silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
    Saran saya untuk penggunaan media lebih beragam dan memilih permainan yang menyenangkan.

    9
    1
  2. Nama : Dian Mariyana
    Nim : 858779574
    Jurusan PGPAUD Semester 8
    UPBJJ Malang Pokjar Kota Kediri Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar. Saran saya untuk penggunaan media lebih beragam dan memilih permainan yang menyenangkan.

  3. Nama Triya Lesmana
    Nim 859138705
    PG PAUD smster 9, UPBJJ UT MATARAM
    Menurut saya cara guru menjelaskan kepada anak sudah bagus, yaitu dengan cara menyuruh anak mengambil bola kemudian menghitung bola secara Bersama-sama, melatih daya ingat anak dalam menghitung atau membilang angka 1-10.

  4. Nama: Linda
    NIM: 857482978
    UPBJJ Bandung
    Menurut saya pengajaran guru sudah benar, guru sudah mengenalkan angka dengan meminta anak untuk menghitung bola sesuai dengan permintaan guru. Kemudian guru juga memberikan tugas kepada anak untuk mengetahui kemampuan anak mengenal angka dan jumlahnya. Saran saya guru lebih baik menggunakan kartu angka juga ketika menghitung bola anak juga mengetahui simbol angkanya.

  5. Nama : Tri Mulyaningsih
    NIM : 857801393
    UPBJJ Surakarta

    Menurut saya,guru dalam mengajarkan bilangan sudah bagus dan menggunakan berbagai media yang ada seperti bola kecil,sedotan atau spidol serta mengajarkan bilangan lewat tepuk dan memberi reward kepada anak yang bisa menyebutkan jumlah bilangan dengan benar.
    Saran saya bisa menggunakan kartu angka yang bervariasi atau berwarna warni sambil bisa menyebutkan warna dan mengenal simbol angka sehingga anak tidak merasa bosan juga.

  6. Nama : Deni Purwaningsih
    Nim : 858779961
    Jurusan PGPAU Semester 8
    Pokjar Kota Kediri
    UPBJJ Malang

    Menurut saya penyampaian guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus, dengan cara bernyanyi dan tepuk-tepuk, juga menggunakan alat peraga berupa bola dengan cara menyuruh anak untuk mengambil bola sesuai dengan jumlah yang diperintahkan guru.seharusnya guru juga bisa menggunakan kartu angka agar anak tidak belajar berhitung tp juga mengetahui bentu bilangan tersebut seperti apa.

  7. Nama : Fitriah Nuraini
    NIM : 858796943
    UPBJJ Malang Pokjar Kota Kediri

    Menurut pendapat saya, cara guru tersebut dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik sudah bagus. Media yang digunakan juga cukup menarik untuk anak, selain dapat mengenal konsep bilangan anak juga bisa mengenal macam-macam warna pada bola tersebut. Dan menariknya lagi guru dalam video itu juga mengajak anak untuk bernyanyi dan tepuk sebagai variasi dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan tugas yang tujuannya untuk mengetahui sejauh mana anak didiknya paham tentang apa yang telah ia lihat dan lakukan sebelumnya. Guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu agar anak didiknya makin paham apa yang akan ia lakukan. Guru juga memberikan reward kepada anak dengan cara memberi stempel bintang pada tangan anak agar anak lebih semangat lagi belajarnya..

  8. Nama: NOVIATUL KHUSNA
    NIM : 858780239
    POKJAR : KOTA KEDIRI
    UPBJJ: MALANG
    SMT: 8
    PGPAUD

    Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak. Secara umum, tayangan video menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
    Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
    Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
    Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
    Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

  9. Nama : Siti Nurhalimah
    Nim : 858662797
    Jurusan PGPAUD semester 8

    *Rumusan masalah dari video tersebut* :
    Anak sulit mengenal konsep bilangan
    *Kelemahannya*
    1. Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggoyan-goyangkan tubuhnya dan ada anak duduknya belum tertib
    2. Saat guru menjelaskan menghitung gambar ada anak yang Menerima sepidol dari guru menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku kurang sopan dalam pembentukan karakter.
    *Kelebihanya* :
    1 .guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih dahulu dan memberikan penguatan.
    2. Guru memberikan reward pada anak dengan memberi stempel bintang di tangan kanan dan kirinya anak yang bisa menjawab pertanyaan.
    *Solusi*:
    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus lebih kreatif lagi dalam memberikan permainan/kegiatan yang menarik bagi anak, guru harus menstimulus pengembangan kognitif anak dengan menggunakan media yang menarik.
    Ketika anak menerima spidol menggunakan tangan kirinya guru harus membenarkan/mengingatkan cara menerima spidol dengan menggunakan tangan kanannya karena untuk menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter anak untuk membangun kepribadian yang baik .

Leave a Reply