silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. NAMA: ANNISAA NUR AL FALAHANI
    NIM : 857844923
    Menurut saya pada video pembelajaran tersebut diatas, saat kegiatan pembukaan bagus sekali dengan mengaitkan materi dengan bermain bola. Guru mengutarakan pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Hal ini dilakukan dengan menyuruh anak mengambil bola dalam keranjang dan menghitung. Namun disini anak belum berhitung sendiri.
    Sayang sekali, anak yang dipilih guru hanya anak Perempuan. Alangkah lebih baik jika anak laki-laki juga dilibatkan agar lebih adil dan ber-variasi. Guru saat pengenalan bilangan sudah bagus dengan bernyanyi bersama. Pemantapan konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar dibawahnya ada angka yang perlu dilingkari, bagus sesuai dengan materi.
    Hal yang mungkin perlu diperbaiki adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam untuk bisa menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak. Penghargaan juga sangat bagus untuk membuat anak merasa di-apresiasi, bisa stiker atau stemple.

  2. NAMA : Demrita Siregar
    NIM : 878359281

    dengan menyaksikan video ini saya bisa mengetahui cara mudah supaya anak dapat cepat menghafal konsep bilangan dengan cara
    1. bernyanyi
    2. bertepuk tangan
    3. dengan menggunakan benda di sekitar
    4.dengan mencocokan benda dengan bilangan
    5. memberikan riword bagi murid

  3. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Nina komala
    Nim. : 857530832
    Upbjj. :Bandung
    Metode pembelajaran ini sangat menarik dan menyenangkan,anak di perkenalkan cara mengenal angka dan berhitung konsep bilangan.terdapat pula konsep bilangan bahasa inggris ketika mengambil bola dalam keranjang ,tentunya anak-anak merasa senang dan semangat,karena gurunya sangat kreatif.guru juga mengajak anak bernyanyi tentang konsep bilangan itu sangat menyenangkan.cara penyampaian materi pembelajarannya menggunakan media kartu yang bergambar itu cukup mudah dan menyenangkan bagi anak.anak juga bersemangat sekali dan antusias menjawab pertanyaan gurunya itu.saya termotivasi melihat video ini,karena mengenal konsep bilangan pada anak usia dini memang sangat penting untuk di kembangkan.
    Terimakasih

  4. Nama : Lia Dahlia
    Nim :857435449
    Setelah menonton vidio ini yang berjudul “anak sulit mengenal lambang bilangan” Saya melihat guru mengenalkan konsep bilangan adapun yang di upayakan guru mengenalkan bilangan melalui materi menggunakan metode bermain,bertepuk,bernyanyi, yang di upayakan guru sangat baik .guru menyuruh anak untuk mengambil dan dan menghitung jumlah bola yang di ambil tetapi yang menghitung bola itu seharusnya anak tersebut biar kelihatan sampai mana kemampuan anak dalam kemampuan berhitungnya kemudian hitung bersama sama .
    Selanjutnya guru mengajak anak untuk bertepuk dan bernyanyi anggota tubuh kemudian memberi lembar kerja menyocokan jumlah gambar dengan angka yang ada di LKA. Dan setelah kegiatan selesai guru memberi nilai dan apresiasi dengan memberi tanda bintang di tangan anak.

  5. Assalamu’alaikum
    Nama : Rika Nurjannah
    NIM : 858188739

    Berikut Tanggapan Saya atas Video ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ”
    sinopsis program pengembangan kognitif yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” yang menjelaskan upaya guru TK dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak. Program ini mencakup berbagai metode atau teknik yang digunakan guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak, seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu, membuat alat peraga permainan konsep bilangan, dan memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya

    Secara keseluruhan, video GPO Seri Pembelajaran PAUD Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan merupakan video yang informatif dan bermanfaat bagi guru PAUD dan orang tua dalam membantu anak belajar mengenal konsep bilangan.
    Berikut beberapa poin yang saya sukai dari video ini:
    • Video ini menjelaskan konsep bilangan dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak. Video ini menggunakan bahasa yang sederhana dan contoh-contoh yang konkret yang mudah dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari anak.
    • Video ini memberikan tips dan strategi yang dapat digunakan oleh guru dan orang tua untuk membantu anak belajar mengenal konsep bilangan. Tips dan strategi ini mudah diterapkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu anak.
    • Video ini menggunakan animasi dan gambar yang menarik untuk menarik perhatian anak. Animasi dan gambar ini membuat video lebih hidup dan menyenangkan untuk ditonton oleh anak.
    Berikut beberapa saran untuk meningkatkan video ini:
    • Video ini dapat dibuat lebih interaktif dengan melibatkan anak dalam kegiatan belajar. Misalnya, guru dapat meminta anak untuk menghitung benda-benda di dalam video atau menjawab pertanyaan tentang konsep bilangan.
    • Video ini dapat dibuat lebih personal dengan memberikan contoh-contoh yang relevan dengan pengalaman anak. Misalnya, guru dapat menggunakan contoh-contoh benda-benda yang ada di sekitar rumah anak atau mainan favorit anak.
    • Video ini dapat dibuat lebih panjang dan lebih mendalam untuk membahas konsep bilangan secara lebih komprehensif. Hal ini dapat bermanfaat bagi guru yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara mengajar konsep bilangan kepada anak.
    Secara keseluruhan, saya merekomendasikan video ini kepada guru PAUD dan orang tua yang ingin membantu anak belajar mengenal konsep bilangan. Video ini merupakan sumber informasi yang berharga dan dapat membantu anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan efektif.
    Berikut beberapa tambahan:
    • Penting untuk diingat bahwa setiap anak belajar dengan cara yang berbeda. Guru dan orang tua perlu bersabar dan memberikan dukungan kepada anak selama proses belajar.
    • Belajar mengenal konsep bilangan membutuhkan waktu dan latihan. Guru dan orang tua perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar dengan cara yang mereka sukai.
    • Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu guru dan orang tua dalam mengajar konsep bilangan kepada anak. Guru dan orang tua dapat mencari sumber daya ini di internet, di perpustakaan, atau di toko buku.

  6. Nama : Rika Nurjannah
    NIM : 858188739

    sinopsis program pengembangan kognitif yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” yang menjelaskan upaya guru TK dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak. Program ini mencakup berbagai metode atau teknik yang digunakan guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak, seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu, membuat alat peraga permainan konsep bilangan, dan memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya

    Secara keseluruhan, video GPO Seri Pembelajaran PAUD Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan merupakan video yang informatif dan bermanfaat bagi guru PAUD dan orang tua dalam membantu anak belajar mengenal konsep bilangan.
    Berikut beberapa poin yang saya sukai dari video ini:
    • Video ini menjelaskan konsep bilangan dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak. Video ini menggunakan bahasa yang sederhana dan contoh-contoh yang konkret yang mudah dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari anak.
    • Video ini memberikan tips dan strategi yang dapat digunakan oleh guru dan orang tua untuk membantu anak belajar mengenal konsep bilangan. Tips dan strategi ini mudah diterapkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu anak.
    • Video ini menggunakan animasi dan gambar yang menarik untuk menarik perhatian anak. Animasi dan gambar ini membuat video lebih hidup dan menyenangkan untuk ditonton oleh anak.
    Berikut beberapa saran untuk meningkatkan video ini:
    • Video ini dapat dibuat lebih interaktif dengan melibatkan anak dalam kegiatan belajar. Misalnya, guru dapat meminta anak untuk menghitung benda-benda di dalam video atau menjawab pertanyaan tentang konsep bilangan.
    • Video ini dapat dibuat lebih personal dengan memberikan contoh-contoh yang relevan dengan pengalaman anak. Misalnya, guru dapat menggunakan contoh-contoh benda-benda yang ada di sekitar rumah anak atau mainan favorit anak.
    • Video ini dapat dibuat lebih panjang dan lebih mendalam untuk membahas konsep bilangan secara lebih komprehensif. Hal ini dapat bermanfaat bagi guru yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara mengajar konsep bilangan kepada anak.
    Secara keseluruhan, saya merekomendasikan video ini kepada guru PAUD dan orang tua yang ingin membantu anak belajar mengenal konsep bilangan. Video ini merupakan sumber informasi yang berharga dan dapat membantu anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan efektif.
    Berikut beberapa tambahan:
    • Penting untuk diingat bahwa setiap anak belajar dengan cara yang berbeda. Guru dan orang tua perlu bersabar dan memberikan dukungan kepada anak selama proses belajar.
    • Belajar mengenal konsep bilangan membutuhkan waktu dan latihan. Guru dan orang tua perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar dengan cara yang mereka sukai.
    • Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu guru dan orang tua dalam mengajar konsep bilangan kepada anak. Guru dan orang tua dapat mencari sumber daya ini di internet, di perpustakaan, atau di toko buku.

  7. NAMA:Ayang Perwitasari
    NIM:856833509

    Dalam video pengembangan kognitif diatas guru memperkenalkan bilangan melalui lagu,pemainan dan tepuk,guru juga mengenalkan bilangan melalui gambar dengan cara memberikan lingkaran pada jumlah bilangan sesuai dengan gambar tersebut,guru juga memberikan penguatan pada anak yang berhasil mengambil pensil dengan jumlah bilangan yang di minta ibu guru dan guru juga memberikan apresiasi kepada anak yang mampu menghitung jumlah dengan memberikan bintang atau pin prestasi.
    dalam video diatas juga guru memberikan kegiatan seperti bertepuk dan bernyanyi itu juga memudahkan anak untuk memahami jumlah bilangan
    hanya saja mungkin ada anak yang lambat dalam berhitung,maka dengan lagu atau tepuk yang sering di ulang perlahan anak pasti memahami

  8. nama : MUNIRA WETU
    NIM : 825020299
    Saya ingin menanggapi video Seri pengembangan kognitif PAUD pada pembelajaran yang berjudul ” Sulit Mengenal konsep Bilangan” diatas.
    Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  9. Nama :Rahmah Fahmi
    NIM : 857995362
    Pada vidio tersebut telah dijelaskan tentang anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
    Yang mana cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu :
    – Sebelum melakukan tugas, ajak anak untuk membilang menggunakan permainan, lagu, dan tepuk.
    – Dapat dengan memberikan LK yaitu menggabungkan / melingkari gambar sesuai dengan lambang bilangannya.
    Hal tersebut menurut saya tepat untuk dilakukan dan perlu sering dilakukan agar semakin memahami konsep bilangan dan mengenal konsep bilangan.

  10. NAMA : NENENG ROSMIATI
    NIM :857455125
    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ijin menanggapi
    Menurut saya setelah melihat vidio seri pembelajaran kognitif PAUD yang berjudul ” Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan”. Terlihat upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangannya dengan berbagai ragam permainan dan media yang digunakan,seperti :mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan,kemudian anak di minta meletakan sejumlah benda sesuai dengan jumlah bilangan tersebut,dan guru memberikan tugas berupa lembar kerja, memasangkan benda sesuai lambang bilangannya,dan guru mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan / reward kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya,dan anak anak merasa senang.

Leave a Reply