itu . Dan untuk anak yang sudah di bully saya akan memberi semangat dan pengertian agar tetap percaya diri,jangan sedih,dan Jangan takut. 3.Apa penyebab Joko diperlakukan demikian? Membangun komunikasi yang baik dengan anak,agar anak selalu bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya.agar ketika si anak mengalami buly/perundungan dari temannya anak tidak takut mengatakan yang dialaminya pada guru ataupun orangtuanya.

    3. Ia diperlakukan seperti itu karena mendapatkan sanksi sosial karena ia membully temannya kemungkinan juga
    karena faktor lingkungan, terutama lingkungan keluarga, dan kejadian itu di praktekkan joko kepada temannya.

    4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan? -Sosialisasi pemahaman perundungan di lingkungan sekolah. … -Sensitif terhadap situasi dan kebutuhan korban. … -Membuat kebijakan terkait aksi perundungan. … -Memastikan jalur komunikasi yang terbuka untuk pelaporan kasus. … -Mengadakan kegiatan anti perundungan.

    5.Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan? -Tingkatkan kesadaran di antara anak-anak. -Tekankan perilaku yang baik, empati, dan capaian prestasi bersama di sekolah. -Latihlah guru dan staf sekolah tentang bagaimana mengatasi bullying.

    Terima kasih

  8. Nama : Norzanah

    NIM : 858185013

    Jurusan :PG PAUD

    1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?

    Video tersebut menjelaskan, bahwa ada beberapa anak sedang bermain dan pada saat bermain ada salah satu anak yang membully temannya. Dari kejadian itu tugas pendidik adalah lebih memperhatikan anak-anak dengan cara mendekatinya, mengajak berkomunikasi dengan nada rendah, dengan memberi kasih sayang dan sebagainya. Mengajarkan anak tentang bagaimana pentingnya menghargai dan menanamkan perasaan kasih sayang kepada teman sebayanya , kepada orang tua, keluarga,guru bahkan masyarakat. mungkin anak usia dini belum tau akibat dari kelakuannya terhadap temannya namun sebisa mungkin kita harus mencegahnya karna itu bisa merusak mental anak.

    2.Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan? jika saya berada dilokasi tersebut saya akan menghampiri anak yang membuly temannya dan saya akan menegor anak tersebut agar tidak lagi membuly temanya.karena membuly adalah suatu perbuatan yang tidak baik dan akan merugikan orang lain terutama akan merugikan temannya yang di bully. Dan temannya yang di bully merasa tidak di hargai,tidak di sayang, merasa sedih dan juga akan merasa sakit hati. Saya juga akan meminta anak yang telah membully temannya itu meminta maaf kepada anak yang sudah dibully dan meminta agar tidak di ulangi lagi perbuatan seperti itu . Dan untuk anak yang sudah di bully saya akan memberi semangat dan pengertian agar tetap percaya diri,jangan sedih,dan Jangan takut. 3.Apa penyebab Joko diperlakukan demikian? Membangun komunikasi yang baik dengan anak,agar anak selalu bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya.agar ketika si anak mengalami buly/perundungan dari temannya anak tidak takut mengatakan yang dialaminya pada guru ataupun orangtuanya.

    3. Ia diperlakukan seperti itu karena mendapatkan sanksi sosial karena ia membully temannya kemungkinan juga
    karena faktor lingkungan, terutama lingkungan keluarga, dan kejadian itu di praktekkan joko kepada temannya.

    4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan? -Sosialisasi pemahaman perundungan di lingkungan sekolah. … -Sensitif terhadap situasi dan kebutuhan korban. … -Membuat kebijakan terkait aksi perundungan. … -Memastikan jalur komunikasi yang terbuka untuk pelaporan kasus. … -Mengadakan kegiatan anti perundungan.

    5.Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan? -Tingkatkan kesadaran di antara anak-anak. -Tekankan perilaku yang baik, empati, dan capaian prestasi bersama di sekolah. -Latihlah guru dan staf sekolah tentang bagaimana mengatasi bullying.

    Terima kasih

  9. Nama : Norzanah
    NIM : 858185013
    Jurusan :PG PAUD
    1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Video tersebut menjelaskan, bahwa ada beberapa anak sedang bermain dan pada saat bermain ada salah satu anak yang membully temannya. Dari kejadian itu tugas pendidik adalah lebih memperhatikan anak-anak dengan cara mendekatinya, mengajak berkomunikasi dengan nada rendah, dengan memberi kasih sayang dan sebagainya. Mengajarkan anak tentang bagaimana pentingnya menghargai dan menanamkan perasaan kasih sayang kepada teman sebayanya , kepada orang tua, keluarga,guru bahkan masyarakat. mungkin anak usia dini belum tau akibat dari kelakuannya terhadap temannya namun sebisa mungkin kita harus mencegahnya karna itu bisa merusak mental anak.
    2.Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan? jika saya berada dilokasi tersebut saya akan menghampiri anak yang membuly temannya dan saya akan menegor anak tersebut agar tidak lagi membuly temanya.karena membuly adalah suatu perbuatan yang tidak baik dan akan merugikan orang lain terutama akan merugikan temannya yang di bully. Dan temannya yang di bully merasa tidak di hargai,tidak di sayang, merasa sedih dan juga akan merasa sakit hati. Saya juga akan meminta anak yang telah membully temannya itu meminta maaf kepada anak yang sudah dibully dan meminta agar tidak di ulangi lagi perbuatan seperti itu . Dan untuk anak yang sudah di bully saya akan memberi semangat dan pengertian agar tetap percaya diri,jangan sedih,dan Jangan takut. 3.Apa penyebab Joko diperlakukan demikian? Membangun komunikasi yang baik dengan anak,agar anak selalu bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya.agar ketika si anak mengalami buly/perundungan dari temannya anak tidak takut mengatakan yang dialaminya pada guru ataupun orangtuanya.
    3. Ia diperlakukan seperti itu karena mendapatkan sanksi sosial karena ia membully temannya kemungkinan juga
    karena faktor lingkungan, terutama lingkungan keluarga, dan kejadian itu di praktekkan joko kepada temannya.
    4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan? -Sosialisasi pemahaman perundungan di lingkungan sekolah. … -Sensitif terhadap situasi dan kebutuhan korban. … -Membuat kebijakan terkait aksi perundungan. … -Memastikan jalur komunikasi yang terbuka untuk pelaporan kasus. … -Mengadakan kegiatan anti perundungan.
    5.Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan? -Tingkatkan kesadaran di antara anak-anak. -Tekankan perilaku yang baik, empati, dan capaian prestasi bersama di sekolah. -Latihlah guru dan staf sekolah tentang bagaimana mengatasi bullying.

    Terima kasih

  10. Nama : Norzanah
    NIM : 858185013
    Jurusan :PG PAUD
    1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?

    Video tersebut menjelaskan, bahwa ada beberapa anak sedang bermain dan pada saat bermain ada salah satu anak yang membully temannya. Dari kejadian itu tugas pendidik adalah lebih memperhatikan anak-anak dengan cara mendekatinya, mengajak berkomunikasi dengan nada rendah, dengan memberi kasih sayang dan sebagainya. Mengajarkan anak tentang bagaimana pentingnya menghargai dan menanamkan perasaan kasih sayang kepada teman sebayanya , kepada orang tua, keluarga,guru bahkan masyarakat. mungkin anak usia dini belum tau akibat dari kelakuannya terhadap temannya namun sebisa mungkin kita harus mencegahnya karna itu bisa merusak mental anak.

    2.Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
    jika saya berada dilokasi tersebut saya akan menghampiri anak yang membuly temannya dan saya akan menegor anak tersebut agar tidak lagi membuly temanya.karena membuly adalah suatu perbuatan yang tidak baik dan akan merugikan orang lain terutama akan merugikan temannya yang di bully. Dan temannya yang di bully merasa tidak di hargai,tidak di sayang, merasa sedih dan juga akan merasa sakit hati. Saya juga akan meminta anak yang telah membully temannya itu meminta maaf kepada anak yang sudah dibully dan meminta agar tidak di ulangi lagi perbuatan seperti itu . Dan untuk anak yang sudah di bully saya akan memberi semangat dan pengertian agar tetap percaya diri,jangan sedih,dan Jangan takut.
    Membangun komunikasi yang baik dengan anak,agar anak selalu bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya.agar ketika si anak mengalami buly/perundungan dari temannya anak tidak takut mengatakan yang dialaminya pada guru ataupun orangtuanya.

    3.Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
    Ia diperlakukan seperti itu karena mendapatkan sanksi sosial karena ia membully temannya mungkinan juga karena faktor lingkungan, terutama lingkungan keluarga, dan kejadian itu di praktekkan joko kepada temannya.

    4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
    -Sosialisasi pemahaman perundungan di lingkungan sekolah.
    -Sensitif terhadap situasi dan kebutuhan korban.
    -Membuat kebijakan terkait aksi perundungan.
    -Memastikan jalur komunikasi yang terbuka untuk pelaporan kasus. … -Mengadakan kegiatan anti perundungan.

    5.Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
    -Tingkatkan kesadaran di antara anak-anak.
    -Tekankan perilaku yang baik, empati, dan capaian prestasi bersama di sekolah.
    -Latihlah guru dan staf sekolah tentang bagaimana mengatasi bullying.

    Terima kasih

Leave a Reply